Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    7+ Peluang Kerja Online dari Rumah

    Banyak pilihan yang bisa kamu cari dan dapatkan dari aneka peluang kerja online dari rumah.

    “Kamu nggak pernah keluar rumah. Emangnya nggak ada kerjaan?”

    “Ada, dong. Sibuk banget, nih!”

    “Kok, bisa sibuk kerja? Kerjanya dari rumah, gitu? Gimana caranya?”

    “Zaman udah canggih begini, masih tanya gimana caranya kerja dari rumah? Jangan ketinggalan zaman gitu, bro! Sini, gue kasih tau.”

    Kemudahan teknologi dan kian banyaknya pekerjaan yang bisa dikerjakan secara online dan tidak perlu ke kantor, membuat masyarakat memiliki banyak pilihan untuk menambah penghasilan. 

    Pekerjaan apa saja yang bisa dicari dan dipilih di dunia maya? Bagaimana cara kerjanya? Apakah penghasilannya cukup untuk hidup sebulan?

    Mari kita coba cari tahu dalam artikel ini, ya, Majoopreneurs. 

    Baca Juga: Freelancer adalah: Contoh dan Tips Menggeluti Profesi Ini 

    Perbandingan Bekerja di Rumah dan di Kantor

    Di bawah ini adalah beberapa contoh perbandingan bekerja di rumah dan di kantor. Tentu saja contoh ini masih belum semua terangkum. Namun bisa menjadi bahan acuan kamu untuk menentukan pilihan. 

     

    Dari Rumah

    Di Kantor

    Waktu kerja fleksibel.

    Waktu kerja sangat monoton bagi sebagian orang.

    Tidak perlu keluar ongkos.

    Ongkos perjalanan yang tidak sedikit.

    Waktu perjalanan bisa dialokasikan ke kegiatan lainnya.

    Waktu perjalanan bisa jadi sangat membosankan, belum ditambah kondisi jalan yang tidak bisa diprediksi.

    Cukup aman di rumah dan menyesuaikan jam istirahat.

    Ada risiko keamanan dan kelelahan di perjalanan.

    Bisa berpakaian bebas (bisa hemat pemakaian make up dan mengurangi cucian baju).

    Harus berpakaian rapi dan sopan, atau seragam bagi kantor tertentu.

    Bebas bekerja di sudut paling nyaman di rumah.

    Harus bisa berbagi tempat dengan rekan kerja.

    Dapat melakukan pekerjaan lain atau pekerjaan sampingan.

    Perlu trik tersendiri untuk membagi waktu dan agak sulit untuk bergerak fleksibel.


    Peluang Kerja dari Rumah

    Pernah berpikir untuk kerja online dari rumah? Rasanya zaman sekarang, pikiran tersebut menjadi sefrekuensi dengan orang lain.

    Ya, nggak salah. Bagus banget, Majoopreneurs. Mengapa? Karena memang peluangnya ada. Ditambah dengan meningkatnya kebutuhan di bidang teknologi.

    Namun masih banyak dari masyarakat yang menganggap bahwa bekerja dari rumah (work from home) atau kerja paruh waktu/freelancer itu tidak memiliki masa depan dan jenjang karier yang bagus. 

    Padahal, kerja paruh waktu dari rumah juga bisa menjadi profesi yang menjanjikan dengan penghasilan tinggi, Majoopreneurs. 

    Selain bisa menghasilkan pemasukan lebih, lingkup pekerjaan ini juga memiliki waktu kerja lebih fleksibel. Seperti kamu baca pada tabel di atas. 

    Pekerjaan ini cocok untuk para mahasiswa atau ibu rumah tangga yang ingin memiliki pemasukan tambahan tanpa harus terikat dengan perusahaan atau aturan tertentu.

    Oh, ya. Karyawan kantoran pun bisa saja mencari tambahan pemasukan dengan mengambil salah satu atau beberapa pekerjaan online yang bisa dikerjakan di rumah. 

    Mari kita cek satu per satu pekerjaan yang sudah majoo rangkum dan dapat kamu pilih sesuai keahlian dan minat. 

    Web Software Engineer

    Pekerjaan ini terkait dengan pengoperasian komputer. Seorang web software engineer bertugas menganalisis keinginan pengguna komputer serta mendesain aplikasi software komputer atau sistem. 

    Salah satu profesi kerja online dari rumah ini memang tergolong membutuhkan keahlian tinggi. Kamu bisa melakukannya jika memang sesuai dengan keahlianmu.

    Profesi kerja online dari rumah ini mengaplikasikan prinsip-prinsip software engineering seperti ilmu komputer, teknik informatika, dan analisis matematika dalam desain, pengembangan (development), pemeliharaan (maintenance), pengujian (testing), dan evaluasi dari software komputer atau device lain.

    Jenis-jenis software yang dibuat oleh software engineer bermacam-macam, seperti sistem operasi dan network distribution, serta software untuk compiler yang mengkonversi program untuk eksekusi pada komputer. 

    Technical Writer

    Dari dunia tulis menulis, profesi kerja online dari rumah yang menjanjikan adalah technical writer

    Pekerjaan seorang technical writer adalah membuat buku petunjuk/panduan teknis yang berisi cara penggunaan dan perawatan suatu alat. 

    Selain tulisan, technical writer juga harus menyusun foto, gambar, sketsa, diagram, serta tabel yang akan dicantumkan dalam buku petunjuk/buku manual tersebut.

    Dalam menulis buku petunjuk tersebut, seorang technical writer harus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan para ahli yang terlibat dalam proses pembuatan barang tersebut.

    Pekerjaan ini bisa dilakukan dan diselesaikan di rumah, Majoopreneurs. Kamu mungkin hanya perlu bertemu dengan klien atau pemberi kerja sesekali atau bahkan tidak perlu bertemu sama sekali. 

    Desain Grafis

    Kamu jago menggambar atau tertarik dengan dunia desain grafis dan ingin penghasilan yang menjanjikan? Kamu bisa mendapatkan peluang besar dari bidang ini, Majoopreneurs.

    Semakin banyak perusahaan melirik orang-orang yang menguasai desain grafis untuk bekerja dalam proyek-proyek singkat atau mencari anak-anak magang dalam jangka waktu lebih lama.

    Banyak bisnis masa kini mulai dari event organizer, kafe, restoran, hingga start–up yang menjamur sedang membutuhkan orang-orang ahli dan mau belajar di bidang desain grafis ini. 

    Asyiknya, kamu tidak harus pergi ke kantor klien setiap hari. Dengan kata lain, kerja online dari rumah sangat mungkin bagi kamu yang berminat dengan profesi desainer grafis.

    Menguasai software editor gambar seperti Adobe Photoshop, Illustrator, atau Corel Draw adalah kewajiban untuk kamu yang mengincar penghasilan utama atau tambahan melalui profesi kerja online dari rumah ini. 

    Kamu juga bisa menawarkan keahlian desain kamu ke teman-teman, atau orang-orang yang kamu kenal. Perluas jejaring kamu melalui media sosial untuk menangkap peluang kerja online lebih banyak.

    Kamu juga bisa mendaftar di situs-situs pencari kerja seperti freelancer.com dan jobsdb.com yang akan menghubungkan kamu dengan perusahaan atau orang yang membutuhkan freelancer di bidang tersebut. 

    Dengan bantuan website ini kamu bahkan bisa mendapatkan proyek-proyek dari luar negeri dengan mengerjakannya secara online dari rumah.

    Content Creator

    Kamu pasti sering berselancar di media sosial, kan? Berapa banyak content creator yang kamu ikuti dan nikmati kontennya? Nah, kenapa kamu tidak menjadi salah satunya?

    Content creator adalah orang yang berprofesi membuat konten, termasuk konten untuk tujuan promosi bisnis. Sudah jelas ada bayangan cuan di lahan ini, kan?

    Apalagi kamu bisa memanfaatkan lebih dari satu media sosial sekaligus. Misalnya, YouTube, Instagram, TikTok, dan lainnya.

    Pekerjaan ini cocok banget untuk kamu yang merasa memiliki jiwa kreatif, memiliki kemampuan komunikasi, mempunyai skill atau keahlian tertentu, kemampuan riset yang baik,  mampu multitasking, menguasai tools pendukung, dan paham SEO.

    Hal yang harus dipersiapkan oleh seorang content creator adalah akun media sosial, konten yang bermanfaat dan unik, mudah bergaul dalam memperluas relasi, dan tentunya personal branding. 

    Cara memulai pekerjaan digital yang satu ini adalah harus selalu update dengan segala tren dan berita pada skala nasional ataupun internasional. Apalagi yang sedang viral. 

    Berita dan tren itulah modal kamu dalam membuat konten. Jangan lupa riset dulu dan kemaslah konten kamu dengan cara unik. 

    Estimasi pendapatan kamu dari setiap media sosial bisa berbeda. Kamu juga bisa mendapatkan cuan dari iklan. Namun, rata-rata pendapatan content creator per bulan sekitar 3,6 hingga 7,2 juta rupiah.

    Penjual Stok Foto

    Penjual stok foto atau stock photo seller cukup menjanjikan untuk kamu yang hobi mengumpulkan foto-foto bagus karena bisa mendapatkan passive income bahkan dalam kurs internasional.

    Photo stock yang profesional sangat dibutuhkan untuk berbagai macam keperluan. Misalnya, ilustrasi artikel, brosur, iklan, promosi produk, dan lainnya.

    Jika punya stok foto keren, coba saja jual secara online. Kamu hanya perlu  mempostingnya ke platform tempat jual foto online atau membuat website sendiri.

    Foto yang kamu pajang dapat dibeli atau dilisensikan oleh siapapun di dunia ini. Karena itulah kamu bisa menetapkan harga jual dengan kurs dollar. 

    Cocok banget untuk kamu yang memiliki minat dan bakat pada fotografi serta memiliki kemampuan edit foto yang baik.

    Hal yang harus dipersiapkan ternyata cukup mudah. Kamu hanya memerlukan stok foto yang akan dijual, platform online untuk menjual stok foto, dan tentu saja SEO agar mudah dicari oleh warganet

    Caranya harus kamu perhatikan. Pertama, sebaiknya kamu sudah menentukan niche foto yang akan dijual. 

    Misalnya, pemandangan, laut dan pantai, orang, hewan liar, daily activities, dan lainnya. Jika kamu merasa foto-foto tersebut sudah layak jual, maka kamu bisa langsung menjualnya di platform pilihanmu.

    Setelah kamu melihat perkembangannya dan merasa peminat foto koleksimu semakin banyak, mulailah membuat website fotografi kamu sendiri.

    Estimasi pendapatan dari peluang kerja online ini cukup bervariasi. Biasanya tergantung platform tempat kamu menjual foto. Satu foto akan dihargai sekitar satu hingga dua dolar. 

    Namun, ingatlah bahwa dunia digital dapat menjangkau seluruh dunia. Itu artinya jika foto kamu menarik pastinya banyak yang akan membeli. Cuan yang didapat bisa tembus hingga ratusan dolar per bulan!

    Guru Privat atau Tutor Online

    Tidak hanya karena waktunya yang fleksibel untuk menjadi guru privat, tetapi juga karena kamu bisa memilih mata pelajaran yang kamu sukai atau sesuai spesialisasi yang kamu kuasai seperti Matematika, Bahasa Inggris, Fisika, dan lainnya.

    Cocok banget untuk mahasiswa yang membutuhkan uang saku sendiri, guru, atau para ahli/orang yang berprofesi di bidang tertentu.

    Selain mendapatkan uang lebih, kamu dapat mempelajari kembali mata pelajaran tersebut yang tentunya akan jauh lebih memudahkan penyampaian materi pada anak didik. 

    Agar mendapat mata pelajaran yang mudah, kamu bisa memilih dan memulai untuk mengajar anak SD berusia 6-12 tahun.

    Hal yang harus dipersiapkan seorang tutor online adalah:

    • Portofolio berisi pengalaman mengajar, pencapaian, penghargaan, dan lainnya.
    • Materi pembelajaran;
    • Metode pengajaran;
    • Alat kerja, yaitu perangkat laptop, headset, dan alat pendukung lainnya.

    Cara bisa dimulai bertahap. Untuk memulai pertama kali, tawarkan ke lingkungan terdekat kamu terlebih dahulu. Bisa ajarkan anak tetangga atau keponakan sendiri, kan, Majoopreneurs?

    Kedua, buatlah dokumentasi saat pembelajaran berlangsung untuk portofolio dan bahan promosi.

    Nantinya, jika sudah berkembang, kamu dapat mulai mengklasifikasikan kelas dan biaya per sesi. Misalnya, persiapan SBMPTN, tes TOEFL, atau lainnya.

    Estimasi pendapatan dari pekerjaan guru privat ini biasanya dihitung dari lamanya waktu per sesi dan tergantung dari jenjang pendidikan yang diajarkan. Biasanya berkisar Rp100.000 hingga Rp400.000.

    Ojek atau Taksi Online

    Jasa transportasi online telah menjadi salah satu topik yang menarik perhatian selama beberapa tahun terakhir, ya?

    Kecanggihan dalam taksi dan ojek online ini sebenarnya sederhana. Bukan hanya inovasi dalam memangkas waktu saja yang ditawarkan, bisnis transportasi online juga bisa memberikan kamu peluang usaha tambahan atau bahkan utama.

    Hal ini berlaku bagi yang memiliki kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Satu hal yang menarik dari jenis pekerjaan ini, kamu bisa menyesuaikan jadwal kerja dengan jadwal bekerja di kantor.

     

    Kerja dari Rumah Tanpa Modal

    Sekarang, mari kita cek beberapa pekerjaan ringan berpeluang memiliki penghasilan besar dari kerja online di rumah. Yuk!

    Reseller atau Dropshipper

    Ide kerja dari rumah tanpa modal yang satu ini mungkin bisa kamu lakukan tanpa perlu repot menyiapkan dana besar. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper

    Pekerjaan ini bisa kamu kerjakan secara online di rumah dan dalam beberapa hal kemungkinan kamu tidak perlu modal untuk memulainya.

    Menjadi reseller atau dropshipper saat ini merupakan langkah tepat dan praktis memulai kerja di rumah tanpa modal. 

    Kamu dapat mempromosikan dan menjual barang atau produk melalui media sosial. Pengirimnya adalah produsen atau supplier kepada customer.

    Namun dalam menjalankan pekerjaan online sebagai reseller atau dropshipper ini, kamu juga harus tekun dan dapat mengelolanya dengan baik. Pertahankan kualitas barang yang kamu jual.

    Kamu harus memberikan pelayanan yang baik dan ramah agar customer merasa puas membeli barang dari kamu dan melakukan repeat order. 

    Program Afiliasi

    Salah satu peluang kerja online dari rumah tanpa modal yang patut kamu coba adalah mengikuti program afiliasi. 

    Apa sih afiliasi itu? Benarkah program afiliasi bisa menghasilkan keuntungan tanpa modal?

    Program afiliasi adalah program yang memberi kamu komisi setelah berhasil menjual suatu produk. Bisa dikatakan, afiliasi adalah program revenue sharing atau berbagi pendapatan. 

    Berbeda dari reseller dan dropshipper, afiliator memiliki kesempatan mendapat komisi lebih besar. Sekitar 40% hingga 50%, bahkan lebih.

    Di tahun 2022 ini, cukup banyak perusahaan yang memiliki program afiliasi. Misalnya Zalora, Bukalapak, Tokopedia, dan Niagahoster. 

    Membuka Toko Online

    Pengelolaan toko online sangat fleksibel. Misalnya, tidak terbatas jam buka/tutup, tidak perlu sewa tempat, promosi tanpa tatap muka, atau hal lain yang terasa menghambat bila memiliki toko fisik. 

    Karena itu, membuka toko online menjadi pekerjaan favorit yang dapat dilakukan di rumah. Bahkan, sudah banyak kisah sukses bisnis yang dimulai dari toko online di rumah.

    Hal ini sejalan dengan riset dari Statista yang memperkirakan pendapatan dari transaksi online di Indonesia akan meningkat dari tahun ke tahun. 

    Membuka toko online cocok untuk kamu yang memiliki jiwa dagang, memperhatikan detail, dan fokus pada tujuan (penjualan online). 

    Kamu bahkan bisa membantu orang lain membuka toko online pertamanya dengan keahlianmu.

    Hal yang harus dipersiapkan untuk membuat sebuah toko online adalah produk, target pasar, website, hosting dan domain. Jangan lupa perhatikan alur pemesanan, pembayaran, dan pengirimannya, ya.

    Perkiraan penghasilan online shop memang tentatif tergantung skala toko online itu sendiri. Dalam hitungan bulan, bukan tidak mungkin kamu sudah dapat memeganb cuan sekitar 5 hingga 10 juta rupiah.

    Sementara toko online yang sudah berjalan lebih dari satu tahun dan memiliki target market yang kuat, biasanya dapat menembus keuntungan puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah.

    Baca Juga: Memahami Pengertian dan Cara Memulai Bisnis Online 

    Kesimpulan

    Ide peluang kerja online dari rumah dan beberapa bahkan tanpa modal sangatlah beragam. 

    Dalam menjalankan pekerjaan online dari rumah haruslah menekuni apa yang sedang kamu kerjakan untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan. Satu hal kamu harus ingat bahwa tidak ada suatu hal yang instan.

    Setelah membaca artikel peluang kerja online dari rumah tanpa modal ini, kamu mungkin ingin membaca artikel lain yang dapat membantu pekerjaan dan bisnis kamu semakin berkembang. 

    Selamat mencari peluang kerja online penambah cuan, majopreneurs!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.