Bisnis Proposal atau Proposal Bisnis? Mana yang Benar?

Ditulis oleh Dini N. Rizeki

article thumbnail

Bisnis proposal ternyata sama dengan proposal bisnis.

Kamu mungkin mengenal proposal sebagai rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kegiatan dalam bentuk tulisan dan dijelaskan secara sistematis dan terperinci. Namun, apakah kamu sudah tahu apa itu bisnis proposal atau yang disebut juga dengan proposal bisnis? 

Proposal berfungsi sebagai rancangan rencana yang mengarahkan panitia dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Pembuatan proposal harus dibuat dengan rinci dan detail secara terstruktur dan sistematis. Hal ini penting agar pihak penerima proposal bisa memahami dengan baik isi dan maksud proposal tersebut dibuat. Tujuan pembuatan proposal penting untuk memberi informasi mengenai kegiatan atau penelitian yang akan dilaksanakan serta meminta dukungan dana dari pihak penerima proposal.

Tidak berbeda jauh dengan pengertian proposal secara umum, bisnis proposal adalah dokumen yang dibuat dan berisikan rancangan bisnis dalam periode waktu tertentu. 

Bisnis Proposal adalah …

Bisnis proposal adalah dokumen serta data tertulis yang dibuat oleh pemilik bisnis yang berisi tentang gambaran mengenai seluruh aspek terkait dengan bisnis yang dijalankan. Aspek tersebut mencakup internal maupun eksternal dan realistis sesuai dengan fakta.

Bisnis proposal atau proposal bisnis biasanya dikenal juga dengan istilah  proposal bisnis plan. Jadi, bisnis proposal dan proposal bisnis merupakan hal yang sama. 

Proposal ini bermanfaat untuk menggaet calon investor agar bisa mendapatkan suntikan modal untuk menjalankan bisnis tersebut. Lantaran itulah, proposal bisnis harus dibuat rinci dan sejelas mungkin agar investor bisa memahaminya.

Biasanya, di dalam bisnis proposal tersebut, kamu juga harus memasukkan profil perusahaan atau usaha secara lengkap. Intinya. proposal tersebut harus bisa menjabarkan dan memberikan informasi mengenai segala sesuatu yang terkait dengan bisnis yang akan dijalankan atau dikembangkan. 

Meskipun tujuan bisnis proposal adalah untuk menarik investor agar menanamkan modalnya pada perusahaan kita, namun dalam menyusun dokumen ini, selain menunjukkan kelebihan, pemilik bisnis atau pengusaha juga harus realistis dalam memberikan tawaran. 

Baca juga: [TERBARU] Contoh Proposal Usaha yang Menarik

Tujuan Proposal Bisnis

Secara umum, tujuan pembuatan bisnis proposal atau proposal bisnis adalah sebagai berikut.

Menarik Donatur Maupun Investor

Tujuan utama pembuatan bisnis proposal adalah untuk menarik investor agar bersedia menanamkan modalnya. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan kematangan konsep maupun rencana bisnis. 

Melihat Kelayakan Ide Bisnis

Bisnis proposal adalah pengaman agar segala strategi yang telah dirancang tidak keluar jalur, meskipun mungkin saat eksekusinya akan terdapat beberapa perubahan. Melalui perancangan dokumen ini, pemilik bisnis akan menjadi lebih mengerti iklim usaha sebenarnya sehingga mampu melihat produk atau layanannya sudah layak bersaing atau belum.

Membuat Rencana Bisnis yang Mudah Dikelola dan Lebih Efektif


Fungsi lain dari bisnis proposal adalah untuk mempermudah kamu dalam merancang efektivitas perusahaan baik dari sisi produksi, penjualan, maupun alokasi modal. Hal ini sangat penting karena dunia bisnis selalu dinamis sehingga perlu kemampuan manajerial efektif agar mengikuti perkembangan zaman tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak modal.

Mengamankan Pendanaan

Dalam menjalankan perusahaan atau sebuah bisnis tentunya membutuhkan banyak modal yang mungkin saja belum pasti sumbernya. Dalam hal inilah, peran bisnis proposal akan membantu kamu untuk mendapatkan pendanaan baik dari pinjaman bank maupun investor.

Mengungguli Kompetitor

Secara tidak langsung, bisnis proposal merupakan salah satu media untuk menjabarkan kelebihan bisnis, langkah-langkah strategis, dan tawaran persuasif. Hal ini mampu menunjukkan keunggulan bisnis yang kamu jalankan dibanding kompetitor.

Baca juga: Definisi Perencanaan Usaha dan Manfaatnya Bagi Pebisnis

 Perhatikan ciri-ciri proposal bisnis sebelum membuatnya.

Ciri-Ciri Proposal Bisnis

Sebelum kamu mempelajari cara membuat proposal bisnis, sebaiknya pahami lebih dulu karakteristik dan ciri-ciri proposal bisnis. Sebuah proposal memiliki ciri-ciri dan karakteristik tertentu yang bisa dilihat dari pola struktur, penjelasan, atau kaidah kebahasaannya. 

Berikut merupakan ciri-ciri proposal bisnis dan penjelasan lengkapnya.

Berisi Ringkasan Kegiatan atau Penelitian

Ciri-ciri proposal bisnis yang utama adalah berisikan ringkasan kegiatan atau penelitian yang akan dilaksanakan. proposal bisnis akan menjelaskan kegiatan bisnis yang akan dilaksanakan secara rinci dan detail, mulai dari latar belakang, tujuan, hingga operasional bisnis. 

Terdapat Pihak yang Mengajukan Proposal

Dalam bisnis proposal, pihak pembuat proposal adalah pihak pemilik bisnis atau perusahaan. 

Terdapat Pihak yang Dituju

Selain pihak pembuat proposal, juga ada pihak yang dituju.Umumnya proposal bisnis ditujukan pada pihak yang mempunyai kapasitas sebagai investor atau donatur untuk memberi dukungan dana bisnis.

Bersifat sebagai Pemberitahuan

Bisnis proposal memiliki sifat sebagai pemberitahuan mengenai kegiatan atau operasional bisnis yang akan dilaksanakan. Dengan membaca proposal maka kamu akan tahu dan paham mengenai rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan secara detail.

Menggunakan Bahasa Baku

Umumnya bisnis proposal ditulis dengan menggunakan bahasa baku dan formal. Tiap kata, ejaan, dan format penulisan harus sesuai dengan bahasa formal. 

Memiliki Struktur Penulisan

Ciri-ciri proposal bisnis berikutnya adalah memiliki format dan struktur penulisan yang harus dipenuhi. Struktur pada proposal juga tergantung pada jenis proposalnya, namun secara umum harus mengandung unsur latar belakang, rumusan masalah, tujuan, teknis pelaksanaan, dan penutup.

Disusun secara Sistematis

Penyusunan bisnis proposal harus urut dari awal sampai akhir, dimulai dari bagian latar belakang, metode pelaksanaan hingga penutup, tidak boleh dibolak-balik karena membuat pembaca menjadi bingung.

Isinya Dapat Dipertanggungjawabkan

Ciri-ciri proposal bisnis yang terakhir adalah isinya harus dapat dipertanggungjawabkan oleh pembuat proposal atau pemilik bisnis. Tiap penjelasan dan informasi yang ditulis harus benar dan tepat, sehingga proposal tersebut dapat diterima oleh pihak yang dituju.

Cara Membuat Proposal Bisnis

Berikan Informasi Terkait Usaha 

Unsur terpenting pada bisnis proposal adalah alamat fisik, latar belakang, dan pengantar mengenai bisnis yang kamu jalankan. Bagian ini juga dapat berisi visi, misi, dan penjabaran mengenai prospek ke depannya.

Jabarkan Kelebihan Bisnis Kamu

Cara agar usaha kamu bisa mendapatkan penilaian lebih unggul dibanding kompetitor adalah dengan menjelaskan kelebihan dari segi efisiensi, produksi, maupun hasil. Tuliskan juga pengalaman, prestasi, atau testimoni pelanggan jika ada.

Berikan Penawaran

Dalam penulisan atau pembuatan proposal bisnis plan jangan lupa untuk memberikan penawaran produk dengan mencantumkan keterangan mengenai pembagian keuntungan dan benefit apa saja yang akan diperoleh investor.

Periksa Kelengkapan Struktur Proposal Usaha

Setelah merancang proposal bisnis plan, lakukan pengecekan kembali dan pastikan dokumen tersebut telah mencantumkan unsur-unsur berikut.

  • Pendahuluan
  • Profil, lokasi, jenis, dan struktur organisasi bisnis
  • Produk perusahaan
  • Pembuatan produk, meliputi bahan, alat, dan proses pembuatan
  • Keunggulan produk
  • Target pasar dan strategi pemasaran
  • Hal-hal terkait keuangan dan bagi hasil
  • Penutup
  • Lampiran berupa resep, laporan keuangan, maupun dokumen legalitas perusahaan

Baca juga: Apa itu Analisis SWOT? Pahami Melalui Contohnya!

Contoh Proposal Bisnis

Agar kamu menjadi lebih mudah memahami bentuk dan format dari bisnis proposal atau proposal bisnis, kamu bisa melihat contoh proposal bisnis berikut ini.

 

Proposal Usaha Kuliner Ayam Geprek

Judul Proposal 

Ayam Geprek Gepruk 

Perencanaan Produk

Usaha ini bergerak dalam pembuatan ayam geprek yang saat ini memang sedang hits dan  sangat disukai masyarakat.

Keunggulan Produk 

Ayam geprek mudah untuk dibuat, bahannya mudah didapatkan, dan harganya pun terjangkau. 

Bahan dan Alat

  • Ayam broiler

  • Tepung krispi

  • Telur ayam

  • Lemon

  • Garam

  • Bumbu Marinasi

  • Bawang Putih

  • Bahan sambal

  • Cabai rawit

  • Saus sambal dan saus tomat kemasan

  • Air dan minyak secukupnya

  • Baskom 

  • Penggorengan besar

  • Kompor

  • Penyaring gorengan

  • Blender

  • Layah dan uleg-uleg

Cara Pembuatan

  • Langkah pertama bersihkan ayam dan cuci hingga bersih, kemudian potong ayam menjadi beberapa bagian. Setelah itu ayam dibalurkan lemon dan garam untuk mengurangi rasa amis dan menambah cita rasa

  • Siapkan wadah khusus untuk mengocok telur, masukan ayam yang sudah dibalurkan jeruk dan garam ke dalam telur.

  • Selanjutnya, masukan ayam ke dalam tepung yang sudah disiapkan, pastikan ayam menyatu sempurna dengan tepung. Panaskan minyak di wajan, masukan ayam ke dalam wajan dan tunggu hingga matang. Jika sudah matang dan terlihat crispy pindahkan ayam.

  • Selanjutnya memarkan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan garam Setelah itu tumis bumbu yang sudah dihaluskan

  • Langkah terakhir, ambil ayam goreng yang sudah dimasak dan balurkan sambal di atasnya. Kemudian ayamnya di geprek hingga hancur.

Analisis SWOT

  • Strength : Rasa yang enak dan harganya murah.

  • Weakness : Rasa ayam geprek sangat tergantung dengan kualitas cabai atau sambal yang ditambahkan di atasnya dan kerenyahan ayam yang digeprek itu sendiri. 

  • Opportunity : Ayam adalah bahan lauk pauk yang digemari oleh masyarakat di semua kalangan sehingga potensi pasarnya besar.

  • Threat : Teknologi tidak hanya bisa membantu menemukan resep baru, tetapi juga bisa membantu pesaing untuk menemukan resep yang sama dengan resep yang diolah.. 

Perkiraan Biaya yang Dibutuhkan:

Kompor Gas 2   Tungku          Rp700.000         

Wajan Untuk   Menggoreng     Rp200.000          

Kulkas    Rp2.000.000          

Rice Cooker   Rp300.000      

Etalase  Rp850.000          

Cobek dan Ulekan    Rp100.000        

Tabung Gas 3 Kg     Rp350.000           

Spanduk 3 x 1 M       Rp100.000         

Blowtorch   Rp60.000      

Total      Rp5.210.000   

Penutup

Demikian proposal bisnis ini kami buat, semoga dapat menjadi sebuah acuan. Kami mengharapkan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak dalam mendirikan usaha ini. Terima kasih. 


Kesimpulan

Bisnis proposal adalah suatu hal penting yang perlu disusun dengan baik dan benar agar manfaatnya bisa didapatkan secara maksimal. Dengan adanya manfaat dari bisnis proposal, bisnis yang kamu jalankan bisa menjadi lebih maju dan berkembang tanpa perlu khawatir masalah modal. 

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi keuangan majoo saat bisnismu sudah berjalan. Dengan begitu, segala perencanaan dan pengelolaan keuangan akan menjadi lebih tertata rapi. Selamat memulai bisnis dan jangan lupa berlangganan majoo, ya! 

Referensi:

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/contoh-proposal-usaha-39816

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo