Table of Content

    A-Z Mengenai Jasa Kurir

    Bisnis online shop bisa sangat terbantu dengan jasa kurir.

    Tidak berlebihan bila dikatakan bahwa jasa kurir adalah salah satu sarana penunjang bisnis saat ini, terutama jenis bisnis yang dijalankan secara online. Kebutuhan akan jasa kurir memang tidak bisa lepas dari salah satu strategi pemasaran bisnis. 

    Konsumen yang menginginkan produknya sampai dalam waktu cepat dan juga target pergerakan transaksi dari para pemilik bisnis menjadikan jasa kurir masih terus akan diperlukan. Jadi, mengirim barang lewat kurir adalah pilihan yang cukup tepat dan efisien. 

    Pengertian Jasa Kurir

    Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jasa artinya adalah ‘perbuatan yang memberikan segala sesuatu yang diperlukan orang lain; layanan; servis’, sementara kurir adalah ‘utusan yang menyampaikan sesuatu yang penting dengan cepat’.

    Jadi bisa diartikan bahwa jasa kurir adalah layanan atau servis pengantaran barang dari satu titik ke titik lain. Jasa kurir dapat digunakan untuk mengantar berbagai jenis dan kapasitas barang dengan beragam pilihan transportasi.

    Baca Juga: Ekspedisi adalah Perjalanan Menjelajahi Dunia? Bukan, dong!

    Dalam pelaksanaannya, perusahaan jasa kurir merupakan perusahaan yang mengirimkan pesan, paket, dan surat dengan segala spesialisasi mulai dari kecepatan, keamanan, hingga layanan pelacakan. 

    Layanan jasa kurir dikembangkan untuk memberikan alternatif pengiriman yang lebih cepat dan lebih aman dibandingkan layanan pengiriman tradisional yang dikenal cukup lambat dalam hal waktu pengiriman dan biaya yang besar jika barang besar atau berat. 

    Tidak heran bila akhirnya jasa pengiriman dengan bantuan kurir menjadi alternatif yang sempurna dan meskipun itu menjadi sedikit lebih mahal dari ongkos kirim normal, hal ini bermanfaat untuk pengiriman tertentu.

    Layanan kurir menjadi semakin populer dengan hadirnya e-commerce dan marketplace. Konsumen yang memesan beberapa item dalam jumlah banyak dari pemilik online shop tentunya membutuhkan layanan pengiriman khusus yang memungkinkan pelanggan untuk tidak hanya menerima barang mereka tetapi juga memungkinkan pemilik online shop untuk menawarkan hal-hal lain seperti pengiriman di hari yang sama ataupun hari berikutnya dengan variasi tarif.  

    Jenis Layanan Jasa Kurir

    Ada beberapa jenis layanan standar yang ditawarkan pada jasa kurir, antara lain:

    • Pengiriman barang besar dan berat
    • Diangkut dengan aman dan aman
    • Pengiriman seluruh dunia
    • Pengiriman hari berikutnya
    • Pengiriman jalur cepat
    • Kemampuan untuk melacak pengiriman 

    Layanan kurir sangat dibutuhkan dalam bisnis apapun karena kemampuan untuk mengirim dokumen penting kepada orang lain dengan tepat, aman dan cepat. 

    Kurir adalah suatu solusi yang dinilai sempurna untuk berbagai kebutuhan  kamu, disesuaikan dengan berbagai layanan yang ditawarkan serta area yang dapat melayani kebutuhan tersebut.  

    Baca Juga: Shipping adalah: Pengertian, Jenis, dan Tips

    Struktur Organisasi Jasa Kurir

    Perkembangan jasa kurir tidaklah singkat, namun pertumbuhannya memang semakin hari semakin meningkat. Faktor yang memengaruhi hal ini adalah kebutuhan harian masyarakat maupun operasional bisnis. 

    Ditambah lagi, kepuasan pelanggan akan kecepatan dan ketepatan pengiriman menjadi faktor penting yang juga berpengaruh pada berkembangnya jasa kurir.

    Sama seperti perusahaan lainnya, perusahaan jasa kurir juga memiliki struktur organisasi yang tersusun rapi.

    Secara umum, struktur tersebut terdiri dari:

    • Direktur
    • Sekretaris
    • HRD
    • Akunting
    • Manajer Pemasaran
    • Manajer Operasional
    • Manajer Area 
    • Kurir 

    Salah satu posisi yang bisa dibilang paling akrab dan bisa menjembatani antara pihak perusahaan jasa kurir, pemilik bisnis online, dan konsumen adalah kurir. Profesi ini tidak boleh diremehkan. 

     Kurir adalah posisi penting pada perusahaan jasa kurir.

