Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya

    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya

    Banyak pebisnis yang berekspansi ke ranah jualan online dengan membuka sistem pre order.

    Di era serba digital seperti saat ini, perkembangan bisnis semakin meningkat pesat. Ekspansi bisnis pun dilakukan oleh sebagian besar para pengusaha, seperti merambah ke bisnis online. Berkembang pesatnya bisnis online ini karena life style dan pola pikir digital dari para konsumen.

    Membangun dan merintis bisnis online bisa dikatakan memberikan peluang yang menjanjikan. Apalagi bisnis ini juga dapat dilakukan tanpa menggunakan modal atau sumber dana yang besar. 

    Nah, bagaimana kamu bisa mulai merintis bisnis dengan modal yang tidak terlalu besar ini? 

    Caranya dengan menerapkan sistem pre order atau sering disebut PO. Mari simak lebih dalam mengenai arti, sistem, keuntungan, hingga kekurangan pre order

    Apa itu Pre Order?

    Pre order adalah sistem pembelian produk yang lakukan para penjual sebelum stok riil barang tersedia.

    Secara umum, arti dari pre order adalah aktivitas jual beli yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu yang telah diinfokan dan disepakati, hingga stok produk tersedia. 

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian pre order adalah suatu perintah dalam suatu pemesanan produk atau barang. 

    Jumlah pembayaran dan estimasi waktu pada transaksi jual beli ini fleksibel, hal ini sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak, antara pembeli dan penjual, serta kondisi market dan jenis produk yang dijual seller.

    Baca Juga: Memahami Pengertian dan Cara Memulai Bisnis Online 

    Sistem Pre Order

    Sistem pre order ini dianggap menguntungkan bagi sebagian penjual. Hal ini karena PO yang yang dilakukan penjual ketika barang tersebut belum selesai produksi tetapi sudah siap untuk dijual dengan estimasi waktu tertentu. 

    Produk pre order akan diterima customer setelah produk tersebut selesai diproduksi atau stoknya sudah tersedia di tangan seller

    Kamu bisa melihat dari penjelasan sistem di atas, bahwa bisnis yang menggunakan sistem pemesanan pre order tidak memerlukan modal yang besar atau bisa juga tanpa modal. Hal ini karena customer akan melakukan pembayaran di awal sewaktu memesan barang.

    Pre order adalah suatu perintah dalam suatu pemesanan produk atau barang.

    Pengertian Open PO

    Open PO dan pre order memiliki arti yang berbeda. Terkadang orang salah mengartikan kedua dan dianggap sama arti

    Open PO adalah sistem pemesanan barang yang dilakukan konsumen ke penjual, tetapi barang tersebut sudah tersedia di seller dan menunggu kapan barang tersebut dikirim ke pembeli. Open PO ini biasanya juga menggunakan estimasi waktu dalam membuka open PO-nya. 

    Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis

    Tips Pre Order Agar Sukses

    Sebelum membahas tentang keuntungan,, kekurangan, dan tips jualan laris menggunakan sistem pre order, berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan sistem pre order. 

    Memperhatikan Kualitas Produk

    Sistem pre order memang menuntut konsumen untuk sabar menunggu produk yang mereka beli. Sebagai seller, kamu harus memperhatikan kualitas produk yang kamu jual, sehingga konsumen tidak kecewa terhadap produkmu. 

    Memiliki kualitas produk yang baik, membuatmu percaya diri akan produk yang kamu jual dan konsumen percaya atas kualitas produk yang yang tawarkan.

    Bisa jadi, konsumen tersebut akan menjadi pelanggan loyal dan setia yang selalu membeli produk yang kamu jual. 

    Pemilihan Vendor yang Kredibel

    Tips pre order selanjutnya adalah menjalin kerja sama dengan vendor yang tepat, kredibel, dan produk yang dihasilkan sudah teruji kualitasnya. Menjalin kerja sama dengan vendor yang kredibel ini sudah bisa dipastikan bahwa mereka akan bekerja secara profesional dalam memproduksi produk pesanan konsumen. 

    Analisis dan bandingkan vendor satu dengan yang lain sebelum kamu memastikan untuk bekerja sama. Pertimbangkan pula kelebihan dan kekurangan masing-masing vendor, sehingga ke depannya tidak terjadi masalah pada bisnismu. 

    Selain memilih vendor yang kredibel, kamu juga harus memastikan harga produksi yang relatif murah tetapi memiliki kualitas yang bagus, sehingga harga jual yang kamu tawarkan ke konsumen kompetitif  di pasar. 

    Menentukan Target Penjualan

    Target penjualan juga sebaiknya kamu tentukan. Hal ini untuk mengatur strategi penjualan produk yang kamu jual. Semakin besar target pasar yang kamu ingin capai, semakin besar pula usahamu dalam meraih konsumen dalam membeli produkmu.

    Hubungan target penjualan produk ini harus berhubungan dengan kapasitas yang kamu miliki saat ini, seperti modal, sumber daya manusia (SDM), dan lain sebagainya.

    Memperhatikan Sumber Daya Manusia (SDM)

    Bila kamu mempunyai target bisnis yang besar dalam menggunakan sistem PO di bisnismu, sebaiknya sumber daya manusia (SDM) yang kamu pekerjakan juga tangguh. Sumber daya manusia yang kamu pekerjakan harus terdiri dari beberapa bagian, seperti tim produksi, tim social media strategist, dan tim customer service.

    Bangunlah tim yang solid untuk mencapai target bisnis yang kamu inginkan.

    Tentukanlah Jadwal Pre Order

    Menentukan jadwal PO juga tak kalah penting. Cara ini merupakan tips jualan pre order agar produkmu dibeli oleh customer. Misalnya, buatlah jadwal PO ketika customer sudah mulai gajian (promo payday). Dengan begitu, produk yang jual akan lebih menarik customer.

    Memperhatikan Jumlah Pesanan

    Jumlah pesanan produk pre order-mu juga harus kamu perhatikan. Jangan sampai nantinya konsumen kecewa karena produk yang kamu jual tidak sesuai dengan kualitas deskripsi produk.

    Menggunakan Media Sosial Bisnis Secara Optimal

    Kamu bisa mengoptimalkan media sosial bisnismu untuk memasarkan produk yang kamu jual. Strategi yang bisa kamu gunakan adalah menguasai teknik copywriting. Penggunaan teknik copywriting yang baik membuat customer semakin tertarik membeli produkmu.

    Perjelas Syarat dan Ketentuan Produk yang Dijual

    Memberitahu kepada customer terkait syarat dan ketentuan produkmu juga penting. Syarat dan ketentuan ini mencakup cara pembayaran, lamanya barang dikirim, dan alur pemesanan barang, dan lain sebagainya

    Keuntungan Pre Order

    Pre order juga memiliki beberapa keuntungan. Keuntungan pre order dalam bisnis yang kamu jalankan, antara lain:

    1. Terjaminnya Penjualan dan Pendapatan

    Dari sistem PO ini kamu dapat melihat gambaran jumlah produk yang harus diproduksi. Oleh karena itu pendapatan dan penjualanmu akan terjamin.

    Kamu juga tidak perlu mengeluarkan modal terlalu besar karena customer sudah membayar produk di awal, sehingga pembayaran ke supplier-pun juga lebih ringan.

    2. Keamanan Menjaga Kualitas Stok Barang

    Dengan sistem pre order, kamu bisa memahami banyaknya permintaan yang masuk, sehingga kamu dapat memperkirakan jumlah stok. Menggunakan sistem bisnis PO juga akan mengurangi stok yang berlebih dan meminimalisasi kerugian.

    3. Menimbulkan Hype

    Produk pre order bisa menimbulkan hype di market. Biasanya produk PO ini mengarah ke produk brand besar dan mereka akan membuka pre order dengan jumlah produk yang terbatas.

    Adanya buzz ini membuat orang tertarik untuk membeli dan permintaan pasar pun semakin meningkat.

    Baca Juga: Apa itu Entrepreneur: Mari Mengenal Lebih Dekat! 

    Kekurangan Pre Order

    Selain keuntungan, tentu sistem pre order ini terdapat kekurangan. Kekurangan pre order untuk bisnismu adalah sebagai berikut:

    1. Lamanya Customer Menunggu Barang Sehingga Membuat Mereka Tidak Tertarik

    Kekurangan pre order adalah lamanya produk yang diterima customer, sehingga membuat mereka tidak tertarik membeli produk tersebut. Ada kalanya para customer lebih memilih barang yang ready stock dibandingkan barang pre order.

    2. Supplier atau Produsen Telat Menyediakan Barang

    Apabila produksi barang dilakukan sendiri, hal ini tidak akan menjadi masalah berarti. Namun jika barang diproduksi oleh pihak lain, dan mereka telat menyediakan barang tersebut, akan menjadi suatu masalah berarti.

    Pastikanlah produsen atau supplier dapat memenuhi pesanan customer tepat waktu, sehingga bisnismu juga bisa dipercaya oleh customer.

    3. Citra Bisnis Rusak Akibat Strategi yang Salah

    Strategi pre order juga harus dijalankan dengan baik, sehingga citra bisnismu memiliki nilai lebih di mata pelanggan. Sebaiknya kamu sebagai seller mengirimkan barang sesuai dengan kualitas barang yang dipromosikan. Hal ini akan membuat pelanggan mempercayai barang yang kamu jual.

    Kesimpulan

    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu yang telah diinfokan dan disepakati, hingga produk stoknya tersedia.

    Cara berjualan produk pre order saat ini juga sangat mudah. Kamu bisa menggunakan marketplace atau berjualan secara online melalui website bisnismu. Era digital seperti saat ini juga membuat promosi produk semakin mudah. Penggunaan media sosial secara optimal akan membuat customer tertarik membeli produk yang kamu jual.

    Tentunya memiliki suatu bisnis seperti bisnis produk pre order ini memerlukan pencatatan keuangan. Tanpa adanya pencatatan keuangan yang baik, bisnismu tidak akan berkembang dan maju.

    Sekarang kamu tidak perlu khawatir untuk melakukan suatu pencatatan bisnis yang kamu jalankan. Aplikasi majoo adalah solusi yang paling tepat untuk membantumu dalam mencatat segala macam laporan bisnis yang kamu jalankan.

    Penggunaan aplikasi majoo selain untuk membantumu dalam membuat laporan bisnis, aplikasi kasir online ini juga memiliki fitur inventori. Fitur inventori dapat mencatat stok masuk, purchase order, data supplier. Melalui purchase order, proses stok dapat dilakukan dengan proses kerja pemesanan stok, barang diterima, proses invoice dan pembayaran yang terhubung dengan sistem pelaporan akuntansi. Membuat proses order dan pengeluaran dalam bisnismu mudah untuk dipantau.

    Sudah siapkah untuk #langkahmajoo bisnismu? Gunakan aplikasi majoo, satu aplikasi segala solusi!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    18 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Jenis nya 2022 Terbaru
    Mengambil inspirasi dari contoh surat lamaran kerja dapat dilakukan untuk memastikan kemungkinan diterima kerja lebih tinggi. Namun, perhatikan jenisnya!
    Freelancer adalah: Contoh dan Tips Menggeluti Profesi Ini
    Dunia Internet mendorong manusia untuk selalu beradaptasi. Saat ini banyak orang mencari cara menjadi freelancer. Freelancer adalah tenaga kerja lepas yang bekerja secara mandiri.
    Beragam Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnismu
    Selain laporan keuangan laba rugi, apa saja jenis laporan keuangan yang kamu ketahui? Apakah kamu tahu pengertian laporan keuangan?
    Peran Penting Strategi Customer Relationship dalam Bisnis
    Customer relationship adalah strategi untuk menjaga hubungan baik antara pihak pemilik bisnis dan konsumen. Hal ini penting bagi perkembangan bisnis.