Table of Content

    Logo Perusahaan Harus Dibuat Unik dan Berbeda. Apa Iya?

    Logo perusahaan adalah hal yang melambangkan identitas perusahaan. 

    Tidak berlebihan rasanya bila disebut bahwa logo perusahaan adalah suatu hal yang melambangkan identitas perusahaan. Lantaran itulah, logo perusahaan tersebut harus dibuat seunik dan semenarik mungkin, jangan sampai mirip atau meniru logo lain.

    Dalam proses pembuatannya, logo perusahaan harus memiliki kaitan dan desain yang bisa merepresentasikan nilai-nilai sebuah bisnis. Pihak yang membuatnya pun perlu memastikan logo tersebut bukan hanya bisa terlihat lebih unik, namun juga berbeda dari perusahaan lainnya. 

    Maka dari itu, jika kamu hendak belajar membuatnya, ada beberapa tips membuat logo perusahaan yang perlu kamu ketahui. Kenapa harus ada tips? Karena membuat logo untuk sebuah perusahaan tidaklah mudah dan cukup tricky

    Baca Juga: Konsep Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya Dalam Bisnis

    Pengertian Logo

    Sebenarnya apa sih pengertian logo?

    Kata logo diserap dari bahasa Yunani kuno, yakni logos yang mempunyai arti pikiran, budi, kata, akal, serta pembicaraan.

    Logo juga sebenarnya diambil dari kata logotype yang digunakan pada tahun 1810 sampai tahun 1840, dan memiliki arti sebuah tulisan nama entitas yang dibentuk secara khusus dengan memanfaatkan suatu teknik lettering atau menggunakan jenis huruf tertentu yang menarik.

    Jadi, pada mulanya logotype ini dibuat dengan hanya memanfaatkan suatu elemen tulisan saja. Pada proses perkembangannya, logo dibuat dengan semakin kreatif lagi yang menggabungkan beberapa elemen, seperti gambar, sketsa, dll.

    Dari penjelasan tadi, bisa kamu pahami bahwa pengertian logo adalah suatu identitas visual terhadap suatu entitas yang mempunyai kriteria khusus tertentu, seperti bentuk, filosofi, dan warna. Pada dasarnya, logo memiliki fungsi layaknya nama pada manusia. Logo merupakan salah satu penentu identitas yang dimiliki brand

    Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa pengertian logo adalah sebuah tulisan, sketsa, atau gambar yang mempunyai makna tertentu dan bisa mewakili identitas atas suatu bentuk entitas, seperti lembaga, organisasi, perusahaan, daerah, negara, atau produk.

    Umumnya, sebuah logo mengandung filosofi tertentu dan kerangka dasar berbentuk konsep yang bertujuan guna menciptakan sifat mandiri. Selain itu, setiap bentuk logo juga wajib mempunyai suatu ciri khas tertentu untuk membedakan logo yang satu dengan logo yang lainnya, baik itu dari segi bentuk maupun warnanya.

    Logo Perusahaan adalah … 

    Seperti yang sudah sedikit disinggung tadi, suatu logo perusahaan yang digunakan akan menggambarkan kualitas seperti yang disimbolkan, seperti adanya pendekatan budaya perusahaan, penempatan posisi penting, atau aspirasi dari perusahaan itu sendiri.

    Sebuah desain logo perusahaan adalah suatu bentuk perwakilan sebuah perusahaan. Desain logo perusahaan adalah pembeda visual suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Di dalam sebuah desain logo yang bagus, akan terlihat filosofi dan misi dari perusahaan tersebut.

    Hal tersebut diatas dengan sendirinya menjelaskan bahwa fungsi utama logo perusahaan adalah sebagai perwakilan, duta besar usaha, deskripsi, lambang perusahaan serta unsur penting dari strategi bisnis, branding dan marketing mix perusahaan kamu.

    Apa Tujuan Pembuatan Logo Perusahaan?

    Dari uraian mengenai pengertian logo perusahaan dan peran pentingnya, bisa disimpulkan bahwa apa tujuan pembuatan logo perusahaan adalah untuk mempersonifikasikan wujud perusahaan di masa kini dan bentuk bisnis yang inginkan pada masa mendatang sesuai dengan visi pendirian usaha milikmu. 

     

     Logo perusahaan tidak bisa dibuat sembarangan.

    Fungsi Logo Perusahaan  

    Logo memiliki fungsi utama untuk menggambarkan identitas diri pada suatu entitas, kepemilikan, jaminan kualitas, atau untuk menghindari adanya peniruan atau pembajakan. Namun, ternyata logo juga memiliki fungsi lain, antara lain:

    Branding

    Suatu logo harus menggambarkan karakteristik suatu organisasi atau produk yang diwakilinya. Jadi, nantinya masyarakat akan mengingat dan mengenal suatu logo yang mewakili entitas tersebut.

    Memberikan Informasi, Pengawasan, dan Kontrol

    Sebuah logo sebaiknya memiliki kandungan informasi yang hendak disampaikan ke masyarakat. Informasi tersebut dibuat untuk bisa mengendalikan pandangan atau kegiatan masyarakat atas suatu brand

    Singkatnya, logo akan menyampaikan informasi penting dan kesan yang diinginkan perusahaan dari masyarakat. Sehingga, logo juga berfungsi sebagai suatu pengawas dan pengontrol nilai perusahaan di mata masyarakat.

    Memberikan Motivasi

    Logo perusahaan juga digunakan untuk menyampaikan pesan motivasi kepada seluruh pihak yang sesuai dengan tujuan brand tersebut. Contohnya, suatu desain produk pada sabun mandi akan mampu memberikan motivasi kepada masyarakat untuk terus menjaga pola hidup bersih dan sehat.

    Baca Juga: Contoh Kalimat Promosi Kreatif yang Bisa Diterapkan!

    Mengutarakan Emosi

    Pada kenyataannya, logo perusahaan juga bisa dijadikan sebagai sarana dalam mengutarakan emosi. Contohnya, suatu logo yang terdapat pada produk ibu hamil dan menyusui akan menggambarkan kasih sayang seorang ibu pada anaknya.

    Media Presentasi dan Promosi

    Logo perusahaan adalah media promosi yang baik. Ya, logo ternyata juga sangat efektif untuk dijadikan sebagai sarana promosi dan presentasi. Seluruh informasi atau pesan yang yang ingin disampaikan oleh perusahaan kepada publik akan lebih menarik dan lebih mudah diingat dengan memanfaatkan gambar dan kata-kata yang persuasif pada suatu logo.

    Jenis-Jenis dan Contoh Logo Perusahaan 

    Logo terbagi menjadi tujuh jenis, yaitu:

    Letter Mark

    Pengertian logo letter mark atau logo monogram adalah suatu jenis logo yang menggambarkan nama atas suatu perusahaan atau brand dengan memanfaatkan inisial nama brand nya. 

    Biasanya, logo jenis ini hanya memanfaatkan dua hingga empat huruf saja sesuai dengan brand tersebut, sehingga bisa lebih mudah diingat oleh masyarakat. 

    Contoh logo perusahaan yang menggunakan metode ini adalah CNN, HP, HBO, IBM, NASA, dll.

    Wordmark

    Logo wordmark hampir menyerupai jenis logo letter mark, yaitu dengan hanya menggunakan huruf saja untuk melambangkan suatu perusahaan. Bedanya, word mark akan menggunakan seluruh nama brand atau perusahaan tanpa disingkat.

    Jenis logo ini biasanya digunakan jika nama perusahaan atau nama produknya tidak terlalu panjang, sederhana, serta unik. Contohnya adalah logo Facebook, Disney, Coca-Cola, dll.

    Pictorial Mark

    Contoh logo perusahaan dengan jenis ini adalah Apple, Nike, dan Twitter. Logo pictorial mark atau simbol adalah suatu logo yang memanfaatkan ikon yang dihiasi dengan grafis tertentu untuk menggambarkan suatu brand. Bentuk logo atau ikon tersebut akan terus melekat dan harus mampu mewakili identitas produk atau brand

    Logo Abstrak

    Pengertian logo abstrak sebenarnya hampir sama dengan pictorial mark, karena masih memanfaatkan suatu grafis tertentu. Bedanya, jenis logo ini mempunyai suatu bentuk geometris yang acak. 

    Jenis logo ini juga biasanya sangat efektif karena mampu mewakili suatu bisnis secara menyeluruh dalam satu gambar. 

    Baca Juga: Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu Tentang Merek Dagang

    Logo Maskot

    Logo maskot adalah suatu jenis logo yang didesain dengan suatu karakter demi menggambarkan suatu brand atau perusahaan. Biasanya, jenis logo ini memiliki kandungan unsur warna yang cerah dan ceria yang dinilai sebagai maskot brand atau perusahaan. Logo jenis ini dibuat demi menghadirkan daya tarik tertentu untuk anak-anak dan keluarga

    Contoh logo perusahaan ini adalah KFC dengan maskot Kolonel Sanders, Kool-Aid dengan maskot Kool-Aid man, Alfamart dengan maskot Albi si lebah, dll.

    Logo Kombinasi

    Pengertian logo kombinasi adalah suatu jenis logo yang mengkombinasikan jenis logo letter mark atau word mark dengan abstrak, maskot, atau simbol. Teks yang terdapat dalam logo ini biasanya akan digabungkan juga dengan baik sehingga mampu menghadirkan suatu logo yang terkesan menarik. Contohnya adalah logo Burger King, Lacoste, Doritos, dll.

    Logo Lambang

    Logo perusahaan yang menggunakan lambang adalah suatu jenis logo yang di dalamnya terdapat huruf dan ditempatkan dalam suatu ikon atau simbol, lencana, segel serta menjadi inti dari adanya lambang tersebut. 

    Umumnya, logo ini sering digunakan oleh suatu institusi tertentu seperti sekolah, komunitas, organisasi, industri otomotif, atau lembaga pemerintah. Beberapa contohnya antara lain adalah logo BMW, Harley Davidson, Starbucks, dll.

    Nah, sekarang sudah paham kan kenapa logo perusahaan perlu dibuat unik, menarik, dan juga berbeda dari perusahaan lainnya? Karena memang perannya sangatlah penting sebagai identitas sebuah perusahaan. 

    Tidak ada salahnya juga kamu mulai merancang logo perusahaan milik kamu saat ini atau sebelum membuka sebuah bisnis/perusahaan. Persiapan di awal pastinya akan lebih menyenangkan dan menenangkan. 

    Jangan lupa juga untuk membekali bisnismu dengan aplikasi keuangan yang proper dan memiliki banyak fitur, seperti majoo. Semuanya dilakukan agar perjalanan bisnismu bisa lancar. Eh,sudah berlangganan majoo kan? 

    Pertanyaan Terkait

    • Dari uraian mengenai pengertian logo perusahaan dan peran pentingnya, bisa disimpulkan bahwa apa tujuan pembuatan logo perusahaan adalah untuk mempersonifikasikan wujud perusahaan di masa kini dan bentuk bisnis yang inginkan pada masa mendatang sesuai dengan visi pendirian usaha milikmu.
    • Sebuah desain logo perusahaan adalah suatu bentuk perwakilan sebuah perusahaan. Desain logo perusahaan adalah pembeda visual suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Di dalam sebuah desain logo yang bagus, akan terlihat filosofi dan misi dari perusahaan tersebut.
    • Logo sangat penting bagi sebuah perusahaan karena fungsi utama logo perusahaan adalah sebagai perwakilan, duta besar usaha, deskripsi, lambang perusahaan serta unsur penting dari strategi bisnis, branding dan marketing mix perusahaan kamu.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Metode Penyusutan Aktiva Tetap!
    Seiring waktu, aset tetap akan mengalami depresiasi. Untuk mengetahui biaya penggunaan aset, perlu metode penyusutan aktiva tetap. Ketahui caranya di sini!
    Negosiasi adalah: Pengertian, Contoh, Jenis, Ciri-Ciri
    Negosiasi adalah proses interaksi antara pihak-pihak yang berusaha menemukan titik temu. Pahami pengertian, tujuan, contoh negosiasi.
    Rumus Persentase, Cara Menghitung Beserta Contoh Penggunaanya
    Cara menghitung persen merupakan metode untuk mendapatkan sebuah nilai atau data. Pelajari juga tentang rumus persentase di excel, rumus persentase keuntungan.
    PT adalah: Menilik Pengertian dan Cara Membuat Perseroan Terbatas
    PT adalah kepanjangan dari perseroan terbatas, yaitu bentuk badan usaha yang dilindungi oleh hukum dengan modal yang terdiri dari saham.