    Kurir adalah … 

    Kurir adalah orang atau pihak yang bertugas untuk mengantarkan dokumen dan paket untuk individu, bisnis, institusi, dan lembaga pemerintah. Kurir biasanya bepergian dengan berjalan kaki, sepeda, sepeda motor, mobil, truk pengiriman, atau angkutan umum.

    Jasa kurir biasanya menyediakan layanan pengiriman door-to-door untuk berbagai klien, termasuk kantor hukum, bank, dan rumah sakit yang akan dilakukan oleh para kurir. Sebagian besar kurir memiliki spesialisasi untuk pengiriman lokal, seringkali di daerah perkotaan besar. Mereka menawarkan layanan pengiriman satu hari atau satu jam.

    Kurir menerima instruksi baik secara langsung atau melalui telepon atau radio dua arah. Dengan informasi ini, mereka merencanakan rute dan jadwal pengiriman yang paling efisien. 

    Kurir menghabiskan banyak waktu di jalan untuk melakukan pengiriman. Oleh karena itu, mereka harus terbiasa dengan rute dan area pengiriman serta memiliki kepekaan arah yang baik karena harus mengirimkan barang dengan jadwal waktu yang ketat. Alhasil, mereka harus bisa merencanakan hari mereka dan melakukan pengiriman secara efisien agar barang tidak sampai terlambat.

    Karena tipe pekerjaan yang berat dan sebagian besar waktunya dihabiskan di jalan, seorang kurir harus memiliki fisik yang kuat, terutama kurir yang mengantarkan barang menggunakan sepeda. Mereka juga harus mampu menghadapi segala kondisi cuaca dan bahaya lalu lintas yang padat. 

    Profesi kurir adalah pekerjaan yang juga dituntut untuk memiliki ketelitian tinggi. Mereka harus mampu melacak lokasi pengiriman dengan akurat, termasuk dengan proses pembayaran, tanda tangan, dan informasi penting lainnya. Selain itu, karena kurir seringkali berinteraksi langsung dengan pelanggan, mereka juga harus sopan dan siap menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh pelanggan.

    Baca Juga: Inspirasi Berbagai Bentuk THR untuk Kurir

    Tugas Kurir 

    Secara singkat, tugas kurir yang mungkin sudah kamu ketahui adalah mulai dari mengambil paket yang masuk ke perusahaan jasa kurir dan mengantarnya ke penerima. 

    Kurir juga perlu memastikan bahwa konsumen menerima pesanannya tepat waktu, melakukan pengecekan serta pencocokan data dengan dokumen yang disediakan terhadap paket.

    Rincian tugas kurir secara lebih lengkap adalah: 

    • Melakukan pengiriman barang ke alamat penerima yang tepat
    • Melakukan pendataan status pengiriman barang agar dapat dipantau
    • Memastikan barang tetap dalam keadaan aman hingga sampai tujuan
    • Menjalankan, mentaati SOP perusahaan delivery yang berlaku
    • Menjaga data pengirim dan penerima barang tetap aman pada label
    • Menerima pembayaran dan transaksi COD
    • Menyetorkan data dan laporan hasil pengiriman kepada perusahaan

    Jenis-jenis Kurir

    Ada berbagai jenis kurir yang bisa kamu temukan pada layanan jasa kurir. Tentu saja tugas kurir di sini akan mengikuti jenis yang mereka jalankan. 

    Setidaknya, ada 3 jenis kurir yang umum kamu temukan, yaitu: 

    Kurir Delivery

    Jenis kurir ini adalah pekerjaan kurir yang biasanya langsung mengantar barang-barang pesanan ke pemesan atau rumah tempat tinggal pemesan. Umumnya, kurir ini diwajibkan bisa mengendarai sepeda motor dan mempunyai SIM C

    Kurir Pick Up

    Kurir pick up adalah jenis kurir yang mengharuskan kurir untuk bisa mengendarai mobil dan tentunya juga harus memiliki SIM untuk jenis mobil yang digunakan untuk pick up

    Dalam hal ini, pekerjaan kurir adalah mengambil paket atau barang-barang yang akan dikirim dari pengirim dan dibawa ke pool agen ekspedisi atau langsung didrop ke cabang ekspedisi jasa kirim

    Kurir Transporter

    Tugas kurir transporter memang terbilang cukup berat bila dibandingkan jenis kurir lainnya. Selain menggunakan tenaga, kurir transporter biasanya melakukan perjalanan jauh dan diwajibkan bisa menyetir. 

    Pekerjaan utama kurir adalah mengambil barang-barang dari counter drop point atau agen-agen untuk dibawa ke gudang drop point kota tujuan barang. 

    Coba Fitur majoo: 

    1. Cek Ongkir Ekspedisi Gratis
    2. Cek Resi Ekspedisi Gratis

    Memaksimalkan Jasa Kurir

    Agar kinerja kurir bisa lebih maksimal, pihak perusahaan jasa kirim bisa menerapkan pengelolaan dan manajemen yang baik serta memberikan berbagai kemudahan bagi para kurirnya. 

