Rumus HPP: Perhitungan Harga Pokok Produksi yang Akurat

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail
Harga Pokok Produksi (HPP) adalah jumlah total biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi suatu barang atau layanan. HPP mencakup biaya bahan baku, tenaga kerja, overhead pabrik, dan biaya-biaya lainnya yang terkait dengan produksi. Perhitungan HPP yang akurat penting untuk mengelola bisnis dengan efisien dan memastikan harga jual yang kompetitif.

Mengapa Perhitungan HPP yang Akurat Penting?

Kamu sebagai pemilik atau pengelola bisnis pasti ingin mengambil keputusan yang cerdas dan mengoptimalkan profitabilitas. Nah, perhitungan HPP yang akurat menjadi dasar penting dalam mengambil keputusan-keputusan ini.

Menentukan Harga Jual

Dengan mengetahui HPP yang tepat, kamu dapat menentukan harga jual yang menguntungkan bagi produk atau layananmu. Kamu tidak ingin menjual terlalu murah dan merugi, bukan? Atau menjual terlalu mahal sehingga kehilangan pelanggan potensial. Dengan menghitung HPP yang akurat, kamu dapat menemukan keseimbangan antara harga yang kompetitif dan keuntungan yang layak.

Mengelola Stok dengan Baik

Selain itu, perhitungan HPP yang akurat membantu kamu dalam mengelola stok dengan baik. Dengan mengetahui biaya produksi yang sebenarnya, kamu dapat mengatur persediaan bahan baku dan barang jadi dengan efisien. Hal ini membantu menghindari stok yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, sehingga dapat mengoptimalkan aliran kas dan keberlanjutan operasional.

Pengelolaan Biaya Produksi

Perhitungan HPP yang akurat juga membantu kamu dalam mengidentifikasi area-area di mana kamu dapat mengurangi biaya produksi. Dengan melihat komponen-komponen biaya secara terperinci, kamu dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi biaya produksi. Misalnya, kamu mungkin menemukan cara untuk mengoptimalkan penggunaan bahan baku atau mengurangi biaya overhead pabrik. Dengan demikian, kamu dapat meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi biaya secara keseluruhan.

Profitabilitas Produk

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, kamu juga perlu memahami profitabilitas produkmu. Perhitungan HPP yang akurat memberikan gambaran yang jelas tentang seberapa menguntungkan produk atau layananmu. Dengan mengetahui margin keuntungan yang dihasilkan, kamu dapat membuat strategi bisnis yang tepat. Kamu dapat fokus pada produk yang paling menguntungkan dan mengidentifikasi produk atau layanan yang mungkin perlu disesuaikan untuk meningkatkan profitabilitas.


Jadi, tidak diragukan lagi bahwa perhitungan HPP yang akurat sangat penting dalam mengelola bisnis dengan sukses. Kamu tidak hanya dapat menentukan harga jual yang menguntungkan, tetapi juga mengoptimalkan efisiensi produksi, mengelola stok dengan baik, dan mengidentifikasi peluang penghematan biaya. Dengan demikian, kamu dapat mengambil keputusan yang cerdas, menjaga kesehatan finansial bisnis, dan mencapai keberlanjutan jangka panjang.

Langkah-langkah untuk Menghitung HPP dengan Akurat

Rumus menghitung Harga Pokok Produksi (HPP) dapat membantu kamu mendapatkan perkiraan biaya yang dikeluarkan

Rumus menghitung Harga Pokok Produksi (HPP) dapat membantu kamu mendapatkan perkiraan biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi suatu barang atau layanan. Berikut ini adalah rumus umum yang dapat digunakan untuk menghitung HPP:


HPP = (Biaya Bahan Baku + Biaya Tenaga Kerja + Biaya Overhead Pabrik + Biaya Lainnya) / Jumlah Unit Produk

Identifikasi Biaya Bahan Baku

Mengidentifikasi semua biaya bahan baku yang terlibat dalam proses produksi adalah langkah pertama dalam menghitung HPP. Ini termasuk biaya pembelian bahan baku, pengiriman, dan biaya lain yang terkait dengan pengadaan bahan baku.

Hitung Biaya Tenaga Kerja

Selanjutnya, hitung biaya tenaga kerja yang terlibat dalam produksi. Ini mencakup upah pekerja yang terlibat langsung dalam produksi barang atau layanan. Jangan lupa untuk memasukkan semua biaya karyawan yang relevan, termasuk tunjangan dan insentif.

Hitung Overhead Pabrik

Overhead pabrik mencakup semua biaya produksi yang tidak dapat langsung diatribusikan ke produk tertentu. Ini meliputi biaya sewa pabrik, listrik, perawatan mesin, peralatan, dan lain sebagainya. Hitunglah overhead pabrik dengan membagi total biaya overhead dengan jumlah unit produk yang dihasilkan.

Tambahkan Biaya Lainnya

Selain biaya bahan baku, tenaga kerja, dan overhead pabrik, ada juga biaya-biaya lain yang harus diperhitungkan. Ini bisa termasuk biaya administrasi, biaya pemasaran, dan biaya lain yang terkait dengan produksi. Pastikan untuk mencatat dan menambahkan semua biaya ini dalam perhitungan HPP.

Bagi Total Biaya dengan Jumlah Unit Produk

Setelah kamu mengumpulkan semua biaya yang relevan, bagi total biaya dengan jumlah unit produk yang dihasilkan. Ini akan memberikanmu HPP per unit produk. Kamu dapat menentukan harga jual yang sesuai untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkan jika dapat mengetahui HPP per unit dengan akurat.

Tips Efisiensi Perhitungan Harga Pokok Produksi

Dalam upaya mengoptimalkan perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP) kamu, ada beberapa tips yang dapat membantu kamu meningkatkan efisiensi dalam proses tersebut, antara  lain:

Analisis dan Pemantauan Biaya Secara Rutin

Lakukan analisis dan pemantauan biaya secara rutin untuk memastikan bahwa kamu memiliki data yang akurat dan terkini. Tinjau kembali biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik, dan biaya lainnya. Dengan melakukan pemantauan yang baik, kamu dapat mengidentifikasi tren biaya dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengendalikan atau mengurangi biaya yang tidak perlu.

Automatisasi dan Penggunaan Perangkat Lunak

Manfaatkan kemajuan teknologi dengan mengadopsi perangkat lunak atau sistem otomatisasi yang dapat membantu kamu dalam perhitungan HPP. Dengan menggunakan perangkat lunak khusus, kamu dapat menghemat waktu dan meminimalkan kesalahan manusiawi dalam proses perhitungan. Sistem otomatisasi juga dapat membantu kamu mengintegrasikan data dari berbagai departemen, sehingga memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang biaya produksi.

Optimalkan Penggunaan Bahan Baku

Selalu evaluasi penggunaan bahan baku dalam proses produksi. Cari cara untuk mengoptimalkan penggunaan bahan baku, seperti melakukan perencanaan yang baik, mengurangi pemborosan, atau mencari alternatif bahan baku yang lebih efisien. Dengan mengurangi jumlah limbah atau kehilangan dalam produksi, kamu dapat mengurangi biaya bahan baku dan meningkatkan efisiensi produksi secara keseluruhan.

Tinjau Kembali Proses Produksi

Lakukan tinjauan kembali terhadap proses produksi yang kamu lakukan. Identifikasi langkah-langkah atau tahapan yang mungkin memakan biaya lebih tinggi dari yang seharusnya. Tinjau kembali urutan proses, aliran kerja, dan metode produksi yang digunakan. Cari cara untuk menyederhanakan proses atau menggunakan teknik produksi yang lebih efisien. Dengan mengoptimalkan proses produksi, kamu dapat mengurangi biaya dan meningkatkan profitabilitas.

Konsolidasikan dan Negosiasikan dengan Pemasok

Lakukan konsolidasi pemasok dan negosiasikan kontrak dengan mereka. Dengan mengonsolidasikan pemasok, kamu dapat memperoleh harga yang lebih baik melalui pembelian dalam jumlah yang lebih besar. Selain itu, jangan ragu untuk bernegosiasi dengan pemasok terkait harga bahan baku. Dalam beberapa kasus, kamu mungkin dapat mencapai kesepakatan yang lebih menguntungkan, yang pada akhirnya akan membantu mengurangi biaya produksi.


Dengan menerapkan tips-tips efisiensi perhitungan HPP ini, kamu dapat meningkatkan akurasi perhitungan, mengurangi biaya produksi, dan meningkatkan profitabilitas bisnis. Selalu ingat bahwa efisiensi adalah kunci dalam menjalankan bisnis yang sukses.

Hindari Hal Ini saat Menghitung Harga Pokok Produksi

Saat menghitung Harga Pokok Produksi (HPP), terdapat beberapa hal yang perlu kamu hindari agar perhitunganmu tetap akurat dan relevan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan hindari:

Mengabaikan Komponen Biaya yang Signifikan

Jangan mengabaikan komponen biaya yang signifikan dalam perhitungan HPP. Pastikan kamu mencakup semua biaya yang relevan seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik, dan biaya lainnya yang terkait dengan produksi. Mengabaikan komponen biaya ini dapat menyebabkan perhitungan yang tidak akurat dan mengganggu penentuan harga jual yang tepat.

Tidak Memperbarui Data dan Informasi Terbaru

Pastikan untuk memperbarui data dan informasi terbaru yang berkaitan dengan biaya produksi. Harga bahan baku, upah tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu. Jika kamu tidak memperbarui informasi ini, perhitungan HPP yang kamu lakukan mungkin tidak mencerminkan kondisi terkini. Selalu perbaharui data dan informasi untuk menjaga akurasi perhitungan HPP.

Kamu sebagai pemilik bisnis ingin lebih mudah mengelola dan memantau bisnis kamu? Gunakan Aplikasi Owner dari Majoo! Aplikasi ini akan membantu kamu dalam mengakses informasi bisnis secara real-time, termasuk penjualan, stok barang, dan performa bisnis secara keseluruhan. Dengan Aplikasi Owner Majoo, kamu bisa menjadi pemilik bisnis yang lebih efisien dan terinformasi. Mulailah menggunakan aplikasi ini sekarang dan kendalikan bisnis kamu dengan lebih baik!

Menggunakan Perhitungan yang Tidak Sesuai dengan Proses Produksi

Hindari menggunakan perhitungan HPP yang tidak sesuai dengan proses produksi yang kamu jalankan. Setiap bisnis memiliki karakteristik dan proses produksi yang berbeda-beda. Pastikan kamu menggunakan rumus dan metode perhitungan yang sesuai dengan proses produksi yang kamu lakukan. Jika perhitungan tidak sesuai, hasilnya mungkin tidak akurat dan tidak memberikan gambaran yang tepat tentang biaya produksi yang sebenarnya.

Tidak Mencatat dan Memantau Biaya dengan Teliti

Jangan lalai dalam mencatat dan memantau biaya dengan teliti. Penting untuk memiliki sistem pencatatan yang baik dan teratur untuk mengumpulkan semua data biaya yang relevan. Jika kamu tidak mencatat dengan teliti, kamu mungkin kehilangan beberapa biaya yang penting dalam perhitungan HPP. Selain itu, pastikan kamu juga memantau biaya secara berkala untuk mengidentifikasi tren dan perubahan yang dapat mempengaruhi perhitungan HPP.

Tidak Menghitung Margin Keuntungan yang Optimal

Jangan mengabaikan perhitungan margin keuntungan yang optimal. Selain menentukan biaya produksi, kamu juga perlu memperhatikan target keuntungan yang ingin kamu capai. Menghitung margin keuntungan yang optimal membantu kamu menentukan harga jual yang menguntungkan dan sesuai dengan tujuan bisnismu. Jika kamu tidak memperhitungkan margin keuntungan secara tepat, kamu mungkin menjual dengan harga yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, yang dapat mempengaruhi profitabilitas bisnismu.


Dengan menghindari hal-hal di atas, kamu dapat memastikan bahwa perhitungan HPP yang kamu lakukan akurat, relevan, dan memberikan gambaran yang tepat tentang biaya produksi. Ingatlah bahwa perhitungan HPP yang baik merupakan landasan penting dalam pengambilan keputusan bisnis yang cerdas dan sukses.


Perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP) yang akurat adalah kunci untuk mengelola bisnis dengan efisiensi dan mendapatkan keuntungan yang seimbang. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menghitung HPP dengan tepat dan membuat keputusan bisnis yang cerdas. 


Penting untuk selalu memperbarui perhitungan HPP secara berkala untuk mengakomodasi perubahan dalam biaya produksi dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi harga. Dengan demikian, kamu dapat menjaga kesehatan finansial bisnismu dan memastikan keberlanjutan jangka panjang.


Sumber Data:

https://www.hashmicro.com/id/blog/ketahui-cara-menghitung-harga-pokok-produksi-dan-tips-mengefisiensikannya/

https://www.kompas.com/skola/read/2022/12/19/070000169/rumus-harga-pokok-produksi-dan-cara-menghitungnya?page=all

https://unsplash.com/s/photos/professional


Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo