Mesin Point of Sale, Pahami Keunggulan dan Cara Kerjanya!

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Salah satu alat yang telah merevolusi cara bisnis beroperasi adalah Mesin Point of Sale (POS). Di era digital yang terus berkembang, efisiensi dan kecepatan menjadi hal penting bagi kesuksesan bisnis ritel dan restoran. 

Mesin POS tidak hanya mempermudah transaksi, tetapi juga menyediakan solusi menyeluruh untuk manajemen inventaris, pelaporan penjualan, dan analisis data. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkannya, tidak heran jika mesin POS menjadi andalan bagi bisnis kecil hingga besar dalam meningkatkan produktivitas dan kepuasan pelanggan. 

Artikel ini akan mengupas tuntas tentang mesin Point of Sale. Mulai dari cara kerja, keunggulan, hingga pilihan merek dan harga yang beragam. Sehingga dapat memberikan panduan lengkap untuk kamu yang ingin memahami lebih dalam teknologi ini.

Apa Itu Mesin Point of Sale?

Mesin Point of Sale (POS) adalah sistem yang digunakan oleh bisnis untuk memfasilitasi transaksi penjualan. Mesin ini berfungsi sebagai titik terakhir interaksi antara pembeli dan penjual. Tepatnya saat pembeli sudah melakukan pembayaran dan pihak penjual (kasir) sudah melakukan pencatatan transaksi. 

Sistem POS modern tidak hanya mencakup perangkat keras (hardware) seperti terminal kasir dan printer tanda terima. Tetapi juga perangkat lunak (software) yang membantu kamu, sebagai pemilik bisnis, dalam mengelola inventaris, melacak transaksi penjualan, dan analisis data bisnis.

Terdiri dari bagian apa saja mesin POS sehingga bisa memudahkan kinerja bisnis? Inilah bagian-bagian mesin POS yang perlu kamu ketahui: 

1. Perangkat Keras (Hardware)

  • Komputer POS: Ini adalah unit utama yang mengendalikan seluruh sistem dan cara kerja mesin POS. Bisa berupa PC atau tablet yang terhubung dengan perangkat keras lainnya.

  • Pemindai Barcode: Alat untuk membaca kode-kode barcode pada produk, memastikan akurasi data.

  • Printer Tanda Terima: Berfungsi untuk mencetak bukti pembelian untuk pelanggan.

  • Laci Kas: Tempat penyimpanan uang tunai dan koin pada mesin POS kasir. Biasanya terhubung dengan sistem komputer POS untuk membuka otomatis saat transaksi tunai selesai.

  • Terminal Pembayaran: Digunakan untuk memproses pembayaran kartu kredit/debit dan metode pembayaran elektronik lainnya.

  • Layar Sentuh (Touchscreen Monitor): Digunakan oleh kasir untuk mengoperasikan sistem POS dengan mudah.

2. Perangkat Lunak (Software)

  • Sistem Manajemen Penjualan: Mencatat semua transaksi penjualan, mengelola harga, dan menyediakan diskon.

  • Manajemen Inventaris: Melacak stok barang, mengelola tingkat persediaan, dan memberikan peringatan saat stok hampir habis.

  • Pelaporan dan Analitik: Menyediakan laporan penjualan harian, mingguan, dan bulanan, serta analisis performa bisnis.

  • Integrasi Pembayaran: Mengelola berbagai metode pembayaran, termasuk tunai, kartu kredit/debit, dan pembayaran digital.

  • Customer Relationship Management (CRM): Mengelola data pelanggan, riwayat pembelian, dan program loyalitas.

3. Jaringan dan Koneksi

  • Router dan Internet: Mesin POS kasir memerlukan koneksi internet diperlukan untuk integrasi dengan sistem berbasis cloud. Termasuk pembayaran online dan update perangkat lunak.

  • Kabel dan Konektor: Menghubungkan berbagai komponen perangkat keras dalam sistem POS.

Baca Juga: Meningkatkan Efisiensi Bisnis dengan Mesin Kasir Android

Bagaimana Cara Kerja Mesin POS?

Meskipun mesin Point of Sale (POS) tampak sederhana di permukaan, teknologi di baliknya adalah hasil dari integrasi berbagai komponen canggih. Komponen-komponen yang bekerja sama untuk memastikan transaksi berjalan lancar dan efisien. 

Memahami cara kerja mesin POS dapat memberikan informasi yang lebih baik tentang bagaimana alat ini mendukung operasional bisnis sehari-hari. Berikut adalah urutan cara kerjanya.

1. Pemindai Barcode

Pemindai (scanner) barcode fungsinya adalah untuk membaca kode-kode pada produk. Ketika scanner memindai barcode, informasi produk seperti nama, harga, dan stok akan muncul di layar kasir.

2. Layar Kasir

Layar kasir adalah antarmuka utama yang digunakan oleh kasir untuk memproses transaksi. Layar pada mesin POS kasir ini akan menampilkan informasi produk, total pembelian, dan instruksi untuk pembayaran.

3. Printer Tanda Terima

Printer ini digunakan untuk mencetak tanda terima atau struk pembayaran bagi pelanggan. Tanda terima atau struk tersebut mencantumkan rincian pembelian, harga, total pembayaran, dan informasi toko.

4. Laci Kas

Laci kas adalah tempat penyimpanan uang tunai. Laci ini biasanya terhubung dengan sistem POS dan akan terbuka secara otomatis ketika transaksi tunai selesai.

5. Terminal Pembayaran

Terminal ini digunakan untuk memproses pembayaran non-tunai seperti kartu kredit dan debit. Terminal ini biasanya terintegrasi dengan sistem POS untuk memastikan transaksi yang lancar dan cepat.

6. Perangkat Lunak POS

Perangkat lunak POS adalah otak dari seluruh sistem. Perangkat lunak ini mengelola berbagai fungsi seperti penjualan, manajemen inventaris, pelaporan, dan integrasi dengan sistem lain.

Baca Juga: mPOS: Ketahui Manfaatnya Bagi Bisnismu!

Keunggulan Mesin Point of Sale

Mesin Point of Sale (POS) telah menjadi tulang punggung bagi banyak bisnis ritel dan restoran, mengubah cara mereka beroperasi dan berinteraksi dengan pelanggan. Dengan kemampuannya yang canggih, mesin POS tidak hanya membantu dalam memproses transaksi dengan cepat dan efisien, tetapi juga menawarkan berbagai fitur tambahan yang dapat meningkatkan keseluruhan operasional bisnis. 

Beberapa keunggulan dari mesin Point of Sale adalah:

1. Efisiensi dan Kecepatan Transaksi

Cara kerja mesin POS adalah untuk mempercepat proses transaksi. Dengan menggunakan pemindai barcode dan sistem pembayaran elektronik, kasir dapat memproses pembayaran dengan lebih cepat dan akurat. Ini akan mengurangi waktu tunggu bagi pelanggan dan meningkatkan kepuasan mereka.

2. Akurasi yang Tinggi

Dengan menggunakan teknologi pemindai barcode dan input data yang otomatis, dapat meminimalisir terjadinya kesalahan manusia (human error). Hal ini sangat penting untuk menghindari kesalahan penjualan yang dapat merugikan bisnis.

3. Manajemen Inventaris yang Lebih Baik

Perangkat lunak POS biasanya dilengkapi dengan fitur manajemen inventaris. Ini akan sangat memudahkan kamu untuk melacak stok barang secara real-time, sehingga dapat mengetahui kapan harus mengisi ulang stok dan menghindari kehabisan barang yang menjadi favorit pelanggan.

4. Laporan Penjualan yang Detail

Keunggulan dari mesin point of sale lainnya adalah mampu menghasilkan laporan penjualan yang detail dan mudah dipahami. Kamu dapat memantau performa penjualan harian, mingguan, atau bulanan, serta mengidentifikasi produk mana yang paling laku atau sebaliknya.

5. Integrasi dengan Sistem Lain

Sistem POS modern dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak lain seperti akuntansi, manajemen pelanggan (CRM), dan sistem pembayaran online. Sehingga lebih praktis dalam menjalankan operasional bisnis secara lebih terkoordinasi dan efisien.

6. Tingkat Keamanan yang Lebih Tinggi

Mesin POS menyediakan berbagai fitur keamanan seperti otentikasi pengguna dan enkripsi data. Fitur ini akan membantu melindungi data transaksi dari potensi ancaman keamanan seperti pencurian identitas atau penipuan.

Baca Juga: Program POS Kasir: Solusi Terbaik untuk Mengelola Bisnis Kamu

Referensi Harga dan Merek Mesin Point of Sale

Harga dan merek mesin Point of Sale bervariasi tergantung pada fitur yang ditawarkan, kualitas perangkat keras, dan perangkat lunak yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa merek terkenal dan perkiraan harganya sebagai bahan referensi untuk kamu:

1. Mesin Kasir Android JOVS

Mesin kasir ini menyediakan paket lengkap yang terdiri dari berbagai perangkat seperti tablet 7 inci, printer thermal, laci kas, dan lainnya. Mesin kasir ini sangat cocok untuk berbagai jenis usaha, terutama bagi bisnis kuliner yang menginginkan paket paling terjangkau. Harga di pasaran adalah sekitar Rp1.998.000

2. Advan Harvard 01 Smart Mobile POS

Kalau kamu mencari mesin Point of Sale kasir berukuran kecil, kamu sebaiknya mempertimbangkan produk ini. Meski berukuran mungil, Harvard 01 Smart Mobile POS memiliki layar yang cukup besar, sehingga memudahkan kamu dalam memproses transaksi karena detail transaksi dapat terlihat jelas. 

Selain itu, layarnya sangat tajam. Mesin sudah lengkap dengan kamera beresolusi 5 MP, jadi perangkat ini mampu memindai dengan akurat. Proses pemindaian barcode atau QR code pun menjadi lebih lancar. Kamu bisa mendapatkan mesin ini dengan harga Rp1.870.000.

3. Android POS Machine mesin kasir iMin D4 503

Mesin kasir dari iMin menghadirkan revolusi dalam pengalaman transaksi bisnis. Dengan processor Quad-Core ARM Cortex-A17 32-bit 1.8G, layar HD 15,6 inci, dan printer thermal terintegrasi, produk ini menawarkan kenyamanan dan efisiensi dalam pencatatan penjualan. 

Dilengkapi dengan dukungan Bluetooth, iMin D4 503 sangat cocok untuk pemilik bisnis kecil hingga menengah yang mengutamakan kecepatan dan ketepatan. Dengan mesin ini, kamu bisa memastikan pengelolaan transaksi yang lancar dan meningkatkan produktivitas operasional. Harga jualnya juga masih ramah di kantong, sekitar Rp7.599.000.

Kesimpulan

Mesin Point of Sale adalah elemen penting dalam operasional bisnis modern. Dengan menggunakan teknologi ini, kamu dapat meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kepuasan pelanggan. Berbagai merek dan model mesin POS tersedia di pasaran, masing-masing dengan fitur dan harga yang berbeda-beda, sehingga kamu dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnismu. 

Pastikan kamu memilih majoo sebagai aplikasi POS pendukung operasional bisnismu. Dengan majoo, kendali bisnis dapat kamu jalankan dengan lebih mudah dan praktis, sehingga menjadi solusi yang canggih dan komprehensif bagi berbagai jenis bisnis yang kamu jalankan. Coba pakai majoo sekarang, yuk!

Sumber:

  • https://blog.plugo.co/id/istilah-bisnis/point-of-sale-pos/
  • https://id.my-best.com/138826

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo