Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Mengenal Facebook Business Manager dan Keuntungannya

    Mengenal Facebook Business Manager dan Keuntungannya

    Facebook Business Manager menawarkan berbagai keuntungan bagi pemilik usaha.

    Bagi pengusaha yang aktif menawarkan produk barang atau jasa secara online, mengenal dan memahami Facebook Business Manager tentu menjadi hal yang wajib dilakukan. Seperti yang kita ketahui bersama, Facebook memiliki dua kerabat yang tidak kalah terkenal, yaitu Instagram dan WhatsApp. Walau lebih dulu muncul, hingga saat ini Facebook masih menjadi salah satu media sosial yang digunakan banyak orang. Dengan demikian, memasarkan produk melalui Facebook dapat menjadi langkah tepat, khususnya dengan memanfaatkan Facebook Business Manager.

    Lantas, apa yang dimaksud dengan Facebook Business Manager? Jika digunakan untuk memasarkan produk, apa keuntungan Facebook Business Manager? Lebih lanjut, bagaimana cara menggunakan Facebook untuk bisnis? Saatnya temukan jawaban dari berbagai pertanyaan seputar Facebook Business Manager, selengkapnya dalam artikel ini.

    Apa yang Dimaksud dengan Facebook Business Manager?

    Facebook Business Manager adalah salah satu fitur atau tools dari Facebook yang dapat digunakan untuk mengelola akun iklan secara lebih mudah, praktis, dan juga sederhana. Dikutip dari Hootsuite, Facebook Business Manager adalah suatu tools yang mampu membantu para pebisnis dalam mengelola akun iklan dan aplikasi Facebook dalam satu wadah secara bersamaan. Sebelumnya, setiap pebisnis/pengusaha harus mengelola akun Facebook Ads dan Facebook Fanpage secara terpisah.

    Facebook Business Manager juga dapat digunakan untuk mengontrol dan melakukan pembatasan informasi yang bisa diakses oleh social media manager, baik yang berasal dari perusahaan maupun agensi yang bersangkutan. Tidak perlu lagi berbagi detail login, karena setiap pengguna sudah memiliki akun masing-masing yang dapat digunakan. Dengan demikian, para pengusaha dapat memberikan hak akses secara penuh atau sebagian pada setiap anggota berdasarkan peran di perusahaan. Hal ini tentu membuat pembagian tugas setiap anggota tim menjadi lebih jelas.

    Baca juga: Social Media Marketing: Pengertian Hingga Contohnya

    Apa Keuntungan Facebook Business Manager?

    Facebook Business Manager memungkinkan para pengiklan mengelola proses marketing di dalam satu tempat dan dapat berbagi akses ke suatu aset untuk seluruh tim, agen mitra, dan vendor yang bersangkutan. Secara sederhana, kamu bisa mengelola segala sesuatunya dengan Facebook Business Manager. Tidak hanya satu, terdapat beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Langsung saja, simak keuntungan Facebook Business Manager berikut ini:

    1. Banyak pengiklan yang menggunakan Facebook Business Manager

    Pada tahun 2018 lalu, Facebook membuat Business Manager menjadi wajib digunakan oleh setiap akun yang memiliki audiens khusus (email list). Jika ingin menjangkau audiens baru, kamu dapat membuat pengecualian melalui fitur yang tersedia di Facebook Business Manager. Ingin memaksimalkan iklan produk milikmu? Gunakan Facebook Business Manager sekarang!

    2. Tidak perlu menggunakan akun bersama

    Tanpa Facebook Business Manager, tentu sulit untuk memisahkan profil pribadi dengan profil bisnis. Jika kamu tidak menggunakan Facebook Business Manager, kamu perlu membuat akun abu-abu atau akun bersama yang bisa digunakan oleh seluruh anggota tim, padahal hal ini bertentangan dengan ketentuan layanan dari Facebook.

    3. Mendapatkan support penuh dari Facebook

    Facebook memiliki banyak sekali fitur dan tools yang perlu diintegrasikan agar bisa bekerja dengan baik. Jika suatu hari kamu mengalami kendala teknis, hal pertama yang akan ditanyakan oleh tim support dari Facebook adalah “Apakah kamu menggunakan Business Manager?” Well, tim support tentu tidak bisa memberikan bantuan yang signifikan jika kamu tidak menggunakan Business Manager yang sudah mereka rekomendasikan. Jadi, tunggu apa lagi? Gunakan Facebook Business Manager agar kamu bisa mendapatkan support penuh dari Facebook.

    4. Semakin mudah mengiklankan produk milikmu

    Jika kamu baru saja membuat halaman Facebook dan akun khusus iklan, beralih ke Facebook Business Manager tentu akan terasa lebih mudah. Seiring berjalannya waktu, aset perusahaanmu di Facebook tentu semakin bertambah. Dengan sedikit aset pun, keadaan bisa saja menjadi rumit jika kamu ingin mengetahui anggota tim mana yang dapat mengakses aset tertentu, atau sejauh apa mereka bisa mengelolanya.

    5. Lebih aman

    Dengan tingkat turnover anggota tim yang tinggi, risiko bocornya data perusahaan juga semakin meningkat. Facebook Business Manager menyediakan Security Center yang memungkinkanmu untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor untuk semua anggota tim yang bersangkutan. Dengan adanya sistem keamanan ini, mantan anggota tim yang sebelumnya bekerja di perusahaanmu tidak lagi bisa mengakses Facebook Business Manager.

    Itulah 5 keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan dan memaksimalkan Facebook Business Manager. Bagaimana? Masih butuh alasan lain untuk menggunakannya?

    Baca juga: Iklan Display: Keuntungan, Jenis, dan Contoh

    Saatnya manfaatkan Facebook Business Manager untuk mengiklankan produk milikmu.

    Bagaimana Cara Menggunakan Facebook untuk Bisnis?

    Cara menggunakan Facebook Business Manager adalah sebagai berikut:

    1. Set up Facebook Business Manager

    Sebelum menggunakan tools ini, kamu harus memutuskan terlebih dahulu siapa saja yang memiliki kendali dalam menjadi admin Facebook Business Manager. Mereka yang memiliki tanggung jawab untuk menjadi admin Facebook Business Manager akan bertanggung jawab atas semua pelanggan, karyawan lain sebagai pengguna, dan memegang akun perusahaan. Tidak sulit, jika kamu sebelumnya bertindak sebagai Admin, kamu harus login terlebih dahulu ke akun Facebook pribadi kamu dan lanjut dengan mengakses business.facebook.com. Setelah masuk ke halaman utama, Facebook akan membawa kamu untuk mengikut berbagai tahapan selanjutnya, yaitu mengisi beragam informasi yang terdiri dari empat tahap. Setiap tahap tersebut dimulai dari pengenalan, informasi detail tentang bisnis kamu, nama halaman bisnis kamu, dan profil pengelola bisnis kamu.

    2. Pengaturan untuk login bersama

    Umumnya, setiap pebisnis tidak sendirian dalam mengelola akun Facebook Ads ataupun halaman bisnisnya. Mereka dibantu oleh karyawan atau sumber daya lain dengan membagikan akses akunnya. Akan tetapi, dengan kehadiran Facebook Business Manager, hal tersebut sudah tidak perlu lagi dilakukan sebab kamu bisa membagi akses pada akun yang berbeda. Ya, jika tahap pertama di atas sudah berhasil kamu lakukan, selanjutnya kamu akan dibawa pada halaman berkamu bisnis kamu. Silakan pilih pengaturan yang ada pada menu bar di sisi kanan atas, pilih login bersama dan klik menu bar yang terletak pada sisi kiri bawah “masuk bersama”. Selanjutnya, masukkan email dan password mereka yang ingin kamu masukkan ke akun Facebook Business Manager milikmu.

    3. Tambahkan Manager

    Di dalam Facebook Business Manager juga terdapat struktur kepegawaian yang sangat baik. Mereka yang memiliki hak dalam mengatur akun adalah admin. Nah, admin lah yang nantinya akan memberikan tugas pada manager akun dalam bisnis kamu. Admin juga bertindak sebagai manager, namun hanya berperan dalam membagikan tugas dan memantau saja. Selain bisa menambahkan akun, seorang admin juga harus mampu menambahkan manager dan memberikan berbagai tugas lainnya. Cara menambahkan manager juga sangat mudah. Silakan pilih pengaturan, dan klik sidebar yang berada di sisi kiri lalu pilih “orang”. Selanjutnya, pilih sidebar yang berada di kanan atas, dan “tambahkan orang baru”. Selanjutnya, kamu harus menulis email bisnis mereka yang sudah kamu pilih sebagai manager saja. Akan tetapi, pastikan mereka benar-benar sudah melakukan verifikasi akun baru sebelumnya dengan menggunakan alamat email pribadi masing-masing.

    4. Tetapkan tugas dan mulai bekerja

    Saat setiap akun sudah mulai tersambung dan admin pun sudah berhasil memilih manager, maka saat ini adalah waktu yang paling tepat dalam memberikan tugas. Caranya, klik halaman atau akun iklan, lalu pilih halaman atau akun halaman yang ingin kamu berikan akses pada mereka yang sebelumnya sudah kamu berikan hak akses. Jika sudah, tambahkanlah orang atau manajer yang mempunyai akses ke dalam halaman atau ke dalam akun iklan tersebut.

    Setelah menggunakan Facebook Business Manager, kamu juga bisa mencoba berbagai fitur Facebook Ads Manager sebagai berikut:

    1. Commerce Manager

    Commerce Manager merupakan fitur yang dimiliki Facebook Ads Manager untuk mengelola katalog produk yang diiklankan melalui Facebook dan Instagram. Untuk menggunakan fitur ini, kamu tidak perlu memiliki toko offline. Akan tetapi, kamu bisa membuat halaman toko offline kamu di Facebook dengan menggunakan fitur ini dan langsung dihubungkan dengan katalog produk. Untuk proses pemesanan produk, kamu bisa menghubungkannya dengan link website, Facebook messenger, hingga direct message Instagram.

    2. Pengelola Iklan

    Fitur ini berfungsi untuk mengelola seluruh campaign, set iklan, hingga iklan itu sendiri. Fitur pengelola iklan ini dapat mengatur hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan iklan, duplikat iklan, edit iklan hingga menonaktifkan iklan.

    3. Pengaturan Akun Iklan

    Fitur ini berfungsi untuk mengatur cara pembayaran, pengelolaan metode pembayaran, dan mengedit informasi bisnis milikmu. Selain itu, kamu juga dapat menonaktifkan akun iklan dan menambahkan admin akun iklan.

    4. Audience

    Fitur ini memuat informasi mengenai audience khusus, audience serupa, dan audience tersimpan yang cocok dengan iklan produkmu.

    5. Pengaturan Bisnis

    Fitur ini memuat cara mengatur dan mengedit berbagai akun halaman bisnis yang kamu miliki.

    6. Tagihan

    Fitur ini memuat informasi seluruh transaksi pembayaran, khususnya saldo iklan yang tersisa secara real time (dapat dilihat di bagian pojok atas).

    Baca juga: Cari Cuan dengan Cara Monetize di Media Sosial!

    Penutup

    Facebook Business Manager adalah salah satu fitur atau tools dari Facebook yang dapat digunakan untuk mengelola akun iklan secara lebih mudah, praktis, dan juga sederhana dalam satu wadah secara bersamaan. Facebook Business Manager dapat menjadi jawaban dari masalah pengusaha yang sebelumnya hanya bisa membagikan satu akun login saja. Jika dimanfaatkan secara maksimal, Facebook Business Manager dapat membuat iklan produk perusahaan milikmu sampai di audiens yang tepat alias tepat sasaran.

    Selain informasi mengenai pengertian Facebook Business Manager pengertian Online Single Submission dan keuntungannya, temukan juga berbagai informasi seputar online shopping, digital marketing, peluang usaha, dan strategi bisnis yang tepat di sini. Untuk urusan partner pembayaran, jangan ragu memilih majoo yang setia menemani langkahmu dalam bekerja dan membangun bisnis. Dalam aplikasi majoo, terdapat berbagai fitur praktis dan menarik yang dapat disesuaikan dengan segala kebutuhanmu. Tunggu apa lagi? Yuk, berlangganan sekarang!

    Pertanyaan Terkait

    • Facebook Business Manager memungkinkan para pengiklan mengelola proses marketing di dalam satu tempat dan dapat berbagi akses ke suatu aset untuk seluruh tim, agen mitra, dan vendor yang bersangkutan. Selain memudahkan pengelolaan iklan, menggunakan Facebook Business Manager memberikan keamanan dan support teknis penuh dari tim Facebook.
    • Facebook Business Manager adalah salah satu fitur atau tools dari Facebook yang dapat digunakan untuk mengelola akun iklan secara lebih mudah, praktis, dan juga sederhana. Dikutip dari Hootsuite, Facebook Business Manager adalah suatu tools yang mampu membantu para pebisnis dalam mengelola akun iklan dan aplikasi Facebook dalam satu wadah secara bersamaan.
    • Cara menggunakan Facebook Business Manager adalah sebagai berikut: (1) Set up Facebook Business Manager; (2) Pengaturan untuk login bersama; (3) Tambahkan Manager; (4) Tetapkan tugas dan mulai bekerja.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
    Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan karakter wirausaha yang kuat agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar sampai bisa meraih kesuksesan besar.
    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.