KTA Online: Definisi, Syarat, Cara Pengajuannya

article thumbnail

Apa yang dimaksud KTA online?

Di era digital yang semakin maju, segala sesuatu menjadi lebih mudah dijangkau dengan bantuan teknologi. Salah satu contohnya adalah pinjaman tanpa agunan atau yang lebih dikenal sebagai KTA online. 

Dalam beberapa tahun terakhir, KTA online telah menjadi solusi finansial yang populer bagi banyak orang yang membutuhkan dana tambahan tanpa harus menyediakan jaminan fisik seperti rumah atau kendaraan.

KTA (Kredit Tanpa Agunan) online menawarkan kemudahan akses yang tak terbatas bagi siapa saja yang memenuhi syarat. Prosedur pengajuan yang cepat dan sederhana membuatnya semakin menarik bagi mereka yang membutuhkan dana dalam waktu singkat. 

Apa Itu KTA Online?

Kredit Tanpa Agunan atau KTA, juga dikenal sebagai kredit tanpa jaminan atau unsecured loan, adalah jenis pinjaman yang diberikan kepada orang perorangan atau bisnis tanpa memerlukan jaminan atau agunan. 

Artinya, pemberi pinjaman memberikan dana kepada peminjam berdasarkan penilaian kredit, pendapatan, dan kemampuan pembayaran mereka, tanpa mengharuskan peminjam memberikan aset sebagai jaminan.

Dalam KTA, keputusan untuk memberikan pinjaman didasarkan pada kelayakan kredit peminjam, riwayat kredit, penghasilan, dan faktor-faktor lain yang relevan. Pemberi pinjaman akan mengevaluasi risiko yang terkait dengan pinjaman tersebut berdasarkan informasi yang diberikan oleh peminjam.

KTA umumnya memiliki suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kredit yang memerlukan agunan, karena pemberi pinjaman menghadapi risiko yang lebih tinggi. Jika peminjam gagal memenuhi kewajiban pembayaran, pemberi pinjaman tidak memiliki agunan yang dapat mereka klaim untuk mengembalikan dana yang dipinjam.

Jenis pinjaman ini sering digunakan untuk keperluan pribadi, seperti biaya pendidikan, perjalanan, renovasi rumah, atau konsolidasi utang. Mereka juga dapat digunakan oleh bisnis kecil untuk mendanai operasional, pembelian inventaris, atau ekspansi usaha.

Seiring berjalannya waktu, KTA yang tadinya hanya bisa diproses secara manual dan konvensional, berkembang mengikuti pertumbuhan teknologi. Muncullah istilah KTA online

KTA online adalah layanan pinjaman yang dapat diakses dan dikelola secara online melalui platform digital. Dalam KTA online, kamu dan orang lain yang membutuhkan dapat mengajukan pinjaman tanpa agunan melalui aplikasi atau situs web yang disediakan oleh lembaga keuangan atau fintech.

Proses pengajuan KTA online umumnya meliputi pengisian formulir aplikasi secara elektronik dan mengunggah dokumen yang diperlukan, seperti identitas, dokumen pendukung penghasilan, dan informasi keuangan. Setelah pengajuan diajukan, lembaga keuangan atau fintech akan meninjau data yang diberikan dan melakukan penilaian kredit.

Salah satu keunggulan pinjaman KTA online adalah kemudahan dan kenyamanan dalam proses pengajuan pinjaman. Peminjam tidak perlu mengunjungi cabang bank atau lembaga keuangan, karena semuanya dapat diselesaikan secara online. 

Ini tentunya akan mempercepat proses persetujuan pinjaman. Selain itu juga memberikan akses yang lebih mudah bagi kamu atau orang-orang yang membutuhkan dana darurat atau pinjaman jangka pendek.

Pihak peminjam perlu mempertimbangkan suku bunga dan biaya administrasi yang terkait dengan KTA online. Seperti tadi sudah dijelaskan, terkadang, pinjaman online dapat memiliki suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan pinjaman yang diajukan secara konvensional. 

Oleh karena itu, perlu untuk membandingkan berbagai pilihan dan membaca dengan seksama persyaratan dan ketentuan yang terkait dengan KTA online sebelum membuat keputusan pinjaman.

Dengan segala kelebihan yang ditawarkannya, KTA online menjadi solusi keuangan yang menarik bagi banyak orang. Kecepatan, kemudahan akses, dan fleksibilitas yang ditawarkan menjadikan KTA online sebagai pilihan yang layak untuk memenuhi kebutuhan finansial dalam era digital ini.

Baca Juga: Perlu Pinjaman Tanpa Agunan? Ketahui Dahulu Seluk-Beluknya!

majoo Capital

Syarat Pengajuan KTA Online

Satu hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan dengan baik sebelum mengajukan pinjaman KTA online adalah syarat-syaratnya. Pada dasarnya, berbagai syarat pengajuan KTA online dapat bervariasi tergantung pada lembaga keuangan atau fintech yang menyediakan layanan tersebut. 

Secara umum, inilah beberapa syarat yang sering diperlukan untuk pengajuan KTA online.

  • Identitas yang valid. Peminjam perlu menyediakan identitas pribadi yang valid, seperti kartu identitas, paspor, atau SIM.

  • Usia yang memenuhi syarat. Peminjam harus berusia antara 21 hingga 55 tahun saat pengajuan. Namun, persyaratan usia bisa berbeda tergantung pada lembaga keuangan yang diberlakukan.

  • Bukti penghasilan. Peminjam harus memberikan bukti pendapatan, seperti slip gaji terbaru, laporan keuangan, atau bukti pembayaran lainnya. Ini membantu lembaga keuangan menilai kemampuan peminjam untuk melunasi pinjaman.

  • Riwayat kredit yang baik. Beberapa lembaga keuangan atau fintech mungkin memeriksa riwayat kredit peminjam. Peminjam dengan riwayat kredit yang baik memiliki peluang lebih tinggi untuk disetujui.

  • Rekening bank. Peminjam perlu memiliki rekening bank aktif untuk melakukan transaksi dan menerima pencairan pinjaman.

  • Dokumen tambahan. Beberapa lembaga keuangan dapat meminta dokumen tambahan, seperti bukti alamat, informasi pekerjaan, atau dokumen pendukung lainnya.

Selain syarat di atas, biasanya setiap lembaga keuangan atau fintech dapat memiliki persyaratan tambahan atau berbeda. Semuanya tergantung pada kebijakan masing-masing. Jika kamu berminat untuk mengajukan pinjaman KTA online, sebaiknya membaca dan memahami persyaratan yang diberikan sebelum mengajukan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kamu memang sudah memenuhi semua syarat yang ditetapkan.

Bagaimana cara pengajuan KTA online?

Cara Pengajuan KTA Online 

Meskipun dianggap sebagai proses yang mudah dan praktis, tetap saja ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan dalam proses pengajuan KTA online. Langkah-langkah tersebut, antara lain yaitu: 

Observasi 

Lakukan observasi atau penelitian tentang lembaga keuangan atau fintech yang menyediakan layanan KTA online lebih dulu. Bandingkan suku bunga, persyaratan, dan fitur lainnya untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu..

Baca Juga: Agunan Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contoh Agunan

Akses Situs Web atau Unduh Aplikasi KTA Online

Kunjungi situs web resmi lembaga keuangan atau unduh aplikasi yang tersedia untuk mengajukan KTA online. Pastikan kamu mengunduh atau mengakses dari sumber yang terpercaya. Pastikan juga semuanya sudah dijamin oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar lebih terpercaya.

Lakukan Registrasi

Lakukan proses registrasi dengan membuat akun pengguna baru. Biasanya, kamu  akan diminta untuk menyediakan alamat email, nomor telepon, dan membuat kata sandi.

Isi Formulir Aplikasi

Setelah memiliki akun, kamu perlu melengkapi formulir aplikasi yang diberikan. Isi informasi pribadi yang diminta, seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat, pekerjaan, dan pendapatan. Pastikan sudah kamu isi dengan keterangan yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Unggah Dokumen yang Diperlukan 

Persiapkan dokumen yang diminta, seperti kartu identitas, bukti penghasilan, dan dokumen pendukung lainnya. Unggah dokumen-dokumen ini sesuai instruksi yang diberikan. Pastikan gambarnya jelas dan dapat terbaca dengan mudah untuk menghindari kesalahan input data.

Verifikasi

Biasanya, lembaga keuangan atau fintech akan melakukan verifikasi terhadap informasi yang kamu berikan. Mereka mungkin memerlukan waktu untuk memproses dan menilai aplikasi kamu.

Peninjauan dan Persetujuan

Setelah verifikasi selesai, aplikasi kamu akan ditinjau oleh lembaga keuangan. Jika aplikasi disetujui, kamu akan menerima pemberitahuan atau notifikasi mengenai persetujuan dan rincian pinjaman yang diberikan.

Tanda Tangan Perjanjian

Setelah persetujuan, kamu akan diminta untuk menandatangani perjanjian pinjaman yang menyebutkan syarat-syarat, suku bunga, dan jangka waktu pinjaman. Baca dengan cermat dan pastikan kamu sudah memahami semua ketentuan.

Pencairan Dana

Setelah perjanjian ditandatangani, dana pinjaman akan dicairkan ke rekening bank yang sudah kamu berikan. Waktu pencairan dapat bervariasi tergantung pada lembaga keuangan.

Pastikan kamu sudah membaca dan memahami seluruh prosedur dan syarat yang diberikan oleh lembaga keuangan atau fintech sebelum mengajukan pinjaman KTA online. Jika ada yang kurang jelas atau kurang kamu pahami, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan mereka untuk mendapatkan bantuan dan klarifikasi.

Hal-Hal yang Perlu DIperhatikan agar Pengajuan KTA Online Disetujui 

Tidak semua pengajuan KTA online akan disetujui oleh pihak pemberi pinjaman. Alasannya tentu saja akan ada banyak sekali. Untuk menghindari hal tersebut, inilah  beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengajuan KTA online kamu dapat segera disetujui. 

Cek Persyaratan

Sebelum mengajukan KTA online, pastikan kamu memeriksa dan memahami persyaratan yang ditetapkan oleh penyedia KTA. Periksa syarat usia, penghasilan minimum, lama bekerja, dan persyaratan dokumentasi lainnya. 

Memiliki Riwayat Kredit yang Baik

Riwayat kredit yang baik dapat meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan persetujuan KTA online. Pastikan kamu memiliki catatan pembayaran yang baik pada pinjaman sebelumnya dan melakukan pembayaran tagihan tepat waktu. Jika riwayat kredit kamu kurang baik, sebaiknya perbaiki terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman KTA online.

Perhatikan Debt-to-Income Ratio (DTI)

Debt-to-Income Ratio (DTI) adalah perbandingan antara total kewajiban finansial kamu dengan pendapatan bulanan. Pastikan DTI kamu berada dalam batas wajar yang ditetapkan oleh penyedia KTA online. Semakin rendah angka DTI, semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan persetujuan KTA.

Evaluasi Kemampuan Pembayaran

Lakukan evaluasi kemampuan pembayaran kamu sebelum mengajukan KTA online. Pastikan kamu akan mampu memenuhi kewajiban pembayaran pinjaman secara tepat waktu. 

Hindari Mengajukan Terlalu Banyak Pinjaman

Mengajukan terlalu banyak pinjaman secara bersamaan dapat memengaruhi peluang kamu untuk mendapatkan persetujuan KTA online. Setiap kali kamu mengajukan pinjaman, itu meninggalkan jejak pada riwayat kredit kamu. Pertimbangkan dengan bijak sebelum mengajukan pinjaman lain jika kamu sedang dalam proses pengajuan KTA online.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai KTA online. Jika kamu ingin mengajukan pinjaman online dengan tujuan pengembangan bisnis, pastikan lembaga keuangan tersebut terpercaya. Jangan tergoda oleh lembaga keuangan yang tidak dapat membuktikan keabsahan bisnisnya. 

Jangan sampai rencana pengembangan bisnismu gagal hanya karena salah pilih lembaga keuangan atau fintech. Pastikan pula bahwa dana yang kamu terima akan benar-benar digunakan untuk pengembangan bisnis, sehingga kamu dapat membayar pinjaman tersebut dengan lancar di kemudian hari.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan aplikasi majoo untuk mengelola operasional bisnis, sehingga pengembangan bisnis yang kamu lakukan dapat tetap terarah sesuai dengan anggaran modal yang telah ditetapkan. 

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo