Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Apa Sih Fungsi Linktree pada Bisnis Online?

    Apa Sih Fungsi Linktree pada Bisnis Online?

    Linktree adalah layanan untuk membagikan link.

    Kamu mungkin sering melihat URL Linktree yang disematkan di bio Instagram atau akun online shop? Kalau kamu klik Linktree tersebut, biasanya kamu akan langsung diarahkan ke website atau halaman pembelian lainnya. Penasaran apa sih sebenarnya Linktree itu? 

    Akhir-akhir ini, sejak maraknya penjualan melalui online shop, Linktree adalah salah satu layanan yang menjadi cukup populer. Bagaimana tidak, layanan ini memiliki jumlah pengguna yang terbilang cukup banyak.

    Cara membuat Linktree pun terbilang sangat mudah dan praktis, sehingga wajar bila semakin lama jumlah penggunanya juga semakin meningkat. Bukan hanya itu, layanan yang satu ini bahkan menyediakan akses gratis bagi para penggunanya, yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang untuk menggunakannya.

    Kemudahan yang diberikan Linktree membuat layanan ini menjadi incaran banyak pengguna media sosial, terutama mereka yang menjalankan bisnis secara online

    Baca juga: Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya

    Pengertian Linktree

    Pengertian Linktree adalah layanan yang akan membuat aktivitas berbagi link pada satu halaman website/landing page menjadi begitu mudah dan praktis. Dengan kata lain, para pengunjung akan dengan mudah dapat mengakses seluruh konten yang ada dengan menggunakan sebuah link utama saja.

    Cara membuat dan cara memakai Linktree begitu mudah dan praktis. Sederhananya, pengguna Linktree hanya perlu menempatkan link tersebut di bio akun media sosial, seperti Facebook, TikTok, Instagram dan yang lainnya, sehingga orang lebih mudah untuk menemukannya.

    Bukan hanya disematkan di bio profil akun media sosial, Linktree juga bisa dibagikan menjadi postingan maupun story di media sosial lainnya. Jika menggunakan aplikasi seperti WhatsApp atau Line, link ini bisa dicantumkan di akun bio masing-masing pada aplikasi tersebut.

    Linktree dinilai mampu memberikan banyak kemudahan bagi para pebisnis online, khususnya mereka yang menggunakan marketplace sebagai tempat untuk menjalankan bisnis. Informasi mengenai platform bisnis yang ada di Linktree akan tersampaikan dengan baik kepada para calon pelanggan, sehingga mereka bisa memilih platform yang paling tepat dan mudah untuk diakses.

    Informasi tersebut juga akan sangat memudahkan konsumen dan tentunya akan membuat peluang terjadinya transaksi menjadi lebih besar. Jika sudah begini, bisnis online akan berjalan dengan lebih lancar dan menguntungkan.

    Bukan hanya pebisnis kecil dan pemula saja, layanan Linktree bahkan sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar. Linktree menjadi sebuah tren di kalangan pelaku bisnis dan juga para konsumen yang pada umumnya menginginkan hal-hal yang praktis. 

    Baca juga: Landing Page: Pengertian, Manfaat, dan Contoh dalam Bisnis

    Fungsi Linktree

    Ada banyak fungsi Linktree dalam bisnis online, di antaranya adalah:

    • Untuk mempermudah para calon konsumen maupun konsumen dalam menemukan informasi tentang saluran bisnis melalui satu landing page saja.
    • Untuk mempermudah calon konsumen maupun konsumen untuk mengakses saluran bisnis dengan cara mengklik link yang sudah tersedia.
    • Untuk membantu meningkatkan jumlah kunjungan ke semua saluran bisnis online dengan cepat, baik itu media sosial, toko online, maupun marketplace yang digunakan untuk menjalankan bisnis.
    • Sebagai media untuk mempelajari potensi konsumen bisnis melalui jumlah pengunjung yang mengklik Linktree tersebut.
    • Untuk melakukan analisis efektivitas pemasaran bisnis online yang sudah diterapkan di dalam bisnis itu sendiri.
    • Sebagai bentuk promosi lintas platform

    Secara umum, bisa disimpulkan bahwa fungsi Linktree berguna untuk mempermudah pelaku usaha online mengorganisir berbagai tautan dalam satu wadah.

    Dalam satu halaman, kamu bisa menayangkan tautan ke sosial media lainnya, tautan website, tautan marketplace, serta akses ke contact person. Ini juga menguntungkan jika dilihat dari sisi audiens. Linktree adalah media yang memungkinkan audiens dalam memilih platform yang disukainya untuk menjangkau tokomu.

