Karena makin banyak bisnis yang beralih memanfaatkan kanal penjualan online, kebutuhan mengintegrasikan sistem back-end dengan platform yang diakses konsumen pun meningkat, tak terkecuali bagi usaha kecil.
Integrasi marketplace menawarkan bisnis beberapa keuanggulan, antara lain kecepatan dan potensi memperbesar skala bisnis dengan lebih mudah.
Apa Itu Integrasi Marketplace?
Biar bagaimanapun, situasi beberapa tahun belakangan ini mendorong terjadinya lonjakan penjualan online yang belum pernah terjadi sebelumnya melalui saluran digital.
Baca juga: Komponen Ekosistem Digital yang Dorong Usaha Kecil Bertumbuh
Peningkatan transaksi online yang signifikan tersebut memicu ‘kegaduhan’ di tengah para pemilik bisnis, terutama pemilik usaha kecil dan menengah. Pasalnya, bisnis jadi membutuhkan pertukaran data yang lebih efisien antara sistem internal dan eksternal akibat perubahan ini.
Cara manual dalam mengelola data, misalnya data stok produk, terlalu memakan waktu, penuh pengulangan, dan ada risiko kekeliruan yang besar.
Nah, integrasi marketplace memungkinkan bisnis menghubungkan kanal penjualan online-nya dengan sistem internal sebagai sumber data agar proses berjalan otomatis, akurat, dan pertukaran informasi berlangsung cepat.
Dengan kata lain, integrasi e-commerce atau marketplace adalah menghubungkan toko online-mu di berbagai marketplace dengan sistem pengelolaan bisnis yang kamu gunakan, misalnya dengan aplikasi POS yang memiliki fitur marketplace integration.
Jika sudah demikian, perubahan atau pembaruan dalam satu sistem akan otomatis mengubah data di seluruh platform secara real time.
Anggaplah kamu menjual produk skincare di marketplace. Saat kamu menambah stok produk di aplikasi POS, data stok di berbagai platform marketplace akan otomatis terbarukan.
Sebaliknya, data pesanan atau transaksi penjualan dari platform marketplace juga dapat kamu lihat melalui satu sistem, yaitu aplikasi POS dengan fitur integrasi e-commerce atau marketplace.
Alasan Pentingnya Integrasi Marketplace
Dari paparan di atas, mungkin sudah terlihat pentingnya mengintegrasikan toko online di marketplace dengan sistem internal. Akan tetapi, mari kita cermati lebih detail alasan yang membuat hal ini sangat krusial.
Manajemen Inventori Menjadi Lebih Baik
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pembaruan di satu sistem akan otomatis memperbarui data di seluruh platform toko online-mu. Maka dari itu, konsumen akan selalu melihat data stok terbaru di marketplace, begitu juga dengan tim yang bertanggung jawab mengelola inventori.
Baca juga: Inventory Management yang Inovatif untuk Toko Online
Terlepas dari banyaknya kanal penjualan online yang kamu miliki, pembaruan otomatis ini akan membantumu melacak inventori secara real time. Tidak hanya itu, kamu juga tetap bisa memprediksi penjualan sekaligus penyesuaian yang dibutuhkan.
Pembaruan Satu Sistem, Lebih Akurat
Pembaruan real time tidak hanya berlaku untuk data stok. Segala pembaruan yang dilakukan akan langsung terlihat di platform lain sebab sudah tidak ada lagi proses pembaruan yang dilakukan secara manual.
Hilangnya proses pembaruan data secara manual ini berarti banyak keuntungan bagi bisnis. Pertama, konsumen akan melihat data terkini dan akurat. Hal ini tentu berpengaruh pada customer experience.
Berikutnya, hal ini juga meniadakan duplikasi, baik duplikasi proses maupun duplikasi data. Dari sisi proses, setiap staf tidak perlu lalu menginput data berulang kali sehingga lebih hemat waktu dan tenaga. Lalu, dari sisi kualitas data, hal ini tentu menekan risiko terjadinya kesalahan input data.
Strategi Marketing Lebih Optimal
Integrasi marketplace memungkinkan kamu mengakses informasi tentang konsumen potensial, penjualan, dan informasi lainnya dalam berbagai format. Hal ini merupakan ‘senjata’ akurat dan tepercaya bagimu dalam merencanakan kampanye pemasaran.
Baca juga: Inilah Inspirasi Konten Marketing Campaign yang Berhasil!
Data tersebut juga dapat kamu manfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam pembaruan desain produk atau aspek lain yang bisa meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan.
Percepatan Kehadiran Produk di Pasar
Dengan transformasi data yang praktis dan efisien, produk bisa segera dihadirkan di hadapan konsumen dalam waktu lebih cepat.
Hal ini tentu tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan, tetapi juga memberikan ruang bagi bisnismu agar lebih unggul daripada kompetitor.
Customer Experience Lebih Baik, Untung Lebih Banyak
Seluruh elemen di atas sebetulnya digabungkan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan atau customer experience. Konsumen akan memperoleh informasi tepercaya dan cepat, mulai dari informasi produk hingga update terkait pengiriman.
Hal ini akan meningkatkan keseluruhan pengalaman konsumen dalam buying journey. Akhir dari proses ini tentu saja peningkatan penjualan karena pelanggan yang merasa puas akan cenderung bertransaksi lebih banyak.
Jadi, sudahkah kamu menggunakan aplikasi POS yang dilengkapi dengan fitur integrasi marketplace?