Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Apa Itu Paylater? Pengertian, Aplikasi, dan Cara Membayarnya

    Apa Itu Paylater? Pengertian, Aplikasi, dan Cara Membayarnya

    Paylater menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan dalam kondisi terdesak. 

    Saat ini, perkembangan ekonomi digital membuat transaksi menjadi semakin mudah. Tidak perlu membayar produk yang dibeli secara kontan, kamu bisa memanfaatkan paylater sebagai metode pembayaran. Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan paylater?

    Jika sering melakukan transaksi di berbagai marketplace, paylater tentu tidak lagi menjadi istilah yang asing di telinga. Secara harfiah, paylater dapat diartikan sebagai “membayar nanti”. Singkatnya, kamu bisa membeli barang yang diinginkan dengan metode pembayaran cicilan yang tidak jauh berbeda dengan kartu kredit.

    Akan tetapi, saat menggunakan paylater kamu tidak perlu memiliki kartu kredit. Cukup ajukan aplikasi paylater pada perusahaan pembiayaan yang bersangkutan, tunggu sejenak hingga mendapat approval dan kamu bisa langsung menggunakannya. Praktis, bukan?

    Well, rasanya tidak heran jika saat ini keberadaan dan fungsi kartu kredit mulai tergantikan. Daripada bersusah payah mengajukan aplikasi kartu kredit dan belum tentu mendapatkan persetujuan dari pihak bank yang bersangkutan, paylater tentu menjadi jawaban yang lebih pasti. Akan tetapi, walau kini menjadi andalan, tidak sedikit juga orang yang belum memahami tentang metode paylater. Oleh sebab itu, artikel kali ini akan membahas apa itu paylater, aplikasi paylater, cara membayar paylater, juga berbagai hal lain yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan paylater.

    Langsung saja, yuk simak informasi seputar paylater selengkapnya di bawah ini!

    Baca juga: Kenali Apa Itu Split Payment Beserta Contohnya

    Apa Itu Paylater?

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, istilah paylater berasal dari kata “pay” yang berarti membayar dan “later” yang berarti berarti nanti. Secara garis besar, paylater adalah metode pembayaran yang menawarkan angsuran tanpa perlu menggunakan kartu kredit. Perusahaan digital yang bersangkutan akan menalangi pembayaran lebih dahulu saat kamu membeli produk. Kemudian, kamu akan membayar tagihan sesuai dengan tanggal jatuh tempo pada bulan selanjutnya. Jangka waktu pembayaran pun dapat disesuaikan dengan tenor yang kamu pilih.

    Untuk definisinya sendiri, sebenarnya Paylater itu apa artinya? Merupakan gabungan dari dua kata dalam bahasa Inggris, ‘pay’ artinya ‘bayar’ dan ‘later’ yang artinya ‘nanti’, secara sederhana kita dapat menjelaskan bahwa Paylater merupakan metode pembelian dengan pembayaran di belakang.

    Praktis digunakan, saat ini paylater tersedia di berbagai platform, mulai dari e-commerce, marketplace, transportasi online, dan berbagai perusahaan digital lainnya. Metode paylater menjadi salah satu solusi agar konsumen dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

    Aplikasi Paylater

    Lantas, aplikasi paylater sapa saja yang saat ini tersedia dan diminati banyak orang? Langsung saja, intip daftarnya di bawah ini?

    1. SPayLater alias Shopee Paylater

      SPayLater hadir sebagai layanan kredit cicilan saat kamu berbelanja di Shopee. Dengan memilih metode pembayaran ini, kamu bisa membeli produk tanpa minimal pembelian dan mencicil pembayarannya sesuai jangka waktu yang dipilih. Saat ini, Shopee menawarkan pinjaman instan hingga Rp15.000.000 dan dapat bertambah sesuai jumlah konsumsi pelanggan dengan tenggat sampai satu hingga dua belas bulan.

    2. GoPay Paylater

      GoPay Paylater adalah metode pembayaran postpaid yang dapat dinikmati oleh pelanggan terpilih Gojek. Tidak sembarangan, untuk menggunakan layanan ini, kamu harus terdaftar sebagai bagian dari GoPay Plus dengan cara meng-upload KTP dan foto diri bersama KTP. GoPay Paylater tersedia untuk beberapa fasilitas tersedia di Gojek, seperti GoRide, GoCar, GoFood, GoSend, dan lain sebagainya.

    3. Kredivo

      Kredivo memungkinkanmu untuk mendapatkan pinjaman hingga Rp3.000.000 tanpa bunga dengan jangka waktu pembayaran satu bulan. Aplikasi paylater yang satu ini dapat digunakan di beberapa e-commerce yang bekerja sama dengan Kredivo, seperti Bukalapak, Lazada, Tokopedia, dan lain sebagainya.

    4. Akulaku

      Sebagai salah satu platform yang menawarkan layanan jual beli, Akulaku juga menyediakan layanan paylater yang memungkinkanmu untuk mengajukan pinjaman tunai hingga Rp15.000.000 dengan tenor beragam. Selain itu, Akulaku juga menyediakan dua produk paylater lainnya yaitu Akulaku Khusus Pengguna dan Akulaku Khusus Merchant.

    5. Ovo Paylater

      Ovo Paylater adalah aplikasi paylater yang dapat digunakan saat kamu berbelanja di Tokopedia. Tidak sembarangan, layanan ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna Ovo Premier. Ya, silakan daftar terlebih dahulu dengan cara meng-upload KTP dan foto diri bersama KTP.

    Baca juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Keuangan Bisnis yang Wajib Dicoba

     

    Cara Membayar Paylater

    Bagaimana sistem bayar Paylater? Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pembayaran dari transaksi pengguna akan ditalangi lebih dulu oleh penyedia layanan paylater.

    Selanjutnya, pengguna akan diberi batas waktu pembayaran, mulai dari satu bulan, tiga bulan, enam bulan, sembilan bulan, dua belas bulan, bahkan hingga dua puluh empat bulan. Dalam rentang waktu tersebut, pengguna diberikan kesempatan menggunakan produk yang sudah dibeli layaknya metode kredit pada umumnya.

    Akan tetapi, dalam metode paylater, penyedia layanan yang bersangkutan biasanya akan menetapkan batasan kredit atau yang biasa disebut dengan limit paylater. Jumlah limit tersebut biasanya berbeda-beda, tergantung dari aturan yang dimiliki oleh penyedia layanan. Semakin sering seseorang menggunakan paylater tanpa ada kendala dalam proses pembayaran, jumlah limit yang ditawarkan bisa jadi semakin meningkat.

    Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Paylater

    Setiap metode pembayaran yang digunakan tentu memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri, begitu juga dengan aplikasi paylater. Sebelum memutuskan untuk menggunakan paylater, tidak ada salahnya mengetahui beberapa keuntungan dan kerugiannya berikut ini:

    Keuntungan menggunakan paylater

    1. Proses pengajuan aplikasi paylater mudah

      Mulai dari proses pendaftaran, hingga mengajukan aplikasi paylater, keduanya mudah untuk dilakukan. Ya, tinggal ikuti saja petunjuk yang tersedia di aplikasi paylater yang kamu gunakan.

      Pertanyaan selanjutnya saat ingin menggunakan Paylater, apakah ada bunga? Yap, sayangnya demikian! Akan tetapi, besarnya bunga untuk Paylater bisa berbeda-beda tergantung dari platform yang digunakan. Ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu ketentuan terkait bunga sebelum memilih untuk membayar menggunakan layanan Paylater agar bisa disesuaikan dengan daya beli sesungguhnya, ya!
    2. Dapat digunakan kapan dan di mana saja

      Seperti yang kita ketahui, seluruh proses pengajuan aplikasi paylater dilakukan secara online. Dengan demikian, kamu bisa menggunakan paylater kapan dan di mana saja saat dibutuhkan, terutama dalam keadaan mendesak.

    3. Tenggat waktu fleksibel dan bisa tanpa bunga

      Keuntungan lain dari penggunaan paylater adalah tenggat waktu (tenor) yang fleksibel. Setiap penyedia layanan paylater menawarkan berbagai tenor yang berbeda. Umumnya, masa tenor yang ditawarkan adalah tiga sampai dua belas bulan. Beberapa penyedia layanan paylater juga menawarkan pinjaman tanpa bunga, lho.

    Kerugian menggunakan paylater

    1. Menjadi lebih konsumtif

      Siapa sih yang tidak tertarik untuk memiliki produk impian dalam waktu singkat dengan mengeluarkan sedikit uang? Well, sebaiknya kamu berhati-hati dengan pola pikir seperti ini, sebab kerugian pertama dari menggunakan paylater adalah dapat membuatmu menjadi lebih konsumtif. Dengan bunga rendah dan berbagai tawaran yang tiak kalah menarik lainnya, kamu bisa hilang kendali dan akhirnya membeli barang-barang yang diinginkan begitu saja, tanpa perhitungan matang. Penting untuk diingat, paylater adalah metode pembayaran yang membuatmu lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan mendesak.

    2. Tagihan pembayaran membengkak

      Selain membuatmu menjadi lebih konsumtif, kerugian dari menggunakan paylater selanjutnya adalah membuat tagihan pembayaran membengkak. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan paylater sebaiknya pilih dengan bijak apa saja produk yang kamu butuhkan secara mendesak.

      Menghadapi biaya yang terus membengkak, kadang orang menjadi keberatan untuk menyelesaikan tagihan. Masalahnya, apa yang terjadi jika tidak membayar tagihan Paylater? Tentu saja tagihan akan semakin membengkak.

      Pasalnya, ketika seseorang menunggak tagihan Paylater, orang tersebut dianggap terlambat membayar, dan platform umumnya akan mengenakan denda keterlambatan yang berbeda-beda sesuai dengan ketentuan. Oleh karena itu, pastikan untuk menyelesaikan cicilan serta tagihan tepat waktu agar tidak terkena denda yang akan membuat nilai tagihan membengkak semakin besar.

    3. Tidak aman

      Selanjutnya, kerugian ketiga dari menggunakan paylater adalah masalah keamanan. Jika dibandingkan dengan kartu kredit bank, keamanan dari paylater masih tergolong rendah. Saat ini, tidak sedikit penyedia layanan paylater yang menawarkan berbagai penawaran menarik, namun tidak terjamin keamanannya. Oleh sebab itu, pastikan aplikasi paylater yang kamu gunakan sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

    Baca juga: Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya

    Penutup

    Demikian penjelasan mengenai paylater yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Mulai dari apa itu paylater, aplikasi paylater, cara membayar paylater, juga keuntungan dan kerugian menggunakan paylater. Ya, walau praktis digunakan dan diminati banyak orang, metode pembayaran ini nyatanya memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Oleh sebab itu, jangan sampai terjebak dengan penawaran yang menggiurkan dan berakhir hilang kendali.

    Cukup gunakan paylater dalam keadaan mendesak dan jangan lupa catat setiap pemasukan dan pengeluaranmu dengan baik dalam laporan keuangan. Belum pernah membuatnya dan membutuhkan informasi yang komprehensif mengenai laporan keuangan, bisnis, dan ekonomi secara umum? Saatnya perluas wawasanmu dan temukan berbagai informasi yang kamu butuhkan di sini.

    Pilih majoo untuk menemani perjalanan bisnismu, manfaatkan berbagai fitur praktis dan menarik yang dapat disesuaikan dengan segala kebutuhan. Tunggu apa lagi? Yuk, berlangganan sekarang!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
    Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan karakter wirausaha yang kuat agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar sampai bisa meraih kesuksesan besar.
    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.