Contoh Iklan Produk, Pelajari agar Bisnismu Makin Maju!

Ditulis oleh Nisa Destiana

article thumbnail

Buat penawaran yang menarik dalam konten iklan produkmu.

Kamu mungkin pernah melihat pamflet, siaran televisi, atau sponsored post media sosial yang menampilkan informasi tentang suatu produk. Konten-konten tersebut merupakan contoh iklan produk.

Iklan produk menjadi salah satu media untuk para pemilik bisnis mempromosikan produknya. Tak hanya berguna untuk persuasi calon konsumen, iklan juga dapat menjadi media untuk meningkatkan brand awareness.

Baca juga: Konsep Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya Dalam Bisnis

Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa contoh iklan produk yang mungkin bisa kamu jadikan referensi. Namun sebelum itu, mari kita cemati terlebih dahulu arti, tujuan, dan jenis iklan produk.

Apa Itu Iklan Produk?

Iklan produk adalah pesan yang disampaikan untuk memengaruhi konsumen agar membeli dan menggunakan produk yang ditawarkan. Iklan dianggap sebagai cara paling tepat dalam memopulerkan suatu produk.

Selain memopulerkan produk, ada beberapa tujuan iklan produk yang lain, di antaranya:

  • Memasarkan produk

Salah satu tujuan utama dari iklan produk ialah memasarkan suatu barang atau jasa. Melalui iklan, perusahaan atau pemilik usaha berupaya membuat calon konsumen merasa familier dengan produk mereka. 

Meskipun memasarkan produk merupakan salah satu tujuan iklan. Perlu diingat bahwa iklan hanya bagian kecil dari aktivitas pemasaran. Marketing atau pemasaran mencakup berbagai inisiatif lain.

  • Menciptakan penjualan

Konsumen merasa akrab dengan produk tentu tidak cukup bagi bisnis. Karena itu, tujuan iklan produk salah satunya ialah menciptakan penjualan. Iklan ditujukan untuk meyakinkan konsumen agar bertransaksi atau membeli produk yang ditawarkan.

  • Membangun citra dan meningkatkan awareness

Seperti yang sudah diketahui, produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan merupakan salah satu titik interaksi antara konsumen dan perusahaan. Karena itu, iklan produk menjadi bagian dari upaya membangun citra bisnis.

Lebih dari itu, seperti telah disebutkan sebelumnya, iklan produk juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atau konsumen terkait keberadaan merek dan produknya.

Kesadaran atau awareness soal produk serta merek akan membantu perusahaan saat harus bersaing dengan kompetitor. Konsumen mungkin akan cenderung memilih produk atau brand yang sudah lebih dikenalnya.

Jenis Iklan Produk

Setelah membaca uraian di atas, kamu tentu sudah memahami pentingnya iklan produk bagi sebuah bisnis. Selanjutnya, mari kita kenali jenis-jenis iklan produk sebelum kamu mulai membuatnya.

Berdasarkan tujuannya

  • Iklan komersial

Umumnya, iklan yang dibuat oleh bisnis ialah iklan komersial. Seperti yang dibahas dalam poin sebelumnya, iklan komersial bertujuan untuk mempromosikan suatu barang atau jasa.

Harapannya, setelah melihat konten iklan tersebut, orang akan memiliki ketertarikan untuk membeli produk yang ditawarkan. Sesuai namanya, pemasangan iklan komersial diharapkan memberikan keuntungan ekonomi kepada pemasang iklan, dalam konteks ini perusahaan atau pemilik bisnis.

  • Iklan nonkomersial

Sebetulnya, jarang ada iklan produk yang termasuk jenis iklan nonkomersial. Akan tetapi, jenis ini tetap kita bahas sebab jika ditilik dari tujuannya iklan memang terbagi menjadi iklan komersial dan iklan nonkomersial.

Berbeda dengan iklan komersial, iklan nonkomersial dibuat untuk kepentingan masyarakat umum, bukan dalam rangka menghasilkan keuntungan semata.

Biasanya, iklan nonkomersial hadir sebagai bentuk sosialisasi atau edukasi suatu program, misalnya iklan program keluarga berencana.

 Selain memperkenalkan produk, iklan produk juga dapat meningkatkan brand awareness.

Berdasarkan medianya

  • Iklan cetak

Ditilik dari media atau tempat penayangannya, terdapat jenis iklan cetak. Terlihat dari namanya, konten iklan ini dimuat di media cetak seperti majalah dan koran.

Di samping itu, konten iklan yang tidak ditayangkan di media cetak, tetapi melibatkan proses pencetakan konten juga dikategorikan sebagai iklan cetak, misalnya iklan melalui pamflet, poster, atau baliho.

  • Iklan online

Selanjutnya, jenis iklan produk yang sangat populer di era digital ialah iklan online. Kamu mungkin akan menemukan iklan online di media sosial atau laman hasil pencarian di search engine.

Jika kamu adalah salah satu pengguna media sosial atau pengguna internet, pasti sudah tidak asing lagi melihat pop up iklan produk yang bertebaran di dunia maya.

Cara Membuat Iklan Produk yang Menarik

Karena ditujukan untuk memikat konsumen, suatu iklan produk tentu harus menarik. Pertanyaan penting dalam benak pemilik bisnis: Bagaimana cara membuat iklan produk yang menarik?

Tidak perlu khawatir sebab kami telah menyiapkan beberapa tipsnya di bawah ini. Yuk, simak sampai selesai!

Tentukan target audience

Ketika kamu membuat iklan, langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah menentukan target audience. Siapa orang yang akan melihat iklanmu?

Keputusan tersebut sangat krusial sebab akan memengaruhi keputusan lain, seperti platform iklan mana yang tepat, pesan seperti apa yang pas, dan lain-lain. Target audience tersebut bisa kamu tentukan berdasarkan buyer persona.

Baca juga: 7+ Cara Menentukan Target Audience yang Efektif

Buat perhitungan bujet

Setelah tahu target audience, kamu akan tahu platform yang tepat untuk beriklan. Tahap selanjutnya ialah menentukan bujet. Sesuaikan anggaran yang akan kamu alokasikan dengan dampak yang mau kamu peroleh.

Misalnya, kamu ingin memperoleh 4.000 prospek dari iklan produk yang kamu jalankan dan kamu sudah memutuskan akan beriklan di Google Ads. Kamu tinggal memeriksa ketentuan platform tersebut, untuk iklan yang menghasilkan 4.000 leads, berapa bujet yang perlu kamu sediakan?

Pesan iklan yang jelas

Saat berbicara tentang pesan iklan, banyak orang yang fokus pada pembuatan copy content yang unik dan kreatif. Pemikiran tersebut tidak salah, tetapi kurang lengkap.

Salah satu elemen penting dalam iklan ialah pesan yang jelas. Dalam bahasa lain, kamu ingin konsumen melakukan apa setelah melihat iklan tersebut?

Apakah kamu mau konsumen berkunjung ke tokomu? Apakah kamu mau konsumen mengisi survei? Apakah kamu mau konsumen mengunjungi website-mu? Cantumkan pesan iklan secara jelas agar konsumen terdorong untuk melakukan tindak lanjut.

Perhatikan elemen-elemen kreatif

Meskipun begitu, kita juga tidak boleh melupakan elemen-elemen kreatif dalam, seperti foto, video, teks promosi, dan lain-lain.

Judul atau slogan termasuk salah satu elemen yang berperan penting dalam kesuksesan sebuah iklan. Supaya menarik minat banyak orang, gunakan bahasa yang luas dengan pemilihan kata yang tepat.

Kamu juga bisa menggunakan kata-kata yang sedang populer agar slogan iklanmu makin tampak menonjol.

Tak hanya judul atau slogan, kamu juga perlu mempertimbangkan sisi desain iklan. Mulai dari pilihan font, gaya penulisan, hingga kombinasi warna yang tepat akan berperan dalam memudahkan produkmu diingat oleh masyarakat luas.

Cantumkan penawaran menarik

Di samping poin-poin di atas, kamu bisa mengoptimalkan iklanmu dengan memberikan penawaran yang terasa menarik bagi konsumen. Cara ini termasuk trik pemasaran produk yang cukup efektif, lho.

Pada jenis iklan online, potongan harga, buy 1 get 1, serta gratis ongkos kirim merupakan beberapa penawaran yang kerap berhasil memancing audiens untuk mengeklik iklan dan mempelajari penawaranmu lebih lanjut.

Libatkan figur yang populer

Bukan rahasia lagi, kini konsumen sangat percaya rekomendasi yang diberikan oleh influencer favorit mereka. Karena itu, melibatkan figur populer dalam konten iklan bisa membuat sebuah produk laris manis di pasaran.

Akan tetapi, kamu harus mampu mengombinasikannya dengan pemasaran serta copywriting yang memukau. Dengan kombinasi ini, produkmu akan makin dikenal dan membuat banyak orang tertarik melakukan pembelian.

Contoh Iklan Produk

Dalam membuat iklan produk, kamu perlu memutuskan komponen yang ingin ditonjolkan dari produk tersebut.

Sebut saja, kamu menjual produk makanan ringan. Komponen yang bisa kamu tonjolkan, misalnya cita rasanya atau nikmatnya rasa camilan tersebut. Iklan seperti ini berlaku saat kamu mau meluncurkan produk dengan rasa yang belum diketahui konsumen.

Bila rasa makanan ringan sudah akrab di lidah konsumen, kamu bisa menonjolkan poin lain yang menjadi kelebihan produk, misalnya isinya yang ekstra banyak. Dari penentuan highlight tersebut, kamu bisa mulai berkreasi membuat slogan yang menarik. Coba lihat contoh iklan produk Chitato berikut ini!

 

Dari contoh di atas, kita bisa melihat target iklan tersebut jelas, yaitu mendorong konsumen membeli kemasan besar saat berkumpul bersama teman atau keluarga alias ‘party’.

Slogan dan desainnya dibuat menarik supaya konsumen mengasosiasikan produk dengan rasa seru dan senang. 

Semoga contoh dan pembahasan di atas membuatmu lebih paham tentang cara membuat iklan produk yang menarik. Saat ini, kebanyakan aktivitas pemasaran dilakukan secara online sehingga kamu sebaiknya fokus di iklan digital.

Bagaimana bila kamu belum terlalu memahami soal digital marketing? Nggak perlu khawatir karena sekarang ada aplikasi wirausaha yang bantu kamu kelola bisnis sekaligus menyediakan layanan digital ads. Mau tahu lebih lanjut? Klik tautan ini, ya!




Referensi:

  • https://www.selly.id/blog/contoh-iklan-produk/
  • https://accurate.id/marketing-manajemen/iklan-produk-pengertian-fungsi-jenis-contoh-dan-tips-membuatnya/ 
  • https://stickearn.com/blog/blog/iklan-adalah# 

Sumber Gambar:

  • Freepik.com

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo