Member Card: Strategi Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Di dunia bisnis modern ini, member card atau kartu keanggotaan menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif

Di dunia bisnis modern ini, member card atau kartu keanggotaan menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif. Tetapi, apa sebenarnya member card itu? Dan bagaimana penggunaannya bisa memberikan keuntungan pada bisnismu? Yuk, kita jelajahi lebih dalam!


Member card adalah kartu yang diberikan oleh suatu perusahaan atau organisasi kepada pelanggannya sebagai bentuk pengakuan keanggotaan. Biasanya, kartu ini memberikan berbagai penawaran khusus, diskon, atau promosi eksklusif yang tidak tersedia untuk pelanggan biasa.

Mengapa Member Card Penting untuk Bisnismu?

Ada beberapa alasan mengapa member card sangat penting untuk bisnismu

Ada beberapa alasan mengapa member card sangat penting untuk bisnismu. Mari kita lihat beberapa di antaranya:

Membangun Loyalitas Pelanggan

Pelanggan yang memiliki member card cenderung merasa lebih terikat dengan bisnismu. Mereka merasa dihargai dan lebih mungkin untuk kembali dan berbelanja lagi.

Meningkatkan Penjualan

Dengan manfaat yang ditawarkan oleh member card, pelanggan akan merasa terdorong untuk membeli lebih banyak produk atau jasa dari bisnismu.

Mendapatkan Informasi Pelanggan

Member card memungkinkan kamu untuk mengumpulkan data penting tentang perilaku belanja pelanggan, yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan.

Keuntungan Memiliki Member Card Bagi Pelanggan

Sebagai pelanggan, memiliki member card dari brand atau toko favorit tentu menawarkan berbagai keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan pelanggan dari memiliki member card.

Dapatkan Penawaran Khusus

Salah satu keuntungan utama memiliki member card adalah mendapatkan penawaran khusus yang tidak tersedia untuk pelanggan biasa. Ini bisa berupa diskon, akses ke produk baru, atau bahkan produk gratis.

Contoh Penawaran Khusus

Sebagai contoh, Starbucks memberikan minuman gratis setiap kali anggota program My Starbucks Rewards mengumpulkan jumlah poin tertentu. Sephora juga menawarkan produk gratis untuk anggota program Beauty Insider mereka.

Pengalaman Berbelanja yang Lebih Personal

Member card sering kali memungkinkan bisnis untuk mengumpulkan data tentang perilaku belanja pelanggan. Dengan data ini, bisnis dapat memberikan penawaran yang disesuaikan dengan preferensi setiap pelanggan.

Contoh Pengalaman Personal

Misalnya, Sephora menggunakan data dari member card untuk menawarkan produk dan penawaran yang disesuaikan dengan preferensi setiap anggota program Beauty Insider. Ini membuat pengalaman berbelanja di Sephora menjadi lebih personal dan menyenangkan.

Hemat Biaya

Banyak program member card memberikan poin untuk setiap pembelian yang bisa ditukar dengan hadiah atau diskon. Dengan cara ini, pelanggan bisa menghemat biaya pada pembelian berikutnya.

Contoh Hemat Biaya

Misalnya, anggota program My Starbucks Rewards mendapatkan poin setiap kali mereka melakukan pembelian. Poin ini bisa ditukar dengan minuman gratis, yang pada akhirnya membantu pelanggan menghemat biaya.


Memiliki member card bisa memberikan berbagai keuntungan bagi pelanggan, mulai dari penawaran khusus hingga pengalaman berbelanja yang lebih personal. Oleh karena itu, jika kamu adalah pelanggan yang sering berbelanja di toko atau brand tertentu, mungkin waktunya untuk mempertimbangkan untuk memiliki member card.






Optimalisasi Manfaat Member Card untuk Bisnismu

Member card telah menjadi instrumen yang kuat dalam dunia bisnis saat ini. Member card tidak hanya berfungsi sebagai alat promosi, tetapi juga menjadi jembatan yang menghubungkan bisnis dengan pelanggannya. Namun, bagaimana kita bisa mengoptimalkan member card untuk bisnismu?

Personalisasi Penawaran

Menggunakan data yang kamu kumpulkan dari member card, kamu dapat menawarkan promosi atau produk yang lebih disesuaikan dengan preferensi pelanggan.

Sistem Poin yang Menarik

Menawarkan sistem poin yang dapat ditukar dengan hadiah atau diskon bisa menjadi motivasi kuat bagi pelanggan untuk terus berbelanja di bisnismu.

Libatkan Pelanggan dengan Komunikasi Reguler

Gunakan informasi yang kamu miliki tentang pelanggan untuk menjalin komunikasi yang kuat dengan mereka. Misalnya, kamu bisa mengirimkan email atau pesan tentang penawaran khusus atau produk baru yang mungkin menarik bagi mereka.

Implementasi Member Card yang Efektif

Mengimplementasikan member card tidak hanya tentang membuatnya, tetapi juga bagaimana cara menggunakannya secara efektif.

Desain Member Card yang Menarik

Desain member card yang menarik dan merepresentasikan merek bisnismu dapat meningkatkan minat pelanggan untuk memilikinya dan menggunakannya.

Proses Pendaftaran yang Mudah

Membuat proses pendaftaran yang mudah akan mendorong lebih banyak pelanggan untuk mendaftar menjadi member.

Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Member Card

Program Hadiah dan Diskon

Program hadiah adalah salah satu insentif yang paling diminati sepanjang masa. Biasanya, brand akan memberikan voucher, produk gratis, atau insentif lainnya kepada konsumen yang telah mengumpulkan poin melalui transaksi belanja yang dilakukan. Meski ini adalah taktik lama, tetapi efeknya masih sangat kuat hingga sekarang.

Di era modern ini, masih banyak konsumen yang tertarik mengumpulkan poin untuk mendapatkan hadiah dan diskon, terutama untuk brand produk yang digunakan sehari-hari dan dibutuhkan dalam jangka waktu lama. Program hadiah ini juga memberikan keuntungan tambahan kepada member dibanding jika mereka hanya sebagai konsumen biasa.

Kuatkan ikatan dengan pelangganmu melalui aplikasi CRM dari Majoo! Kelola data pelanggan, pantau interaksi, serta rancang strategi pemasaran yang efektif. Ayo, gunakan sekarang dan tingkatkan kepuasan pelangganmu dengan solusi CRM terbaik dari Majoo.

Penawaran Produk Personal

Salah satu hal yang bisa kamu berikan adalah penawaran produk secara personal yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Kamu bisa dengan mudah melihat riwayat pembelian member, lalu menciptakan penawaran menarik yang sesuai.


Misalnya, jika seorang member selalu melakukan pembelian secara rutin setiap minggu dalam jumlah kecil, coba tawarkan pembelian paket untuk satu bulan dengan harga yang lebih murah.


Selama penawaran kamu dianggap menguntungkan, tentu konsumen akan dengan senang hati menerimanya. Personalisasi layanan seperti ini juga bisa menjadi nilai plus kamu dibanding brand lainnya.

Kerja Sama dengan Brand Lain

Jangan ragu untuk bekerja sama dengan brand lain, karena hal tersebut bisa meningkatkan kesuksesan program membership kamu. Terdapat beberapa strategi untuk mendorong member agar lebih sering bertransaksi, contohnya menciptakan bundling produk murah bersama brand lain atau memberikan pengembalian dana (cashback) dalam jumlah tertentu. Pilihlah brand yang bukan pesaing namun bisa melengkapi fungsi dari produk yang kamu jual. Misalnya saja, jika kamu memproduksi alat masak, bisa bekerja sama dengan brand makanan atau minuman organik.

Pastikan Member Memiliki Pengalaman Belanja Terbaik

Apa gunanya menjadi member jika konsumen masih harus merasakan berbagai kesusahan saat berbelanja? Salah satu hal yang harus ada dalam program membership adalah menyediakan layanan khusus seperti tanpa antrian di kasir atau memberikan layanan perbaikan dengan langsung datang ke rumah konsumen.

Layanan istimewa semacam ini tentu akan membuat konsumen merasa diuntungkan telah bergabung dengan program membership yang kamu ciptakan.

Bagaimana Member Card Bekerja?

Member card berfungsi sebagai instrumen pemasaran yang efektif, yang tidak hanya membantu bisnis menarik pelanggan baru tetapi juga mempertahankan pelanggan yang ada. Selain itu, member card juga membantu bisnis mengumpulkan data pelanggan yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan dan pelayanan. Pada dasarnya, member card bekerja dengan memberikan insentif kepada pelanggan untuk berbelanja atau menggunakan layanan bisnismu.

Proses Transaksi Member Card

Ketika pelanggan melakukan pembelian, mereka menunjukkan member card mereka dan mendapatkan diskon atau poin yang sesuai. Informasi ini kemudian dicatat dan digunakan untuk analisis perilaku belanja pelanggan.

Menggunakan Data dari Member Card

Data yang dikumpulkan dari penggunaan member card dapat digunakan untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif. Misalnya, kamu dapat mengetahui produk mana yang paling populer di kalangan pelanggan, atau kapan waktu paling sibuk dalam sehari atau minggu.

Tantangan dalam Strategi Member Card

Member card adalah alat yang ampuh untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan meningkatkan pendapatan bisnis. Namun, tidak semua perjalanan dalam menerapkan strategi ini berjalan mulus. Ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Berikut adalah beberapa tantangan yang sering muncul dalam penggunaan strategi member card:

Membuat Program yang Menarik

Membuat program member card yang menarik dan berbeda dari pesaing adalah tantangan pertama. Ini memerlukan pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta kemampuan untuk merancang penawaran yang sesuai dan menguntungkan bagi mereka.

Pengumpulan dan Analisis Data

Mengumpulkan data pelanggan melalui member card dan menganalisisnya untuk memahami perilaku belanja mereka bisa menjadi tantangan. Terlebih lagi jika bisnismu belum memiliki sistem yang canggih untuk mengelola dan memproses data ini.

Mengatasi Tantangan dalam Strategi Member Card

Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, berikut adalah beberapa solusi yang bisa diterapkan:

Mengadakan Riset Pasar

Riset pasar dapat membantu kamu memahami apa yang diinginkan pelanggan dan bagaimana membuat program member card yang menarik bagi mereka. Selain itu, dengan riset ini, kamu juga bisa memahami tren pasar dan apa yang dilakukan oleh pesaing kamu.

Investasi dalam Teknologi Data

Investasi dalam teknologi data adalah hal penting untuk mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data pelanggan. Teknologi ini akan membantu kamu memahami perilaku belanja pelanggan dan membuat penawaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.


Meskipun ada tantangan dalam strategi member card, dengan pemahaman yang tepat dan strategi yang efektif, kamu bisa mengatasi tantangan ini dan memaksimalkan manfaat dari member card. Dengan demikian, bisnismu dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Kisah Sukses Penggunaan Member Card dalam Bisnis

Kisah Sukses Penggunaan Member Card dalam Bisnis

Meningkatkan loyalitas pelanggan merupakan tujuan utama dari setiap bisnis. Salah satu cara efektif untuk mencapainya adalah melalui penggunaan member card. Berikut adalah beberapa contoh kisah sukses penggunaan member card yang bisa menjadi inspirasi bagi bisnismu.

Starbucks dan Program My Starbucks Rewards

Program My Starbucks Rewards adalah contoh sempurna bagaimana member card dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan sistem poin yang menguntungkan dan hadiah yang menarik seperti minuman gratis dan diskon, Starbucks berhasil mengumpulkan jutaan anggota setia yang secara rutin menggunakan member card mereka.

Keberhasilan Starbucks

Keberhasilan Starbucks terletak pada penawaran yang menguntungkan dan cara mereka memanfaatkan teknologi untuk memudahkan pelanggan. Dengan aplikasi mobile Starbucks, pelanggan dapat melihat saldo poin, mendapatkan penawaran khusus, dan bahkan memesan minuman langsung dari smartphone mereka.

Sephora dan Program Beauty Insider

Sephora, jaringan toko produk kecantikan global, juga berhasil menerapkan strategi member card melalui program Beauty Insider. Pelanggan yang bergabung dengan program ini dapat mengumpulkan poin untuk setiap pembelian yang mereka buat dan menukarkannya dengan hadiah eksklusif.

Keberhasilan Sephora

Salah satu kunci sukses Sephora adalah penawaran personalisasi. Dengan memanfaatkan data dari member card, Sephora bisa menawarkan produk dan penawaran yang disesuaikan dengan preferensi setiap pelanggan. Ini membuat pengalaman berbelanja di Sephora menjadi unik dan personal, yang pada akhirnya meningkatkan loyalitas pelanggan.


Dari Starbucks hingga Sephora, ada banyak contoh sukses penggunaan member card untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan pemahaman yang tepat tentang kebutuhan pelanggan dan strategi yang efektif, member card bisa menjadi alat yang ampuh untuk membantu bisnismu tumbuh dan berkembang.


Sebagai strategi pemasaran, member card telah terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan dan membangun loyalitas pelanggan. Jadi, jika kamu belum menggunakan strategi ini dalam bisnismu, mungkin ini saatnya untuk mulai mempertimbangkannya.


Sumber Data:

  • https://www.xendit.co/id/blog/begini-6-cara-efektif-untuk-meningkatkan-loyalitas-pelanggan/
  • https://uprint.id/blog/membership-card-dalam-mempertahankan-loyalitas-pelanggan/
  • https://blog.usetada.com/id/maksimalkan-keberhasilan-membership-program-dengan-tips-berikut
  • https://unsplash.com/s/photos/loyalty

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo