Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    mPOS: Ketahui Manfaatnya Bagi Bisnismu!

    Untuk kemudahan pemrosesan transaksi, kamu bisa menggunakan mPOS atau mobile point of sale.

    Seiring dengan perkembangan teknologi, makin banyak pemilik usaha yang menyadari pentingnya aplikasi point of sale (POS). Nah, kini muncul inovasi berikutnya, yaitu mPOS atau mobile point of sale.

    Baca juga: Mengenal Definisi Point of Sale dan Manfaatnya Bagi Bisnis

    Sebenarnya, apa itu mPOS dan apa manfaatnya bagi bisnismu? Simak artikel ini sampai selesai untuk menemukan jawabannya!

    Pengertian mPOS

    mPOS adalah perangkat seluler seperti smartphone atau tablet yang di dalamnya terdapat sistem kasir online atau terminal POS nirkabel. Meskipun diartikan demikian, bukan rahasia lagi bahwa fitur sistem POS secara keseluruhan lebih dari sekadar mesin kasir.

    Adapun sistem mobile POS umumnya memerlukan koneksi internet untuk memproses transaksi. Di sisi lain, ada juga penyedia sistem POS yang menawarkan fitur offline mobile POS. Dengan kata lain, kamu tetap bisa memproses transaksi walaupun tidak ada koneksi internet.

    Di samping konektivitasnya, kompatibilitas mobile POS juga beragam. mPOS android merupakan sistem perangkat yang paling lazim kamu jumpai di pasaran. Akan tetapi, kamu juga dapat menemukan aplikasi POS yang kompatibel dengan sistem iOS.

    Perbedaan mPOS dengan Mesin Kasir Konvensional

    Menggantikan perangkat kasir konvensional yang besar dan berat, mesin mPOS hadir dengan tampilan dan sistem yang lebih ringkas. Cukup dengan smartphone atau tablet, kamu sudah bisa memiliki sistem yang mempermudah hampir seluruh aspek pengelolaan bisnis.

    Berbeda dengan mesin kasir konvensional, mobile POS menawarkan kemudahan akses. Pemilik usaha bisa mengakses data bisnis dan memantaunya, bahkan saat tak berada di gerai bisnis.

    Dari sisi pembayaran, mobile POS juga menawarkan berbagai kemudahan. Opsi cashless dan cardless tersedia dalam metode pembayaran dengan sistem POS. Kemudahan di berbagai aspek membuatmu bisa mengelola bisnis secara efektif dan efisien.

    Manfaat mPOS Bagi Bisnis

    Para pemilik usaha tentu tak akan menerapkan suatu sistem di dalam bisnisnya bila tidak menguntungkan bagi bisnis. Nah, penggunaan mobile POS termasuk sangat menguntungkan sebab bisa mempermudah proses transaksi. 

    Tidak hanya itu, masih ada beberapa manfaat mPOS bagi bisnis. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini!

    1. Proses Transaksi Lebih Cepat

    Sebagai konsumen, apakah kamu pernah batal bertransaksi karena antrean kasir yang terlalu panjang? Sebagian dari kamu mungkin menjawab pernah.

    Mari kita lihat fenomena tersebut dari sudut pandang pemilik usaha. Kejadian seperti di atas tentu merugikan dan menjadi opportunity cost bagi bisnis. Padahal, antrean yang panjang dan lama tidak perlu terjadi bila transaksi bisa diproses dengan cepat.

    Kabar baiknya, penggunaan mobile POS bisa mencegah adanya antrean di kasir sebab proses transaksi lebih efisien. Staf kasir tinggal memasukkan jumlah produk atau layanan yang dibeli ke dalam mobile POS. 

    Sistem POS akan menghitung secara otomatis sehingga saat konsumen yang bersangkutan telah selesai dan akan membayar, kasir tinggal menyebutkan total pembelanjaan konsumen. Konsumen bisa langsung membayarnya dengan metode pembayaran pilihannya.

    Praktis dan cepat, bukan? Perlu diingat, mengantre di kasir berisiko mengurangi kepuasan pelanggan, lho! Karena itu, upaya mempercepat proses transaksi cukup krusial bagi bisnis yang ingin memiliki banyak pelanggan setia.

    2. Meminimalkan Kesalahan

    Seperti yang sudah diketahui, kamu atau staf kasir perlu menginput nominal secara manual di mesin kasir konvensional. Karena itu, kekeliruan memasukkan harga sangat mungkin terjadi.

    Langkah tersebut tentu tidak perlu dilakukan di mesin mPOS. Harga produk atau layanan sudah ada dalam database sistem POS sehingga kamu tinggal mengeklik produk dan memasukkan jumlah pesanan.

    Saat proses pembayaran, sistem juga akan melakukan verifikasi untuk memastikan jumlah dan nominal transaksi sesuai dengan data pesanan awal.

    Dengan begitu, kesalahan pencatatan transaksi pun sangat minimal. Bisnismu tak akan mengalami kerugian tak perlu lagi akibat kekeliruan input transaksi.

    3. Menyediakan Nota atau Setruk Digital

    Manfaat lain dari penggunaan mPOS ialah kamu bisa menyediakan nota atau setruk digital. Bukti transaksi bisa kamu kirimkan ke email konsumen. Dilihat dari sisi efisiensi, cara ini lebih praktis daripada mencetak nota kertas.

    Bagi bisnis nota digital lebih efisien sebab menghemat biaya operasional untuk printer dan kertas. Lebih dari itu, penggunaan setruk digital juga lebih menguntungkan bagi lingkungan karena tak ada pemakaian kertas.

    Lalu, baik bisnis maupun konsumen bisa menyimpan nota digital dalam waktu lama. Konsumen yang memiliki pencatatan keuangan rapi tentu akan senang dengan fasilitas ini. 

    Sementara itu, bisnis bisa menyimpan data riwayat transaksi secara akurat yang berguna untuk pengambilan keputusan bisnis pada masa yang akan datang.

    Baca juga: Mengapa Bisnis Ritel Perlu Pakai Struk Belanja Digital?

     Ada banyak manfaat mPOS bagi bisnis, mulai dari mempercepat proses transaksi hingga menyimpan informasi pelanggan.

    4. Simpan Informasi Pelanggan

    Seperti telah disebutkan dalam poin sebelumnya, mPOS dapat mengirimkan nota digital ke email pelanggan. Biasanya, staf kasir akan meminta informasi email tersebut dan sistem akan menyimpannya.

    Selain itu, sistem juga menyimpan detail dan riwayat transaksi pelanggan. Dengan begitu, kamu bisa memiliki informasi produk yang sering dipesan oleh pelanggan dan frekuensi pelanggan berbelanja.

    Dari rangkuman informasi tersebut, kamu akan memperoleh gambaran besar tentang produk yang banyak diminati serta produk yang kurang laku. Insight tersebut tentu akan bermanfaat dalam pengambilan keputusan bisnis.

    5. Promosi Lebih Mudah

    Umumnya, sistem mobile POS dilengkapi fitur promosi atau pemasaran. Bahkan dengan sistem mobile POS promosi bisnis bisa jadi lebih mudah.

    Kamu bisa membuat kampanye marketing dengan lebih mudah, misalnya mengirimkan SMS atau email marketing dari dashboard aplikasi POS. 

    Menariknya lagi, SMS marketing tidak hanya bisa kamu kirimkan kepada pelanggan, tetapi juga kepada nomor lain atau calon konsumen. Dengan demikian, kamu membuka peluang untuk menarik konsumen baru.

    Di samping kampanye pemasaran, kamu juga dapat mengelola program-program promosi melalui mobile POS. Mulai dari promosi dalam bentuk poin, voucer, hingga potongan harga bisa dikelola dari aplikasi POS.

    Membangun basis pelanggan setia jadi lebih efektif dan efisien, bukan? Ditambah lagi, kamu juga dapat mengelola program membership konsumen dari aplikasi tersebut.

    6. Pantau Bisnis secara Real Time

    Penggunaan mobile POS berbasis cloud membantu pemilik usaha untuk memantau bisnisnya dari mana saja dan kapan saja.

    Setiap transaksi penjualan akan langsung tercatat, pengurangan stok karena adanya penjualan pun otomatis tercatat, dan seluruhnya dapat ditarik dalam bentuk laporan. Dengan kata lain, kamu bisa melihat situasi bisnis secara real time.

    Fitur seperti ini tentu sangat berguna, terutama bagi kamu yang memiliki banyak bisnis atau satu bisnis dengan banyak cabang. Tak perlu khawatir lagi bila tak bisa mengawasi bisnis langsung di gerai sebab kamu selalu bisa memantaunya dari mobile POS.

    Manfaat pembaruan data real time ialah kekeliruan tak akan terjadi berlarut-larut. Apabila terjadi kesalahan, kamu bisa segera mengetahui dan mencari solusinya saat itu juga.

    7. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

    Seperti telah disebutkan sebelumnya, kepuasan pelanggan salah satunya dipengaruhi oleh kecepatan proses transaksi. Makin lama proses transaksi, kemungkinan pelanggan merasa tidak puas makin besar. 

    Karena itu, penggunaan aplikasi yang bisa mempercepat proses transaksi seperti mobile POS dapat membantu memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

    Lebih dari itu, pengalaman pelanggan pun akan terasa lebih menyenangkan dengan adanya berbagai loyalty program yang bisa dikelola melalui mobile POS.

    Baca juga: Apa Itu Customer Experience? Simak Pengertian dan Contohnya!

    Apakah bisnismu sudah menggunakan mobile POS? Kalau kamu masih mencari sistem POS untuk bisnismu, pastikan kamu memilih mPOS dengan fitur lengkap seperti majoo.

    majoo adalah aplikasi wirausaha lengkap yang akan membantu para pemilik usaha mengelola bisnisnya secara efisien. 

    Tersedia berbagai fitur bermanfaat yang bisa kamu gunakan dalam aplikasi majoo, mulai dari fitur kasir online, manajemen inventory, manajemen karyawan, hingga laporan keuangan. Yuk, coba majoo sekarang!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Marketing Mix 7P: Pentingnya Implementasi Dalam Bisnis
    Strategi marketing mix perlu diimplementasikan oleh perusahaan untuk memenuhi target penjualan produk guna mendapatkan profit yang optimal.
    Bank Garansi adalah: Contoh, Tujuan, Fungsi
    Berbeda dari banyak bank lain yang kita kenal, bank garansi adalah bentuk jaminan dari bank yang bisa dimanfaatkan untuk kembangkan bisnis. Apa maksudnya?
    5 Contoh Surat Pengalaman Kerja
    Bermaksud pindah kerja? Siapkan satu jenis surat penting sebagai penunjangnya. Surat pengalaman kerja biasanya tidak perlu dilampirkan bersama CV.
    Laporan Keuangan Perusahaan Jasa: Kenali Jenis & Contohnya!
    Tak hanya perusahaan dagang, bisnis yang bergerak di sektor jasa pun perlu membuat laporan keuangan perusahaan jasa. Yuk, kenali jenis dan contohnya!