Memahami format pengiriman paket yang efektif merupakan sebuah keharusan, khususnya bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang jual-beli secara online. Wajar saja, kan, pasalnya membuka dan mengelola toko online mengharuskan kita untuk mengirimkan barang pesanan pelanggan sesuai dengan alamat pengiriman yang ditentukan.
Eits, bukan hanya untuk online seller saja, lho! Mengetahui cara mengirimkan paket sebenarnya sangat penting untuk setiap pelaku usaha, bahkan untuk mereka yang bergerak di bidang jasa sekalipun. Alasannya cukup sederhana, yaitu dalam satu waktu, mereka yang menjalankan bisnis pasti akan mengirimkan barang, baik merchandise khusus untuk pelanggan setia, kelebihan persediaan barang yang telah dipesan, maupun sebagai bagian dari layanan khusus yang ditawarkan kepada pelanggan.
Nah, sebenarnya apa, sih, yang perlu diperhatikan dalam mengirimkan barang-barang tersebut? Elemen yang paling utama jelas keberadaan alamat, baik alamat tujuan atau alamat penerima, maupun alamat asal atau alamat pengirim. Mengapa penting untuk memahami elemen krusial dalam pengiriman barang ini? Kita coba untuk menelaahnya bersama-sama, yuk!
Baca Juga: A-Z Mengenai Jasa Kurir
Alamat Tujuan dalam Format Pengiriman Paket
Alamat tujuan jelas merupakan hal yang paling penting dalam format pengiriman paket. Pasalnya, tanpa adanya alamat tujuan, barang tidak akan mungkin bisa dikirimkan dan kalaupun kita paksakan untuk mengirimkannya, barang akan langsung dikembalikan tanpa sempat dikirimkan. Jelas ini akan sangat merugikan bisnis, kan, karena tingkat kepuasan pelanggan pun akan langsung terjun bebas apabila barang yang dipesannya tak kunjung tiba.
Namun, tenang saja, menuliskan alamat tujuan pada barang kiriman maupun pesanan pelanggan sebenarnya cukup mudah, kok! Format yang digunakan untuk menuliskan alamat tujuan umumnya cukup sederhana, tapi jangan menganggap bahwa yang harus dicantumkan hanya alamat saja, ya!
Selain alamat lengkap yang mendetail, misalnya saja dengan mencantumkan RT dan RW juga selain nomor rumah, kita sebagai pengirim juga perlu mencantumkan identitas penerima. Dengan demikian, petugas logistik yang ditunjuk untuk mengantarkan barang tersebut pun bisa memastikan bahwa barang telah dikirim kepada penerima yang memang dituju.
Identitas penerima yang dimaksud di sini tidak hanya terbatas pada alamat serta nama lengkapnya saja, tetapi juga nomor kontak yang dapat dihubungi. Meski tak terlalu sering terjadi, dalam beberapa kasus, penyedia jasa pengiriman bisa saja kesulitan dalam menemukan alamat tujuan, terlebih jika alamat tersebut tidak ditulis secara lengkap dan mendetail.
Dalam situasi tersebut, keberadaan nomor kontak menjadi penting karena penyedia jasa pengiriman dapat menghubungi nomor tersebut untuk menanyakan detail alamat tujuan. Tanpa adanya nomor kontak, bukan tidak mungkin petugas penyedia jasa pengiriman menyerah dan memutuskan untuk mengirimkan kembali barang tersebut kepada kita. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mencantumkan identitas penerima yang dituju secara jelas, ya!
Baca Juga: Shipping adalah: Pengertian, Jenis, dan Tips
Alamat Pengirim dalam Format Mengirim Paket
Elemen yang tak kalah penting dalam format mengirim paket adalah alamat kita sendiri sebagai pengirim. Sama seperti kasus yang terjadi ketika penyedia jasa pengiriman tak bisa menemukan alamat tujuan, sebenarnya kebutuhan terkait alamat pengirim bisa dibilang cukup khusus.
Alamat pengirim ini dibutuhkan ketika terjadi kesalahan pengiriman atau pemesanan. Dengan adanya alamat pengirim yang jelas, pelanggan dapat dengan mudah mengurus pengembalian dana sesuai dengan ketentuan yang diberikan, yaitu dengan mengembalikan terlebih dahulu barang yang sudah diterima.
Dalam kasus tersebut, keberadaan alamat pengirim akan sama pentingnya dengan keberadaan alamat penerima dalam format mengirim paket. Pasalnya, ketika pelanggan mencoba mengembalikan barang kiriman tersebut, alamat pengirim akan menjadi alamat penerima yang dituju oleh pelanggan.
Oleh karena itu, pastikan juga untuk mencantumkan identitas pengirim secara jelas. Selain untuk mempermudah pelanggan maupun penyedia jasa pengiriman untuk mengembalikan barang ketika terjadi kesalahan, keberadaan identitas ini juga dapat membantu pelanggan untuk memastikan bahwa paket yang mereka terima memang benar barang yang telah dipesan.
Ingat selalu bahwa yang mengirimkan paket kepada pelanggan tersebut bukan hanya kita saja. Bisa jadi, pelanggan tersebut juga memesan barang yang lain kepada penjual online lainnya. Dengan demikian, pelanggan pun bisa yakin dengan paket yang diterimanya apabila disertai dengan identitas jelas kita selaku pengirim.
Jangan salah, tak sedikit, lho, pelanggan yang menolak pengiriman paket yang sebenarnya memang dipesannya hanya karena paket tersebut tidak jelas asal-usulnya.
Baca Juga: 7+ Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler
Contoh Format Pengiriman Paket yang Tepat
Ada banyak sekali contoh format pengiriman paket yang tepat dan efektif, salah satunya adalah format yang secara jelas mencantumkan setidaknya tiga informasi, yakni nama, alamat lengkap, dan juga nomor telepon. Ketiga elemen tersebut harus bisa dengan mudah ditemukan baik dalam alamat tujuan maupun alamat pengirim.
Penulisan yang lengkap untuk kedua jenis alamat di atas akan membantu penyedia jasa pengiriman untuk secara cepat mengantarkan paket kepada pelanggan. Perlu diketahui bahwa penyedia jasa pengiriman umumnya sudah memiliki sistem hub dalam mengantarkan paket, adanya format alamat yang lengkap dan detail akan mempermudah penyedia jasa pengiriman tersebut dalam mengirimkan paket dari hub yang satu ke hub yang lain hingga paket diterima oleh pelanggan.
Meski demikian, kita juga harus sadar bahwa informasi semacam tersebut merupakan informasi pribadi yang sifatnya sensitif. Oleh karena itu, pastikan alamat yang kita cantumkan benar-benar alamat yang memang diberikan oleh pelanggan. Di era yang sudah serba modern seperti sekarang, pemberian alamat ini cukup mudah, kok!
Dalam contoh format pengiriman paket yang diterapkan oleh beberapa platform marketplace, misalnya saja, pelanggan memang diharuskan untuk mencantumkan alamatnya, sehingga kita cukup menyalin alamat tersebut dari sistem platform yang digunakan.
Menyusun Format Data Pengiriman Barang
Saat ingin menyusun format data pengiriman barang dengan benar, kita perlu memastikan bahwa urutan data tersebut memang tepat, dimulai dari nama, alamat, hingga nomor kontak yang bisa dihubungi.
Untuk nama dan nomor kontak, umumnya tak ada aturan yang harus diikuti, selama kita memastikan bahwa data yang dicantumkan memang sudah benar, pengiriman pun bisa dilakukan. Namun, untuk alamat, umumnya ada beberapa format yang bisa diikuti.
Tak sulit, kok, kita hanya perlu menuliskan alamat dari yang paling spesifik hingga yang paling luas. Misalnya saja dimulai dari nama jalan, diikuti dengan nomor rumah, kemudian RT dan RW, nama kelurahan, kecamatan, kota, dan provinsinya. Terakhir, kita dapat menambahkan kode pos alamat tersebut.
Dengan format data pengiriman barang tersebut, penyedia jasa pengiriman akan bisa lebih mudah menemukan alamat yang dimaksud. Format ini juga bisa dibilang format yang umum digunakan, bahkan untuk alamat resmi yang biasa dicantumkan oleh pemilik alamat di berbagai media, baik online maupun offline.
Mengirimkan paket dengan format penulisan alamat yang benar dapat mengurangi risiko terjadinya salah pengiriman. Dengan demikian, tingkat kepuasan pelanggan pun bisa dipertahankan karena pelanggan tak harus berurusan dengan kesalahan pengiriman paket yang dipesannya.
Tak heran, kan, jika banyak marketplace digital maupun penjual online yang meminta pelanggan untuk memberikan alamat secara lengkap dan jelas. Misalnya saja dengan mengisi formulir pemesanan, dan menolak untuk memproses pelanggan yang tidak ingin mengisi formulir tersebut, sekalipun ketika penjual sebenarnya sudah tahu alamat yang dimiliki oleh pelanggan.
Baca Juga: Ekspedisi adalah Perjalanan Menjelajahi Dunia? Bukan, dong!
Mendapatkan alamat yang benar untuk membuat format pengiriman paket yang tepat bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur membership dalam aplikasi majoo. Melalui fitur ini, kita dapat mencatat identitas diri pelanggan secara lengkap. Selain itu, aplikasi majoo juga memiliki berbagai fitur unggulan lainnya yang dapat dimaksimalkan untuk mengelola operasional bisnis secara efektif dan efisien, lho! Yuk, segera berlangganan layanan aplikasi majoo!
Sumber Data:
https://pluginongkoskirim.com/cara-menulis-alamat-paket/