7 Ide Jualan Makanan Online, Dijamin Laris!

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Sekarang, usaha makanan semakin berkembang. Bahkan, sudah ada banyak layanan pesan antar yang tersedia dan bisa kamu manfaatkan dengan mendaftarkan bisnismu ke penyedia jasa tersebut., lho! Dengan begitu, makanan yang kamu jual bisa cepat sampai ke tangan pembeli.

Apabila kamu ingin membangun bisnis makanan online, apa saja ide jualan makanan online yang bisa kamu pilih? Selain itu, bagaimana cara jualan makanan online ini? Baca artikel ini sampai selesai, ya. 

Baca Juga: Dari Dapur ke Pasar Online: Bisnis Makanan Tanpa Mi Instan

Cara Jualan Makanan Online untuk Pemula

Kamu tak perlu khawatir kalau ini pertama kalinya kamu ingin memulai bisnis makanan. Berikut ini terdapat beberapa cara jualan makanan online buat pemula yang bisa kamu pahami dan pelajari, ya. 

1. Ketahui Aturan Terlebih Dahulu

Sebelum kamu benar-benar mulai bisnis makanan online, kamu perlu tahu aturannya terlebih dahulu, lho! Kalau ada yang tidak sesuai, mulai dari kemasan hingga bahan-bahan yang kamu gunakan, tentunya bisa membahayakan pelangganmu, bukan? Kamu juga bisa dikenakan denda besar dan hukuman sesuai peraturan yang berlaku, sehingga kamu perlu memikirkan dengan matang tentang peraturan yang berlaku, ya. 

2. Menemukan Ide Jualan

Sebelum kamu serius memulai makanan untuk dijual online, setelah mengetahui peraturan yang berlaku, langkah selanjutnya yaitu menentukan jenis makanan yang akan dijual.

Kamu perlu memilih jenis makanan yang sesuai dengan passion dan keahlian kamu. Setelah itu, lakukan riset untuk mengetahui tren makanan yang sedang populer di masyarakat. Tak lupa, untuk mempertimbangkan aspek shelf life makanan; makanan dengan daya tahan yang panjang seperti kue kering atau abon bisa menjadi pilihan yang baik untuk bisnis online, lho! Kamu juga perlu memastikan bahwa makanan yang kamu jual mudah untuk dikemas dan dikirim tanpa mengurangi kualitas rasanya, ya

Setelah mempertimbangkan beberapa faktor-faktor tersebut, kamu siap untuk memilih jenis makanan online yang ingin kamu jual. 

3. Mencari Target Pasar

Setiap bisnis tentunya mempunyai target pasar, bukan? Setelah kamu mengetahui ide jualan makanan online, kamu perlu memastikan terlebih dahulu target pasar bisnismu dan seberapa minat orang untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Selain itu, kamu bisa melihat tren di sosial media, browsing di internet, atau survei kecil-kecilan ke teman dan kerabat untuk nentuin strategi jualan makanan online-mu, ya.

4. Mencari Distributor atau Supplier Bahan Makanan

Untuk menjalankan bisnis makanan, diperlukan bahan mentah yang kemudian diolah menjadi makanan jadi sebelum dijual ke konsumen. Kamu perlu memastikan bahan makanan dalam keadaan segar, jika itu berupa sayur dan buah.

Kamu perlu memiliki satu supplier atau distributor yang tepat dan terpercaya dari segi kualitas bahan makanan maupun dari segi ketersediaannya. Mengapa demikian? Pasalnya, kamu tidak perlu lagi kesulitan mencari sumber bahan makanan ketika kamu membutuhkannya.

Selain pemasok utama, pastikan kamu juga memiliki pemasok cadangan, ya. Tujuannya, jika nanti ada keadaan mendadak dari pemasok utama yang stoknya habis, kamu sudah memiliki penyedia bahan makanan lainnya tanpa harus menghabiskan waktu mencari pemasok lain. Pastikan juga pemasok pilihan punya sistem distribusi yang layak dan tepat waktu, agar bahan makanan yang kamu butuhkan bisa sampai dengan kualitas dan keadaan baik. 

5. Membuat Packaging, Branding, dan Labelling

Pada dasarnya menjual makanan tidak hanya cita rasa yang ditonjolkan. Terdapat beberapa elemen yang bisa kamu terapkan agar menjadi brand image dari usaha makanan online-mu. Misalnya, packaging dan labelling adalah salah satu contoh yang dapat kamu gunakan, lho! Kedua elemen tersebut bisa membantu bisnismu lebih dikenal oleh masyarakat.

Ada beberapa tips yang bisa kamu implementasikan dengan baik agar packaging dan labelling bisa diterima oleh konsumen, antara lain:

  • Menggunakan paduan warna yang cerah dan berbeda dengan kompetitor.

  • Menambahkan informasi atau tagline yang engaging dan menarik.

  • Membuat gambar logo yang menarik.

  • Menambahkan data legalitas dari pemerintah.

  • Menggunakan bahan kemasan yang berbeda dengan kompetitor dan aman untuk makananmu.

Baca Juga: Apakah Ghost Kitchen Merupakan Masa Depan Bisnis Kuliner?

Apa saja ide jualan makanan online?

6. Membuat Foto Makanan yang Menarik

Membuat foto makanan yang menarik memang diperlukan teknik khusus, lho! Cara untuk membuat foto makanan yang menarik, yakni:

  • Memilih pencahayaan yang tepat, karena cahaya alami sering dianggap terbaik. Akan tetapi, lampu studio juga bisa menghasilkan foto menawan.

  • Memperhatikan komposisi foto produk makananmu, mulai dari penempatan makanan, piring, dan aksesoris harus seimbang dan menarik. Kamu bisa menggunakan golden ratio untuk membuat komposisi foto menjadi lebih menarik. Teknik golden ratio ini caranya dengan membagi frame dan garis vertikal menjadi dua bagian yang tidak seimbang, lebih ditonjolkan shoot makanannya, ya.

  • Kamu juga bisa menggunakan kamera dengan resolusi tinggi dan latar belakang netral agar fokus foto produk makananmu tetap pada makanan, ya.

  • Lakukan editing setelah proses produksi, tujuannya untuk meningkatkan kualitas gambar yang telah kamu foto. 

7. Membuat Deskripsi Makanan

Salah satu cara sukses jualan makanan online yakni membuat deskripsi produk yang menarik. Deskripsi yang memikat tidak hanya menyajikan informasi, tetapi juga merangsang selera makan, lho!

Mulailah dengan menekankan keunikan dan value produk makanan milikmu. Contohnya, "Nikmati lezatnya sate ayam dengan bumbu khas yang diracik dari rempah-rempah pilihan, disajikan dengan sambal kacang yang gurih dan lumer di mulut. Tak lupa, sate ini dibuat dengan daging ayam berkualitas dan tanpa bahan pengawet dan kelezatannya terjamin, lho!

8. Menetapkan Harga Jual Makanan

Penetapan harga bisa rumit saat menjual makanan online, nih! Pastikan harga makanan yang kamu jual tidak terlalu rendah, karena kamu dapat mengalami kerugian.

Selain itu, harga jual produk makanan yang terlalu tinggi juga dapat mengasingkan pelanggan, lho! Mulailah melakukan riset industri dan harga kompetitor bisnismu, lalu sesuaikan dengan keunikan produk yang kamu jual, ya. Jika kamu yakin dengan nilai produkmu, berikan harga dengan margin tinggi dan tunjukkan nilai makananmu kepada pelanggan. 

9. Menjual Makanan di Online Platform

Untuk jualan makanan online, manfaatkan berbagai platform seperti marketplace, misalnya Shopee Food, Grabfood, Gofood, media sosial, atau website pribadi.

Kamu bisa menampilkan foto makanan berkualitas tinggi dan deskripsi produk menarik. Optimalisasi keyword (kata kunci) agar produkmu lebih mudah ditemukan konsumen. Tak lupa, tawarkan beberapa metode pembayaran dan sistem pengiriman yang efisien, ya. Berjualan di online platform akan sangat mudah menggaet pembeli ketika kamu bisa berInteraksi dengan pelanggan, menanggapi feedback, dan terus melakukan inovasi produk. 

10. Promosi di Media Sosial

Cara jualan ,makanan online selanjutnya yaitu menjalankan promosi di media sosial dengan memilih platform sesuai target pasar. Kamu bisa membuat konten berkualitas, termasuk foto makanan, video tutorial, dan testimoni pelanggan.

Kamu juga perlu melibatkan followers-mu untuk mengikuti konten yang kamu buat. Untuk menjangkau audiens lebih luas, kamu bisa memanfaatkan fitur Ads yang ada di media sosial. Setiap konten yang kamu unggah juga perlu adanya interaksi dengan target audiensmu dengan cara membalas komen atau pesan dari mereka. Diharapkan, dengan cara ini, bisnismu dan pelanggan akan terjalin emosional yang kuat. 

11. Menawarkan Promo yang Menarik

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan saat jualan makanan online adalah kamu bisa menawarkan promo dan diskon menarik, misalnya "Beli 1 Dapat 2" atau diskon khusus pada hari tertentu.

Kamu juga bisa membuat paket bundling atau giveaway untuk meningkatkan sales volume. Komunikasikan promo secara jelas di semua marketing channel bisnismu, ya. Dengan strategi promo yang tepat, kamu dapat menarik pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas pelanggan lama, nih! 

Ide Jualan Makanan Online

Setelah mengetahui cara jualan makanan online, berikut ide makanan yang laris dijual online dan bisa kamu pilih, ya.

Frozen Food

Saat ini, keberadaan frozen food sangat membantu aktivitas sehari-hari kita. Di tengah kesibukan bekerja di kantor dan menyiapkan makanan untuk keluarga, berjualan berbagai macam frozen food berkualitas dan tahan lama bisa menjadi pilihan yang menguntungkan, lho!

Kamu juga tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak produsen frozen food yang mencari agen untuk membantu penjualan produknya. Kamu hanya perlu mengambil stok frozen food dan menjualnya kembali tanpa modal besar, ya. 

Katering Sehat

Katering sehat tidak hanya untuk kebutuhan diet, tetapi juga untuk mereka yang ingin menjaga kesehatan tubuh. Katering sehat disesuaikan dengan kondisi tubuh setiap individu, sehingga setiap menu harus memiliki kadar nutrisi yang terkontrol.

Katering sehat menjadi tren di masyarakat, biasanya ditawarkan mingguan atau bulanan dengan menu yang bervariasi setiap harinya. Pastikan kamu mencantumkan kadar kalori dan bahan organik segar dalam setiap menu tersebut, serta berikan petunjuk penyajian untuk menghindari makanan basi. 

Aneka Dessert

There’s always room for dessert! Is it, right? Kamu bisa menjual berbagai dessert seperti mango sago, puding cokelat, mocha sago, atau camilan manis lainnya yang bisa menghasilkan keuntungan. Tidak hanya untuk camilan di rumah, dessert ini juga cocok dihidangkan dalam berbagai acara. Tentunya ide jualan makanan online satu ini akan sangat menguntungkan, bukan? 

Kue Kering Berbentuk Hampers

Kini, hampers tidak hanya diberikan saat hari raya, tetapi juga untuk berbagai ucapan selamat atau awarding. Ide jualan kue kering berbentuk hampers tidak memerlukan modal besar, tapi dapat memberikan keuntungan yang signifikan, lho!

Kamu bisa mencantumkan isi dan paket hampers di media sosial atau marketplace, sertakan foto dan deskripsi produk yang jelas pada setiap produk. Pastikan juga kamu menyediakan jasa pengiriman hampers yang aman untuk menghindari kerusakan produk hampers, ya. 

Camilan Pedas

Meskipun terkadang membuat perut sakit, camilan pedas tetap diminati banyak orang, lho! Jualan makanan online berupa camilan pedas seperti keripik kaca, keripik usus, makaroni pedas, lidi pedas, dan lainnya bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain menggunakan media sosial dan marketplace, kamu juga bisa menjualnya di warung atau restoran dengan cara menitipkannya. Pastikan selalu memperhatikan kualitas setiap cemilan dan berikan juga informasi tanggal kedaluwarsanya. 

Soft Baked Cookies

Makanan satu ini paling nikmat dinikmati dengan secangkir kopi atau teh Soft baked cookies juga bisa menjadi opsi jualan makanan online, lho! Kamu bisa berinovasi dengan berbagai varian rasa seperti classic chocolate chips cookies, sprinkle cookies, red velvet cookies, lotus cookies, dan lainnya.

Selain varian rasa, kamu juga bisa menyediakan custom tulisan menggunakan icing sugar dengan berbagai ukuran. Gunakan juga kemasan seal agar produkmu aman dan tahan lama, ya. 

Sambal

Sudah umum diketahui bahwa mayoritas orang Indonesia menyukai rasa pedas, termasuk sambal. Jualan sambal dapat menjadi ide bisnis yang menguntungkan, nih! Sambal juga mudah untuk dikreasikan, dengan banyak variasi rasa asli Indonesia dan tingkat kepedasan berbeda level. Mulailah dengan mencari sambal khas daerah sekitarmu, lalu manfaatkan media sosial dan platform toko online untuk pemasaran produk jualanmu, ya. 

Baca Juga: 10 Ide Usaha Makanan Kekinian Laris di Era Digital

Kesimpulan

Aplikasi kasir online

Tak bisa dipungkiri, merencanakan ide jualan makanan online yang tepat menjadi langkah penting dalam memulai bisnis kuliner atau makanan. Semua ide jualan makanan online yang telah dijelaskan dalam artikel ini tentu memberikan inspirasi yang menarik, bukan?

Sekarang, kamu dapat menentukan jenis makanan yang dapat dijalankan dan sesuai dengan passion-mu. Berbisnis jualan makanan online memang bisa menjanjikan, menarik, dan menguntungkan. Namun, semua itu memerlukan usaha dan komitmen, lho!

Kini ada aplikasi kasir online yang akan memudahkan operasional bisnismu, lho! Aplikasi ini adalah majoo. Aplikasi majoo cocok untuk berbagai jenis bisnis. Jadi, untuk kamu yang ingin memulai bisnis jualan makanan secara online, aplikasi ini sangatlah tepat. Pasalnya aplikasi majoo adalah aplikasi berbasis cloud storage yang memiliki banyak fitur menarik, seperti fitur POS, akuntansi, CRM, inventory, toko online, karyawan, analisa bisnis dan owner. 

Tak perlu ragu lagi, bukan? Untuk memulai bisnis menjadi lebih maju bersama aplikasi majoo.

 

Sumber Data:

https://www.hitoko.co.id/blog/ide-makanan-untuk-dijual-online/#3_Rice_Bowl

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo