Table of Content

    Fungsi dan Keuntungan Memiliki Membership Card

    Tersedianya membership program dengan mengeluarkan membership card yang ditawarkan oleh perusahaan sebenarnya menguntungkan untuk bisnis jangka panjang.

    Apakah kamu memiliki kartu anggota atau membership card karena menjadi pelanggan setia sebuah produk, merek, atau instansi? Atau minimal kamu pernah ditawarkan untuk memilikinya?

    Sistem membership bukanlah sesuatu yang asing bagi para pemilik bisnis seperti pengusaha di bidang industri retail yang menggunakan sistem manajemen membership

    Sistem membership ini biasanya akan menyediakan berbagai promo menarik atau belanja dengan harga khusus agar membuat pelanggan setia. 

    Nah, setiap pelanggan yang setia tentu akan datang kembali lebih sering, dong? Mereka juga akan berbelanja lebih banyak sehingga bisnis akan semakin cuan!

    Kamu tentu bisa membayangkan jika image perusahaan secara tidak langsung bergantung pada kualitas produk yang dipasarkan dan metode promosi yang dilakukan saat ada produk baru yang diluncurkan.

    Metode promosi yang dilakukan biasanya termasuk penawaran keanggotaan dan penyediaan membership card yang dapat digunakan setiap melakukan transaksi atau mendapat hadiah menarik dari perusahaan saat anggotanya berulang tahun.

    Di dalam artikel ini, majoo akan membahas tentang membership. Baca hingga tuntas, ya, Majoopreneurs!

    Apa Itu Membership?

    Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa sistem membership atau keanggotaan sering digunakan oleh perusahaan agar pelanggan mendapat berbagai macam promo menarik. 

    Salah satunya adalah yang sering terlihat dan terasa keuntungannya adalah kesempatan untuk mendapat suatu produk dengan harga yang lebih murah dibanding dengan customer non-member.

    Hal itu merupakan satu dari sekian banyak keuntungan yang pelanggan dapatkan dengan menjadi suatu member dari suatu bisnis. Kamu sudah memiliki berapa membership nih, Majoopreneurs?

    Sebenarnya metode menarik konsumen menjadi member atau anggota termasuk salah satu jenis metode pemasaran yang sudah ada. 

    Namun, perkembangan teknologi dan digital saat ini membuat bisnis yang menerapkan membership menjadi tren dan dapat menghasilkan keuntungan lebih cepat.

    Sistem membership ini biasanya dijalankan berbasis komunitas. Semakin banyak anggota yang loyal, maka bisnis itu akan cepat berkembang.

    Selain menguntungkan bagi para pelanggan, sistem keanggotaan inilah salah satu faktor yang membuat suatu bisnis mempertahankan pelanggan-pelanggannya.

    Jika perusahaanmu berusaha membangun dan memelihara membership program, artinya kamu dapat menawarkan pada konsumen untuk berkomitmen dengan suatu brand atau perusahaan. 

    Komitmen yang telah dibuat dalam suatu membership program bersifat jangka panjang. Artinya, keanggotaannya bisa bertahan lama. 

    Dengan mengikuti membership program berbayar pada suatu perusahaan, konsumen tentu bisa memberikan support untuk perusahaan setiap saat perusahaan membutuhkannya. 

    Membuat komitmen dengan perusahaan artinya konsumen memberikan win-win solution. Konsumen mendukung dalam hal finansial, begitu pun konsumen akan diuntungkan dengan beragam kelebihan jika bergabung menjadi anggota. Kamu juga pasti merasakannya, kan, Majoopreneurs?

    Mungkin ada pandangan di beberapa perusahaan seperti perusahaan rintisan mengenai tidak perlunya membership ini. 

    Namun ternyata perusahaan yang bisa berkembang pesat adalah perusahaan yang membership program-nya bisa berjalan dengan baik. 

    Bukan tidak mungkin, dengan adanya membership program yang berjalan dengan baik, tanpa campaign pun perusahaan bisa berkembang dengan sendirinya.

    Baca Juga: Loyalitas Pelanggan: Kenali Indikator dan Cara Membangunnya

    Keuntungan Membership 

    Sistem membership sering digunakan untuk menarik pelanggan dengan promo-promo menarik yang ditawarkan. 

    Eh, tunggu! Apa iya, hanya berkutat di seputar promo? Dengan mengaplikasikan sistem membership dalam bisnis kamu, cek keuntungan yang akan kamu dapatkan seperti di bawah ini, deh! 

    Menarik Daya Beli

    Jika kamu menerapkan sistem membership yang berdasarkan keanggotaan kepada para konsumen loyal, pembeli dapat membeli produk menggunakan akses membership sehingga akan mendapat harga yang biasanya jauh lebih murah. 

    Bukan tidak mungkin, setelah perusahaan melakukan pemasaran dengan banyaknya promo, aktivitas ini akan menarik minat banyak pembeli baru yang juga tertarik untuk menjadi anggota.

    Angka Penjualan

    Ketika konsumen loyal itu menggunakan akses atau kartu membership, besar kemungkinan mereka juga akan membeli banyak barang dengan memanfaatkan kartu membership untuk mendapat harga produk yang jauh lebih murah. 

    Nah, kelihatan, kan, untungnya? Ketika pelanggan menggunakan akses membership untuk membeli banyak produk, perusahaan akan semakin mendapat cuan melalui pembelian tersebut.

    Fungsi Membership Bagi Perusahaan

    Tidak mungkin sebuah perusahaan menerapkan sistem keanggotaan jika tidak ada fungsinya. Betul, kan? Yuk, intip beberapa fungsi membership di bawah ini.

    Meningkatkan Loyalitas Customer

    Fungsi yang pertama tentu adalah untuk meningkatkan loyalitas para pembeli atau konsumen dan para klien atau mitra perusahaanmu. 

    Status membership perlu diberikan kepada klien atau customer suatu perusahaan agar mereka tetap setia dan tidak pindah ke perusahaan atau instansi kompetitor.

    Status member yang sudah diberikan dapat digunakan bagi para member untuk mendapat promo seperti potongan harga, harga khusus yang berulang tahun, atau untuk mendapatkan bonus dalam loyalty program. 

    Media Branding

    Selain memiliki fungsi untuk meningkatkan loyalitas, sistem membership juga berfungsi sebagai media branding

    Misalnya ketika para anggota tersebut merasa senang setelah mendapat banyak keuntungan dari mengikuti program membership, kemungkinan besar mereka akan menceritakannya kepada orang lain, kan?

    Akhirnya, karena kekuatan word of mouth yang berisi keuntungan dan cerita baik itulah tercipta citra positif perusahaan sehingga akan menarik banyak pelanggan baru.

    Para calon pelanggan atau calon konsumen itu merasa tidak perlu lagi untuk merasa ragu untuk mencoba menjadi klien maupun customer perusahaan yang memiliki citra baik tersebut.

    Menjaring Data Konsumen

    “Data will driven you to analyze the market.” Kalimat ini benar adanya.  

    Data merupakan hal yang penting dan sangat membantu dalam berbagai bidang, seperti menjalankan kegiatan untuk kampanye digital marketing

    Di era teknologi modern seperti ini, data akan sangat membantu dalam berbagai aspek. terutama dalam menganalisis pola pasar, target pasar, dan strategi dalam menjalankan digital marketing. 

    Dengan memberikan akses member kepada konsumen, perusahaan secara tidak langsung akan menyimpan data para anggota. 

    Hal ini tentunya bisa berguna untuk menyebarkan informasi mengenai promo menarik suatu produk atau beberapa produk sekaligus. Contohnya, perusahaan bisa mengirim email promosi atau mengadakan undian dengan hadiah menarik khusus para anggota.

     Dengan adanya membership program, pelanggan yang menjadi anggota akan menjadi loyal dan tetap menunggu program menarik lainnya dari produk atau layanan yang sering dipakainya.

    Keuntungan Membership untuk Anggota

    Sekarang saatnya kita bahas seputar keuntungan membership bagi para customer atau klien, yuk!

    a. Mendapatkan Diskon

    Para konsumen maupun klien yang memiliki kartu anggota bisa mendapatkan diskon harga barang dan jasa pada masa promo tertentu dengan ketentuan yang telah dibuat oleh perusahaan.

    Dengan menggunakan kartu ini, kamu sebagai seorang konsumen atau klien sudah ditandai sebagai member dan data kamu tidak akan tertukar dengan member lain.

    Hal ini bisa terjadi karena ketika kamu sudah mendaftar, kamu pun mendapatkan kode atau angka tertentu yang berbeda dengan member lainnya.

    b. Mendapatkan Poin

    Selain mendapatkan diskon, para klien atau customer juga bisa mendapatkan poin setiap selesai berbelanja. Jika telah terkumpul dalam jumlah tertentu, maka poin tersebut dapat ditukarkan dengan suatu produk atau suatu layanan.

    c. Mendapatkan Pelayanan Khusus

    Manfaat lainnya para pemegang kartu anggota juga bisa mendapatkan pelayanan khusus. Misalnya di sebuah minimarket para pengunjung bisa mendapatkan layanan pesan antar gratis jika berbelanja pada jumlah tertentu.

    Bagi anggota yang berbelanja minimal Rp50.000,- dapat layanan pesan antar gratis. Namun bila anggota berbelanja minimal Rp100.000,-, selain mendapatkan layanan pesan antar gratis, bisa mendapatkan satu produk tambahan dengan harga khusus atau bahkan gratis.

    Sistem pemberian manfaat di atas tentu berbeda-beda di suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Penjelasan di atas adalah ilustrasi manfaat. 

    Setiap perusahaan maupun institusi dapat membuat sistem penggunaan member card sesuai dengan tujuan kampanye perusahaan masing-masing.

    Membership Program

    Tujuan diadakannya membership program atau program keanggotaan pada dasarnya adalah memperkuat komitmen dari konsumen. 

    Jika kamu sebagai konsumen setia sudah dilibatkan oleh perusahaan dalam membership program, pastinya kamu akan memiliki rasa kepemilikan juga terhadap perusahaan. 

    Jika konsumen sudah merasa memiliki perusahaan dengan selalu menggunakan produk atau jasanya, tentunya konsumen rela untuk memberikan support bagi perusahaan. 

    Beberapa hal yang bisa diperoleh dari membership program antara lain sebagai berikut.

    1. Konsumen akan semakin mengerti dan paham tentang tujuan dan ruang lingkup organisasi perusahaan ketika mereka sudah bergabung ke komunitas khusus anggota pelanggan.
    2. Membership adalah salah satu langkah untuk membangun relationship lebih mendalam pada perusahaan. 

      Dengan adanya member yang loyal, perusahaan akan mudah mendapatkan brand-brand advocates di dalamnya. 

      Dengan adanya brand advocate yang memang sudah memiliki experience langsung, pastinya perusahaan akan lebih bisa berkembang pesat.

    3. Membership program dapat membantu perusahaan untuk menghasilkan profit yang pasti dan tetap tiap bulannya.
    4. Membership dan familiarity dengan perusahaan kemungkinan bisa berkembang ke arah kontribusi untuk berinvestasi pada perusahaan.
    5. Membership program untuk para pelanggan yang sukses dapat membantu untuk membangun organization credibility di hadapan para founder atau board member

    Alasannya adalah membership program yang sukses menjadi salah satu tolok ukur nilai advokasi dari perusahaan.

    Kesimpulan

    Membership card adalah kartu yang digunakan sebagai penanda dan diberikan oleh suatu perusahaan, institusi, lembaga maupun organisasi kepada para klien maupun anggota mereka.

    Dengan adanya membership card, perusahaan bisa memberitahu terkait produk atau layanan terbaru melalui data yang telah didapatkan ketika konsumen mendaftarkan diri menjadi member.

    Bagi perusahaan, institusi maupun lembaga, tidak semua klien dapat memiliki member card. Bagi perusahaan, institusi maupun komunitas, semakin banyak kartu member yang dibagikan akan semakin menguntungkan.

    Pertanyaan Terkait

    • Sebenarnya metode menarik konsumen menjadi member atau anggota termasuk salah satu jenis metode pemasaran yang sudah ada. Namun, perkembangan teknologi dan digital saat ini membuat bisnis yang menerapkan membership menjadi tren dan dapat menghasilkan keuntungan lebih cepat.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Metode Penyusutan Aktiva Tetap!
    Seiring waktu, aset tetap akan mengalami depresiasi. Untuk mengetahui biaya penggunaan aset, perlu metode penyusutan aktiva tetap. Ketahui caranya di sini!
    Negosiasi adalah: Pengertian, Contoh, Jenis, Ciri-Ciri
    Negosiasi adalah proses interaksi antara pihak-pihak yang berusaha menemukan titik temu. Pahami pengertian, tujuan, contoh negosiasi.
    Rumus Persentase, Cara Menghitung Beserta Contoh Penggunaanya
    Cara menghitung persen merupakan metode untuk mendapatkan sebuah nilai atau data. Pelajari juga tentang rumus persentase di excel, rumus persentase keuntungan.
    PT adalah: Menilik Pengertian dan Cara Membuat Perseroan Terbatas
    PT adalah kepanjangan dari perseroan terbatas, yaitu bentuk badan usaha yang dilindungi oleh hukum dengan modal yang terdiri dari saham.