Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Bisnis Menguntungkan dengan Modal Usaha Kecil? Ini Contohnya!

    Bisnis Menguntungkan dengan Modal Usaha Kecil? Ini Contohnya!

    Dropshipper bisa menjadi opsi usaha online tanpa modal.

    Modal usaha kerap menjadi tantangan bagi pebisnis ketika akan memulai usahanya. Jika dihadapkan pada pilihan, tentu pemilik usaha lebih menyukai untuk menjalankan usaha modal kecil atau usaha tanpa modal, tetapi menguntungkan.

    Kabar baiknya, membangun bisnis dengan modal minimal bukanlah hal mustahil saat ini. Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, peluang untuk membuka usaha modal kecil pun makin terbuka.

    Bila kamu masih kebingungan memilih usaha yang akan dijalankan, simak contoh-contoh di bawah ini!

    Contoh usaha modal kecil untung besar

    Jika kamu masih kesulitan menentukan usaha dengan modal kecil, tetapi menguntungkan, pastikan kamu menyimak artikel ini sampai selesai. Berikut ini terdapat beberapa ide usaha modal kecil atau tanpa modal yang bisa kamu pertimbangkan.

    Contoh usaha tanpa modal

    Sebagian dari kamu mungkin berpikir, tidak mungkin ada bisnis yang bisa dimulai tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Pada kenyataannya, hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil. Inilah contoh usaha-usaha tanpa modal yang dapat kamu mulai sekarang juga!

    Jasa penerjemah

    Seperti yang sudah diketahui, bisnis tidak harus selalu menjual produk. Kamu bisa menawarkan jasa tertentu. Nah, bagi kamu yang mempunyai kemampuan bahasa Inggris dan ingin menjalankan usaha tanpa modal, jasa penerjemah bisa menjadi pilihan.

    Menjadi penerjemah tidak mensyaratkan kamu memiliki sejumlah uang tertentu sebagai modal awal dan kamu sudah bisa mengambil keuntungan. Namun, tentu kamu harus mempunyai modal keterampilan berbahasa.

    Tutor atau guru les

    Berikutnya, kamu bisa menawarkan jasa sebagai tutor atau guru les. Tidak dibutuhkan modal dalam bentuk cash bila kamu akan memulai bisnis ini. Menariknya, kamu juga tidak harus bergelar pendidikan sangat tinggi untuk bisa menjadi tutor.

    Sebagai contoh, bagi kamu yang masih menjadi duduk di bangku sekolah menengah atas, kamu dapat menjadi tutor untuk anak-anak SD. Sementara itu, kamu dapat menawarkan jasa tutor untuk siswa SMP dan SMA bila sudah duduk di bangku perguruan tinggi.

    Tentunya, untuk kamu yang sudah bekerja dan ingin memiliki usaha sampingan, jasa tutor pun bisa menjadi andalan. 

    Contoh usaha online tanpa modal

    Di tengah maraknya bisnis online, banyak pemilik usaha yang melirik sektor ini. Hal tersebut wajar sekali sebab potensi bisnis online memang sangat besar. Bahkan, bisnis ini disebut-sebut berpotensi mengikis kesenjangan pendapatan di masyarakat.

    Akan tetapi, bagaimana bila kamu tidak memiliki modal usaha? Tenang saja, tidak semua bisnis online harus dimulai dengan modal besar. Beberapa usaha online tanpa modal pun mungkin kamu jalankan. Yuk, simak contohnya di bawah ini!

    Affiliate marketing

    Salah satu opsi usaha online yang dapat kamu mulai tanpa modal sepeser pun ialah affiliate marketing. Pada prinsipnya, program pemasaran affiliate atau affiliate marketing adalah sistem penjualan berbasis komisi.

    Sebut saja, kamu mengikuti program affiliate dari salah satu marketplace. Tugasmu adalah mempromosikan produk-produk yang dijual di marketplace tersebut, misalnya dengan membagikan link produk atau toko melalui Instagram atau Whatsapp.

    Lalu, bila orang lain tertarik, mengeklik link tersebut, dan bertransaksi, kamu akan memperoleh fee atau komisi. Besaran komisi yang diterima tentu sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati ketika kamu mendaftar dalam program affiliate marketing tersebut.

    Baca juga: Menjalankan Affiliate Marketing: Perhatikan Hal Ini!

    Dropshipper

    Jika bisnis affiliate marketing kurang menarik untukmu atau kamu ingin memiliki toko sendiri di marketplace, tetapi belum memiliki cukup modal untuk menstok produk, menjadi dropshipper solusinya.

    Dropshipper adalah pelaku usaha online yang menjual produk langsung dari pihak ketiga dan segala persoalan stok serta pengiriman dikelola oleh pemilik produk.

    Jadi, kamu bisa membuka toko online sendiri, konsumen memesan di tokomu, lalu pesanan tersebut langsung diteruskan kepada pihak pemilik produk. Nanti, pihak produsen atau pemilik produk akan mengemas dan mengirimkan produk atas nama toko milikmu. Mudah dan murah, bukan?

    Baca juga: Apa Itu Dropshipper dan Bagaimana Cara Menjadi Dropshipper?

     Dropshipper bisa menjadi opsi usaha online tanpa modal.

    Ide usaha modal kecil

    Selanjutnya, apabila kamu mempunyai modal usaha terbatas, beberapa ide usaha modal kecil berikut ini bisa dipertimbangkan. Tentu saja besar atau kecil nominal modal usaha bersifat relatif bagi setiap orang. Namun, secara umum, contoh-contoh usaha di bawah ini tidak membutuhkan modal besar bila kamu ingin mencobanya.

    Reseller

    Bagi kamu yang memiliki modal terbatas, bisnis reseller dapat menjadi pertimbangan. Sesuai namanya, bisnis reseller berarti kamu menjual kembali produk dari produsen atau supplier kepada konsumen.

    Dalam bisnis ini, kamu tidak membutuhkan modal terlalu besar sebab tidak ada alat dan bahan produksi yang perlu kamu beli. Akan tetapi, kamu tetap memerlukan modal untuk membeli stok produk dari produsen atau supplier.

    Umumnya, produsen memberikan harga yang lebih murah bagi para reseller agar produk bisa dijual dengan harga yang sama di pasar. Makin besar jumlah stok yang kamu beli, biasanya makin rendah harga yang diberikan oleh produsen.

    Baca juga: Kenali Apa Itu Reseller serta Cara Menjadi Reseller

    Jasa titip

    Berbicara jasa titip atau lebih dikenal dengan sebutan jastip sebagai contoh usaha modal kecil memang cukup kontroversial. Pasalnya, ada dua macam sistem jasa titip, yaitu konsumen perlu melunasi terlebih dahulu produk yang dipesan dan penyedia jasa membelikan terlebih dahulu produk pesanan.

    Sistem kedua tentu akan membutuhkan modal besar bila produk yang ditawarkan ialah barang-barang mahal. Karena itu, pastikan kamu mengelola bisnis jasa titip dengan sistem pertama. Dengan demikian, modal yang perlu kamu keluarkan kecil dan risikonya pun terbilang sangat rendah.

    Thrift shop

    Bersamaan dengan meningkatnya kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, bisnis thrift shop pun jadi memiliki tempat tersendiri di pasaran. Apabila modal kamu terbatas dan ingin berbisnis fesyen, tidak ada salahnya mencoba membuka thrift shop.

    Kamu bisa memulainya dengan menjual barang preloved milikmu atau orang-orang terdekat. Selain itu, kamu juga dapat menjualnya secara online sehingga tidak perlu ada biaya sewa tempat. 

    Bisnis makanan

    Selanjutnya, salah satu bisnis yang disebut-sebut sebagai bisnis dengan modal kecil, tetapi menguntungkan ialah bisnis makanan. Kamu dapat berjualan camilan, makanan utama, atau frozen food.

    Dengan kualitas masakan yang lezat dan pemasaran yang tepat, bisnis makanan hampir selalu memiliki peminat. Untuk menekan modal yang dibutuhkan di awal, kamu juga bisa menerapkan sistem pre order sehingga makanan yang kamu buat sudah pasti memiliki pembeli.

    Bisnis laundry kiloan

    Banyak orang yang memilih membayar jasa orang lain untuk mencuci sebab cara ini memang terasa praktis, terlebih bagi mereka yang tinggal di indekos. 

    Jika modal yang kamu miliki mencapai angka jutaan rupiah, bisnis laundry kiloan bisa menjadi alternatif bisnis untuk dijalankan. Dibandingkan dengan kebanyakan bisnis, laundry kiloan tidak membutuhkan modal yang terlalu tinggi.

    Di sisi lain, potensi keuntungannya masih sangat menjanjikan, terutama bila kamu tinggal di daerah perantau.

    Cara memperoleh modal usaha

    Kini kamu sudah mengetahui contoh usaha kecil untung besar yang bisa kamu pertimbangkan. Beberapa dari kamu mungkin tertarik menjalankan usaha yang membutuhkan modal. 

    Sayangnya, mungkin cukup banyak dari kamu yang masih kesulitan mencari modal usaha. Sebetulnya, terdapat beberapa cara untuk memperoleh modal, antara lain:

    Menjual aset

    Cara ini terbilang cara paling sederhana untuk memperoleh modal. Kamu bisa merinci aset yang kamu miliki dan menjual sebagian aset. 

    Pilihan aset yang dijual tentu disesuaikan dengan nominal modal yang dibutuhkan. Perlu diingat, sebaiknya kamu tidak menjual semua aset untuk dijadikan modal bisnis.

    Pasalnya, bisnis memiliki risiko sehingga kamu perlu memastikan aset yang kamu miliki tidak habis seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan dengan bisnis.

    Dari konsumen

    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kamu sangat mungkin mengumpulkan modal dengan pembayaran dari konsumen. Caranya, kamu meminta penyelesaian transaksi di awal.

    Uang yang diterima dari konsumen digunakan untuk proses produksi dalam rangka memenuhi pesanan konsumen. Selain menghadirkan modal, cara ini juga menekan risiko sebab setiap produk yang kamu kerjakan pada dasarnya sudah terjual.

    Pembiayaan tanpa agunan

    Memang kebanyakan orang datang ke bank untuk mengajukan pinjaman modal usaha. Namun, cara ini kadang tidak bisa dilakukan oleh setiap pebisnis, terutama pemilik usaha kecil.

    Untuk bisa memperoleh pinjaman bank biasanya diperlukan jaminan atau usaha harus sudah berjalan. Hal ini yang kerap menyulitkan.

    Kabar baiknya, kini ada pembiayaan tanpa agunan yang bisa diakses oleh para pemilik usaha. Sebagai contoh, fasilitas pendanaan yang disediakan oleh majoo melalui program majoo capital.

    Majoo adalah aplikasi POS yang hadir untuk para pemilik bisnis UMKM. Bukan hanya menyediakan sistem untuk pengelolaan bisnis, melainkan juga memperhatikan kebutuhan pebisnis, salah satunya pendanaan. Segera cek https://majoo.id/ untuk mempelajari lebih lanjut!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    18 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Jenis nya 2022 Terbaru
    Mengambil inspirasi dari contoh surat lamaran kerja dapat dilakukan untuk memastikan kemungkinan diterima kerja lebih tinggi. Namun, perhatikan jenisnya!
    Freelancer adalah: Contoh dan Tips Menggeluti Profesi Ini
    Dunia Internet mendorong manusia untuk selalu beradaptasi. Saat ini banyak orang mencari cara menjadi freelancer. Freelancer adalah tenaga kerja lepas yang bekerja secara mandiri.
    Beragam Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnismu
    Selain laporan keuangan laba rugi, apa saja jenis laporan keuangan yang kamu ketahui? Apakah kamu tahu pengertian laporan keuangan?
    Peran Penting Strategi Customer Relationship dalam Bisnis
    Customer relationship adalah strategi untuk menjaga hubungan baik antara pihak pemilik bisnis dan konsumen. Hal ini penting bagi perkembangan bisnis.