Definisi Repeat Order dan Cara Meningkatkannya

Ditulis oleh Retna Kumalasari

article thumbnail

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Sebuah perusahaan, tentu akan sangat mendambakan usahanya tersebut bisa berjalan dengan baik dan memiliki pelanggan yang tetap. Tapi ternyata, untuk mencapai hal tersebut bukanlah hal yang mudah.

Sebelum kita berusaha untuk meningkatkan persentase repeat order dari pelanggan, sebaiknya kita perlu memahami arti repeat order itu sendiri.

Apa Itu Repeat Order?

Jadi, apa yang dimaksud dengan repeat order?

Repeat order merupakan istilah bahasa inggris yakni repeat artinya mengulang, dan order artinya pesanan.

Sederhananya, repeat order merupakan sebuah perilaku seorang pelanggan atau konsumen untuk membeli kembali atas suatu produk tertentu yang sama pada toko yang sama pula.

Umumnya, repeat order terjadi karena konsumen yang menyukai produk yang ditawarkan oleh toko/perusahaan tersebut.

Sebagai contoh repeat order, Rani melakukan pembelian pertama kepada produk sebuah perusahaan pada tanggal 12 April, kemudian di tanggal 30 April, Rani membeli produk yang sama untuk kedua kalinya. Aktivitas pembelian inilah yang disebut dengan repeat order.

Manfaat Repeat Order

Ternyata repeat order tidak hanya memberikan keuntungan berupa penjualan saja, tetapi ada manfaat lain yang bisa toko/perusahaan tersebut dapatkan, misalnya:

1. Mempertahankan Pelanggan

Dengan banyaknya pelanggan yang melakukan repeat order, secara tidak langsung menunjukkan bahwa pelanggan tersebut merasa puas dengan produk dan pelayanan yang diberikan.

Kepuasan pelanggan ini merupakan sebuah strategi jangka panjang bagi perusahaan. Semakin baik pengalaman yang dirasakan oleh pelanggan terhadap produk yang dibeli, maka akan semakin kecil pula persentase pelanggan meninggalkan bisnis tersebut.

2. Memperluas Pangsa Pasar

Sebelum bertransaksi, seorang pelanggan biasanya akan menentukan produk apa dan di mana akan membeli produk tersebut. Bisa dikatakan bahwa proses pembeliannya ini bukan dibuat dan diputuskan secara acak, melainkan bersumber dari hasil pengalaman serta perasaan pada saat melakukan pembelian.

Sehingga, ketika pelanggan sudah merasakan pengalaman yang baik pada perusahaanmu, dia akan kembali membeli produk dari perusahaanmu. Biasanya secara sukarela pelanggan tersebut akan mempromosikan bisnis kamu kepada rekan, kerabat, atau yang lainnya.

Ketika pelanggan loyal tersebut berhasil membawa orang lain untuk membeli produk di perusahaanmu, hal ini membuktikan bahwa dengan adanya pelanggan yang loyal maka akan memperluas pangsa pasar yang bahkan sebelumnya tidak bisa dicapai oleh perusahaan itu.

Baca juga: Paid Membership, Model Loyalitas Pelanggan Gaya Baru

3. Memangkas Biaya Pemasaran

Biaya pemasaran adalah biaya yang dikeluarkan untuk melakukan kegiatan pemasaran produk, meliputi biaya iklan, biaya promosi, dan lain sebagainya. Proses pemasaran ini bisa saja memakan biaya yang tidak sedikit, sedangkan hasilnya belum tentu bisa langsung terasa.

Dengan adanya pelanggan loyal yang selalu melakukan repeat order, secara tidak langsung transaksi yang dilakukan tersebut tidak membutuhkan biaya promosi. 

4. Menghemat Biaya Operasional

Seperti halnya biaya pemasaran, biaya operasional yang seharusnya dikeluarkan pada setiap transaksi bisa jadi berkurang karena repeat order yang dilakukan oleh pelanggan.

Sehingga, biaya operasional yang mestinya dikeluarkan, bisa dialokasikan ke hal lainnya seperti, maintenance atau memberikan bonus bagi pelanggan. 

Untuk mendapatkan pelanggan yang loyal, perusahaan perlu memikirkan bagaimana pelanggan tersebut merasa nyaman sejak pertama kali membeli produk tersebut.

Hal ini dikarenakan bahwa pengalaman dan kesan pertama pelanggan akan menentukan apakah pelanggan tersebut mau kembali lagi bahkan membeli lagi produk yang ada di tempat tersebut.

Jika pelanggan sudah merasa nyaman dan cocok sejak pertama kali datang, bisa dibilang pelanggan tersebut akan kembali bertransaksi ke tempat tersebut.

5. Menciptakan Pelanggan Loyal

Loyalitas pelanggan merupakan salah satu jalan yang digunakan pelaku usaha untuk bisa meningkatkan target penjualan. Hubungan yang akan terbentuk dari pelanggan yang loyal dengan perusahaan bisa berlangsung lama.

Pelanggan yang melakukan repeat order menjadi salah satu tolak ukur penerapan customer experience, dimana pelanggan merasakan pengalaman yang baik dari produk maupun layanan yang diberikan.

Pengalaman pelanggan tersebut yang akan mempengaruhi keputusan pelanggan untuk melakukan transaksi berulang dari waktu ke waktu.

Baca juga: Menggaet Pelanggan dengan Program Keanggotaan yang Menarik

 Kesan pertama memberikan penilaian yang baik bagi pelanggan

Tips Meningkatkan Repeat Order

Ada beberapa cara yang bisa diperhatikan untuk dapat meningkatkan repeat order. seperti:

1. Menciptakan First Impression yang Baik

First impression menjadi hal yang akan mempengaruhi keberlanjutan hubungan perusahaan dengan pelanggannya. Jika penjual memberikan kesan pertama yang baik, sudah pasti pelanggan juga akan menerima dan mendapatkan pengalaman yang baik dari perusahaan.

Begitu juga dengan kesan pertama yang tidak cukup baik, hal ini akan berdampak pada penilaian perusahaan itu sendiri. Bahkan mungkins aja pelanggan itu tidak akan menjajakan uangnya kembali ke perusahaanmu.

2. Memastikan Produk Memiliki Kualitas yang Baik

Kualitas produk merupakan hal yang paling penting untuk bisa mendapatkan tempat di hati masyarakat. Jika produk yang ditawarkan menggunakan bahan berkualitas tinggi dan pengolahan yang baik, pelanggan pun tidak akan meragukan produk dari perusahaan tersebut.

Pelanggan akan mendapatkan kepuasan dari produk dengan kualitas terbaik. Hal ini memberi peluang bagi pelanggan untuk kembali belanja di sini.

3. Memberikan Pelayanan yang Terbaik

Salah satu kunci utama yang membuat pelanggan melakukan repeat order selain karena produknya adalah pelayanan dari perusahaan kepada pelanggan tersebut.

Sebagai ujung tombak perusahaan, orang yang bertemu pertama kali dengan pelanggan semestinya bisa memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya. 

Apabila perpanjangan tangan dari perusahaan itu merespon dengan arogan dan ketus, sudah dapat dipastikan review pelanggan terhadap perusahaan akan tidak baik.

4. Mengumpulkan Database Pelanggan

Sebuah bisnis tidak akan bisa dilihat perkembangannya jika tidak ada data konkrit mengenai bisnis yang dijalani, termasuk dengan data pelanggan yang datang. 

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengumpulkan data pelanggan, seperti untuk mencatat transaksi pelanggan dan untuk keperluan program marketing perusahaan.

5. Memberikan Penawaran yang Menarik

Untuk bisa terus bersaing dengan kompetitor lain, suatu perusahaan perlu bisa mengikuti dan merespon momentum yang muncul di masyarakat. Salah satu yang bisa dilakukan untuk memenangkan persaingan adalah dengan membuat penawaran yang menarik minat pelanggan, seperti:

  • Memberi diskon kepada pelanggan

Kamu bisa memberikan diskon untuk pelanggan setia dengan menyesuaikan tingkat member, poin, atau jumlah yang biasanya mereka belanjakan.

  • Promo free ongkir

Gratis ongkos kirim ini salah satu program yang banyak menarik minat pelanggan. Biasanya, perusahaan akan memberikan gratis biaya pengiriman dengan jumlah transaksi tertentu, sehingga masih ada margin yang bisa digunakan untuk menutupi biaya ongkos kirimnya.

  • Program buy 1 get 1

Ada pula metode buy 1 get 1 yang juga terbukti ampuh meningkatkan daya beli pelanggan. Program ini melirik sisi psikologis pelanggan untuk bisa melakukan transaksi di perusahaan tersebut.

6. Merespon Komplain dengan Baik

Dalam menjalankan sebuah bisnis barang atau jasa, baik secara offline maupun online, pasti kita akan menemukan adanya pelanggan yang merasa tidak puas dengan produk yang telah diberikan.

Akan tetapi, jika perusahaan tersebut berhasil menangani komplain dengan baik, hal ini malah bisa menjadi kepuasan bagi pelanggan tersebut dan besar kemungkinan akan membuat pelanggan melakukan repeat order.

Menangani pelanggan memang bukan perkara yang mudah, tapi jika kamu berhasil menyelesaikan permasalahannya, tentunya ini akan berdampak baik bagi bisnis yang dijalankan. Tandanya, perusahaan serius untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik dengan memperhatikan pengalaman pada setiap pelanggannya.

7. Menjalin Komunikasi yang Intens

Pelanggan merupakan aset yang berharga untuk bisnis kamu. Maka, penting untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan loyal yang ada di perusahaanmu.

Dengan sering melakukan komunikasi dengan pelanggan, kamu akan memahami apa yang paling sering dan paling banyak dibutuhkan oleh customer. Hal ini bisa membuka peluang bagi perusahaan untuk bisa memenuhi kebutuhan dari tiap-tiap pelanggannya.

Selain itu, review dari pelanggan pun akan mempengaruhi kinerja perusahaan dimata orang banyak. Sehingga, penting bagi perusahaan bisa menjaga hubungan dan komunikasi kepada pelanggan, agar penilaian terhadap perusahaan pun selalu dalam kondisi yang baik.

Baca juga: Menjaga Kepuasan Pelanggan dalam Relasi Jangka Panjang

8. Membuat Program Loyalitas Pelanggan

Pemberian reward atau poin pada setiap transaksi yang dilakukan pelanggan bisa meningkatkan ketertarikan pelanggan tersebut untuk membeli lagi produk dari tempat tersebut.

Sistem member ini digunakan untuk memberikan keuntungan lebih dibandingkan pelanggan yang bukan member. Sehingga harapannya ini bisa meningkatkan daya tarik pelanggan yang akan terus melakukan repeat order.

Kamu juga bisa mempelajari aktivitas belanja seluruh pelanggan tanpa perlu melakukan survey. Setelah mendapatkan persentase pelanggan yang tidak melakukan repeat order, selanjutnya kamu bisa membuat strategi yang tepat untuk meningkatkan keinginan pelanggan tersebut untuk melakukan repeat order.

Kesimpulan

Repeat order adalah suatu kondisi dimana seorang konsumen melakukan pembelian ulang pada produk atau toko yang sama. Hal ini bisa terjadi karena konsumen tersebut sudah mulai menyukai produk atau jasa yang diberikan oleh toko tersebut.

Untuk mencapainya, perusahaan perlu melakukan banyak hal sebelum akhirnya mendapatkan hati para pelanggannya. Dengan perlakuan yang baik dan konsisten, akan memberikan dampak yang besar bagi hubungan pelanggan dengan perusahaan.

Saat ini, ada aplikasi kasir majoo yang memiliki banyak fitur untuk memenuhi kebutuhan penjualan kamu. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan database yang tersimpan di dalamnya. Sehingga, jika kamu ingin memberikan reward, point, atau program promo, kamu bisa dengan mudah melakukannya dengan bantuan aplikasi kasir majoo ini. Menarik bukan?

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo