Punya pertanyaan tentang majoo? Kami dapat membantu!
Icon majoo chat
majoo fab
Hai, majoopreneurs!

Punya pertanyaan terkait fitur dan paket berlangganan majoo? Yuk, segera terhubung dengan kami!

Klik Ingin Berlangganan
majoo fab
Ingin Berlangganan majoo fab
Klik Hubungi CS
majoo fab
Hubungi CS majoo fab

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Memahami Pengertian dan Cara Memulai Bisnis Online

    Memahami Pengertian dan Cara Memulai Bisnis Online

    Pengertian bisnis online adalah bisnis yang dilakukan melalui media internet.


    Bagi kamu yang baru saja memiliki keinginan untuk memulai suatu bisnis, rasanya perlu untuk mengenal pengertian bisnis online sebagai salah satu referensi bentuk usaha yang menguntungkan. Akhir-akhir ini bisnis online memang semakin diminati oleh para pelaku bisnis. Alasannya karena keuntungan yang bisa didapatkan ternyata cukup menjanjikan. Selain itu, cara memulai bisnis online pun dianggap mudah dan tidak menyulitkan. 


    Bisnis online memberikan peluang bagi kamu untuk menjual dan menawarkan produk dengan jangkauan pasar yang lebih luas. Konsumen bisa datang dari mana dan kapan saja, baik dari dalam maupun luar negeri. Produk yang dijual pun sangat beragam, mulai dari produk fashion, food and beverages, otomotif, perlengkapan sekolah, peralatan dan keperluan olahraga sampai dengan produk digital. Bukan itu saja, ada berbagai jasa yang bisa juga kamu tawarkan di bisnis online ini. 


    Pengertian Bisnis Online

    Banyak yang masih menganggap bahwa pengertian bisnis online hanya terbatas pada kegiatan jual beli di internet. Secara sederhana, hal itu memang tidak salah tapi juga kurang tepat. Pengertian bisnis online adalah seluruh kegiatan yang berhubungan dengan proses jual dan beli tersebut. Bisa dibilang tidak ada bedanya dengan saat mendirikan bisnis biasa. Mulai dari konsep, perencanaan, persiapan produk, proses produksi atau mendapatkan produk, sampai ke strategi pemasaran adalah hal yang akan selalu berhubungan dan tidak bisa dipisah-pisahkan dalam bisnis online


    Bedanya adalah jika kamu mendirikan sebuah bisnis biasa dengan konsep konvensional, maka kamu memerlukan lokasi toko atau outlet agar konsumen bisa datang, memilih, dan membeli produk yang kamu tawarkan, sedangkan jika kamu membuka sebuah bisnis online kamu tidak memerlukan hal itu. 


    Salah satu cara memulai bisnis online adalah kamu memerlukan perangkat yang bisa mendukung bisnismu dan jaringan internet yang memadai. Hal ini adalah modal utamanya. Dengan begitu, kamu bisa mengelola bisnis dari rumah atau di mana saja tanpa ada batasan waktu dan tempat. Lantaran itulah, bisnis online disebut sebagai sebuah usaha yang tidak membutuhkan modal dalam jumlah besar, bahkan ada juga cara bisnis online tanpa modal yang sudah banyak dipraktekkan dalam dunia bisnis. 


    Baca juga: 5 Alasan Mengapa Pegiat UMKM Perlu Mengenal Bisnis Online 


    Jenis-jenis Bisnis Online

    Jika dilihat berdasarkan platform yang digunakan oleh para pebisnis online, bisnis ini dapat digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu:


    1. Bisnis Online Melalui Website

    Salah satu jenis bisnis online yang mungkin sering kamu temui adalah yang menggunakan website sebagai media operasionalnya. Sama halnya dengan toko konvensional, website adalah toko versi digital. Para pengunjung website bisa melihat berbagai informasi mengenai produk yang ditawarkan, memilih produk yang diinginkan atau diperlukan, melakukan transaksi langsung, bahkan bisa juga melakukan interaksi dengan penjual. 


    Bisnis online menggunakan website ini dianggap sebagai pilihan tepat bagi para pebisnis, alasannya karena website memiliki fitur yang lengkap dibandingkan metode lainnya. Kebebasan dalam desain, peluang branding yang lebih baik, sampai dengan jangkauan pasar yang lebih luas bisa didapatkan dari penggunaan website ini. 

    2. Bisnis Online Melalui Media Sosial


    Memanfaatkan platform media sosial sebagai sarana pemasaran produk bisa dibilang merupakan suatu penemuan terbaik dalam dunia bisnis.  Media sosial yang awalnya ditujukan hanya sebagai sarana berkomunikasi dan bersosialisasi ternyata bisa berkembang menjadi sarana pemasaran yang efektif. 


    Mengapa melakukan bisnis online melalui media sosial dapat dianggap sebagai cara yang efektif? Ini dikarenakan cara memulai bisnis online melalui platform tersebut memang sangatlah mudah. Jika belum sempat membuat satu akun bisnis khusus, kamu bahkan bisa memulainya dengan akun media sosial milik pribadi yang sudah ada. 


    Setelah itu, kamu hanya perlu mengunggah gambar produk yang menarik plus harga dan deskripsi produk secara lengkap dan rinci. Bisnis online milikmu sudah siap beroperasi. 


    Namun, layaknya dua sisi mata uang, bisnis ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah kontrol desain yang terbatas. Di media sosial, fitur untuk mengoptimalkan desain cukup terbatas, kamu sebaiknya benar-benar bisa memanfaatkan hal ini dengan kreatif agar akun bisnismu bisa tampil beda dan tidak terlihat mirip dengan akun milik orang lain. 


    3. Bisnis Online Melalui Marketplace

    Akhir-akhir ini, bisnis yang seluruh aktivitasnya dijalankan melalui marketplace sedang sangat digemari. Beberapa contoh marketplace di Indonesia yang sudah sangat dikenal antara lain, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan masih banyak lagi. 


    Sama dengan media sosial, cara memulai bisnis online melalui marketplace juga tergolong mudah dan tidak memerlukan biaya. Pilih marketplace yang kamu pikir sesuai dengan konsep bisnis, lakukan registrasi akun, pasang produk, dan tunggu pembeli datang bertransaksi.


    Satu hal yang perlu diketahui sebelum mencoba bisnis melalui marketplace adalah bahwa persaingan antara kompetitor di sini sangatlah ketat. Perang harga, pertandingan diskon, adalah hal yang sudah sangat umum terjadi.  Jadi, pastikan kamu tidak akan terbawa arus untuk memasang harga rendah demi mendapatkan pelanggan, karena terkadang yang terjadi malah kerugian. 

    Baca Juga: Apa itu Wirausaha dan Pengertian Kewirausahaan dalam Bisnis

     

    Manfaat Bisnis Online

    Setelah memahami pengertian bisnis online, sedikit banyak kamu juga sudah mengerti bahwa ternyata bisnis online yang menjanjikan itu benar adanya. Ada beberapa manfaat baik yang bisa kamu dapatkan jika memilih untuk menjalankan bisnis secara digital tersebut. Apa saja manfaatnya? 

    1. Modal yang Tidak Besar

    Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini tidaklah banyak. Alasannya sudah pasti, bisnis online tidak mengharuskan kamu memiliki toko atau outlet offline, dengan begitu secara otomatis kamu juga tidak perlu menyiapkan modal khusus untuk menyewa tempat atau ruko. Kamu bisa memanfaatkan ruang di rumah sendiri untuk menyimpan stok barang. 


    Bahkan, saat ini pun sudah ada cara bisnis online tanpa modal, yang lebih dikenal dengan nama dropshipper. Bukan hanya tidak memerlukan modal, dengan menjadi seorang dropshipper maka kamu juga tidak butuh ruangan khusus untuk menyimpan stok barang. 


    Dalam hal pemasaran atau promosi produk pun, bisnis online hanya mengoptimalkan promosi dalam bentuk e-flyer, e-banner, dan memanfaatkan fitur promo dari marketplace. Tidak perlu memesan dan mencetak poster, brosur, bahkan baliho yang harganya sangat mahal. 


    2. Fleksibel

    Mengapa bisnis online dikatakan sebagai bisnis yang fleksibel? Karena kamu bisa menjalankannya dari mana dan kapan saja. Tidak ada yang namanya jam operasional toko, konsumen bisa mengakses barang dagangan kamu selama 24 jam penuh. Selain itu, jam operasional bisnis online pun juga fleksibel. 

     

    3. Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

    Dengan jaringan internet yang luas, maka secara otomatis jaringan pasar yang bisa kamu raih juga akan menjadi lebih luas. Bukan tidak mungkin bahwa pelangganmu nantinya adalah warga dari kota atau negara lain. 


    Bisnis online yang menjanjikan itu nyata adanya

    Tantangan Bisnis Online

    Selayaknya bisnis atau bentuk usaha lainnya, bisnis online yang menjanjikan banyak manfaat dan keuntungan juga ternyata memiliki tantangannya sendiri. Informasi ini bukan untuk membuat kamu menjadi mundur dan merasa bahwa menjalankan bisnis online adalah hal yang susah, namun sebaiknya dengan begitu kamu menyadari bahwa kerja cerdas dan kerja keras tetaplah diperlukan.

    1. Ketatnya Persaingan

    Seperti sudah sedikit disinggung di atas, persaingan antar para kompetitor di bisnis online sangatlah ketat. Apalagi jika ternyata produk yang kamu jual adalah produk yang juga banyak ditawarkan oleh penjual lainnya. Sebagai contoh, pencarian “kabel USB” di salah satu marketplace menghasilkan 1,9 juta produk. 


    Lantaran itulah, jika kamu ingin meraih keuntungan, inovasi dan kreativitas juga diperlukan. Hanya memasang produk dan menunggu orderan datang tidaklah akan mendatangkan keuntungan bagi bisnismu. Kamu sebaiknya memberi nilai lebih yang unik dan disukai oleh konsumen, misalnya pelayanan yang ramah, pemberian free gift, atau proses pengiriman barang yang cepat.  

    Baca juga: Tips Memaksimalkan Daya Saing UMKM


    2. Serangan Cyber Crime

    Inilah satu hal yang menjadi sumber ketakutan tersendiri bagi para pelaku bisnis online. Maraknya cyber crime atau kejahatan online tetap mengintai. Kejahatan online ini ada banyak bentuknya, mulai dari pembeli palsu alias orang yang memang berniat menipu, hacker yang suka mengacaukan website, sampai pada bocornya data penjual dan pembeli di marketplace. Supaya bisnis online kamu tidak mengalami hal seperti itu, ada baiknya selalu menggunakan password dan perlindungan berlapis pada akun bisnis milik kamu. 

    3. Perlu untuk Selalu Mengikuti Perkembangan Teknologi

    Teknologi dan juga internet akan selalu berkembang dalam waktu yang relatif cepat, jika kamu ternyata tidak bisa mengikuti dan beradaptasi dengan hal ini, maka kamu dan juga bisnismu akan ketinggalan. Maka dari itu, diperlukan adanya kemauan untuk terus rutin belajar ilmu teknologi dan bisnis online secara konsisten.

    Cara Memulai Bisnis Online 

    Meskipun cara memulai bisnis online terbilang cukup mudah, namun ada beberapa hal yang tetap perlu kamu persiapkan. Secara teknis, persiapan ini tidak berbeda jauh dengan bisnis secara offline atau dengan metode konvensional. 

    Jeli Melihat Peluang Bisnis 


    Tidak semua orang mampu melihat adanya peluang bisnis dengan jeli. Jika kamu ingin menjadi pebisnis yang sukses, maka inilah langkah awal yang pasti kamu lakukan. Terbukalah pada setiap kemungkinan yang ada karena peluang bisnis bisa hadir dari mana saja. 

    Mengetahui Apa yang Dibutuhkan oleh Pasar

    Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara riset pasar. Riset pasar bisa kamu lakukan bukan hanya dengan turun langsung ke masyarakat, namun juga dengan cara online. Gunakan pencarian tren di media sosial dengan mencoba beberapa kata kunci. Dengan mengetahui hal apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk menentukan seperti apa konsep bisnis online yang akan kamu mulai dan produk apa yang akan kamu tawarkan. 

    Baca Juga: Apa itu Analisis SWOT? Pahami Melalui Contohnya!

    Mengenali Kompetitor

    Lakukan analisis kompetitor atau competitor research di awal akan membuatmu siap menghadapi persaingan bisnis. Hal yang perlu kamu ketahui antara lain adalah mempelajari kelebihan kompetitor, melihat bagaimana cara mereka memberikan layanan pada konsumen melalui website atau akun media sosial, bagaimana cara mereka membangun bisnis online, berapa harga yang dipasang, dan seperti apa promo yang diberikan. 

    Menentukan Target Pasar 

    Target pasar adalah sekelompok orang dengan karakteristik yang sama dan kemungkinan membeli produk yang kamu buat. Setiap bisnis memiliki pasarnya masing-masing, namun jika kamu bisa menentukan target pasar sejak awal, maka produk yang kamu tawarkan bisa lebih tepat sasaran. 

    Tetapkan Model Bisnis

    Setelah beberapa hal di atas kamu lakukan, maka tahap selanjutnya dalam cara memulai bisnis online adalah dengan menetapkan model bisnis. Model bisnis di sini maksudnya adalah platform apa yang akan kamu gunakan dalam bisnis. Dengan membuat website khusus, melalui akun media sosial di beberapa platform sekaligus, atau dari marketplace? Atau malah semuanya? 

    Cara Bisnis Online Tanpa Modal

    Cara bisnis online tanpa modal mungkin adalah salah satu solusi yang dirasa paling tepat bagi kamu yang ingin memulai bisnis namun tidak memiliki modal atau dana dalam jumlah banyak untuk segala persiapannya. 


    Saat ini, hal tersebut bisa diatasi dengan hadirnya metode usaha sebagai dropshipper atau reseller. Dengan menjadi dropshipper atau reseller, yang kamu perlukan hanyalah kemauan untuk terus konsisten mengunggah produk dan promosi, keuletan untuk menjadi penyambung antara penjual dan pembeli, dan pastinya koneksi internet yang stabil. Tanpa modal, tanpa stok produk, tanpa gudang. Lantas bagaimana caranya?


    Temukan Produk yang Menarik

    Langkah pertama dalam cara bisnis online tanpa modal adalah dengan mencari dan menemukan produk apa yang menarik untuk dijual dan sedang digemari oleh pasar. Produk yang menarik akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. 


    Setelah menemukan produk tersebut, pelajari dan pahami spek produk dengan baik. Hal ini bertujuan agar saat ada konsumen yang bertanya, kamu bisa menjawabnya dengan mudah. Jika kamu bisa memberikan jawaban yang memuaskan, maka konsumen akan lebih puas dengan layanan tersebut. 


    Pilih Produsen atau Penjual yang Terpercaya

    Berikutnya, carilah produsen atau penjual tangan pertama yang bisa dipercaya untuk menjadi partner bisnis. Pastikan produk yang mereka hasilkan adalah yang memiliki kualitas baik, dan bisa diajak berkomunikasi dengan baik. Jangan sampai antara dropshipper dan produsen terjadi kesalahpahaman hanya karena kurangnya komunikasi. Buat kesepakatan dengan baik dan profesional, tentang keuntungan, refund, bahkan sampai ke pengiriman barang. 


    Buatlah Strategi Pemasaran yang Rapi

    Langkah terakhir namun sangat penting dalam cara bisnis online tanpa modal adalah dengan mengatur strategi pemasaran yang tepat. Seorang dropshipper atau reseller juga harus memiliki strategi pemasaran yang rapi agar produknya dilirik oleh konsumen. 


    Tetapkan harga yang sesuai dan sudah disepakati dengan produsen, pasang promo yang menarik, boleh memberikan potongan harga asalkan perhitungannya jelas. Jangan sampai hanya karena ingin memberikan potongan atau diskon, kamu malah mengalami kerugian. 


    Contoh Bisnis Online yang Menjanjikan 

    Seperti yang dijelaskan pada pengertian bisnis online tadi, bahwasanya ada banyak sekali bentuk bisnis online yang bisa dicoba. Namun, tidak semuanya termasuk dalam bisnis online yang menjanjikan. Contoh bisnis yang menjanjikan keuntungan adalah bisnis yang menawarkan produk atau jasa yang tidak mengenal waktu, dengan kata lain evergreen. Produk atau jasa tersebut bukan hanya dibutuhkan oleh pasar dalam masa-masa tertentu saja. 


    Beberapa contoh bisnis online yang menjanjikan, yaitu:

    • Usaha di bidang katering
    • Kafe 
    • Laundry 


    Selain itu, bisnis yang menjanjikan keuntungan juga bisa datang dari bisnis tanpa modal yang tadi sudah kamu ketahui, misalnya: 

    • Reseller perlengkapan rumah tangga
    • Dropshipper kosmetik 
    • Copywriter
    • Kursus online
    • Affiliate Marketing


    Baca Juga: 

    1. Menjalankan Affiliate Marketing: Perhatikan Hal Ini!
    2.  Kenali Apa Itu Reseller serta Cara Menjadi Reseller

    Tips Cara Memulai Bisnis Online 

    Cara memulai bisnis online dan cara bisnis online tanpa modal sudah kamu ketahui, namun ada beberapa tips dalam menjalankan bisnis online tersebut agar tidak mengalami kegagalan atau kerugian. 


    Pertama, terus yakinkan dirimu bahwa kamu bisa melakukan bisnis ini secara konsisten. Jangan sampai ada yang namanya patah semangat di tengah jalan. Lelah itu wajar, yang penting terus semangat untuk melanjutkan bisnis yang sudah dimulai. 


    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
    Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan karakter wirausaha yang kuat agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar sampai bisa meraih kesuksesan besar.
    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.