Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Cari Cuan dengan Cara Monetize di Media Sosial!

    Cari Cuan dengan Cara Monetize di Media Sosial!

    Ada banyak cara monetize yang bisa kamu coba.

    Saat ini, peluang untuk mendapatkan tambahan uang dari media sosial makin terbuka lebar. Beberapa platform media sosial menyediakan cara praktis untuk mendapatkan uang dengan sistem monetize atau monetisasi. Contohnya, YouTube,  Tiktok, dan Instagram. 

    Sederhananya, yang dimaksud dengan monetize adalah cara untuk mengubah sesuatu menjadi uang. Lalu bagaimana cara monetize?

    Apa itu Monetize?

    Pengertian monetize secara umum adalah cara untuk mengubah sesuatu menjadi uang. Dalam lingkup digital dan media sosial, monetize memiliki arti yang sedikit berbeda. 

    Monetize diartikan sebagai tindakan seseorang yang memiliki sebuah website atau akun media sosial seperti Instagram, TikTok, atau YouTube. Lalu mereka memanfaatkan platform tersebut  untuk mendapatkan uang.

    Ada banyak pilihan cara monetize pada masing-masing platform. Misalnya dengan cara endorse, adsense, partnership, dan sebagainya. 

    Namun, akun media sosial atau website tidak bisa didaftarkan untuk monetize begitu saja. Agar akun bisa mencapai status monetized, pemilik akun wajib menaati berbagai syarat dan ketentuan dari platform atau pihak yang memberikan monetize.

    Tips agar Monetize Disetujui

    Tadi sudah sedikit dibahas bahwa tidak semua permintaan monetize akan bisa disetujui. Beberapa orang mungkin akan mengalami penolakan.

    Untuk dapat disetujui, salah satu cara tepat dalam melakukan monetize adalah dengan konsisten dalam membuat dan mengembangkan konten. 

    Berikut tips yang bisa kamu terapkan agar permintaan monetize disetujui, yaitu:

    1. Pahami apa keahlianmu untuk membuat konten
    2. Buatlah konten yang orisinil
    3. Pilih platform media sosial yang tepat
    4. Konsisten dalam membuat konten yang bermanfaat
    5. Lakukan cara monetize dengan optimal

    Cara Monetize YouTube

    YouTube merupakan salah satu platform digital paling umum digunakan untuk monetize

    Ada beberapa cara monetize YouTube yang bisa dicoba, yaitu:

    • Penayangan iklan
    • Konten bersponsor
    • Adsense dari YouTube 

    Agar konten video yang kamu unggah di channel YouTube dapat menghasilkan uang, kamu perlu berstatus monetized. Untuk itu, ada beberapa syarat dan kebijakan yang mesti kamu penuhi.

    Misalnya, kamu ingin mendapatkan adsense dari YouTube. Syarat untuk mendapatkannya adalah: 

    1. Menaati semua kebijakan monetisasi channel YouTube; 
    2. Berlokasi di wilayah/negara tempat program partner YouTube tersedia; 
    3. Tidak ada teguran pedoman komunitas di channel YouTube; 
    4. Memiliki lebih dari 4.000 jam tayang penonton yang akurat dalam 12 bulan terakhir; 
    5. Memiliki lebih dari 1.000 subscriber.
    6. Memiliki akun AdSense yang ditautkan.

    Baca Juga: Tips dan Trik Cara Menjadi Youtuber Indonesia

    Cara Monetize Video Facebook

    Tidak berbeda jauh dengan YouTube, saat ini page Facebook pun dapat dimonetisasi melalui konten video. Cara monetize video Facebook adalah dengan mengunggah video di halaman Facebook. Semakin banyak pengunjung halaman yang melihat video, semakin banyak uang yang bisa kamu dapat.

    Berikut cara monetize video di Facebook yang bisa kamu coba.

    1. Membuat Fanspage

    Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat fanspage. Jika belum memiliki fanspage, kamu bisa membuat fanspage atau halaman facebook terlebih dahulu. 

    2. Buat Konten yang Menarik

    Setelah memiliki halaman Facebook atau fanspage, kamu bisa memulai membuat konten yang menarik seperti tulisan, gambar maupun video. Sebelum membuat konten, pastikan untuk melengkapi seluruh isi halaman seperti foto, cover, info dan lain sebagainya. 

    Jika kamu merasa konten yang kamu buat sudah menarik, kamu bisa langsung mengunggahnya di halaman Facebook dan bagikan halaman tersebut sebanyak-banyak ke grup atau beranda untuk mendapatkan like, share dan pengikut baru. Ingat, sebisa mungkin buatlah konten dalam bentuk video. 

    3. Aktifkan Iklan Monetize Pada Fanspage

    Setelah halaman beserta konten sudah dibuat, jangan lupa untuk memenuhi semua persyaratan agar video halaman tersebut bisa di-monetize oleh Facebook. 

    Ada 4 syarat utama yang kamu harus penuhi, yaitu:

    1. Harus minimal 10.000 pengikut
    2. Penayangan 1 menit untuk video 3 menit
    3. memenuhi standar kelayakan monetisasi
    4. Country Availability

    4. Buka Perpustakaan Konten

    Selanjutnya, kamu bisa membuka perpustakaan konten. Nantinya di halaman tersebut akan tampil video yang bisa dimonetisasi seperti di kolom attributes. Jika pada kolom tersebut kamu melihat ada tanda dollar, itu artinya video tersebut bisa dimonetisasi.

    5. Aktifkan Monetisasi Video

    Setelah itu, kamu bisa mengaktifkan fitur ad breaks di dalam video tersebut dengan cara klik logo dollarnya lalu klik ON pada baris ad breaks dan klik simpan. Dengan begitu iklan sudah siap untuk ditayangkan.

    Kamu bisa memanfaatkan live streaming sebagai cara monetize.

    Cara Monetize TikTok

    Selanjutnya, platform yang dapat kamu monetize adalah TikTok. TikTok memang saat ini menjadi salah satu media sosial paling populer di kalangan masyarakat. 

    Konten-konten video pendeknya dinilai cukup menarik dan mudah untuk meningkatkan traffic, hal ini yang menjadikan TikTok sangat ampuh untuk kamu monetize.

    Cara monetize TikTok dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

    1. Influencer

    Cara monetize TikTok yang paling populer adalah dengan menjadi seorang influencer. Influencer adalah seseorang yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian orang lain. Baik itu karena popularitas, hubungan, hingga kredibilitas terhadap audiens yang bersangkutan. 

    Tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi seorang influencer TikTok karena kamu bisa mendapatkan uang dari orang yang ingin menggunakan jasa influencer tersebut.

    2. Live Streaming

    Fitur live streaming langsung menggunakan aplikasi TikTok tentu ada manfaatnya. Perlu kamu ketahui bahwa nilai tukar untuk live streaming umumnya sangat bervariasi tergantung berapa lama durasi live tersebut. 

    Umumnya para pengguna Tiktok membeli koin memakai uang sungguhan. Selanjutnya mereka akan menggunakannya pada pembuat konten teratas. Sistem ini memang layaknya donasi atau tip yang ada di dunia nyata. Dengan begitu, cara ini juga cukup efektif untuk mendapatkan uang tambahan.

    3. Promosi Konten

    Langkah lain dalam cara monetize TikTok yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat konten secara khusus kemudian mempostingnya di beranda Tiktok.

    Bukan hanya untuk produk milikmu, kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk mempromosikan produk orang lain. Nantinya, kamu akan memperoleh uang dari promosi konten tersebut. 

    Semakin banyak konten yang dipromosikan tentu saja akan semakin banyak pula uang dapat diperoleh. Oleh karena itu, sangat disayangkan apabila cara ini tidak dicoba untuk diterapkan.

    Baca Juga: 5 Brand yang Sukses Memanfaatkan Tren TikTok

    Cara Monetize Instagram

    Sama seperti platform media sosial lainnya, cara monetize Instagram pun bisa kamu lakukan dengan berbagai metode. 

    1. Affiliate Marketing

    Salah satu cara monetize Instagram yang populer saat ini adalah affiliate marketing. Affiliate marketing adalah kerjasama dengan sebuah brand sebagai ambasador yang bertugas untuk mempromosikan produk atau jasa dengan imbalan sebagian keuntungan dari penjualan.

    Untuk menjadi afiliasi sebuah brand, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Setelah itu, kamu hanya perlu membuat konten dengan mencantumkan URL atau kode khusus.

    Dengan begitu, kamu bisa mendapat sebagian komisi setiap ada pembelian. Persentase komisi yang diperoleh cukup variatif, ada yang hanya 10%, ada pula yang mencapai 50%.

    2. Iklan Produk

    Mengiklankan produk atau membuat konten yang disponsori brand tertentu juga merupakan salah satu cara monetisasi Instagram yang banyak dilakukan influencer. Namun, hal ini berbeda dengan affiliate marketing.

    Jika kamu bisa secara resmi bekerja sama untuk membuat konten yang disponsori suatu brand, otomatis kamu akan dibayar sesuai perjanjian kontrak, umumnya per post, bukannya berdasarkan hasil komisi penjualan.

    Baca Juga: Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram 

    3. Video Product Placement

    Pemasaran produk menggunakan media video dinilai sebagai cara yang paling efektif. Lantaran itulah, melakukan product placement melalui media ini di berbagai platform media sosial sering menjadi pilihan berbagai brand di seluruh dunia.

    Tak jarang juga mereka bekerja sama dengan akun-akun yang memiliki pengaruh yang cukup kuat atas follower-nya.

    4. IGTV Ads

    Cara monetize Instagram berikutnya adalah dengan memanfaatkan IGTV Ads. Seiring dengan dirilisnya Instagram Shopping from Creator untuk Feed dan Story, penambahan IGTV Ads secara langsung akan memberikan pengguna akses pada platform penghasil uang yang cukup lengkap.

    IGTV Ads merupakan sebuah iklan di mana audiens dapat secara langsung membeli produk selama live video berlangsung. Fitur ini merupakan ekspansi dari Brand Collabs Manager, yang pada dasarnya adalah platform pemasaran influencer yang serupa dengan milik Facebook.

    Pengguna Instagram yang memanfaatkan fitur tersebut akan menerima 55% keuntungan dari semua iklan di IGTV. Meskipun demikian, ada beberapa persyaratan yang perlu kamu miliki sebelum bisa menggunakan IGTV Ads.

    Syarat tersebut antara lain adalah:

    • Jumlah followers akun yang sudah mencapai angka 10.000 
    • Minimal 30.000 views dalam dua bulan terakhir untuk video di IGTV

    Baca Juga: Meningkatkan Penjualan dengan Fitur Live Streaming di Medsos? Kenapa Tidak?

    Cara Monetize Website

    Terdapat beberapa cara monetize website yang sering dilakukan, yaitu: 

    1. Dengan Google AdSense

    AdSense adalah platform periklanan yang dijalankan oleh Google. Dengan menggunakan layanan ini, kamu bisa meletakkan banner iklan pada berbagai titik di website atau blog. .

    Setiap kali ada pengunjung melakukan klik pada iklan yang telah disematkan pada halaman-halaman blog, kamu akan mendapatkan imbalan. Imbalannya tentu saja berbeda-beda tergantung negara serta pihak yang menerbitkan iklannya. Bayaran yang ditawarkan AdSense di Indonesia berkisar antara $0,01 hingga $5.

    Sebelum bisa menggunakan AdSense, kamu harus membuat akun dan mengaktifkannya terlebih dahulu. Proses pengaktifan ini biasanya berlangsung selama beberapa saat karena Google harus memberikan persetujuannya. Jika akun sudah aktif, kamu bisa mulai membuat format iklan yang ingin ditampilkan. 

    2, Membuat e-Book

    Cara monetize website berikutnya adalah dengan mencoba menuangkan pemikiranmu pada e-Book lalu menjualnya. Ternyata kamu bisa juga menjual e-Book di website. Bahkan, kamu tidak perlu memiliki banyak pengunjung untuk memulai cara ini. 

    3. Menjual Ad Space

    Menjual ruang kosong pada website kamu langsung kepada pengiklan juga merupakan salah satu cara monetize website yang layak untuk dicoba. 

    Ruang kosong tersebut dapat berupa link pada bagian bawah halaman, spanduk di samping halaman, atau pop-ons berukuran kecil. Harganya pun bervariasi, kamu harus bisa melakukan negosiasi dengan  baik dalam hal ini.

    Metode Ad Space menghasilkan pembayaran per klik atau pembayaran per pengunjung. Artinya, kamu akan mendapatkan uang dari pengiklan berdasarkan jumlah orang yang mengklik iklan atau mengunjungi website.

    4. Konten Bersponsor

    Konten bersponsor merupakan kolaborasi antara kamu sebagai pemilik website dengan brand yang bekerja sama dengan kamu. Dengan bisnis ini, kamu akan dibayar untuk membuat konten dan mempublikasikannya pada website milikmu.

    Seperti apa kontennya? Konten dapat menyerupai produk atau informasi terkait penjualan, penawaran, infografis, ataupun ulasan. Konten dapat ditulis oleh kamu sendiri atau sponsor dari brand tersebut. Kamu juga bisa menambahkan biaya cukup tinggi jika kamu menulis postingan sekaligus mempostingnya dalam website.

    Dalam menilai konten bersponsor, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

    • Seberapa besar pengaruh kamu secara online
    • Jumlah postingan bersponsor yang akan kamu tulis setiap bulannya
    • Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk membuat konten
    • Nilai terhadap brand (konten bersponsor vs. brand website kamu)

    Keuntungan Monetize

    Dengan melakukan cara monetize terutama di platform media sosial, memang sudah terbukti dapat memberikan banyak keuntungan. 

    Beberapa keuntungan dari monetize adalah:

    Memberikan Ilmu dan Manfaat bagi Audiens

    Jika kamu adalah seorang content creator YouTube, TikTok, Instagram, atau media sosial lainnya, konten yang kamu buat tentunya akan memiliki value tersendiri. Dari value tersebut, audiens akan mendapatkan ilmu atau insight yang bermanfaat bagi mereka.

    Menambah Pengalaman dan Pengetahuan di Dunia Digital

    Monetize juga dapat membantu kamu menambah pengalaman dan pengetahuan mengenai dunia digital lebih luas lagi. Kamu akan semakin paham mengenai cara mendapatkan penghasilan melalui platform digital.

    Mendapatkan Penghasilan Tambahan yang Cukup Besar

    Keuntungan monetize yang sudah pasti kamu dapatkan tentu saja adalah penghasilan tambahan yang cukup besar. Monetize juga bisa menjadi cara ampuh bagi kamu yang memiliki passion di bidang media sosial terutama content creator.

    Kesimpulan 

    Mendapatkan cuan dari monetize nyatanya memang tidak terlalu susah, dibutuhkan ketekunan dan usaha yang berkelanjutan dalam hal ini agar bisa konsisten. Cara monetize di berbagai platform media sosial memang bisa mendatangkan cuan, namun bisakah kamu mengaturnya?

    Apalagi bila ternyata kamu adalah seorang pelaku bisnis yang melakukan cara monetize untuk bisnis yang kamu jalankan. Mendapatkan pendapatan dari monetize bisa jadi percuma bila kamu tidak bisa mengaturnya dengan baik. 

    Apabila kamu merasa bingung dalam mengontrol kondisi keuangan, coba manfaatkan aplikasi majoo yang secara otomatis mencatat seluruh transaksi yang dilakukan dengan akurat dan otomatis; sehingga memonitor keuangan bisnis pun menjadi sesuatu yang sangat mudah dan sama sekali tidak membuat pusing. Sudahlah, tunggu apa lagi, sih? Langganan majoo sekarang, yuk

     

    Pertanyaan Terkait

    • Pengertian monetize secara umum adalah cara untuk mengubah sesuatu menjadi uang. Dalam lingkup digital dan media sosial, monetize diartikan sebagai tindakan seseorang yang memiliki sebuah website atau akun media sosial seperti Instagram, TikTok, atau YouTube yang mereka manfaatkan untuk mendapatkan uang.
    • YouTube merupakan salah satu platform digital paling umum digunakan untuk monetize. Ada beberapa cara monetize YouTube yang bisa dicoba, yaitu: (1) Penayangan iklan, (2) Konten bersponsor, (3) Adsense dari YouTube.
    • Sama seperti platform media sosial lainnya, cara monetize Instagram pun bisa kamu lakukan dengan berbagai metode, yaitu: (1) affiliate marketing, (2) iklan produk, (3) video product placement, dan (4) IGTV Ads.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    5 Contoh Daftar Riwayat Hidup atau curriculum vitae ( CV )
    Contoh Daftar riwayat hidup adalah dokumen penting untuk melamar pekerjaan. Tapi, tahukah kamu apa saja jenisnya, dan bagaimana cara membuatnya?
    Cara Menjadi Dropship di Shopee - Terbaru 2022
    Cara Dropship di Shopee merupakan salah satu cara menjual produk yang tidak memerlukan modal terlalu banyak dan menjadi alternatif jual barang tanpa toko.
    Peran Penting Strategi Customer Relationship dalam Bisnis
    Customer relationship adalah strategi untuk menjaga hubungan baik antara pihak pemilik bisnis dan konsumen. Hal ini penting bagi perkembangan bisnis.
    Serba-Serbi Pengiriman Barang yang Perlu Kamu Tahu!
    Pengiriman adalah kegiatan mendistribusikan produk barang dan jasa kepada konsumen. Apa saja yang perlu kamu pahami mengenai proses pengiriman barang?