Master Budget Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contoh-Contohnya

Penulis Retna Kumalasari
05 November 2023

article thumbnail

Apa yang dimaksud dengan master budget? Master budget adalah suatu alat untuk membuat perkiraan dan perencanaan biaya yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan, untuk menunjang operasional dan kegiatan bisnis mereka.

Master budget atau anggaran induk mempunyai banyak manfaat bagi perusahaan, salah satunya adalah untuk membuat gambaran terkait biaya yang akan dikeluarkan atau yang wajib dibayarkan, guna menunjang aktivitas bisnis perusahaan tersebut.

Perencanaan ini juga bisa dijadikan sebagai alat untuk mengatur flow anggaran perusahaan tersebut. Karena sifatnya yang penting, tak heran jika master budget tidak bisa dibuat tanpa perhitungan yang baik.

Master Budget Adalah

Secara umum, master budget adalah sebuah alat atau media yang dapat digunakan untuk memberi gambaran umum terkait keuangan bisnis.

Dalam sebuah perusahaan, master budget dapat diartikan sebagai media untuk membuat perkiraan atau perencanaan pada jenis biaya yang akan dikeluarkan, atau harus dikeluarkan untuk mendukung kegiatan operasional pada bisnis.

Master budget ini dapat mencakup seluruh anggaran yang ada dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Selain itu, master budget merupakan gabungan dari semua anggaran yang sudah dibuat oleh masing-masing departemen dalam suatu perusahaan. 

Nantinya, dalam rencana anggaran tersebut, akan terlihat apa yang menjadi target operasional hingga tujuan yang ingin dicapai oleh setiap departemen.

Baca Juga: Pengertian Budget Plan dan Cara Efektif untuk Membuatnya

Jenis Master Budget

Secara umum, master budget terbagi menjadi dua jenis, yaitu anggaran keuangan (financial budget) dan anggaran operasional (operational budget), berikut adalah penjelasan dari kedua jenis anggaran induk tersebut:

  1. Anggaran Keuangan (Financial Budget)

Anggaran keuangan atau financial budget adalah jenis anggaran yang menjelaskan pergerakan arus kas perusahaan beserta posisi keuangan (utang, modal, dan juga aktiva) sebuah perusahaan.

Jenis anggaran keuangan perusahaan dapat menghasilkan gambaran atau proyeksi neraca. Ada dua macam anggaran yang termasuk ke dalam financial budget, di antaranya:

  • Anggaran Kas: Anggaran kas merupakan anggaran yang menunjukkan rencana dari aliran kas keluar (outflow), kas masuk (cash inflow), serta posisi akhir kas dalam suatu periode.

  • Proyeksi Neraca: Gambaran yang menjelaskan posisi keuangan dalam sebuah perusahaan, seperti utang, modal, dan juga aktiva perusahaan dalam satu periode.

  1. Anggaran Operasional (Operating Budget)

Sementara itu, anggaran operasional merupakan anggaran yang menunjukkan kegiatan operasional yang erat kaitannya dengan biaya dan penghasilan. Nantinya, output yang dihasilkan dari anggaran operasional ini adalah adanya proyeksi laba rugi perusahaan.

Anggaran operasional ini dibagi menjadi beberapa macam, di antaranya:

  • Anggaran penjualan

  • Anggaran produksi

  • Anggaran bahan baku langsung (direct material)

  • Anggaran tenaga kerja langsung (direct labour)

  • Anggaran overhead pabrik

  • Anggaran laba rugi

  • Anggaran keuangan

  • Anggaran kas

  • Anggaran neraca

Baca Juga: Begini Cara Membuat Budgeting Bisnis Yang Efektif

Master budget merupakan alat yang sangat penting untuk mengetahui kebutuhan anggaran dalam sebuah perusahaan.

Tahapan Penyusunan Master Budget

Ada beberapa tahapan dalam penyusunan master budget yang bisa kamu lakukan, di antaranya adalah:

  • Mempersiapkan anggaran pendapatan atau penjualan yang biasanya berisi gambaran pendapatan dari setiap jenis produk perusahaan.

  • Setelah mendapatkan hasil anggaran pendapatan, tahap selanjutnya adalah melakukan penyusunan terhadap anggaran produksi. Dalam tahapan ini, kamu perlu menjelaskan jumlah unit yang nantinya akan diproduksi, guna memenuhi kebutuhan penjualan perusahaan.

  • Kemudian, susun anggaran biaya bahan baku langsung, anggaran biaya overhead, dan biaya tenaga langsung.

  • Dalam anggaran biaya tenaga langsung, tercantum total jam kerja langsung dan tarif dari tenaga kerja, yang dihitung berdasarkan jam kerja mereka dalam menyelesaikan proses produksi tersebut.

  • Selanjutnya, kamu perlu menghitung anggaran biaya produksi dan anggaran beban pokok penjualan.

  • Setelah itu, susun anggaran biaya non-manufaktur yang meliputi anggaran biaya  administrasi dan anggaran biaya pemasaran.

  • Ketika kamu telah selesai menyusun seluruh anggaran tersebut, tahap yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menyusun performa, budgeted, dan income statement berdasarkan format laporan laba dan rugi dari perusahaan.

Baca Juga: Fungsi serta Manfaat dan Tujuan Budgeting dalam Bisnis

Tips Menyusun Master Budget

  1. Menetapkan tujuan perusahaan

Umumnya, anggaran akan disusun karena adanya tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Perusahaan perlu menetapkan tujuan, sebelum membuat rencana anggarannya.

Setelah selesai menetapkan tujuan, barulah perusahaan bisa menguraikan tools apa saja yang dibutuhkan, berapa banyak tools yang diperlukan, hingga berapa lama waktu penggunaan tools tersebut.

Contohnya adalah divisi marketing perusahaan yang membutuhkan tools untuk membantu mengembangkan brand dan produk perusahaan tersebut.

  1. Memperhatikan fixed cost dan variable cost

Tahap penyusunan master budget selanjutnya adalah memperhatikan fixed cost dan variable cost, agar perusahaan bisa mengatur pengeluaran yang tidak penting atau diperlukan.

Dengan mengetahui jenis cost tersebut, perusahaan bisa mengetahui mana yang perlu diprioritaskan, sehingga anggaran pun dapat dipergunakan sesuai kebutuhan.

  1. Menyantumkan informasi secara detail

Pembuatan anggaran yang baik perlu mencantumkan seluruh detail informasi secara menyeluruh. Dengan informasi tersebut, perusahaan bisa mengelompokkan biaya-biaya penting yang bisa diprioritaskan, serta mengurangi biaya yang tidak dibutuhkan dalam pengeluaran.

  1. Anggaran bukan hanya perencanaan saja

Dalam penyusunan anggaran, tidak hanya sekedar membuat perencanaannya saja, tapi juga memperhatikan target yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut.

Anggaran sering kali tidak dijadikan alat untuk mencapai sebuah tujuan, sehingga mereka tidak bisa mengetahui apakah target perusahaan sudah tercapai atau belum.

Ada baiknya setiap perusahaan memahami bagaimana anggaran tersebut digunakan, baik sebagai alat untuk mencapai tujuan atau sebagai media untuk menjalankan kegiatan perusahaan.

Aplikasi Keuangan

Contoh Master Budget

Salah satu contoh master budget adalah ketika suatu perusahaan sedang melakukan proses akuisisi atau merger. Pada saat tersebut, kamu perlu mempersiapkan master budget untuk mengetahui setiap transaksi yang terjadi di perusahaan target.

Misalnya, dalam suatu perusahaan tentunya mereka mempunyai departemen SDM dan juga Admin. Ketika diakuisisi, hal tersebut akan membuat perusahaan memiliki dua staf pada departemen yang sejenis.

Berdasarkan hal tersebut, perusahaan perlu menyusun anggaran untuk menentukan mana yang perlu dipertahankan atau dilepas. Manajemen pun perlu mempersiapkan anggaran sebelum melakukan pengembangan tersebut.

Dengan begitu, seluruh proses merger ini memang dilakukan berdasarkan pertimbangan yang matang, termasuk tingkat pinjaman perusahaan, batas anggaran, dan arus kas yang terjadi di perusahaan tersebut. 

Penutup

Itu tadi penjelasan mengenai master budget yang perlu kamu ketahui. Seperti yang telah disampaikan di atas, keberadaan master budget sangat diperlukan bagi perusahaan.

Maka dari itu, perusahaan perlu benar-benar memperhitungkan dan mengetahui kebutuhan anggaran dari masing-masing departemen, sehingga penggunaannya menjadi lebih efektif dan efisien.

Pembuatan master budget juga tidak hanya sekedar perencanaan saja. Tapi juga bagaimana perencanaan anggaran tersebut dapat membantu perusahaan, untuk mencapai tujuan atau target mereka.

Guna mempermudah kerja perusahaan dalam melakukan pencatatan bisnis, kamu bisa mengandalkan aplikasi akuntansi dari majoo. Aplikasi ini memiliki banyak fitur, mulai dari fitur penjualan, penerimaan, biaya, kas dan bank, hingga laporan keuangan.

Dengan fitur tersebut, kamu tidak perlu lagi mencatat seluruh transaksi secara manual, karena aplikasi ini akan mencatatnya secara otomatis dan juga realtime. Mudah, kan? Yuk, coba majoo sekarang!


Sumber Data: 

  1. https://kumparan.com/berita-bisnis/master-budget-pengertian-jenis-jenis-dan-tahap-penyusunannya-1zeyFZ4bYdq/full

  2. https://www.wallstreetmojo.com/master-budget/

  3. https://www.oreilly.com/library/view/budgeting-basics-and/9780470389683/9780470389683_master_budget_genesis_of_financial_fo.html

  4. https://store.sirclo.com/blog/master-budget/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo