Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Pengusaha Adalah: Pengertian, Macam, dan Contohnya

    Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak adalah salah satu kunci sukses pengusaha.

    Pada dasarnya, setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi pengusaha. Mulai dari pengusaha dengan usaha kecil, menengah, hingga besar, semuanya memiliki andil menjadi roda penggerak perekonomian negara. Walau demikian, setiap pengusaha tentu memiliki karakteristik yang berbeda. Hal tersebut dapat dinilai berdasarkan etos kerja dan sikap yang ditunjukkan saat melihat sebuah peluang.

    Menjadi pengusaha sukses di usia muda tentu menjadi impian banyak orang. Akan tetapi, benarkah kamu sudah memahami apa yang dimaksud dengan pengusaha? Apakah usaha online shop yang kamu miliki saat ini praktis membuatmu menjadi seorang pengusaha? Jangan salah kaprah, cari tahu lebih dalam mengenai pengertian pengusaha menurut para ahli, macam-macam pengusaha, dan contoh pengusaha melalui artikel ini.

    Apa yang Dimaksud dengan Pengusaha?

    Pengusaha adalah seseorang, kelompok, atau lembaga yang melakukan kegiatan jual, beli, atau menyewa produk barang atau jasa. Beberapa pekerjaan yang termasuk dalam kategori pengusaha, seperti peternak ayam, produsen tahu, eksport-import bahan baku sebuah produk, dan lain sebagainya. Dikutip dari KBBI, pengusaha adalah seseorang yang berusaha dalam bidang perdagangan.

    Sementara itu, dikutip dari Harvard Business School Online, pengusaha selalu menemukan peluang sepanjang hidupnya, baik sebagai individu maupun profesional. Pengusaha memiliki pola pikir yang terbentuk dari hipotesis untuk selalu memberikan manfaat pada orang lain dengan memvalidasi ide-ide tertentu. Seorang pengusaha tidak akan berhenti saat usaha yang dilakukannya sukses, sebab mereka memiliki tujuan jangka panjang.

    Disisi lain, beberapa ahli juga turut memberikan pandangannya tentang pengusaha. Pengertian pengusaha menurut para ahli adalah sebagai berikut:

    1. Andrew J. Dubrin

    Pengusaha adalah orang yang mendirikan sebuah perusahaan dengan cara yang inovatif. Hal tersebut memberikan banyak keuntungan bagi banyak orang, khususnya orang-orang yang menjalankan perusahaan tersebut.

    2. Arif F. Hadipranata

    Peran pengusaha adalah mengambil sebuah keputusan dalam perusahaan yang akan memberikan keuntungan bagi banyak orang. Sosok tersebut juga menjadi inti dari sebuah pengusaha yang terlibat dalam perpengusahaan.

    3. Jean Baptista Say

    Berpendapat bahwa pengusaha adalah sesuatu yang dapat menjadikan peluang produksi yang inovatif dan akan menjadikan sebuah nilai keuntungan bagi wirausaha.

    4. Kasmir

    Pengusaha adalah sebuah tempat untuk seseorang yang berani mengambil segala resiko demi tercapainya sebuah tujuan yang diinginkan dan untuk mendapatkan sebuah keuntungan.

    5. Penrose

    Berpendapat bahwa pengusaha adalah yang tersusun dan terprediksi dengan baik dan menjadikannya mampu mendapat keuntungan sesuai yang diinginkan.

    6. Raymond

    Pengusaha adalah sebuah cara untuk mensejahterakan diri dengan suatu hal yang kreatif dan inovatif. Hal tersebut akan mendatangkan keuntungan dan menjadi sebuah proses pensejahteraan diri.

    7. Robbin & Coulter

    Menjelaskan bahwa pengusaha adalah proses dari kelompok atau individu yang membuat sebuah peluang agar menjadi sebuah nilai berupa keuntungan bagi semua orang yang terlibat di dalamnya.

    8. Thomas W Zimmerer

    Pengusaha adalah penerapan sebuah kreativitas sekaligus inovasi saat memecahkan sebuah masalah dan menjadikannya sebagai sebuah peluang besar. Seorang pengusaha dapat memanfaatkan banyak peluang dan memberikan keuntungan untuk banyak orang yang terlibat di dalamnya.

    Baca juga: Peluang Usaha yang Potensial adalah: Ciri dan Contoh

     Seorang pengusaha dituntut untuk jeli dalam melihat peluang.

    Macam-macam Pengusaha

    1. Pengusaha Besar

    Secara umum, seseorang disebut sebagai pengusaha besar karena sudah lama memulai bisnisnya dan terkenal di kalangan masyarakat. Di dalam perusahaan, biasanya pengusaha besar tidak lagi turun tangan langsung untuk mengelola perusahaan. Pengusaha besar hanya akan memantau dan memastikan perusahaan mendapatkan keuntungan sesuai target yang sudah ditetapkan.

    2. Investor

    Seorang investor biasanya berawal dari pengusaha. Saat usaha yang dijalankan olehnya berkembang pesat, seorang pengusaha tentu tidak lagi turun tangan langsung untuk mengelola usahanya. Saat itu, seorang pengusaha biasanya akan memulai usaha baru dengan mengakuisisi perusahaan lainnya atau menjadi investor dengan menanamkan modal di sebuah perusahaan yang menjanjikan.

    3. Pengusaha Online

    Seiring dengan perkembangan teknologi, muncul pengusaha yang menjalankan bisnisnya melalui media digital atau secara online. Jika dilihat dari sisi perdagangan, pengusaha online tidak jauh berbeda dengan pengusaha pada umumnya. Hanya saja, usaha online lebih rentan dengan masalah penipuan.

    Baca juga: Mengenal Thrift Shop dan Peluang Bisnisnya

    Contoh Pengusaha Sukses di Indonesia

    Contoh pengusaha sukses yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut:

    1. Bob Sadino

    Siapa yang tidak mengenal sosok almarhum Bambang Mustari Sadino atau yang akrab dikenal dengan nama Bob Sadino? Beliau adalah salah satu pengusaha Indonesia yang sukses menginspirasi banyak orang. Kisahnya dimulai ketika ia bekerja sebagai seorang karyawan dan kemudian beralih menjadi seorang pengusaha. Awalnya, Bob Sadino memulai usaha sewa mobil dengan mobil pribadi yang ia miliki. Tidak membuahkan hasil, Bob Sadino beralih profesi menjadi seorang kuli bangunan. Tidak ada sangkut paut dengan profesi yang sedang dijalankan, saat itu ia justru melihat peluang bisnis telur ayam. Memulai segalanya dari nol, usaha Bob Sadino terus berkembang dari bisnis telur ayam hingga memiliki supermarket bernama Kem Chicks yang masih beroperasi hingga saat ini.

    2. Susi Pudjiastuti

    Sebelum menjabat sebagai menteri beberapa tahun lalu, Susi Pudjiastuti lebih dulu dikenal sebagai seorang pengusaha sukses. Susi memulai kariernya sebagai seorang pengusaha sejak duduk di bangku SMP. Ya, tidak melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi, Susi memutuskan untuk memulai bisnisnya sejak dini. Saat itu, modal yang dimiliki olehnya tidak banyak. Akan tetapi, berkat usaha dan kerja kerasnya, Susi mampu mengembangkan bisnisnya.

    Awalnya, Susi Pudjiastuti hanya menjual ikan hasil tengkulaknya dengan berkeliling menggunakan sepeda. Kemudian, Susi mencoba menawarkan ke beberapa restoran. Walau sempat diragukan, Susi berhasil meyakinkan pemilik restoran bahwa ikan yang ia tawarkan memiliki kualitas. Selanjutnya, Susi mengembangkan usahanya dengan membeli sebuat jet yang digunakan untuk mengantar hasil tangkapan laut ke berbagai provinsi, hingga luar negeri. Selanjutnya, seperti yang sama-sama kita ketahui, Susi memulai bisnis untuk menyediakan jasa transportasi berbagai produk perikanan dengan nama “Susi Air”.

    Ingin Menjadi Pengusaha Sukses? Yuk, Biasakan 10 Hal Ini!

    Ketika memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Salah satunya adalah mental untuk menjadi seorang pengusaha. Ingin menjadi pengusaha sukses? Yuk, biasakan sepuluh hal berikut ini:

    1. Memiliki motivasi yang kuat

    Untuk menjadi seorang pengusaha diperlukan adanya motivasi yang kuat agar bisa mewujudkan tujuan usaha tersebut. Seorang pengusaha yang baik tentu tidak akan kehilangan motivasi untuk mengembangkan usahanya agar menjadi lebih baik lagi.

    2. Memiliki visi yang kuat

    Selain motivasi, visi yang kuat dan jelas juga dibutuhkan untuk keberlangsungan sebuah usaha.

    3. Memiliki etos kerja yang tinggi

    Etos kerja yang tinggi wajib dimiliki seorang pengusaha agar ia bisa mencapai tujuannya. Etos kerja yang tinggi akan memacu semangat pengusaha untuk terus menjalankan dan mengembangkan usahanya.

    4. Disiplin

    Seorang pengusaha tentu wajib bersikap disiplin, mulai dari disiplin dalam menggunakan waktu hingga disiplin dalam menyelesaikan pekerjaan. Dengan menerapkan sikap disiplin, usaha yang dikerjakan pun akan berkembang.

    5. Tegas

    Seorang pengusaha atau pemimpin wajib bersikap tegas, khususnya dalam mengambil keputusan. Berbagai keputusan yang diambil tentu didahului oleh berbagai pertimbangan matang hasil musyawarah mufakat.

    6. Memiliki rasa ingin tahu

    Seorang pengusaha akan senang terhadap ilmu, maka dari itu ia harus memiliki rasa ingin tahu supaya mendapatkan wawasan yang lebih luas lagi.

    7. Berjiwa kreatif dan mampu berpikir out of the box

    Kreatif pada seorang pengusaha tidak melulu mengenai mengembangkan produk, memikirkan cara untuk menjalin hubungan dengan relasi baru juga termasuk aspek utama kreativitas. Seorang pengusaha yang berjiwa kreatif akan datang membawa solusi ketika terjadi suatu masalah di dalam perusahaannya

    8. Bersikap persuasif

    Seorang pengusaha pasti bisa menjadi negosiator yang baik, mereka memiliki kemampuan untuk membujuk secara halus kepada seorang partner, klien, bahkan investor supaya mau bekerja sama dengannya. Persuasif juga dibarengi dengan tindakan-tindakan yang meyakinkan.

    9. Memiliki pikiran yang terbuka

    Memiliki pikiran yang terbuka juga sangat dibutuhkan oleh pengusaha, jika seorang pengusaha berpikir bahwa mereka selalu mengetahui segala sesuatu, itu akan menjadi boomerang baginya dan bisnisnya. Maka dari itu, seorang pengusaha harus berpikiran terbuka, menerima hal-hal baru tetapi tidak langsung menerapkannya.

    10. Tidak takut mengambil resiko

    Untuk memulai sesuatu yang besar, diperlukan hal yang besar. Maka seorang pengusaha tidak boleh takut untuk mengambil risiko. Tidak ada sesuatu yang berhasil secara instan, semua pengusaha pasti pernah mengalami kesulitan sampai kegagalan. Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses, perlu ditanamkan pemikiran untuk tidak takut gagal.

    Penutup

    Secara garis besar, seorang pengusaha wajib memiliki sikap gigih untuk menjalankan bisnisnya. Tidak hanya itu, terdapat beberapa sikap lain yang diperlukan untuk menjadi pengusaha yang sukses. Saat memulai usaha, tentukan tujuan yang ingin dicapai agar usahamu bisa memberikan manfaat bagi banyak orang. Tidak perlu merekrut banyak pegawai sekaligus, kamu bisa memulai usaha secara sederhana dengan mengandalkan diri sendiri.

    Menjadi pengusaha bisa dimulai dengan menambah wawasan mengenai strategi pasar, peluang usaha, dan kondisi ekonomi. Dapatkan berbagai informasi yang kamu butuhkan dengan membaca berbagai artikel  di sini. Jangan salah melangkah, saatnya pilih majoo yang setia menemani langkahmu dalam bekerja dan membangun bisnis. Dalam aplikasi majoo, terdapat berbagai fitur praktis dan menarik yang dapat disesuaikan dengan segala kebutuhanmu. Belum berlangganan? Yuk, sekarang!

    Pertanyaan Terkait

    • Pengusaha adalah seseorang, kelompok, atau lembaga yang melakukan kegiatan jual, beli, atau menyewa produk barang atau jasa. Beberapa pekerjaan yang termasuk dalam kategori pengusaha, seperti peternak ayam, produsen tahu, eksport-import bahan baku sebuah produk, dan lain sebagainya.
    • Tugas seorang pengusaha adalah menjalankan usaha untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dan mengembangkannya seluas mungkin.
    • Pengusaha menjalankan perusahaan dengan sumber daya dari berbagai pihak, sementara wirausaha mengandalkan sumber daya yang dimilikinya sendiri.
    • Pengusaha adalah seseorang yang dapat menjadikan peluang produksi yang inovatif dan akan menjadikan sebuah nilai keuntungan bagi wirausaha. Contohnya, Bob Sadino dan Susi Pudjiastuti.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.