    Bila kinerja kurir sudah maksimal, perusahaan layanan jasa kurir pastinya juga akan bisa berjalan dengan optimal. 

    Berikut beberapa saran agar jasa kurir berjalan secara optimal, antara lain:

    Memonitor Kinerja Karyawan Jasa Kurir

    Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh pihak jasa kurir adalah mengawasi kinerja karyawan jasa kurir secara real-time. Penggunaan teknologi akan membantu perusahaan jasa kurir dalam memantau aktivitas kerja dan barang yang dikirim. Contohnya, perusahaan jasa kurir dapat menggunakan GPS tracker.

    Memberikan Perlindungan Kecelakaan Kerja

    Pemberian asuransi atau perlindungan kecelakaan kerja kepada para karyawan jasa kurir maupun terhadap produk yang dikirim dapat menjadi solusi atas risiko kerja. 

    Hal ini bukan hanya berdampak baik bagi karyawan kerja dan perusahaan, melainkan juga bagi pelanggan. Citra kepedulian dibangun melalui jaminan perlindungan terhadap barang yang dinanti-nantikan pelanggan, sehingga pelanggan akan merasa lebih tenang dan senang.

    Memberikan Dukungan Produktivitas

    Manajemen jasa kurir yang baik akan berdampak baik juga terhadap produktivitasnya. Sarana informasi, komunikasi, upah yang memadai, hingga fasilitas perawatan kendaraan pengiriman dapat meningkatkan produktivitas jasa kurir secara optimal.

    Nah, dari penjelasan lengkap mengenai jasa kurir tadi, apakah kamu sudah memahami bahwa ternyata layanan ini memang memiliki peran penting bagi bisnis yang kamu jalankan. 

    Bayangkan bila jasa kurir yang kamu gunakan tidak mengirimkan stok barangmu secara on time sehingga stok di gudang menjadi kacau! Akan menjadi sangat ribet, kan

    Untuk menghindari hal tersebut, pastikan bahwa kamu sudah memilih jasa kurir yang sesuai dengan flow bisnismu, ya! Selain itu, sebaiknya juga memastikan aliran stok barang bisnismu tercatat dengan rapi, agar tidak ada yang namanya kehabisan stok. 

    Kamu bisa memanfaatkan fitur inventory dari majoo untuk mempermudah pengelolaan bisnismu. Ada banyak pilihan untuk melakukan input stok masuk, yaitu dengan cara manual (input satuan), maupun secara massal menggunakan file xls, atau bisa dilakukan dengan sistem PO (purchase order).

    Bukan itu saja, stok juga dapat ditambahkan dari penerimaan stok cabang atau gudang lain. Fitur ini juga memungkinkan kamu menerima notifikasi bila stok produk atau bahan baku menipis di bawah stok minimum. Menariknya, semuanya dilakukan secara online. Keren kan? Coba langganan majoo sekarang, deh

    Pertanyaan Terkait

    • Secara singkat, tugas kurir yang mungkin sudah kamu ketahui adalah mulai dari mengambil paket yang masuk ke perusahaan jasa kurir dan mengantarnya ke penerima. Rincian tugas kurir secara lebih lengkap adalah: (1) Melakukan pengiriman barang ke alamat penerima yang tepat, (2) Melakukan pendataan status pengiriman barang agar dapat dipantau, (3) Memastikan barang tetap dalam keadaan aman hingga sampai tujuan, (4) Menjalankan, mentaati SOP perusahaan delivery yang berlaku, (5) Menjaga data pengirim dan penerima barang tetap aman pada label, (6) Menerima pembayaran dan transaksi COD, (7) Menyetorkan data dan laporan hasil pengiriman kepada perusahaan.
    • Kurir termasuk jenis pekerjaan jasa.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Metode Penyusutan Aktiva Tetap!
    Seiring waktu, aset tetap akan mengalami depresiasi. Untuk mengetahui biaya penggunaan aset, perlu metode penyusutan aktiva tetap. Ketahui caranya di sini!
    Negosiasi adalah: Pengertian, Contoh, Jenis, Ciri-Ciri
    Negosiasi adalah proses interaksi antara pihak-pihak yang berusaha menemukan titik temu. Pahami pengertian, tujuan, contoh negosiasi.
    Rumus Persentase, Cara Menghitung Beserta Contoh Penggunaanya
    Cara menghitung persen merupakan metode untuk mendapatkan sebuah nilai atau data. Pelajari juga tentang rumus persentase di excel, rumus persentase keuntungan.
    PT adalah: Menilik Pengertian dan Cara Membuat Perseroan Terbatas
    PT adalah kepanjangan dari perseroan terbatas, yaitu bentuk badan usaha yang dilindungi oleh hukum dengan modal yang terdiri dari saham.