Menggaet Pelanggan dengan Program Keanggotaan yang Menarik

Pentingnya menjaga retensi dan loyalitas pelanggan membuat banyak pelaku usaha mulai melirik berbagai macam program keanggotaan yang unik dan menarik. Program-program semacam ini umumnya menawarkan berbagai manfaat serta kemudahan yang mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian. Jika kamu masih belum memiliki program-program serupa, pertimbangkan sejumlah manfaat berikut dan luncurkan program milikmu sendiri!

Meningkatkan penjualan dengan beragam manfaat menjadi anggota

Program loyalitas kerap menawarkan beragam manfaat yang membuat pelanggan tertarik untuk terus melakukan pembelian. Mulai dari promo khusus anggota, penawaran spesial, hingga manfaat-manfaat lain yang menggiurkan dan memberikan nilai tambah. Program loyalitas semacam ini juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga retensi pelanggan, memastikan pelanggan tidak mudah berpaling pada produk atau layanan yang ditawarkan oleh kompetitor.

Mempermudah pelanggan dalam melakukan pembelian

Kemajuan teknologi masa kini membuat fungsi kartu anggota tidak lagi sebatas sebagai tanda pengenal semata. Chip dan barcode yang ditanamkan dalam kartu anggota telah mempermudah proses transaksi maupun pencatatan poin loyalitas secara digital. Pelanggan cukup menunjukkan kartu anggota saat membayar, dan sejumlah proses transaksi pun bisa diselesaikan cukup dengan memindainya di mesin kasir. Beberapa jenama bahkan sudah memfungsikan kartu anggota pelanggannya sebagai e-wallet, memungkinkan pencatatan poin loyalitas yang mudah sekaligus meringkas keseluruh proses transaksi dan pembayaran.

Pelanggan pun dapat menukarkan poin loyalitasnya dengan berbagai manfaat tanpa perlu melalui proses yang bertele-tele. Mengingat karakteristik masyarakat kita yang menginginkan segala sesuatunya serba cepat dan instan, kemudahan semacam ini tentu menjadi keunggulan yang membuat pelanggan tak mudah berpaling.

Beragam diskon dan promo yang memikat

Menggaet pelanggan dengan program keanggotaan yang menarik

Salah satu manfaat menjadi anggota adalah adanya potongan harga atau promo-promo khusus yang hanya bisa dinikmati oleh anggota. Kamu dapat mendorong pelanggan setiamu untuk melakukan pembelian dengan menawarkan potongan harga spesial. Program-program loyalitas semacam itu tentu akan membuat pelanggan merasa puas, sehingga memberimu kemungkinan yang lebih besar untuk mendapatkan ulasan yang positif dari mereka.

Beberapa pelaku usaha bahkan meminta pelanggan mereka mem-posting ulasan positif ke akun media sosial yang mereka miliki untuk memperluas jangkauan ulasan tersebut. Selain dengan meminta pelanggan mem-posting ke akun media sosialnya, ada juga yang menerapkan model referral bagi pelanggan yang ingin mendapatkan manfaat khusus. Dengan berbagai promo menarik, brand awareness pun akan lebih mudah dibangun.

Mudah memberikan informasi pemasaran

Dengan adanya keanggotaan, kamu bisa lebih mudah menyampaikan informasi pemasaran kepada pelanggan. Mendorong angka pemasaran dengan iklan pemasaran tertarget yang dikirimkan kepada pelanggan pun bukan lagi sesuatu yang mustahil. Berikan informasi pemasaran yang sesuai dengan karakteristik pelanggan, misalnya dari produk yang sering dibeli atau dicari olehnya. Informasi pemasaran yang dikirimkan pun akan terasa lebih personal dan tepat sasaran.

Lebih mudah melakukan analisis pasar serta evaluasi program

Program keanggotaan tidak hanya menguntungkan pelanggan. Sebagai pelaku usaha, kamu juga bisa memanfaatkan program ini untuk mengumpulkan wawasan seputar perilaku transaksi pelanggan setiamu. Mulai dari mengukur keberhasilan program loyalitas, mencari tahu kekuatan dan kelemahan setiap promo, hingga menggunakan hasil analisis tersebut untuk menawarkan program yang kemungkinan akan lebih disukai. Analisis pasar ini juga akan sangat membantu ketika menyusun strategi pemasaran atau saat kamu ingin mengembangkan bisnismu. Program loyalitas yang satu ini mempermudahmu mengumpulkan data-data tersebut, sehingga kamu tak harus merogoh kocek cukup dalam untuk melakukan pengumpulan data.

Agar semakin mudah dalam menyusun program-program pemasaran, manfaatkan aplikasi majoo yang akan membantumu mencatat keseluruhan data dan mengelolanya secara otomatis sehingga lebih mudah untuk dianalisis. Aplikasi majoo juga dilengkapi fitur yang memungkinkanmu mengelompokkan pelanggan berdasarkan poin loyalitasnya, mempermudah pelanggan menerima manfaat sebagai anggota sekaligus membantumu mendorong angka penjualan.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.