Konsep Pemasaran adalah: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Ditulis oleh Marsha N. Safithri

article thumbnail

Setiap pelaku bisnis perlu memahami pengertian konsep pemasaran.

Agar dapat bertahan dan memenangkan persaingan, setiap pemilik bisnis tentu perlu memutar otak agar jasa atau produk yang ditawarkan dapat diterima oleh masyarakat luas. Demi mencapai tujuan tersebut, memiliki konsep pemasaran yang baik adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Saat pemilik atau pelaku bisnis memahami apa yang dimaksud dengan konsep pemasaran, pebisnis tersebut akan mampu membuat strategi bisnis yang sesuai. Tidak hanya bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat, konsep pemasaran yang baik juga mampu membuat pemilik bisnis mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Baru saja terjun ke dunia bisnis? Tidak perlu takut tersesat, mari pelajari bersama yang dimaksud dengan konsep pemasaran, pengertian konsep pemasaran menurut para ahli, tujuan konsep pemasaran, dan mengenal lima konsep pemasaran dalam bisnis beserta contohnya. Langsung saja, simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Pengertian Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran adalah konsep yang digunakan untuk memaksimalkan keuntungan dengan cara memenuhi kebutuhan konsumen, meningkatkan penjualan, dan mengalahkan kompetitor. Konsep pemasaran berfokus pada pemahaman terhadap kebutuhan konsumen untuk menciptakan hubungan yang menguntungkan dengan perusahaan. Biasanya, konsep pemasaran disebut juga dengan konsep marketing. Konsep pemasaran memanfaatkan data pemasaran untuk memetakan kebutuhan dan keinginan konsumen agar strategi pemasaran berjalan dengan lebih efektif, seperti materi promosi untuk konsumen yang ingin membeli produk dengan harga rendah dan materi promosi untuk konsumen yang ingin membeli produk dengan harga tinggi.

Dalam konsep pemasaran, terdapat tiga hal yang perlu dipahami, yaitu:

  • Kebutuhan (Needs)

Suatu barang yang diperlukan untuk menjamin keberlangsungan hidup, seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Konsep pemasaran yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan adalah konsep pemasaran sosial.

  • Keinginan (Wants)

Suatu barang atau jasa yang diinginkan seseorang. Konsep pemasaran yang sesuai untuk memenuhi keinginan adalah konsep penjualan.

  • Tuntutan (Demands)

Saat kebutuhan dan keinginan didukung oleh kemampuan, secara tidak langsung akan muncul tuntutan. Konsep pemasaran yang dapat memenuhi tuntutan konsumen adalah konsep produk.

Baca juga: Market Challenger adalah: Pengertian dan Contohnya

Pengertian Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian konsep pemasaran menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  • Philip Kotler

Pemasaran adalah aktivitas sosial dan usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu, seperti membuat produk serta menukarkannya. Dalam hal ini, konteks menukarkan didefinisikan sebagai usaha menukar nilai produk dengan nominal uang yang lebih besar. Secara tidak langsung, Kotler mengemukakan bahwa tujuan utama pemasaran adalah pembelian produk oleh calon konsumen.

  • Jay Abraham

Pemasaran adalah media untuk mencapai kesuksesan dengan memberi pelayanan terbaik kepada konsumen.

  • William J. Stanton

Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang mencakup perencanaan dan penentuan harga produk, serta promosi dan distribusinya.

  • Basu dan Hani

Pemasaran adalah aktivitas perencanaan dalam pengelolaan barang, promosi, dan distribusinya dengan tujuan untuk memperoleh laba.

  • John Westwood

Pemasaran adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang sejalan dengan pemberian keuntungan atau laba kepada perusahaan.

  • Hair dan Mc. Daniel

Pemasaran adalah perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, termasuk penetapan harga promosi, distribusi, gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan serta memuaskan kebutuhan konsumen demi tercapainya cita-cita organisasi.

  • Tung Desem Waringin

Pemasaran adalah media untuk mengomunikasikan sebuah nilai tambah yang lebih tinggi.

  • Laksana

Pemasaran adalah bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan kegiatan transaksi produk barang atau jasa. Dengan demikian, pengertian pasar tidak lagi merujuk kepada suatu tempat tapi lebih kepada aktivitas atau kegiatan pertemuan penjual dan pembeli dalam menawarkan suatu produk kepada konsumen.

  • Kotler dan Keller

Marketing is about identifying and meeting human and social needs. One of the shortest good definitions of marketing is meeting needs profitably.

  • Tjiptono dan Diana

Pemasaran adalah proses menciptakan, mendistribusikan, mempromosikan, dan menetapkan harga barang, jasa dan gagasan untuk memfasilitasi relasi pertukaran yang memuaskan dengan para konsumen dan untuk membangun dan mempertahankan relasi yang positif dengan para pemangku kepentingan dalam lingkungan yang dinamis.

  • Limakrisna dan Purba

Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi untuk menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran, dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.

  • Manap

Pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, penentuan proses produk, promosi dan tempat atau distribusi, sekaligus merupakan proses sosial dan manajerial untuk mencapai tujuan.

  • Sunyoto

Pemasaran adalah kegiatan manusia yang bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan langganan melalui proses pertukaran dan pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan.

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa pemasaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan keuntungan.

Baca juga: Kode Referral adalah Strategi Bisnis Makin Cuan

 Tujuan dari konsep pemasaran adalah untuk membangun hubungan yang menguntungkan antara penjual dengan pembeli yang menjadi targetnya.

Tujuan Konsep Pemasaran

Tujuan dari konsep pemasaran adalah untuk membangun hubungan yang menguntungkan antara penjual dengan pembeli yang menjadi targetnya.

Baca juga: Contoh Iklan Produk, Pelajari agar Bisnismu Makin Maju!

5 Konsep Pemasaran dalam Bisnis beserta Contohnya

Konsep pemasaran dalam bisnis umumnya dibedakan menjadi lima jenis sesuai dengan tahapan dalam perusahaan sebagai berikut:

1. Konsep Produksi

Konsep produksi berfokus pada efisiensi proses produksi yang memenuhi ekspektasi konsumen. Sudah menjadi rahasia umum bahwa konsumen ingin mendapatkan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Dengan demikian, konsep ini menjadi usaha perusahaan dalam mengoptimalkan proses produksi yang akan dilakukan, sehingga dapat mengefisiensi waktu. Dalam konsep produksi, perusahaan wajib memastikan stok produk terjamin, sehingga tidak terjadi kelangkaan dan angka penjualan akan semakin meningkat.

Kelebihan:

  • Produksi massal dapat menekan harga produk dan menguntungkan konsumen.
  • Ketersedian produk membuat produk mudah dijangkau dengan harga yang lebih murah.
  • Ketersediaan produk membuat hubungan dengan pemasok menjadi lebih erat.

Kekurangan:

  • Konsep produksi lebih fokus pada efisiensi proses produksi dan sering kali mengorbankan kualitas produk.
  • Kebutuhan konsumen menjadi kepentingan sekunder, sebab dalam konsep produksi produsen tidak menargetkan segmen tertentu.
  • Cenderung tidak relevan dengan kondisi pasar saat ini karena produk diproduksi secara massal.


Contoh penerapan konsep produksi biasanya terlihat pada perusahaan yang berasal atau berada di Tiongkok. Tidak sedikit perusahaan tersebut memproduksi barang untuk kebutuhan dan permintaan mayoritas konsumen di pasar, seperti peralatan rumah tangga dan peralatan elektronik dengan harga yang lebih murah.

2. Konsep Produk

Konsep produk didasari pada keinginan konsumen untuk memiliki produk berkualitas yang dapat berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, sebagian besar konsumen akan mencari alternatif produk inovatif yang tersedia di pasar. Dengan demikian, perusahaan perlu melakukan strategi pemasaran yang berfokus pada peningkatan dan inovasi produk secara terus-menerus.

Kelebihan:

  • Kualitas produk menjadi prioritas yang bisa mendatangkan menguntungkan.
  • Konsep produk berfokus pada usaha memenuhi kebutuhan konsumen dan membangun rasa ingin tahu konsumen.
  • Konsep produk dapat menciptakan profit margin yang tinggi dengan menawarkan produk dengan harga relatif lebih mahal dengan kualitas sebanding.

Kekurangan:

  • Tidak dapat menjangkau konsumen yang memilih produk dengan standar harga yang lebih rendah.
  • Tidak memperhatikan kepentingan konsumen, dengan demikian fitur produk tidak relevan dan tidak praktis.


Contoh:

Contoh perusahaan yang menerapkan konsep produk adalah Apple, sebab sebagian besar produk yang dihasilkan Apple mengedepankan kualitas produk. Oleh sebab itu, tidak heran jika produk Apple mampu menjadi favorit di antara produk elektronik dari perusahaan lainnya, walau harga yang ditawarkan lebih tinggi.

3. Konsep Penjualan

Konsep penjualan atau selling adalah usaha perusahaan dalam mengembangkan suatu produk tanpa mempertimbangkan kebutuhan konsumen. Konsep ini memiliki prinsip jika konsumen akan membeli produk mereka jika penjualan dilakukan secara agresif. Pada praktiknya, perusahaan akan fokus untuk menjual produk dan tidak menghabiskan waktu untuk membangun hubungan dengan konsumen. Oleh sebab itu, konsep ini tidak memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang.

Kelebihan:

  • Perusahaan hanya fokus pada kegiatan pemasaran dan penjualan.
  • Perusahaan tidak perlu merasa khawatir dengan stok produk yang tidak terjual.
  • Meningkatkan volume penjualan di tengah persaingan yang semakin ketat.

Kekurangan:

  • Mengabaikan kebutuhan konsumen, sebab hanya fokus pada penjualan produk.
  • Mengabaikan feedback konsumen, sehingga mendapat banyak komentar negatif.


Contoh:

Contoh perusahaan yang menerapkan konsep penjualan adalah Shopee saat tanggal cantik, seperti 12.12. Saat itu, perusahaan akan memasang iklan besar-besaran untuk menarik perhatian konsumen.

4. Konsep Pemasaran

Konsep pemasaran menempatkan konsumen sebagai fokus utama dengan cara memahami kebutuhan konsumen dengan menjalankan riset, mulai dari konsepsi produk hingga penjualan. Selanjutnya, perusahaan juga akan melakukan penelitian lebih lanjut melalui feedback yang diberikan konsumen. Dengan menerapkan konsep pemasaran, perusahaan percaya bahwa value yang didapatkan akan menjadi lebih baik jika berhasil memenuhi kebutuhan konsumen.

Kelebihan:

  • Memahami konsumen lebih dalam dengan melakukan riset pasar.
  • Mempromosikan produk ke konsumen dengan pendekatan yang spesifik.

Kekurangan:

  • Membutuhkan biaya pemasaran yang lebih besar.
  • Memakan lebih banyak waktu dan usaha untuk membuat sebuah kampanye.


Contoh:

Contoh perusahaan yang menerapkan konsep pemasaran adalah Coca-Cola. Perusahaan ini menggunakan strategi pemasaran dengan menayangkan iklan di berbagai media dan menjadi sponsor berbagai acara agar dapat menjangkau target pasar yang lebih luas.

5. Konsep Pemasaran Sosial

Tidak hanya berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen, konsep pemasaran sosial juga berfokus pada kesejahteraan masyarakat. Saat menerapkan konsep ini, perusahaan perlu memperhatikan tiga hal sebelum menetapkan kebijakan pemasaran, yaitu keuntungan perusahaan, kepuasan dan keinginan konsumen, serta kepentingan publik atau masyarakat.

Kelebihan:

  • Meningkatkan loyalitas konsumen melalui produk ramah lingkungan.
  • Membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Kekurangan:

  • Segmen yang lebih spesifik, sebab hanya menarik konsumen yang memiliki fokus pada isu sosial.
  • Harga produk cenderung lebih mahal untuk menutupi biaya sosial.


Contoh:

Contoh perusahaan yang menerapkan konsep pemasaran sosial adalah The Body Shop. Selain menggunakan bahan nabati untuk setiap produknya, perusahaan ini juga berpartisipasi aktif dalam kampanye kemanusiaan dengan mendirikan yayasan amal.

Penutup

Konsep pemasaran adalah konsep yang digunakan untuk memaksimalkan keuntungan dengan cara memenuhi kebutuhan konsumen, meningkatkan penjualan, dan mengalahkan kompetitor. 3 hal yang perlu dipahami dalam konsep pemasaran

adalah kebutuhan, keinginan, dan tuntutan. Konsep pemasaran pada perusahaan umumnya dibedakan menjadi 5 jenis. Konsep ini dibedakan berdasarkan tahapan dalam perusahaan. 

Setelah memahami pengertian konsep pemasaran, kamu juga bisa menemukan berbagai informasi mengenai strategi dan tips pemasaran di sini. Saat membangun dan menjalankan bisnis, pilih aplikasi yang dapat mendukung kelancaran prosesnya, seperti majoo. Dengan berlangganan majoo, kamu bisa memanfaatkan fitur yang ditawarkan untuk mendukung kemajuan bisnismu. Tidak perlu khawatir, majoo selalu setia menemani langkahmu dalam bekerja dan membangun bisnis, terutama untuk urusan partner pembayaran. Tunggu apa lagi? Yuk, berlangganan sekarang!

Referensi:

  • https://www.niagahoster.co.id/blog/konsep-pemasaran-adalah/
  • https://www.kompas.com/skola/read/2023/01/12/100000869/7-pengertian-pemasaran-menurut-para-ahli?page=all
  • http://eprints.kwikkiangie.ac.id/2004/3/bab%202.pdf
  • https://qontak.com/blog/konsep-pemasaran/

Sumber Gambar:

  • Freepik.com

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo