Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Kode Referral adalah Strategi Bisnis Makin Cuan

    Kode Referral adalah Strategi Bisnis Makin Cuan

    Kode referral dapat meningkatkan kepercayaan pada konsumen.

    Pernahkah kamu melihat seseorang membagikan kode unik tertentu untuk berbelanja? Biasanya, cara ini dilakukan oleh para influencer di media sosial dan pengguna aplikasi. Nah, kode unik yang dibagikan ini disebut dengan kode referral. Namun, apa, sih, kode referral itu? Mengapa, kok, banyak orang yang membagikan kode tersebut?

    Tahukah kamu? Ternyata kode referral tersebut sangat menguntungkan; baik bagi si pemilik kode, maupun bagi yang menggunakannya, lho! Di dalam dunia bisnis pun, kode referral sangat menguntungkan perusahaan dan juga customer.

    Dalam artikel ini, kamu akan memahami serba-serbi kode referral, mulai dari pengertian, jenis, keuntungan, hingga cara membuatnya. Simak penjelasan lengkap mengenai kode referral berikut ini, yuk! 

    Apa Pengertian Kode Referral?

    Kini, masih banyak pebisnis yang belum mengetahui strategi marketing yang sebenarnya sangat menguntungkan, yaitu kode referral. Kode referral adalah salah satu strategi marketing produk dalam bentuk kode unik yang mencakup angka sampai kode alfanumerik. Di dalam dunia bisnis,biasnya kode tersebut diberikan oleh pihak seller kepada customer­­-nya.

    Kode referral ini berguna untuk menarik perhatian pelanggan baru untuk berlangganan produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan atau bisnis. Dengan menggunakan kode referral tersebut, semua pihak akan mendapat keuntungan, lho! Perusahaan akan mendapatkan pelanggan baru, pemilik kode akan mendapatkan imbalan berupa komisi, dan untuk orang yang menggunakan kode tersebut akan mendapatkan potongan harga. Banyak orang menggunakan kode referral untuk mendapatkan keuntungan saat berbelanja produk tertentu.

    Kamu bisa mendapatkan kode referral dari banyak sumber; misalnya dari influencer yang berpromosi di media sosial, affiliate marketer yang menyebarkan link di berbagai platform, dan lain sebagainya.

    Kode referral juga membuka kesempatan luas bagi para affiliate marketer, karena dengan mengumpulkan banyak orang untuk menggunakan kode tersebut, mereka bisa mendapatkan komisi sebanyak-banyaknya. Wah! Sangat menarik, ya?

     Salah satu jenis kode referral yaitu direct referrals.

    Jenis Kode Referral

    Kode referral terbagi ke dalam beberapa jenis. Terdapat empat jenis kode referral, antara lain:

    1. One Way Incentives Referrer

    Dalam jenis kode referral ini, pihak pemilik kode saja yang akan memperoleh keuntungan. Sedangkan pihak yang menggunakan kode referral tersebut tidak mendapatkan keuntungan apa pun.

    Misalnya, kode referral yang digunakan pada tempat kursus masak. Program kode referral ini dilakukan oleh anggota lama yang mengajak anggota baru agar mereka bisa mendapatkan gratis biaya kursus selama satu bulan. Keuntungan ini hanya didapat oleh anggota lama, karena mereka akan mendapatkan biaya kursus satu bulan, sedangkan anggota baru tidak akan mendapatkan keuntungan apa-apa. 

    2. One Way Incentives Referred

    Jenis ini akan memberikan keuntungan pada pihak pengguna kode referral saja, tidak untuk pihak yang memberikan kode. Misalnya, tempat kursus internet marketing sedang mengadakan program anggota baru dengan diskon biaya kursus sebesar 70%.

    3. Two Way Incentives Referral

    Jenis kode referral ini akan memberikan keuntungan pada pihak pemberi dan pihak yang menggunakan kode referral. Saat ini, jenis kode referral ini yang paling banyak digunakan untuk strategi marketing bisnis. 

    4. No Incentives

    Lain halnya dengan jenis kode referral satu ini. Jenis kode ini tidak akan memberikan keuntungan apa pun pada pihak pengguna ataupun pihak pemberi kode referral. Oleh karena itu, pihak perusahaan harus bisa membuat pelanggan puas atas produk atau jasa yang ia tawarkan kepada mereka.

     

    Baca juga: Macro Influencer adalah Strategi Marketing Penting Bisnis

    Cara Kerja Kode Referral

    Dalam proses penggunaannya, tentu kode referral memiliki cara kerja tersendiri. Dengan menyebarkan kode kepada pelanggan, besar harapan untuk bisa meningkatkan sales produk pun. Sebagai seorang pebisnis, kamu harus memikirkan metode penukaran dari kode tersebut, lho!

    Kode referral ini akan diberikan perusahaan kepada pelanggannya, nantinya pelanggan tersebut akan menyebarkan koder tersebut ke banyak orang yang mereka kenal; baik menggunakan teknik Word of Mouth (WoM) maupun media sosial yang mereka miliki. Tak lupa untuk turut menyebarkan informasi terkait keuntungan yang bisa diperoleh pelanggan saat menggunakan kode tersebut, ya!

    Perusahaan juga harus bisa mencari cara yang tepat dalam menerima dan menghimpun semua transaksi dari kode referral yang telah disebarkan. Pencatatan yang tepat akan memudahkan perusahaan untuk mengetahui transaksi yang terjadi dari kode referral tersebut.

    Baca juga: Review Produk: Definisi, Contoh, dan Cara Membuatnya 

    Keuntungan Kode Referral Bagi Perusahaan

    Penggunaan kode referral bagi perusahaan akan memberikan banyak keuntungan, sehingga dapat mempromosikan produknya dengan efektif, efisien, dan lebih mudah. Ada beberapa keuntungan dengan menggunakan kode referral bagi perusahaan, yaitu: 

    Memiliki target yang jelas

    Referral marketing akan memberikan perusahaan target yang jelas untuk sales produknya. Misalnya, ketika perusahaan memilih seorang influencer target market atau audiens yang sama seperti yang diharapkan oleh perusahaan tersebut.

    Besar harapannya, pesan-pesan yang akan disampaikan oleh perusahaan kepada target audiens atau market akan lebih mudah diterima melalui influencer yang dipilih tersebut, karena antara audiens dan influencer memiliki tipe yang sama. 

    Meningkatkan kepercayaan konsumen

    Konsumen akan lebih percaya pada suatu produk jika produk tersebut telah direkomendasikan oleh orang yang mereka kenal, sehingga referral marketing mempunyai dampak pada kepercayaan konsumen. 

    Memperoleh konversi yang tinggi

    Dengan menggunakan strategi kode referral, perusahaan bisa memperoleh konversi yang tinggi pada website, media sosial maupun e-commerce bisnisnya. Setiap orang dapat memberikan rekomendasi produk dan jasa yang ia senangi kepada pengikutnya, sehingga dampak yang diharapkan oleh perusahaan yaitu terjadi peningkatan sales.

    Calon konsumen biasanya lebih percaya dengan produk yang direkomendasikan oleh orang lain, seperti teman dan keluarga. Dengan adanya rekomendasi ini, membuat konsumen lebih “trust” terhadap produk yang ditawarkan perusahaan. 

    Menghasilkan Konten Promosi yang Lebih Beragam

    Program kode referral menghasilkan lebih banyak konten promosi untuk perusahaan, lho! Mereka yang ingin mendapatkan keuntungan dari kode referral ini akan “dipaksa” membuat konten promosi yang menarik.

    Beberapa pelanggan akan mempromosikan kode referral mereka dengan konten-konten yang menarik melalui beberapa platform, misalnya YouTube, Instagram, Twitter, blog, dan lain sebagainya untuk mendapatkan imbalan dari program referral ini.

    Dengan banyaknya konten promosi yang dibuat, perusahaan akan menghemat anggaran promosi, bukan?

    Baca juga: Apa Iya Micro Influencer adalah Andalan Pemasaran Digital?! 

    Keuntungan Kode Referral Bagi Konsumen

    Selain memiliki keuntungan bagi perusahaan, tentunya penggunaan kode referral ini juga mempunyai keuntungan bagi konsumen, lho! Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

    Mendapatkan komisi pembelian

    Referral ini dapat dilakukan untuk pembelian melalui website Paid per Click (PPC). Cara ini dapat memberikan komisi pada member yang mengikuti website PPC tersebut yang disesuaikan pada jenis keanggotaan yang dimiliki oleh member tersebut. Nilai komisi yang diterima pun beragam, mulai dari 1% hingga 10% tergantung pada situs PPC tersebut. 

    Mendapat komisi upgrade

    Ketika referral di upgrade, konsumen akan memperoleh komisi hanya melalui upgrade referral tersebut. Jumlah komisi yang didapatkan pun tergantung dari jenis keanggotaan yang dimiliki oleh konsumen. 

    Mendapatkan komisi click melalui referral

    Komisi click melalui referral lebih disukai oleh member website PPC, karena jumlah komisinya akan berbeda dengan komisi lainnya. Komisi click ini akan didapatkan setiap kali ada orang yang mengklik iklan pada referral tersebut.

    Selain itu, komisi ini juga berjalan setiap hari. Walaupun terlihat menggiurkan, setiap PPC akan mempunyai peraturan yang berbeda, tapi sama-sama mengharuskan referral member untuk mendapatkan klik sebanyak empat kali dalam satu hari agar mereka dapat menerima komisi per click tersebut. Jika jumlah click kurang dari batas minimal, referral member tidak dapat menerima komisi click.

    Baca juga: Mau Pasang Iklan Elektronik? Ketahui Dulu Jenisnya di Sini! 

    Cara Membuat Kode Referral

    Kamu perlu memahami bahwa tidak semua orang bisa membuat dan membagikan kode referral ini, sebab pengguna diharuskan untuk meng-upgrade levelnya ke premium untuk bisa membuat dan menyebarkan kode unik ini, ya.

    Jika sudah mendapatkan kode referral, kamu bisa membagikannya ke orang lain yang juga berminat terhadap produk atau aplikasi tersebut. Jika orang yang mendapat kode tersebut benar-benar menggunakannya, kamu bisa memperoleh keuntungan sedikit demi sedikit.

    Kamu bisa menggunakan software referral untuk bisa membuat dan memantau keberhasilan strategi marketing dengan menggunakan kode referral ini. Software yang dimaksud, yaitu Viral Loops, ReferralCandy, dan Referral Factory.

    Meski demikian, kode referral tidak bisa dibuat dan dikustomisasi secara mandiri, lho! Pasalnya, kode unik ini sudah dibuat secara otomatis oleh sistem atau software. Jadi, tugas kamu adalah tinggal membagikan kode tersebut sebelum akhirnya memanen cuan dari sana. 

    Penutup

    Kode referral adalah salah satu strategi marketing yang tepat untuk meningkatkan transaksi penjualan produk pada suatu bisnis. Supaya program pemberian kode ini bisa menarik banyak perhatian audiens, kamu harus memperhatikan berbagai faktor penentu keberhasilannya, ya.

    Beberapa faktor penentu keberhasilan strategi marketing ini yaitu dengan terus mengadakan program kode referral secara konsisten, hingga penyederhanaan syarat dan ketentuan dari kode itu sendiri.

    Setiap bisnis tentunya menggunakan strategi marketing yang akan menguntungkannya dan juga user-nya. Berikut ini contoh kode referral pada majoomember get member, yaitu:

    • Temukan kode referral unikmu di dashboard.majoo.id
    • Salin kode referral usaha kamu
    • Bagikan kode referral ke teman-teman wirausaha kamu
    • Minta teman kamu untuk mengisi kode referral ketika mereka registrasi akun usaha bisnis mereka
    • Kamu dan teman kamu akan mendapatkan ekstra berlangganan masing-masing 1 bulan
    • Semakin banyak kamu membagikan kode referral, makin untung dan maju usaha kamu.

    Dengan menggunakan kode referral majoo, kamu bisa member get member. Ambil kode referral di dashboard-mu, berikan dan ajak teman untuk pakai kodemu. Nantinya, kamu akan sama-sama mendapatkan langganan majoo selama satu bulan penuh.

    Selain aplikasi majoo untuk membantu segala operasional bisnismu dengan menggunakan banyak fitur menarik di dalamnya, tentunya dengan mengajak teman untuk menggunakan kode referral darimu akan membuat kalian sama-sama mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, lho! Bisnis lancar, cuan pun mengalir!

    Tunggu apa lagi? Yuk, gunakan majoo, segera!

    Baca juga: Cara Kerja Affiliate Marketing, Strategi, dan Jenisnya

    Referensi:

    • https://www.hashmicro.com/id/blog/kode-referral-pemasaran-produk/
    • https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-kode-referral/#Apa_Itu_Kode_Referral

    Sumber Gambar:

    • Freepik

     

    Pertanyaan Terkait

    • Kode referral dibuat secara otomatis oleh sistem sehingga tidak bisa dibuat sendiri.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Marketing Mix 7P: Pentingnya Implementasi Dalam Bisnis
    Strategi marketing mix perlu diimplementasikan oleh perusahaan untuk memenuhi target penjualan produk guna mendapatkan profit yang optimal.
    Bank Garansi adalah: Contoh, Tujuan, Fungsi
    Berbeda dari banyak bank lain yang kita kenal, bank garansi adalah bentuk jaminan dari bank yang bisa dimanfaatkan untuk kembangkan bisnis. Apa maksudnya?
    5 Contoh Surat Pengalaman Kerja
    Bermaksud pindah kerja? Siapkan satu jenis surat penting sebagai penunjangnya. Surat pengalaman kerja biasanya tidak perlu dilampirkan bersama CV.
    Laporan Keuangan Perusahaan Jasa: Kenali Jenis & Contohnya!
    Tak hanya perusahaan dagang, bisnis yang bergerak di sektor jasa pun perlu membuat laporan keuangan perusahaan jasa. Yuk, kenali jenis dan contohnya!