Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Kunci Keberhasilan dalam Bisnis Adalah: Temukan di Sini!

    Kunci Keberhasilan dalam Bisnis Adalah: Temukan di Sini!

    Sebelum mencari tahu kunci keberhasilan dalam bisnis, jangan lupa pahami lebih dulu tantangan dalam bisnis.

    Menjalankan bisnis sendiri merupakan sesuatu yang diimpikan banyak orang. Bisnis bisa menjadi cara untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik. Namun, tentu membangun bisnis tidak semudah membalikan telapak tangan. Akan selalu ada tantangan ketika menjalankannya. Itulah mengapa tidak semua orang bisa menjalankan bisnis karena tidak bisa menghadapi berbagai tantangan yang datang. Lantas, apa saja tantangan dalam bisnis dan bagaimana cara menghadapinya? 

    Berbagai cara dan strategi terbaik selalu dilakukan dengan maksimal demi kesuksesan bisnis mereka. Meraih kesuksesan merupakan impian dari setiap pelaku usaha. Kalangan pengusaha seringkali menganggap bahwa kunci keberhasilan dalam bisnis adalah perencanaannya, strategi pemasaran serta penentuan target yang harus dicapai. 

    Akan tetapi, siapa sangka bahwa ternyata kunci keberhasilan dalam bisnis adalah hal-hal yang seringkali dilupakan oleh pelaku usaha. Misalnya, memiliki komitmen kuat untuk terus mengembangkan bisnis dan mau menciptakan inovasi baru. Nah, jika kamu memiliki bisnis, maka informasi berikut akan membantu usaha kamu lebih maju dan berkembang. Check it out!

    Tantangan dalam Bisnis

    Tiap pelaku bisnis pasti menghadapi tantangan yang berbeda pula. Namun, umumnya, berikut ini beberapa tantangan dalam bisnis yang cukup sering ditemui:

    1. Kurangnya pengetahuan dalam berbisnis

    Tantangan dalam bisnis yang ketiga adalah kurangnya pengetahuan dan strategi bisnis yang tepat. Tidak semua orang mampu mempersiapkan bisnis dengan matang. Salah satunya dengan memiliki pengetahuan dalam berbisnis. Ini tentu sangat penting karena membangun bisnis tidak bisa asal-asalan jika tidak ingin mengalami kerugian.

    2. Keterbatasan modal 

    Selanjutnya, keterbatasan modal bisa menjadi tantangan bisnis yang cukup berat. Banyak orang menganggap bisnis memerlukan modal yang besar. Ketika modal yang dimiliki sangat terbatas, bisnis yang dijalankan terasa cukup berat karena perlu ada strategi yang tepat agar bisnis bisa terus berjalan meskipun modal sangat terbatas. Kemampuan mengatur cash flow biasanya sangat dibutuhkan dalam hal ini.

    3. Makin banyaknya kompetitor

    Tantangan bisnis yang sudah pasti ada tentu saja kompetitor, apalagi perkembangan dan kemajuan teknologi bisa membuat kompetitor makin banyak. Kuncinya adalah menciptakan strategi yang mampu menjawab kebutuhan target konsumen, sehingga produk dan layananmu pun selalu relevan dan dibutuhkan.

    4. Tidak tahu target dan tujuan

    Selanjutnya, ketidaktahuan pada target dan tujuan menjalankan bisnis menjadi tantangan yang cukup berat dalam berbisnis. Pasalnya, ketidaktahuan ini bisa membuatmu tidak dapat menentukan strategi bisnis yang paling tepat dan matang. Apalagi bagi seorang pemula, tidak adanya tujuan hanya akan membuat bisnis berjalan tanpa arah yang pasti. 

    5. Penyesuaian perkembangan zaman

    Terakhir, perkembangan zaman ternyata bisa juga menjadi tantangan bagi para pebisnis, terutama pebisnis konvensional yang membangun bisnis tidak dengan teknologi digital. Mereka perlu melakukan penyesuaian dengan perkembangan zaman jika tidak ingin bisnisnya mati tergerus kompetitor yang sudah memanfaatkan teknologi digital. Meskipun pada beberapa kasus, banyak juga bisnis lama yang tetap maju walau tidak memanfaatkan teknologi digital, tetapi biasanya mereka adalah para pebisnis yang sudah memiliki konsumen loyal sejak lama.

    Baca juga: Divestasi adalah Kebalikan Investasi, Pahami di Sini!

    Terdapat enam kunci keberhasilan bisnis yang perlu diketahui.

    Kunci Keberhasilan Bisnis

    Faktor utama yang mendukung keberhasilan bisnis adalah komponen wajib untuk diketahui oleh pemilik usaha, yaitu sebagai berikut:

    1. Paham tentang bisnis yang didirikan

    Saat kamu yakin untuk membangun bisnis berarti harus siap atas resiko kegagalan yang mungkin dihadapi. Maka dari itu, untuk meminimalisir kegagalan bisnis, kamu harus mengetahui seluk beluk bisnismu. Faktanya, faktor utama yang mendukung keberhasilan bisnis adalah pemahaman mendetail tentang usaha tersebut. Maksudnya, kamu harus memiliki pengetahuan menghitung kas, alokasi modal, strategi pemasaran serta dunia teknologi terkait dengan industri yang dipilih.

    2. Perencanaan bisnis yang matang 

    Selanjutnya, faktor utama yang mendukung keberhasilan bisnis adalah perencanaan usaha. Sebagai pelaku usaha, kamu harus tahu arah perusahaan saat membuat rencana pemasaran. Dengan memiliki perencanaan bisnis yang matang, kamu dapat menghindari resiko kegagalan karena sudah memiliki persiapan menyeluruh. Selain itu, permasalahan yang mungkin terjadi di masa mendatang bisa terselesaikan dengan baik tanpa harus mengganggu jalannya usaha.

    3. Fokus mencapai target yang ditetapkan

    Telah disebutkan di atas bahwa merencanakan bisnis menjadi salah satu aspek terpenting. Namun, perlu diketahui bahwa ada satu hal pokok lain yaitu fokus mencapai target yang ditetapkan. Poin terakhir ini berkaitan dengan tujuan bisnis atau bisa juga disebut sebagai target usaha. Setiap produk atau jasa yang ditawarkan harus memiliki target penjualan sehingga dapat mendatangkan keuntungan yang besar.

    Baca juga: Best Practice Cara Mencari Investor yang Tepat untuk Usahamu

    4. Niat 

    Kunci keberhasilan bisnis adalah aksi-aksi yang mendorong pelaku usaha untuk berani mengembangkan usahanya walaupun banyak tantangan. Niat kuat dari pemilik usaha akan terlihat pada kualitas produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, niat juga akan terlihat pada keinginan pemilik usaha untuk senantiasa belajar dari pengalaman pribadi maupun rekannya. Dengan belajar secara aktif dari mitra bisnis, pemilik usaha akan memiliki pengetahuan luas untuk mengantisipasi hambatan yang akan dialami.

    5. Tekad yang kuat

    Memiliki pengetahuan,perencanaan serta niat yang mumpuni tidaklah cukup untuk membangun suatu bisnis. Perlu dipahami bahwa selain niat, kunci keberhasilan dalam bisnis adalah tekad yang kuat. Motivasi untuk selalu bergerak maju dan mencapai tujuan bisnis didasarkan pada adanya tekad yang kuat. Jadi, sebagai pemilik usaha, jangan cepat menyerah jika mengalami hambatan bahkan kegagalan karena kesuksesan bisnis juga perlu waktu dan proses.

    6. Komitmen

    Komitmen yang dimaksud sebagai kunci keberhasilan dalam bisnis adalah kemauan pemilik usaha untuk terus beradaptasi pada tren pasar serta menciptakan inovasi. Roda bisnis terus bergerak dengan waktu, maka dari itu kemampuan adaptasi perlu dimiliki untuk selalu memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Sedangkan aspek inovasi berkaitan dengan perubahan segmen pasar serta minat konsumen. Untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis, kamu perlu menciptakan inovasi pada produk atau jasa yang kamu tawarkan secara rutin. Inovasi dilakukan agar minat konsumen tidak hilang.

    Baca juga: Franchise Barbershop: Intip Rekomendasi dan Cara Bukanya

    Penutup

    Rangkuman informasi di atas telah mencakup kunci keberhasilan dalam bisnis yang wajib diketahui oleh pelaku usaha. Poin-poin tersebut bisa kamu aplikasikan di bisnismu agar produk atau jasa yang ditawarkan lebih diminati masyarakat luas. Sebagai pemula jangan ragu untuk memulai usaha, terus belajar dan berani mengambil peluang namun juga tetap harus tertib dalam menerapkan kunci-kunci sukses bisnis yang telah diketahui. Jangan lupa juga untuk selalu mencatat arus kas keuangan dalam bisnis. Mengingat keuangan menjadi faktor penting kemajuan sebuah usaha kedepannya.

    Setelah memahami apa saja kunci keberhasilan dalam bisnis, dapatkan juga informasi lain seputar bisnis di sini. Pilih aplikasi yang dapat mendukung kelancaran bisnismu, seperti majoo. Dengan berlangganan majoo, kamu bisa memanfaatkan fitur yang ditawarkan untuk mendukung kemajuan bisnismu. Tidak perlu khawatir, majoo selalu setia menemani langkahmu dalam bekerja dan membangun bisnis, terutama untuk urusan partner pembayaran. Tunggu apa lagi? Saatnya berlangganan sekarang!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kwitansi adalah: Pengertian, Contoh, Format
    Kwitansi adalah bukti pembayaran yang sah dari sebuah transaksi. Dalam bisnis, ternyata ada berbagai jenis dan contoh kwitansi yang biasa digunakan.
    Kliring adalah: Pengertian, Mekanisme, Jenis, Contoh
    Kliring adalah metode pemindahan uang dari satu rekening ke rekening lain kepada yang berhak dan menunggu 2-3 hari kerja setelah proses kliring diajukan. 
    Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis
    Dalam dunia bisnis, kehadiran cloud computing adalah sebuah gerakan peralihan ke sistem kerja yang lebih praktis, efisien, dan terkomputerisasi.
    Apa Iya Micro Influencer adalah Andalan Pemasaran Digital?!
    Bagi yang belum tahu, micro influencer adalah salah satu andalan untuk menjamin berhasilnya kegiatan pemasaran digital. Kok, bisa?! Simak, yuk!