Refinancing: Keuntungan & Tips Memilih

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Refinancing adalah proses menggantikan pinjaman lama dengan pinjaman baru yang memiliki syarat dan kondisi yang lebih menguntungkan

Refinancing adalah proses menggantikan pinjaman lama dengan pinjaman baru yang memiliki syarat dan kondisi yang lebih menguntungkan. Biasanya, refinancing dilakukan untuk mengurangi bunga, mengubah jangka waktu pinjaman, atau menggabungkan beberapa pinjaman menjadi satu.

Keuntungan Refinancing

Mengurangi Bunga Pinjaman

Salah satu keuntungan refinancing adalah mengurangi bunga pinjaman. Kamu dapat mencari pinjaman dengan suku bunga yang lebih rendah daripada pinjaman lama, sehingga menghemat biaya bunga dalam jangka panjang.

Mengubah Jangka Waktu Pinjaman

Refinancing juga memungkinkan kamu untuk mengubah jangka waktu pinjaman. Jika ingin melunasi pinjaman lebih cepat, kamu dapat memilih pinjaman dengan jangka waktu yang lebih pendek. Sebaliknya, jika ingin mengurangi jumlah cicilan bulanan, kamu dapat memilih pinjaman dengan jangka waktu yang lebih panjang.

Menggabungkan Beberapa Pinjaman

Refinancing dapat membantu kamu menggabungkan beberapa pinjaman menjadi satu, sehingga memudahkan pengelolaan keuangan dan mengurangi risiko keterlambatan pembayaran.

Kriteria Refinancing

Riwayat Kredit yang Baik

Kamu harus memiliki riwayat kredit yang baik agar memenuhi syarat untuk refinancing. Hal ini karena pemberi pinjaman akan menilai kemampuan kamu untuk membayar kembali pinjaman baru berdasarkan riwayat kredit.

Rasio Utang terhadap Penghasilan

Pemberi pinjaman juga akan mempertimbangkan rasio utang terhadap penghasilan kamu. Rasio ini menggambarkan seberapa besar beban utang kamu dibandingkan dengan penghasilan bulanan. Semakin rendah rasio ini, semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan persetujuan refinancing.

Nilai Jaminan

Jika pinjaman yang ingin di-refinancing dijamin oleh aset, seperti rumah atau kendaraan, nilai jaminan tersebut akan mempengaruhi keputusan pemberi pinjaman. Pastikan nilai jaminan kamu cukup untuk menutupi pinjaman baru.


Baca Juga: Pinjaman: Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Ini Sebelum Mengajukan

Tips Memilih Refinancing

Ketika memilih refinancing, bandingkan suku bunga yang ditawarkan oleh berbagai pemberi pinjaman

Bandingkan Suku Bunga

Ketika memilih refinancing, bandingkan suku bunga yang ditawarkan oleh berbagai pemberi pinjaman. Pilih pinjaman dengan suku bunga yang lebih rendah daripada pinjaman lama agar dapat menghemat biaya bunga.

Pertimbangkan Biaya Tambahan

Refinancing mungkin melibatkan biaya tambahan, seperti biaya pengajuan, biaya penutupan, dan biaya lainnya. Pastikan kamu mempertimbangkan biaya ini saat membandingkan pinjaman baru dengan pinjaman lama.

Sesuaikan Jangka Waktu Pinjaman

Sesuaikan jangka waktu pinjaman dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Jika ingin melunasi pinjaman lebih cepat, pilih pinjaman dengan jangka waktu yang lebih pendek. Namun, jika ingin mengurangi jumlah cicilan bulanan, pilih pinjaman dengan jangka waktu yang lebih panjang.

Pertimbangkan Kebutuhan Khusus

Beberapa pinjaman refinancing mungkin menawarkan fitur khusus, seperti pelunasan dipercepat atau kelonggaran dalam pembayaran. Pertimbangkan kebutuhan khusus kamu dan pilih pinjaman yang paling sesuai.

Kasus Sukses Refinancing