Konsep Prinsip Kerja Dasar guna Meningkatkan Produktivitas

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Prinsip kerja penting untuk dilakukan


Prinsip kerja menjadi penting untuk dilakukan dan dibiasakan, apapun pekerjaan, bakat, minat, dan tujuan hidup. Karena tanpa adanya prinsip kerja yang kuat akan membuat seseorang sulit beradaptasi dengan lingkungan kerjanya. Selain bisa mempengaruhi performa kerja secara keseluruhan itu juga bisa menghambat perkembangan karir di masa depan. Oleh karena itu, perlunya mengetahui prinsip-prinsip dasar dalam bekerja. 


Pentingnya memiliki prinsip kerja


Memiliki prinsip yang kuat dalam bekerja diperlukan sebagai pegangan untuk bertindak dan berperilaku di dunia kerja. Selain itu, prinsip ini juga akan membantu seseorang untuk terus tumbuh dan mencapai tujuan yang diinginkan.


Sebaliknya, jika seseorang tidak memiliki prinsip kerja yang jelas, itu memungkinkan seseorang tidak tahu arah yang ingin dituju dari pekerjaannya. Alhasil, menjadi seseorang yang mudah dipengaruhi dan terbawa arus. Mempengaruhi semangat dan produktivitas dalam bekerja atau berdampak langsung pada kualitas hidup secara keseluruhan.


Konsep prinsip kerja dasar yang perlu dimiliki 


Membangun prinsip kerja yang kuat memang tidak mudah, butuh waktu dan proses dalam menjalaninya. Bahkan, mungkin harus melalui berbagai lika-liku masalah pekerjaan yang tidak mudah sebelum benar-benar menemukan yang sesuai. Meskipun demikian, ketika seseorang berhasil melewati proses tersebut akan merasakan banyak keuntungan. Salah satunya, mencapai apa yang diinginkan dan diharapkan. 


Untuk itu, berikut beberapa konsep prinsip kerja dasar yang perlu dimiliki setiap pekerja dan bisa meningkatkan produktivitas sekaligus bisa coba diterapkan dalam bekerja:

Baca Juga: Serikat Pekerja: Sejarah, Fungsi, dan Peran Dalam Dunia Kerja

  1. Memanfaatkan waktu secara efektif

Manfaatkan waktu secara efektif


Prinsip kerja memanfaatkan waktu secara efektif menjadi keterampilan penting yang perlu diterapkan untuk meningkatkan produktivitas. Ini bisa dilakukan dengan mengatur prioritas pada tugas yang paling penting untuk dikerjakan terlebih dahulu agar tetap fokus dan meningkatkan efisiensi kerja.


Kelola waktu secara baik dengan membuat jadwal yang terorganisir. Manfaatkan teknologi seperti aplikasi kalender, aplikasi manajemen tugas, atau timer untuk menjadwalkan tugas penting sekaligus pastikan memiliki waktu yang cukup untuk istirahat dan waktu luang. Usahakan istirahat secara teratur untuk membantu memulihkan energi dan meningkatkan konsentrasi. Istirahat sejenak juga perlu setiap 25-30 menit selama bekerja agar tetap segar dan fokus.


Hindari menunda-nunda tugas yang sulit atau membosankan. Selesaikan terlebih dahulu sehingga bisa fokus pada tugas yang penting atau menyenangkan. Batasi gangguan yang tidak perlu seperti notifikasi ponsel atau email selama bekerja pada tugas penting. Bahkan jika perlu matikan notifikasi dan fokus pada tugas yang sedang dikerjakan.


  1. Memaksimalkan kemampuan kerja

Memaksimalkan kemampuan kerja


Untuk memaksimalkan kemampuan kerja, ada beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya kenali kemampuan diri mulai dari kelebihan dan kekurangan diri sendiri untuk mengoptimalkan kelebihan dan mengatasi kekurangan dalam bekerja. 


Tetap belajar secara berkelanjutan, apalagi hal baru agar pengetahuan dan kemampuan kerja terus meningkat seperti mengikuti pelatihan, baca buku, atau mengikuti kursus. Memanfaatkan kreativitas untuk mendalami keahlian lainnya. Membuat rencana kerja yang terorganisir dan jelas sehingga bisa fokus pada tugas-tugas yang penting. Jika menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan tugas kerja, jangan ragu untuk meminta bantuan. 


Baca Juga: Memahami Pengertian dan Contoh Remunerasi Untuk Pegawai


  1. Memiliki tujuan hidup

Memiliki tujuan hidup


Prinsip kerja yang paling utama adalah memiliki tujuan hidup yang jelas. Hal itu memacu semangat untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan terarah dalam menjalani karir karena sudah mengetahui apa yang dikerjakan. Tujuan hidup sama seperti peta jalan yang akan membantu seseorang meraih apa yang di impikan.


Jadi, coba tentukan tujuan hidupmu mulai sekarang, apa yang ingin dikejar dalam waktu dekat maupun panjang. Setelah itu, ambil tindakan dan terapkan di kehidupan sehari-hari dan perjuangkan apa yang ingin diwujudkan.


  1. Mengenali kesempatan yang ada

Mengenali kesempatan yang ada


Mengingat banyak dari kesempatan yang tidak datang dua kali dan berharganya kesempatan tersebut, kamu harus terbiasa untuk melihat potensi dari setiap hal. Baik orang yang ditemui, ide atau kemampuan yang dimiliki, sumber daya yang ada, hingga tren yang sedang berkembang. Semua hal itu memiliki potensi yang harus disambut segera untuk meningkatkan produktivitas.


Baca Juga: Mengenal Timesheet Kerja Karyawan: Pengertian dan Fungsinya


  1. Fokus dalam bekerja

Fokus dalam bekerja


Dalam menjalani proses, mungkin kamu akan melewati banyak rintangan atau cobaan. Hal itu wajar sehingga kamu tidak perlu putus asa karenanya. Jangan jadikan rintangan atau cobaan yang ada sebagai penghambat yang berpengaruh pada arah tujuan hidup. Oleh karena itu, fokus menjadi prinsip kerja yang wajib diterapkan dalam bekerja agar segala rencana yang telah disiapkan untuk mewujudkan tujuan bisa berjalan lancar dan sesuai harapan. Perlu diingat, harus tetap teguh pada prinsip kerja dan fokus pada tujuan yang ingin diwujudkan.


  1. Mengeksplorasi diri dan terus belajar

Mengeksplorasi diri dan terus belajar


Prinsip kerja selanjutnya yang perlu diterapkan yaitu mengeksplorasi diri dan terus belajar dengan mencari tahu hal-hal baru serta menambah wawasan. Selain bisa meningkatkan keterampilan dan kemampuan, itu pun bisa menjadikan seseorang menjadi pribadi yang berwawasan luas. Dengan begitu, lebih mudah beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi di lingkungan kerja.


Mempunyai keinginan mencari cara untuk mendorong dirinya keluar dari zona nyaman dan memperluas wawasan. Kesadaran akan prinsip kerja untuk terus konsisten dan bereksplorasi agar mendapatkan banyak pengalaman di banyak bidang yang berbeda.


  1. Membangun dan menjaga relasi secara konsisten

Membangun dan menjaga relasi secara konsisten


Perlunya konsistensi yaitu kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan yang sama terus menerus. Termasuk dalam membangun jejaring atau relasi yang luas dan menjaga hubungan secara konsisten untuk membawa diri pada kesempatan-kesempatan baru. 


Terlepas apapun pekerjaan yang dijalani, membangun relasi akan membuka banyak kesempatan dan memberikan solusi dari masalah-masalah yang sedang dihadapi. Lebih jauh lagi, membangun relasi juga bagus untuk perkembangan karir di masa depan apalagi dengan orang-orang yang memiliki visi yang sama seperti rekan kerja, atasan, atau client.


Dengan menggunakan koneksi yang strategis, membangun jejaring bisa dilakukan secara cepat. Salah satunya penggunaan saluran media seperti e-mail yang dipersonalisasi dengan riset yang mendalam dan akurat. 


Seseorang yang tidak mudah menyerah dalam menerapkan prinsip kerja berjejaring akan terus mencoba menghubungi berbagai cara meskipun tahu akan mendapatkan penolakan dan terbayar ketika mencapai tujuan sesuai apa yang diharapkan.


  1. Berani untuk berkata tidak

Berani untuk berkata tidak


Selalu berkata iya di semua kesempatan tidak selalu menandakan sebagai orang yang giat dan loyal. Sebagai manusia biasa, tentu memiliki keterbatasan untuk melakukannya atau tidak. Itulah sebabnya, memiliki prinsip kerja berani untuk mengatakan tidak juga perlu. 


Apalagi jika seseorang tidak yakin untuk menjalaninya. Tidak perlu khawatir, karena hal tersebut bisa saja akan memperburuk citra atau menutup kesempatan karir seseorang. Selama mengetahui kapasitas dalam bekerja, berani berkata tidak justru akan menunjukkan kualitas diri yang sebenarnya karena memiliki prinsip dan standar untuk itu.


Delapan prinsip kerja yang bisa dipraktekkan dan dikembangkan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Prinsip kerja tersebut berlaku untuk apapun bidang yang dijalani dan perlu dimiliki oleh para pekerja. 


Khususnya bagi produktivitas karyawan yang berperan penting dalam menunjang keberlangsungan bisnis. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk membangun prinsip kerja yang efektif guna meningkatkan produktivitas.


Sebagai langkah perubahan pada bisnis dalam proses meningkatkan produktivitas karyawan, bisa dimulai dengan menggunakan aplikasi karyawan dari majoo. Perlu diketahui, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur manajemen karyawan yang mempermudah pengelolaan bisnis. Selain itu, adanya fungsi manajemen data karyawan dan pengaturan hak akses karyawan sesuai tugas serta fungsinya masing masing.


Ayo, tunggu apa lagi pakai layanan majoo sekarang juga!


Source:

  • https://glints.com/id/lowongan/prinsip-kerja/#.ZCwpbHZBy71

  • https://www.kuncie.com/posts/prinsip-dalam-bekerja

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo