Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    7 Cara Membuat Mind Mapping yang Menarik dan Informatif

    Tujuan mind mapping bisnis untuk memudahkan seseorang dalam melihat rancangan bisnisnya.

    Mind mapping adalah salah satu teknik pemetaan ide yang dianggap bisa memaksimalkan seluruh potensi otak dan membantu orang untuk meningkatkan daya ingatnya. Di sisi lain, mind mapping juga memudahkan dalam proses pencatatan karena hanya perlu menuliskan kata kunci sebagai poin-poin pentingnya.

    Untuk lebih jelasnya, yuk, simak penjelasan lebih lengkap seputar pengertian hingga cara membuat mind mapping

    Apa itu Mind Mapping Bisnis?

    Apakah kamu sudah familiar dengan metode mind mapping dalam bisnis? Metode mind mapping tidak hanya digunakan pelajar atau mahasiswa untuk belajar, tapi juga bisa digunakan untuk mengambil keputusan bisnis, lho!

    Mind mapping adalah sebuah teknik yang menggabungkan otak bagian kanan dan kiri untuk menerima berbagai macam ide baru. Visual yang dibuat dalam mind mapping dapat membantu kamu untuk mengatur informasi yang baru diterima dan menentukan tema besar yang ada dalam pembahasan tersebut.

    Tujuan dari mind mapping bisnis sendiri yakni agar memudahkan seseorang untuk melihat rancangan bisnisnya sehingga dia dapat mengambil suatu keputusan bisnis yang lebih baik. Secara umum, mind mapping akan membantu kamu membaca dan mempresentasikan sebuah konsep dalam bisnis lebih singkat dan akurat. Karena itu, mind mapping kerap digunakan dalam dunia bisnis, untuk keperluan meeting dan sesi brainstorming.

    Menurut Tony Buzan (2009:6), indikator mind mapping antara lain merencanakan, berkomunikasi, menjadi lebih kreatif, menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran-pikiran, mengingat dengan lebih baik, pemahaman ide menjadi lebih cepat dan efisien, dan melatih visual secara keseluruhan.

    Adapun kelebihan dan kekurangan mind mapping adalah sebagai berikut.

    Kelebihan mind mapping

    • Menghubungkan ide;
    • Mempelajari konsep baru;
    • Belajar lebih menyenangkan;
    • Memahami ide-ide kompleks.

    Kekurangan mind mapping

    • Terlalu rumit;
    • Waktu terbuang untuk mencari kata kunci pengingat;
    • Pembuatannya membutuhkan waktu lama.


    Salah satu kelebihan mind mapping yakni dapat memahami ide-ide yang kompleks. 

    Pengertian Mind Mapping Menurut Para Ahli

    Sebelum beranjak ke pembahasan contoh dan cara membuat mind mapping, kamu perlu mengetahui pengertian mind mapping menurut para ahli seperti berikut ini.

    Tony Buzan

    Seorang pakar ahli dan penulis dalam bidang psikologi, kreativitas dan pengembangan diri bernama Tony Buzan menyatakan bahwa arti mind mapping adalah sebuah cara yang dilakukan untuk mengembangkan aktivitas pola pikir dari yang semula hanya bergerak satu arah menjadi ke berbagai arah serta dapat melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.

    Mind mapping berperan penting dalam pengembangan pola pikir yang beragam dan kreativitas. Konsep mind mapping ini dianggap menjadi salah satu alat yang efektif dalam membantu cara berpikir seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih jika digunakan untuk memahami materi yang rumit baik itu dalam pelajaran ataupun pekerjaan.

    Melvin L. Silberman

    Menurut pendapat dari Melvin L Silberman bahwa mind mapping adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh seorang murid kreatif dalam memahami serta menghasilkan ide dari pelajaran yang sedang dipelajarinya. Siswa tersebut menggunakan cara ini untuk merekam setiap materi yang disampaikan dan menyusun sebuah rencana baru.

    Boby De Porter dan Mike Hernacki

    Sedangkan menurut Porter dan Hernacki, arti mind mapping adalah sebuah cara yang digunakan untuk mencatat sesuatu dengan cara yang lebih kreatif dan efektif. Dalam prakteknya, orang yang menggunakan metode mind mapping ini akan memanfaatkan citra visual serta prasarana grafis yang lain untuk membantu mengingat serta memaksimalkan kinerja dalam otak.

    Femi

    Menurut Femi, arti mind mapping adalah metode yang digunakan untuk memanfaatkan fungsi keseluruhan dalam otak dengan menggunakan visual yang lebih mudah untuk dipahami.

    Metode ini akan memberikan dorongan pada kedua otak (otak kiri dan otak kanan) untuk memproses gambaran dari visual dan memberikan insight mengenai cara memandang suatu masalah lebih dari satu sisi sudut pandang.

    Ausubel

    Menurut Ausubel, arti mind mapping adalah metode untuk menjelaskan hubungan antar sebuah konsep yang nantinya membentuk proposisi. Proposisi merupakan gabungan dari dua atau lebih konsep yang kemudian dihubungkan dengan kata-kata dalam satu unit semantik.

    Baca juga: Konsep Bisnis yang Perlu Dipahami Pebisnis 

    Manfaat Mind Mapping untuk Bisnis

    Setelah mengetahui pengertiannya, kamu juga perlu mengetahui manfaat menggunakan mind mapping untuk bisnis. Beberapa manfaat mind mapping untuk bisnis ini, antara lain: 

    Membuat Catatan yang Lebih Efektif

    Bukan hanya kegiatan belajar, dalam bisnis pun kamu akan tetap sering mencatat. Sayangnya, 90% isi catatan biasa seringkali terlupakan dalam waktu kurang dari 24 jam. Dengan membuat mind mapping kamu bisa mengurangi risiko tersebut.

    Mind mapping akan mencegahmu membuat catatan yang berlebihan sehingga pikiran bisa bekerja lebih cepat untuk menangkap informasi dan mempelajari ide berikutnya. Selain itu, penggunaan warna dan kata kunci yang tepat akan membuatmu dapat mengingat isi catatan secara efektif dan efisien.

    Membantu Brainstorming Ide dan Konsep Bisnis

    Dengan membuat mind mapping dapat membantu kamu dan tim untuk berpikir asosiatif. Cara ini akan sangat membantu ketika proses brainstorming dalam mengembangkan ide dan konsep yang awalnya kurang jelas.

    Cara ini bisa memudahkanmu dalam menjaring ide dari setiap anggota tim yang kamu miliki di perusahaan.

    Penggunaan kata yang relatif singkat dalam membuat mind mapping membuat semua orang lebih mudah dalam menuangkan ide, sehingga anggota tim yang selama ini enggan untuk menyuarakan isi pikiran pun akan bersedia membuka suara di depan semua orang.

    Membantu Mengomunikasikan Ide-Ide yang Lebih Jelas

    Ketika melakukan sebuah presentasi, tujuan utamamu adalah membuat semua anggota meeting memahami ide atau konsep yang kamu presentasikan, bukan?

    Dengan mind mapping kamu dapat mengatur segala informasi dan menatanya sedemikian rupa sehingga mudah ditangkap oleh anggota meeting.

    Pembuatan mind mapping juga sangat membantu kamu dalam memahami konsep atau masalah yang kompleks. Karena itu, penggunaan metode mind mapping sangat tepat untuk diterapkan dalam manajemen proyek, rapat, dan kegiatan bisnis lainnya.

    Meningkatkan Produktivitas

    Manfaat membuat mind mapping untuk bisnis lainnya yakni untuk memudahkan kamu dalam memvisualisasikan langkah-langkah yang diperlukan dalam suatu proyek. Melalui mind mapping kamu bisa dengan mudah menimbang langkah yang bisa ditingkatkan dan harus segera diselesaikan.

    Selain itu, mind mapping juga memudahkanmu dalam menentukan tugas dan keputusan yang menjadi prioritas. Dengan mengetahui tugas dan tujuan yang menjadi prioritas, kamu bisa mengatur waktu lebih baik dan meningkatkan efisiensi dalam bekerja.

    Meningkatkan Ketelitian Dalam Menyusun Informasi

    Selama proses pembuatan mind mapping, kamu telah melatih kemampuanmu dalam mengatur informasi secara tidak langsung, lho! Kamu juga bisa dengan mudah mengelompokkan informasi sesuai tema dan tujuan. Dengan ini, kamu akan terbiasa menyusun informasi dengan rapi dan tertata.

    Mengasah Kreativitas

    Penggunaan warna, pemilihan jenis media, dan lainnya bukan hanya bertujuan untuk memudahkanmu dalam menyusun mind mapping.

    Hal tersebut juga mendukungmu dalam meningkatkan kreativitas karena kamu akan berusaha menjadi kreatif agar mendapatkan hasil yang menarik.

    Selama proses tersebut, kamu akan banyak bermain dengan warna, gambar, hingga mencari ide terbaik untuk merangsang otakmu agar bekerja secara kreatif. Dari situlah mind mapping membantumu mengasah kinerja otak dan meningkatkan kreativitas.

    Menghemat Waktu dalam Memahami Ide

    Dengan membuat dan menggunakan mind mapping, kamu dan tim dapat memahami suatu ide dengan cepat dan tepat. Bahkan untuk mempelajari ulang, kamu hanya akan membutuhkan waktu yang singkat. Dengan adanya banyak waktu yang tersisa, kamu bisa mempelajari lebih banyak hal-hal lain.

    Baca juga: Roadmap adalah: Pengertian, Contoh, Cara Membuat

    Jenis-Jenis Mind Mapping

    Berikut ini beberapa jenis mind mapping, yakni:

    Flow Map

    Flow map adalah bentuk yang paling umum digunakan ketika menyusun mind mapping. Kamu bisa menggunakan bentuk ini ketika sedang mengidentifikasi suatu ide, konsep, atau masalah dalam bisnismu.

    Dengan bentuk flow map, kamu bisa jadi lebih mudah dalam merangkai atau mengelompokkan ide dengan turunannya.

    Mind mapping jenis ini umumnya disusun dengan kolom-kolom berisi ide tertentu kemudian dihubungkan dengan ide turunannya dalam bentuk cabang-cabang. Biasanya disusun dalam bentuk horizontal maupun vertikal dengan alur tertentu sesuai jumlah cabang atau turunannya.

    Circle Map

    Jenis mind mapping kedua adalah circle map yang sangat cocok digunakan ketika kamu melakukan brainstorming untuk menentukan konsep secara detail.

    Mind mapping jenis ini sangat membantu ketika kamu ingin mengidentifikasi suatu konsep yang paling tepat di antara beragam ide yang telah kamu kumpulkan.

    Sebagai contoh, kamu ingin membuat jenis produk baru dari kosmetik yang kamu jual. Dengan circle map, kamu bisa lebih mudah mengelompokkan berbagai ide terkait jenis produk baru tersebut. Mulai dari jenis, varian, tingkat peminat, hingga membangun buyer persona.

    Bubble Map

    Jenis terakhir mind mapping adalah bubble map yang seperti namanya bahwa jenis ini memiliki bentuk seperti gelembung-gelembung. Jenis mind mapping ini sering digunakan untuk menjelaskan suatu konsep atau ide secara keseluruhan tapi sekaligus membuatnya tampak sesingkat mungkin.

    Pada jenis ini, konsep utama yang digambarkan adalah gelembung atau lingkaran dengan ukuran besar. Dari lingkaran besar ini dihubungkan ke lingkaran lebih kecil berisi subtema, dan lingkaran yang lebih kecil untuk menjelaskan sub tema. Buatlah gelembung sesuai dengan kata-kata dari ide atau konsep yang tengah dipetakan, ya.

    Misalnya saja kamu ingin membuat mind mapping menggunakan jenis bubble map, kamu bisa menempatkan jenis bisnis yang kamu geluti dalam lingkaran paling besar. Kemudian bagian-bagian penting dari bisnis bisa kamu tempatkan pada lingkaran yang lebih kecil yang terhubung dengan lingkaran utama. Begitu seterusnya hingga kamu mendapat pemetaan hasil yang detail.

    Baca Juga: Jalankan Usaha dengan Strategi Bisnis Model Canvas 

    Cara Membuat Mind Mapping

    Bagi kamu yang belum memahami cara membuat mind mapping, silahkan simak panduan cara membuat mind mapping berikut ini.

    1. Topik Utama

    Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu menentukan topik utama. Topik utama ini dapat berasal dari masalah yang ingin diselesaikan, maupun faktor lainnya.

    Dengan menetapkan topik utama, kamu akan mendapatkan kata kunci yang akan digunakan sebagai fokus pemikiran. Kata kunci ini biasanya terdiri dari 1-3 kata. Kamu bisa mengawali pemilihan topik dalam arti yang luas, ya.

    2. Buat Cabang Berdasarkan Topik Utama

    Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat cabang dari topik utama. Kamu perlu mencari beberapa ide yang berkaitan erat dengan topik utama tersebut.

    Misalnya kamu menggunakan topik komunikasi, cabang yang kamu buat bisa terdiri dari verbal dan nonverbal. Kamu bisa membuat cabang dengan melakukan identifikasi terhadap jenis atau bagian lain yang berkaitan dengan topik utama.

    3. Uraikan Cabang Utama Dalam Beberapa Sub Topik

    Setelah mendapatkan ide untuk cabang utama, cara membuat mind mapping yang harus diterapkan adalah menguraikannya ke dalam beberapa sub topik.

    Kamu bisa menentukan beberapa ide yang memiliki ruang lingkup lebih kecil sehingga bisa dijadikan sebagai ranting dari cabang utama.

    4. Buat Garis Untuk Menghubungkan Ide

    Ketika sudah menentukan beberapa sub topik, kamu bisa menggunakan garis untuk menghubungkannya. Dengan menggunakan komponen garis, kamu bisa semakin mudah untuk membaca dan memahami isi mind mapping yang kamu buat.

    Kamu bisa menggambar garis mulai dari topik utama hingga sub topik yang paling spesifik. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman melalui visual atau gambar.

    5. Gunakan Warna Penghubung Pada Setiap Sub Topik

    Cara membuat mind mapping yang bagus adalah dengan menambahkan warna. Untuk dapat memahami setiap ide yang terdapat pada sub topik, kamu bisa menggunakan warna pada bagian garis penghubung atau gambarnya.

    Dengan begitu, alur pengelompokan dapat terlihat lebih jelas dan mudah dipahami. Kamu bisa menentukan sendiri warna yang akan digunakan. Pilihlah beberapa warna sesuai dengan sub topik yang digunakan agar lebih identik dan mudah dibaca, ya.

    6. Kembangkan Sub Topik

    Ketika menjabarkan sub topik, kamu mungkin akan menemukan berbagai ide yang saling berhubungan. Namun, kamu perlu memilihnya dengan baik. Sebab, mind mapping yang efektif harus memiliki ide yang berkaitan erat dengan sub topik.

    Meskipun memiliki banyak ide, kamu bisa memilih beberapa diantaranya yang paling berkaitan dengan sub topik, ya. Hal tersebut dibutuhkan untuk mencegah kamu memasukan ide yang tidak dibutuhkan. Pilihlah ide yang paling relevan sehingga alurnya dapat dibaca dengan benar.

    7. Tambahkan Catatan

    Dengan memberikan catatan kecil pada mind mapping membuat kamu tidak lupa pada setiap ide yang sudah kamu tuangkan ke mind mapping tersebut.

    Bukan hanya sebagai pengingat, tapi catatan tersebut dapat menjadi sebuah keterangan ide yang dianggap sulit atau cukup kompleks. Dengan begitu, kamu bisa mengingatnya dengan lebih baik.

    Contoh Mind Mapping Bisnis yang Simple

    Mind mapping yang dibuat sederhana dibuat dalam waktu yang singkat. Pembuatan mind mapping sederhana disusun dengan tetap mengedepankan penyampaian konsep yang akan dipahami secara jelas. Contoh mind mapping sederhana ini, seperti di bawah ini.

     

    Contoh mind mapping bisnis yang simpel ini membicarakan tentang konsep “Business Plan” yang dituangkan secara sederhana. Mind mapping ini memiliki berbagai cabang dari konsep “Business Plan” yang mencakup marketing plan, mission, SWOT, timeline, strategy, team, dan competitor, finance.

    Mind mapping tersebut dijabarkan dengan memanfaatkan tanda panah dan tidak ada aksentuasi lain berupa warna atau pun visual lainnya.

    Contoh Mind Mapping Bisnis yang Kreatif

    Penyusunan mind mapping kreatif dibuat dengan unsur-unsur inovasi dan kreasi. Mind mapping kreatif hadir dalam bentuk gambar, warna, aksentuasi hiasan-hiasan, dan lain sebagainya.

    Tujuan dari kreasi ini yakni untuk memudahkan pihak-pihak yang berkaitan dapat memahami konsep dengan lebih efektif dan jelas.

     

    Contoh mind mapping bisnis yang kreatif di atas menjelaskan tentang plan atau (perencanaan).

    Tema besar yang diambil adalah “Plan” sehingga mind mapping kreatif satu ini memaparkan konsep mengenai perencanaan. Segi kreativitas dari contoh mind mapping kreatif di atas terlihat dari berbagai gambar, ilustrasi, dan penggunaan warna.

    Selain itu, pemanfaatan gaya penulisan juga menjadi poin penting dalam contoh mind mapping kreatif sehingga orang yang melihat mind mapping dapat langsung tahu garis besar poin-poin yang tertuang di dalam mind mapping tersebut.

    Penutup

    Demikianlah artikel mengenai mind mapping yang harus kamu ketahui. Dengan mengaplikasikan pola pemikiran ini, kamu bisa berpikir lebih jelas dan lebih mudah mencari solusi dari setiap permasalahan.

    Bagi para pelaku usaha, mind mapping dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk memahami rencana bisnis serta pemasaran yang akan dilaksanakan. Cara ini terbukti lebih mudah untuk dipahami oleh banyak pihak jika disajikan dalam bentuk yang terstruktur dan rapi.

    Selain peta konsep, sebagai pelaku usaha kamu juga membutuhkan manajemen keuangan perusahaan yang terkelola dengan baik. Untuk itu, kamu bisa menggunakan aplikasi kasir all in one seperti aplikasi majoo. Aplikasi majoo merupakan sebuah aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membantu mengelola operasional bisnis dengan cara yang lebih praktis dan efisien.

    Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa membuat berbagai laporan keuangan, seperti laporan perubahan modal, secara lebih mudah dan cepat.

    Hal ini dibuktikan melalui ribuan pengusaha di Indonesia yang telah menggunakan aplikasi majoo untuk membantunya mencapai tujuan finansial.

    Aplikasi majoo memiliki fitur akuntansi yang menyediakan lebih dari 30 jenis laporan keuangan. Selain itu, aplikasi majoo juga mempunyai berbagai fitur menarik yang mudah untuk digunakan, dapat membantu segala operasional bisnis, dan dapat diakses secara fleksibel.

    Yuk, gunakan aplikasi majoo sekarang juga! Upgrade level bisnismu seperti #majoopreneurs lainnya!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.