    Cara Membuat Linktree dengan Mudah 

    Untuk bisa memaksimalkan semua fungsi Linktree tersebut, setiap pengguna wajib memahami cara membuat Linktree terlebih dahulu. Tenang, kamu tidak perlu khawatir. Meskipun punya banyak manfaat, LInktree mudah dan praktis untuk dibuat, kok. Proses pembuatan akun ini bahkan tidak membutuhkan waktu yang lama, bisa selesai hanya dalam beberapa menit saja. Keren, kan? 

    Perlu kamu ketahui juga bahwa cara membuat Linktree bisa dilakukan dengan gratis, sebab layanan ini menyediakan 2 pilihan sekaligus. Jika kamu ingin menikmati berbagai fiturnya yang lebih memadai, kamu bisa memilih untuk menggunakan layanan Linktree berbayar. Namun, jika ternyata kamu hanya menginginkan layanan standar, Linktree memberikan penawaran untuk bisa diakses secara gratis. 

    Ketersediaan 2 layanan yang berbeda seperti ini akan memungkinkan para pebisnis online lebih leluasa untuk memilih. Hal ini tentu penting, terutama untuk bisnis yang dijalankan dalam skala yang cukup besar.

    Cara membuat Linktree ternyata cukup mudah.

    Cara membuat Linktree bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah berikut ini.

    1. Kunjungi Website Resmi Linktree

    Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah mendaftar untuk memiliki akun Linktree. Caranya adalah dengan mengunjungi situs resmi Linktree terlebih dahulu.

    • Buka halaman utama situs.
    • Klik menu “Get Started For Free” untuk membuka akun gratis di sana.

    2. Isi Data Login

    Setelah masuk ke halaman utama, kamu akan diminta untuk mengisi data login agar bisa terus melanjutkan akses ke layanan tersebut. Ada beberapa kolom yang wajib diisi dengan baik, antara lain:

    • “Username”
    • “Email”
    • “Password” 

    Ingat, kamu harus menggunakan data yang valid, ya! Tujuannya agar proses pembukaan akun bisa berjalan dengan lancar. Kalau perlu pakailah nama yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan, agar lebih familiar dan mudah untuk dikenali.

    Bila semua kolom tersebut sudah terisi dengan baik, ceklis di bagian persetujuan “Terms and Conditions”. Selanjutnya, klik tombol “Sign up with email”.

    3. Isi Info Tentang Akun

    Lanjutkan cara membuat Linktree dengan melengkapi semua informasi yang dibutuhkan untuk membuat akun terlebih dahulu, yakni: 

    • Masukkan nama lengkap pada kolom yang disediakan.
    • Pilihlah kategori bisnis yang dijalankan.
    • Ceklis di kolom verifikasi captcha.
    • Lanjutkan dengan meng-klik tombol “Continue” untuk proses selanjutnya.

    4. Pilih Plan Linktree

    Tahap yang satu bisa dibilang benar-benar penting, karena nantinya berkaitan dengan layanan yang bisa dinikmati oleh kamu sebagai pengguna. Jika kamu akan menggunakan layanan Linktree secara gratis, lanjutkan proses ini dengan klik tombol “Sign up for Free $0” Setelah selesai, artinya pendaftaran akun Linktree pun sudah selesai. Cara membuat Linktree ini akan sukses ketika halaman tersebut menampilkan tulisan “Thanks for signing up

    5. Lakukan Verifikasi Email

    Jangan lupa untuk cek email kamu yang digunakan untuk daftar Linktree dan temukan email dari layanan ini di kotak masuk. Lakukan verifikasi dengan meng-klik tombol “Verify Email” agar aktivasi akun segera dapat dilakukan.

    6. Login ke Akun Linktree

    Setelah langkah verifikasi selesai, artinya kamu sudah bisa menikmati layanan Linktree sepenuhnya. Kamu bisa langsung mengakses halaman login layanan Linktree.

    • Ketikkan “username”.
    • Ketikkan “password”.
    • Klik “Sign Up”.

    Jika sudah, pendaftaran akun Linktree sudah sukses dan akun tersebut sudah bisa digunakan dengan baik.

    Cara Memakai Linktree

    Jika sudah punya akunnya, lantas bagaimana cara memakai Linktree? Ini memang pertanyaan yang kerap hadir berikutnya. Tenang, selain cara membuatnya yang cepat dan simpel, cara memakai Linktree pun terbilang mudah.

    1. Login ke Akun Linktree

    Untuk bisa mengakses layanan Linktree, tentunya kamu harus login terlebih dahulu 

    2. Akses Halaman Dashboard

    Setelah berhasil login, kamu akan disuguhi dengan 4 menu utama pada halaman dashboard, yaitu: 

    • Link: Fungsinya adalah untuk menambah link yang baru.
    • Appearance: Berfungsi untuk mengganti tema serta profil Linktree.
    • Setting: Berfungsi untuk pengaturan akun (banner, email, dan yang lainnya).
    • Pro: Fitur yang bisa digunakan ketika pengguna ingin meng-upgrade akun menjadi Plan PRO (berbayar).

    Keempat fitur tersebut bisa digunakan untuk membuat berbagai perubahan yang dibutuhkan di dalam akun Linktree. Setiap kali melakukan perubahan, kamu bisa melihatnya dalam bentuk preview yang disajikan pada bagian kanan dashboard.

    3. Cara Membuat Link Baru

    Cara memakai Linktree dengan lebih maksimal adalah dengan membuat dan memasukkan link yang baru. Kamu bisa melakukan hal tersebut dengan beberapa langkah berikut.

    • Klik menu “Links”.
    • Klik “Add New Link”.
    • Ketikkan judul pada kolom “Title”.
    • Masukkan URL pada kolom “URL”.
    • Aktifkan toggleOn” dan cek preview Linktree yang telah dibuat tersebut.

    4. Cara Membagikan Link

    Untuk membagikan link yang ada di Linktree, kamu bisa melakukan beberapa cara mudah berikut. 

    • Add Linktree to your socials”: Lakukan dengan menambah URL Linktree bisnis ke profil media sosial (Facebook, Instagram, dan yang lainnya).
    • Share my Linktree to all connections”: Langkah ini dilakukan dengan cara membagikan URL Linktree bisnis ke semua koneksi di media sosial.
    • My Linktree QR code”: Cara ini dilakukan dengan membagikan QR code bisnis yang dibuat mengarah ke URL Linktree.
    • Copy Linktree”: Langkah ini dilakukan dengan cara menyalin URL Linktree, lalu membagikan link tersebut secara manual.

    Baca juga: 9 Media Promosi Online Paling Efektif, Kamu Pilih yang Mana?

    Kesimpulan 

    Linktree merupakan layanan praktis yang memungkinkan kegiatan berbagi link menjadi jauh lebih mudah. Pengertian Linktree adalah sebuah layanan yang memudahkan Anda untuk membagikan berbagai link dalam sebuah halaman website khusus (landing page). Layanan yang diberikan oleh Linktree bisa memudahkan para calon konsumen maupun pelanggan untuk bisa mengakses “lokasi bisnis” dengan cepat. 

    Jika kamu sedang menjalankan bisnis online, kamu bisa memanfaatkan Linktree dengan tepat di dalam bisnis, dengan tujuan untuk meningkatkan omset bisnis menjadi lebih maksimal. Meskipun gratis, ada banyak fungsi Linktree yang dapat mendukung kemajuan bisnis online kamu, apapun channelnya. 

    Namun, perlu diingat, Linktree saja tidak cukup untuk meningkatkan pendapatan. Kamu harus menyertainya dengan berbagai promosi yang menarik minat konsumen. Bingung menentukan promosi yang tepat untuk bisnismu? Tenang! Semuanya bisa diatur kalau kamu berlangganan majoo yang disertai dengan fitur CRM (Customer Relationship Management) yang dapat mengatur promosi dan dilengkapi dengan marketing campaign, berupa sms dan email marketing untuk membuat pelanggan datang kembali. Kamu juga akan mendapatkan laporan lengkap analisis pelanggan dari total transaksi, produk kesukaan, tingkat kedatangan, dan lain sebagainya. Masa iya masih ragu berlangganan majoo? 

    Pertanyaan Terkait

    • Jika sudah punya akunnya, cara memulai Linktree terbilang mudah: (1) Login ke Akun Linktree, (2) Akses Halaman Dashboard, (3) Buat Link Baru, (4) Bagikan Link.
    • Harga Linktree Pro adalah Rp45.000,- per bulan, yang memberikan banyak fitur bermanfaat dibandingkan dengan versi gratisnya.
    • Proses verifikasi linktree sangat cepat, kamu tinggal menunggu email verifikasinya masuk ke mailboxmu, dan setelah kamu klik link di sana, kamu akan otomatis terverifikasi.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Mudah dan Praktis, Ketahui Cara Cek Nama PT Berikut Ini
    Penting untuk mengecek nama dan legalitas PT, sebab tidak sedikit PT yang menggunakan izin palsu untuk beroperasi.
    Marketing Mix 7P: Pentingnya Implementasi Dalam Bisnis
    Strategi marketing mix perlu diimplementasikan oleh perusahaan untuk memenuhi target penjualan produk guna mendapatkan profit yang optimal.
    Ketahui Definisi Spanduk, Contoh serta Manfaatnya
    Spanduk adalah salah satu metode promosi yang efektif dan terjangkau untuk menyampaikan informasi produk atau jasa yang kamu miliki.
    Pemasaran Internasional: Manajemen, Strategi, dan Fungsinya
    Pemasaran internasional mampu menciptakan banyak kesempatan dan tantangan bagi perusahaan untuk mengembangkan diri baik skala domestik atau internasional.