Dalam dunia ekonomi, istilah pasar tentu terdengar tidak asing dan sering digunakan secara luas oleh masyarakat. Pasar adalah tempat seseorang mencari barang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di sisi lain, pasar juga dapat didefinisikan sebagai tempat untuk memperoleh informasi mengenai produk, harga, dan mendapatkan keuntungan. Biasanya, pasar dipilih sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan karena harga produk yang ditawarkan relatif lebih murah dengan pilihan produk yang lebih variatif.
Aktivitas perekonomian yang terjadi di pasar pada dasarnya terjadi karena adanya kebebasan dalam bersaing, baik sebagai pembeli maupun penjual. Sebelum membahas lebih jauh mengenai pengertian pasar lokal, ciri-ciri pasar lokal, dan contoh pasar lokal, ada baiknya pahami lebih dulu mengenai pengertian pasar yang akan dibahas pada pembahasan di bawah ini.
Pengertian Pasar
Menurut KBBI, pasar adalah tempat sekumpulan orang melakukan transaksi jual beli yang diadakan oleh sebuah organisasi atau perkumpulan dan sebagainya dengan maksud untuk dapat mencari derma. Sementara itu, menurut Cyril S. Belshaw dalam buku Tukar-Menukar Tradisional dan Pasar Modern, pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
Di sisi lain, pengertian pasar menurut beberapa para ahli adalah sebagai berikut:
1. William J.Stanton
Pasar adalah sekumpulan orang yang memiliki keinginan untuk puas, uang yang digunakan untuk berbelanja, serta memiliki kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.
2. Kotler dan Amstrong
Pasar adalah seperangkat pembeli aktual dan juga potensial dari suatu produk atau jasa. Ukuran dari pasar tersebut tergantung dari jumlah orang yang menunjukkan kebutuhan dan mempunyai kemampuan dalam bertransaksi. Banyak pemasar yang memandang bahwa penjual dan pembeli sebagai sebuah pasar, yaitu saat penjual tersebut akan mengirimkan produk serta jasa yang mereka produksi dan juga guna menyampaikan atau mengkomunikasikan kepada pasar. Sebagai gantinya, mereka akan mendapatkan uang dan informasi dari pasar tersebut.
3. Handri Ma’aruf
Pasar memiliki tiga pengertian, yaitu:
- Pasar dalam arti “tempat”, merupakan sebuah tempat untuk bertemunya para penjual dengan pembeli.
- Pasar dalam arti “penawaran serta permintaan”, merupakan pasar sebagai tempat terjadinya kegiatan transaksi jual beli.
- Pasar dalam arti “sekumpulan anggota masyarakat yang mempunyai kebutuhan serta daya beli”, yang merujuk pada dua hal, yaitu daya beli dan kebutuhan. Pasar merupakan sekumpulan orang yang berusaha untuk mendapatkan jasa atau barang serta mempunyai kemampuan untuk membeli barang tersebut.
Pasar berfungsi sebagai tempat atau wadah untuk pelayanan bagi masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari berbagai segi atau bidang. Menurut Soeratno (2003), pasar memiliki lima fungsi utama, yaitu:
- Pasar menentukan harga dan nilai barang. Permintaan barang yang meningkat menunjukkan kebutuhan masyarakat yang lebih banyak, sehingga mendorong produksi barang lebih banyak pula. Hal ini disebabkan dalam jangka yang relatif singkat, perusahaan tidak bisa menambah jumlah barang yang ditawarkan dengan seketika, sehingga terjadi peningkatan harga barang.
- Pasar mengorganisasi produksi. Dalam hal ini, harga barang akan menjadi acuan perusahaan dalam menentukan metode produksi yang paling efisien.
- Pasar mendistribusikan barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan.
- Pasar menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan dimasa mendatang.
- Pasar melakukan penjatahan.
Baca juga: Konsep Pemasaran adalah: Pengertian, Tujuan, dan Contohnya
Pengertian Pasar Lokal
Pasar lokal adalah tempat transaksi jual beli yang terjadi di suatu daerah. Biasanya, barang yang diperjualbelikan di pasar lokal adalah produk asli dari daerah tersebut. Pasar lokal adalah wujud tempat transaksi dari permintaan dan penawaran masyarakat sekitar. Umumnya, penjual di pasar lokal menyediakan berbagai kebutuhan serta permintaan dari penduduk sekitar. Selain menjadi tempat transaksi masyarakat sekitar, pasar lokal juga berperan sebagai penyedia produk yang menjadi ciri khas suatu daerah, sehingga pasar lokal juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.
Walau sama-sama melayani kebutuhan pelanggan, namun terdapat perbedaan mendasar antara pasar lokal dengan pasar global. Secara singkat, pasar lokal adalah tempat transaksi yang melayani kebutuhan warga setempat. Sementara itu, pasar global yaitu melayani dan memperdagangkan produk yang mencakup skala internasional. Dengan demikian, perbedaan paling menonjol di antara keduanya terletak pada target konsumen.
Baca juga: 9 Strategi Marketing Brand Lokal, Tingkatkan Omzet Bisnis
Ciri-Ciri Pasar Lokal
Sebelum membahas mengenai ciri-ciri pasar lokal, ketahui lebih dulu ciri-ciri pasar umum berikut ini:
- Terdapat calon pembeli dan penjual.
- Terdapat barang/jasa yang akan diperjualbelikan.
- Terdapat proses permintaan serta penawaran oleh kedua pihak.
- Terdapat interaksi antara pembeli dan penjual, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Sementara itu, ciri-ciri pasar lokal adalah sebagai berikut:
- Penjual atau pembeli dapat keluar masuk pasar tanpa hambatan.
- Penjual dan pembeli memiliki pengetahuan mengenai pasar terkait.
- Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen (sama)
Baca juga: Market Follower adalah: Konsep dan Strategi
Contoh Pasar Lokal
Pasar lokal adalah tempat transaksi jual beli yang terjadi di suatu daerah. Biasanya, barang yang diperjualbelikan di pasar lokal adalah produk asli dari daerah tersebut. Oleh sebab itu, pasar lokal juga dapat disebut sebagai destinasi wisata yang menyediakan produk asli suatu daerah. Beberapa contoh pasar lokal di Indonesia yang terkenal adalah sebagai berikut::
1. Pasar Tanah Abang
Pasar yang terletak di Jakarta Pusat ini memperjual belikan pakaian siap pakai, bahan pakaian, dan lain sebagainya. Tidak hanya untuk dewasa, pakaian anak-anak juga tersedia di pasar ini.
2. Pasar Gembrong
Pasar yang terletak di Jakarta Timur ini terkenal karena menawarkan produk mainan dengan harga terjangkau. Tidak hanya satu, di pasar ini terdapat berbagai jenis mainan yang siap dibeli dan dibawa pulang.
3. Pasar Apung
Pasar yang terletak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini telah menjadi salah satu destinasi unggulan yang sering dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun internasional. Selain menyediakan berbagai produk khas Banjarmasin, pasar ini juga memiliki sistem transaksi yang unik, yaitu dengan melakukan proses jual beli di atas perahu.
4. Malioboro
Tidak asing dengan Malioboro? Ya, pasar ini merupakan pasar lokal yang menjadi salah satu ikon kota Yogyakarta. Di pasar ini, kamu bisa menemukan berbagai macam produk produk asli Yogyakarta, mulai dari pakaian siap pakai, kain batik, gudeg siap santap, hingga berbagai merek bakpia yang bisa menjadi buah tangan.
5. Pasar Beringharjo
Berseberangan dengan Malioboro, pasar Beringharjo juga berada di Yogyakarta. Dapat disebut serupa dengan Malioboro, di pasar ini kamu bisa menemukan kain batik, aneka jajanan pasar, jamu pilihan, hingga makanan tradisional khas Yogyakarta.
6. Pasar Klewer
Tidak jauh dari Yogyakarta, pasar Klewer yang berada di Solo menjual beraneka ragam kain batik, pakaian, hingga seragam sekolah.
Penutup
Menurut Cyril S. Belshaw dalam buku Tukar-Menukar Tradisional dan Pasar Modern, pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Sementara itu, pasar lokal adalah tempat transaksi jual beli produk asli daerah tersebut. Pasar lokal berperan sebagai wadah transaksi masyarakat sekitar. Pasar lokal memiliki beberapa ciri khusus yang membedakannya dengan pasar lain. Salah satu pasar lokal yang terkenal adalah Pasar Beringharjo yang terletak di Yogyakarta.
Setelah memahami pengertian pasar lokal, kamu juga bisa menemukan berbagai informasi mengenai strategi dan tips pemasaran di sini. Saat membangun dan menjalankan bisnis, pilih aplikasi yang dapat mendukung kelancaran prosesnya, seperti majoo. Dengan berlangganan majoo, kamu bisa memanfaatkan fitur yang ditawarkan untuk mendukung kemajuan bisnismu. Tidak perlu khawatir, majoo selalu setia menemani langkahmu dalam bekerja dan membangun bisnis, terutama untuk urusan partner pembayaran. Tunggu apa lagi? Yuk, berlangganan sekarang!
Referensi:
- https://www.merdeka.com/jatim/ciri-ciri-pasar-berikut-pengertiannya-menarik-dipelajari-kln.html
- https://www.ocbcnisp.com/id/article/2022/12/30/pasar-lokal-adalah#:~:text=Pasar%20lokal%20adalah%20tempat%20transaksi,permintaan%20dan%20penawaran%20masyarakat%20sekitar.
- https://www.kompas.com/skola/read/2022/08/10/073000369/pasar-lokal--pengertian-dan-contohnya?page=all
Sumber Gambar:
- Freepik.com