10 Ide Usaha Makanan Kekinian Laris di Era Digital

article thumbnail


Ada beberapa ide usaha makanan kekinian yang bisa kamu coba di era digital

Di era digital seperti sekarang ini, telah banyak makanan kekinian yang menjadi tren di kalangan masyarakat. Banyak ide usaha makanan kekinian yang muncul untuk menarik perhatian banyak orang. Tentu saja hal ini berguna untuk mendapatkan keuntungan. 

Di era digital seperti sekarang ini, membuat para pelaku usaha makanan harus mengikuti perkembangan zaman. Hal ini supaya usaha makanan yang dirintis tidak tergerus oleh kerasnya zaman. Pelaku usaha makanan kekinian harus terus mencari ide yang kreatif supaya dapat menarik banyak pembeli guna mendapatkan keuntungan yang optimal.  

Ide Usaha Makanan Kekinian

Bagi kamu yang ingin bergelut atau sudah menjalani usaha makanan, maka dapat mencari makanan apa saja yang laris di era digital. Kamu dapat membuat ide usaha makanan kekinian yang banyak disukai oleh masyarakat. 

Makanan kekinian ini ada berbagai macam dan dapat kamu kreasikan dengan minat masyarakat. Jika kamu bingung mengenai ide usaha makanan kekinian yang laris manis, maka dapat melihat beberapa ide makanan kekinian di bawah ini.

  1. Risol mayo

Salah satu ide usaha makanan kekinian yang laris di era digital yaitu risol mayo

Risol merupakan salah satu ide usaha makanan kekinian yang banyak disukai oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Risol mayo ini diisi dengan daging cincang yang dicampur dengan sayuran, lalu dibungkus dengan telur dadar yang dilapisi oleh remah tepung roti dan juga telur kocok. 


Risol mayo dapat dimasak dengan cara digoreng atau dapat juga dipanggang dalam oven. Makanan kekinian yang satu ini memang sangat banyak disukai dan telah banyak di review oleh influencer.


Untuk membuat isi risol mayo dapat kamu kombinasikan sesuai dengan selera, seperti daging ayam, sapi, udang, jamur, kentang, ikan, buncis, wortel, dan lain-lain. 


Rasanya yang enak dan lembut membuat jajanan yang satu ini sangat cocok dihidangkan saat santai. Kamu dapat mematok harga yang tidak terlalu mahal supaya dapat lebih laris terjual dan mendapatkan keuntungan optimal.

  1. Tteokbokki

Makanan khas Korea Tteokbokki dapat kamu jadikan sebagai salah satu peluang usaha kuliner kekinian

Banyak pecinta drama dan musik Korea ternyata membawa pengaruh ke dalam dunia makanan. Banyak bermunculan ide usaha makanan kekinian yang menjual berbagai aneka makanan Korea, salah satunya Tteokbokki.


Tteokbokki adalah salah satu makanan yang terbuat dari tepung beras serta memiliki rasa saus yang manis. Banyak orang yang menyukai cita rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal. 


Di Indonesia, makanan ini disajikan dengan cita rasa pedas yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Tteokbokki dihidangkan dengan saus gochujang yang harus, manis, dan pedas. Selain itu, makanan ini juga dapat ditaburi dengan irisan daun bawang, telur rebus, dan keju.

  1. Corndog

Banyak orang yang menyukai makanan yang satu ini sehingga cocok dijadikan sebagai ide usaha makanan kekinian

Bagi kamu yang pecinta jajanan kekinian pasti sudah tidak asing dengan Corn Dog. Banyak orang yang menyukai makanan yang satu ini sehingga cocok digunakan sebagai ide usaha makanan kekinian.


Pembuatan makanan ini cukup sederhana serta tidak memerlukan modal yang besar. Makanan ini adalah jajanan khas Korea yang mengkombinasikan sosis dan adonan tepung. Corn dog akan dilapisi dengan tepung jagung, lalu kemudian digoreng. Kamu juga dapat membuat variasi lainnya yang dilapisi kentang goreng.

Baca Juga: Sedang Mencari Ide Usaha? Coba Bisnis Rice Bowl Rumahan!

  1. Brownies

Brownies juga salah satu peluang usaha makanan yang dapat kamu gunakan sebagai tambahan penghasilan

Brownies atau kue coklat merupakan makanan yang dikukus atau dipanggang yang awal mulanya berkembang di Amerika dan Kanada. Hingga kini, meskipun zaman sudah berubah dan semakin modern masih banyak orang yang menyukai makanan yang satu ini.


Kamu dapat menjadikan brownies sebagai salah satu ide usaha makanan kekinian yang laris manis di era digital ini. Apalagi, di zaman sekarang kamu dapat mengkreasikan brownies dengan berbagai topping dan juga rasa. Hal ini akan membuat banyak ketagihan dengan rasanya yang lembut dan manis.

  1. Dessert box

Dessert box memiliki rasa yang manis dan banyak peminat sehingga cocok digunakan sebagai peluang usaha kuliner

Di era digital ini banyak pelaku usaha yang berpikir secara kreatif dengan membuat berbagai macam dessert box. Makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang lembut dimana akan disukai oleh banyak orang sehingga dapat dijadikan sebagai ide usaha makanan kekinian.


Dessert box merupakan produk yang dimasukkan kedalam kotak atau box, seperti brownies, tiramisu, ataupun salad buah. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini tidaklah besar. Kamu hanya perlu untuk menyiapkan peralatan yang dibutuhkan serta bahan baku untuk pembuatan dessert.


Membuat makanan dessert ini juga tidak sulit. Kamu dapat mencari berbagai resepnya dengan mudah di internet. Kamu dapat memasarkan dessert box ini secara online atau offline. Kamu juga dapat memberikan promo untuk dapat menarik lebih banyak pelanggan.

  1. Dimsum

Memiliki berbagai cita rasa membuat dimsum dapat dijadikan sebagai ide usaha makanan kekinian

Dimsum merupakan salah satu makanan khas Cina yang menggunakan bahan dasar berupa tepung, lalu di isi dengan isian yang beragam, seperti udang, ayam, daging, dan sayuran.


Banyak masyarakat Indonesia yang menyukai makanan yang satu ini sehingga kamu dapat membuat sebagai salah satu ide usaha makanan kekinian. 


Selain mempunyai rasa yang gurih dan nikmat, dimsum ini juga mempunyai harga yang mudah dan terjangkau dengan pilihan rasa yang beragam. Karena alasan inilah yang membuat dimsum memiliki banyak peminatnya. 

  1. Macaroni

Memiliki rasa cita yang pedas membuat jajanan yang satu ini memiliki banyak peminat di Indonesia

Macaroni merupakan salah satu cemilan yang memiliki banyak peminat dikarenakan rasanya yang gurih dan teksturnya yang crunchy. Makanan ini memiliki berbagai tingkat kepedasan yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing orang. Apalagi, masyarakat Indonesia sangat menyukai makanan pedas sehingga membuatnya laris manis.


Target pasar dari cemilan yaitu anak-anak hingga orang dewasa. Selain dimakan secara langsung, macaroni juga dapat dimakan bersama dengan makanan yang lainnya, seperti bakso, sate, soto, mie, dan lain-lain. Karena itulah, macaroni merupakan salah satu ide usaha makanan kekinian yang cocok di era digital.

  1. Roti bakar

Roti bakar memiliki modal usaha yang kecil sehingga cocok bagi pemula

Roti bakar umumnya dijual dari sore hingga malam hari. Roti bakar memiliki banyak peminat karena terdiri dari berbagai rasa dan gurih. Kamu dapat menggunakannya sebagai salah satu ide usaha makanan kekinian yang tidak memerlukan modal besar.


Untuk memulai usaha ini kamu hanya perlu untuk menyiapkan peralatannya seperti pisau, kompor, spatula, dan wajan. Bahan-bahannya terdiri dari roti dan berbagai toping. 


Baca Juga: Ubah Passion Jadi Ide Usaha, Memupuk Minat Bisnis Sejak Dini

  1. Piscok

Kombinasi pisang dan coklat membuat cemilan yang satu ini cocok sebagai usaha kuliner kekinian

Piscok adalah singkat dari pisang coklat yang juga diminati oleh kaum muda, dewasa, hingga anak-anak. Usaha makanan ini sangat mudah untuk dibuat serta tidak membutuhkan banyak modal untuk memulainya.


Piscok ini termasuk salah satu makanan kekinian dimana pisang ditaruh didalam kulit, lalu dilumuri dengan coklat, digulung, kemudian di goreng. Hasilnya, adalah makanan ringan yang renyah diluar dan lembut di dalam dengan cita rasa yang manis. 


Kamu dapat memanfaatkan piscok ini sebagai salah satu ide usaha makanan kekinian di era digital. Dengan melakukan promosi yang tepat maka dijamin usaha makanan kamu akan laris manis.

  1. Rice box

Rice box memiliki banyak peminat karena harganya yang terjangkau sehingga cocok dijadikan sebagai ide usaha kekinian

Rice box adalah makanan yang dimasukkan ke dalam kotak, lalu di isi dengan berbagai jenis lauk dan kudapan yang lainnya. Rice box ini banyak diminati karena harganya yang terjangkau serta banyak dicari oleh pecinta kuliner.


Kamu dapat memulai usaha ini kamu dapat memiliki keahlian dalam memasak. Kamu juga harus menjaga kebersihan makanannya, menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, menjual dengan harga terjangkau, serta mempunyai rasa yang enak.

Untuk memudahkan kamu dalam menemukan pelanggan yang tepat, gunakanlah Layanan Omnichannel Majoo. Layanan ini akan membantu untuk menjangkau lebih banyak pelanggan sehingga mampu menaikkan traffic penjualan. 

[BANNER LAYANAN OMNICHANNEL MAJOO]

Layanan ini mampu mengintegrasikan marketplace dalam satu aplikasi, kamu dapat mengelola stok inventori, pencatatan penjualan, website usaha, dan laporan keuangan secara efektif dan efisien.


Hanya dengan memanfaatkan satu aplikasi saja kamu sudah dapat memantau serta mengontrol penjualan secara otomatis dimanapun kamu berada. Selain itu, kamu juga dapat menghemat biaya bulanan operasional bisnis hingga akunting yang otomatis.


Jadi, tunggu apa lagi segera bergabung dengan layanan Omnichannel Majoo sekarang juga. Dengan meng-upgrade level bisnis maka keuntungan akan menjadi lebih meningkat.  

Tips Untuk Memperluas Jangkauan Pasar Usaha Kuliner

Supaya ide usaha makanan kekinian kamu dapat laris manis dan dikenal oleh banyak orang, maka kamu memerlukan tips untuk memperluas jangkauan pasar usaha kamu. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Daftar di Platform pencarian restoran supaya usaha kuliner kamu dapat mudah untuk dicari dan dikenali oleh banyak konsumen.

  2. Lakukan kerjasama dengan platform pesan antar supaya dapat memasarkan makanan kamu lewat aplikasi.

  3. Bekerja sama dengan influencer supaya produk lebih dikenal banyak orang.

  4. Gunakan media sosial dan website untuk melakukan pemasaran dan memperkenalkan usaha kuliner.

  5. Terus lakukan inovasi terbaru supaya usaha kuliner kamu tetap dapat berjalan seiring berubah dan berkembangnya zaman.

  6. Gunakan kemasan yang tepat supaya makanan kamu terlihat menarik sehingga dapat perhatian dari banyak konsumen.

Beberapa ide usaha makanan kekinian di atas dapat kamu jadikan peluang usaha di era digital seperti sekarang ini. Selain itu, jika kamu mempunyai ide kreativitas yang tinggi kamu dapat membuat makanan yang unik dari yang lainnya sehingga dapat bersaing di pasaran.

Baca Juga: Tips Usaha Fried Chicken Modal Kecil Untung Besar

Sumber: 

  • https://kledo.com/blog/16-ide-usaha-makanan-kekinian-yang-laris-manis/

  • https://www.gramedia.com/best-seller/ide-jualan-makanan/

  • https://store.sirclo.com/blog/strategi-bisnis-kuliner/

  • https://bukuwarung.com/ide-usaha-makanan/

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo