Table of Content

    Mengapa Bisnis Perlu Melakukan Integrasi Marketplace?

    Peningkatan transaksi online mendorong bisnis untuk mengelola data secara lebih efisien.

    Karena makin banyak bisnis yang beralih memanfaatkan kanal penjualan online, kebutuhan mengintegrasikan sistem back-end dengan platform yang diakses konsumen pun meningkat, tak terkecuali bagi usaha kecil.

    Integrasi marketplace menawarkan bisnis beberapa keuanggulan, antara lain kecepatan dan potensi memperbesar skala bisnis dengan lebih mudah.

    Apa Itu Integrasi Marketplace?

    Biar bagaimanapun, situasi beberapa tahun belakangan ini mendorong terjadinya lonjakan penjualan online yang belum pernah terjadi sebelumnya melalui saluran digital. 

    Baca juga: Komponen Ekosistem Digital yang Dorong Usaha Kecil Bertumbuh

    Peningkatan transaksi online yang signifikan tersebut memicu ‘kegaduhan’ di tengah para pemilik bisnis, terutama pemilik usaha kecil dan menengah. Pasalnya, bisnis jadi membutuhkan pertukaran data yang lebih efisien antara sistem internal dan eksternal akibat perubahan ini.

    Cara manual dalam mengelola data, misalnya data stok produk, terlalu memakan waktu, penuh pengulangan, dan ada risiko kekeliruan yang besar.

    Nah, integrasi marketplace memungkinkan bisnis menghubungkan kanal penjualan online-nya dengan sistem internal sebagai sumber data agar proses berjalan otomatis, akurat, dan pertukaran informasi berlangsung cepat.

    Dengan kata lain, integrasi e-commerce atau marketplace adalah menghubungkan toko online-mu di berbagai marketplace dengan sistem pengelolaan bisnis yang kamu gunakan, misalnya dengan aplikasi POS yang memiliki fitur marketplace integration.

    Jika sudah demikian, perubahan atau pembaruan dalam satu sistem akan otomatis mengubah data di seluruh platform secara real time.

    Anggaplah kamu menjual produk skincare di marketplace. Saat kamu menambah stok produk di aplikasi POS, data stok di berbagai platform marketplace akan otomatis terbarukan.

    Sebaliknya, data pesanan atau transaksi penjualan dari platform marketplace juga dapat kamu lihat melalui satu sistem, yaitu aplikasi POS dengan fitur integrasi e-commerce atau marketplace.

    Alasan Pentingnya Integrasi Marketplace

    Kelola stok, penjualan, dan laporan keuangan lebih rapi dengan aplikasi integrasi marketplace.

    Dari paparan di atas, mungkin sudah terlihat pentingnya mengintegrasikan toko online di marketplace dengan sistem internal. Akan tetapi, mari kita cermati lebih detail alasan yang membuat hal ini sangat krusial.

    Manajemen Inventori Menjadi Lebih Baik

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pembaruan di satu sistem akan otomatis memperbarui data di seluruh platform toko online-mu. Maka dari itu, konsumen akan selalu melihat data stok terbaru di marketplace, begitu juga dengan tim yang bertanggung jawab mengelola inventori.

    Baca juga: Inventory Management yang Inovatif untuk Toko Online

    Terlepas dari banyaknya kanal penjualan online yang kamu miliki, pembaruan otomatis ini akan membantumu melacak inventori secara real time. Tidak hanya itu, kamu juga tetap bisa memprediksi penjualan sekaligus penyesuaian yang dibutuhkan.

    Pembaruan Satu Sistem, Lebih Akurat

    Pembaruan real time tidak hanya berlaku untuk data stok. Segala pembaruan yang dilakukan akan langsung terlihat di platform lain sebab sudah tidak ada lagi proses pembaruan yang dilakukan secara manual.

    Hilangnya proses pembaruan data secara manual ini berarti banyak keuntungan bagi bisnis. Pertama, konsumen akan melihat data terkini dan akurat. Hal ini tentu berpengaruh pada customer experience.

    Berikutnya, hal ini juga meniadakan duplikasi, baik duplikasi proses maupun duplikasi data. Dari sisi proses, setiap staf tidak perlu lalu menginput data berulang kali sehingga lebih hemat waktu dan tenaga. Lalu, dari sisi kualitas data, hal ini tentu menekan risiko terjadinya kesalahan input data.

    Strategi Marketing Lebih Optimal

    Integrasi marketplace memungkinkan kamu mengakses informasi tentang konsumen potensial, penjualan, dan informasi lainnya dalam berbagai format. Hal ini merupakan ‘senjata’ akurat dan tepercaya bagimu dalam merencanakan kampanye pemasaran.

    Baca juga: Inilah Inspirasi Konten Marketing Campaign yang Berhasil!

    Data tersebut juga dapat kamu manfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam pembaruan desain produk atau aspek lain yang bisa meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan.

    Percepatan Kehadiran Produk di Pasar

    Dengan transformasi data yang praktis dan efisien, produk bisa segera dihadirkan di hadapan konsumen dalam waktu lebih cepat. 

    Hal ini tentu tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan, tetapi juga memberikan ruang bagi bisnismu agar lebih unggul daripada kompetitor.

    Customer Experience Lebih Baik, Untung Lebih Banyak

    Seluruh elemen di atas sebetulnya digabungkan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan atau customer experience. Konsumen akan memperoleh informasi tepercaya dan cepat, mulai dari informasi produk hingga update terkait pengiriman.

    Hal ini akan meningkatkan keseluruhan pengalaman konsumen dalam buying journey. Akhir dari proses ini tentu saja peningkatan penjualan karena pelanggan yang merasa puas akan cenderung bertransaksi lebih banyak.

    Jadi, sudahkah kamu menggunakan aplikasi POS yang dilengkapi dengan fitur integrasi marketplace

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mempertahankan Bisnis dengan Memanfaatkan e-Marketplace
    Berbagai e-Marketplace berlomba memberikan dukungan di platform mereka untuk pebisnis, dengan harapan agar ekonomi tetap bergerak di masa pandemi COVID-19.
    Online Shop: Bisnis Paling Tepat di Masa Pandemi
    Di masa pandemi, saat semuanya dibatasi, membuka atau mengalihkan bisnis menjadi online shop dianggap sebagai sebuah strategi bisnis yang tepat.
    Belajar dari Pandemi: 5 Catatan Penting untuk Pemilik Usaha
    Meski sulit, ada pelajaran berharga yang dapat diambil selama pandemi. Dengan memahami ini, pemilik usaha dapat bertahan dan bergerak maju.
    Marketplace Indonesia Ini Turut Dorong Pertumbuhan UMKM Lho!
    Marketplace Indonesia memegang peranan besar dalam mendukung perkembangan UMKM. Apa saja marketplace karya anak bangsa tersebut? Simak daftarnya di sini!