Sales Promotion adalah: Definisi, Tujuan beserta Contohnya!

Ditulis oleh Retna Kumalasari

article thumbnail

Kegiatan promosi dilakukan untuk meningkatkan daya beli pelanggan.

Sebagai salah satu metode pemasaran, sales promotion bisa kamu gunakan untuk memperkenalkan produk perusahaan kepada para konsumen. Suatu brand menggunakan metode ini untuk dapat meningkatkan minat beli pelanggan terhadap produk-produk yang dipasarkan.

Sales promotion ini dianggap mampu menarik minat pelanggan untuk melakukan pembelian terhadap produk yang dijual oleh sebuah brand.

Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan mengenai pengertian sales promotion beserta contohnya secara lengkap dalam artikel ini!

Sales Promotion adalah …

Secara sederhana, sales promotion merupakan salah satu bentuk marketing yang digunakan untuk menawarkan produk untuk bisa meningkatkan daya beli konsumen.

Philip Kotler menyampaikan bahwa sales promotion adalah berbagai macam kumpulan alat insentif, sebagian besar jangka pendek, yang dirancang untuk merangsang pembelian yang lebih cepat dan lebih besar dari produk atau jasa tertentu oleh konsumen atau pedagang.

Sedangkan hermawan mengemukakan bahwa sales promotion merupakan salah satu bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat dirancang untuk merangsang atau mendorong pembelian suatu produk tertentu dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli oleh pelanggan.

Tugas Sales Promotion

Terdapat beberapa peran atau tugas sales promotion yang mesti kamu ketahui, di antaranya adalah:

  • Short-Termism

Sales promotion menjadi salah satu bentuk promosi yang dibutuhkan oleh perusahaan karena dianggap mampu menghasilkan peningkatan angka penjualan dengan cepat, tepat, dan memberi dampak secara langsung bagi perusahaan.

  • Competition for shelf space

Selain itu, sales promotion juga mampu membantu para pemilik bisnis untuk dapat memenangkan shelf space sehingga perputaran barang yang dijual oleh sebuah brand jadi lebih cepat.

  • Managerial Accountability

Kegiatan promosi ini dapat membantu memudahkan tim manajer pemasaran untuk menghitung seluruh pengeluaran dari hasil aktivitas promosi yang dilakukan dengan lebih cepat dan tepat.

  • Brand Performance

Dengan bantuan teknologi yang makin berkembang, memungkinkan sebuah brand untuk mempromosikan produk-produk yang mereka jual kepada masyarakat dengan cara yang lebih efektif. 

  • Brand Expansion

Adanya sales promotion sangat membantu pelanggan untuk mengambil keputusan pembelian dengan lebih mudah. Sebab, tawaran-tawaran promosi yang dilakukan memberi dampak secara langsung terhadap keputusan pembelian yang akan mereka lakukan.

Baca juga: Pemasaran pada Generasi Muda, Inilah Kuncinya!

Tujuan Sales Promotion 

Setelah mengetahui peran atau tugas dari sales promotion, kamu juga perlu memahami tujuan sales promotion itu sendiri. Ada empat tujuan dilakukannya kegiatan ini, di antaranya:

1. Meningkatkan brand awareness

Tujuan sales promotion yang pertama adalah untuk meningkatkan brand awareness terhadap perusahaan tersebut. Kegiatan promosi yang dilakukan akan berdampak pada peningkatan penjualan. 

Umumnya, kegiatan promosi yang dilakukan menawarkan keuntungan yang menarik bagi konsumen. Semakin banyak orang yang tertarik, semakin banyak pula orang yang mengenal brand dari produk yang mereka gunakan.

2. Membangun pasar untuk produk baru

Sales promotion juga sering kali digunakan untuk memasarkan produk-produk baru yang perusahaan miliki. Biasanya, setiap produk atau jasa yang ditawarkan memiliki target pasarnya masing-masing. Dengan memanfaatkan kegiatan pemasaran ini perusahaan bisa lebih mudah memasarkan produk-produknya sesuai dengan target pasar yang mereka tuju. 

3. Loyalitas pelanggan

Customer loyalty atau loyalitas pelanggan juga menjadi tujuan adanya kegiatan pemasaran ini. Sales promotion yang menarik dapat membuat pelanggan merasa mendapatkan keuntungan saat membeli produk yang kamu jual. Perasaan inilah yang akan membuat pelanggan menjadi loyal terhadap brand dan terus membeli produkmu dibandingkan dengan produk dari brand lainnya. 

4. Menjaga brand atau produk bisa terus bersaing

Tujuan sales promotion selanjutnya adalah untuk menjaga brand atau produk agar tetap mampu bersaing dengan produk lainnya. 

Ketika perusahaan terus aktif memasarkan produknya, barang-barang yang mereka produksi bisa terus dipilih oleh konsumen dan tidak mudah terkikis oleh produk-produk kompetitor mereka.

Baca juga: Marketing adalah: Definisi, Fungsi, Strategi, dan Jenis

 Program promosi yang dibuat bisa meningkatkan daya tarik konsumen untuk membeli suatu produk.

Contoh Sales Promotion 

Lalu, apa saja contoh sales promotion itu? Berikut beberapa bentuk promosi yang bisa kamu terapkan ke dalam sebuah bisnis.

  • Diskon

Diskon merupakan salah satu contoh sales promotion yang paling mudah diaplikasikan. Adanya diskon atau potongan harga bisa meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk-produk dari sebuah brand

  • Hadiah gratis

Contoh selanjutnya adalah dengan memberi hadiah gratis kepada konsumen. Hadiah gratis ini biasanya masih berkaitan dengan barang-barang yang dijual oleh perusahaan. 

Hadiah yang diberikan secara cuma-cuma ini tak hanya mampu meningkatkan jumlah pembelian produk saja, tapi juga bisa menambah nilai dari sebuah produk di hadapan konsumen. 

  • Voucher atau kupon

Potongan harga berupa kupon atau voucher juga bisa kamu berikan kepada pelanggan tertentu untuk menciptakan ikatan yang eksklusif di antara pelanggan dengan perusahaan.

Voucher yang diberikan biasanya memiliki batas waktu penggunaan, sehingga pelanggan yang mendapatkan kupon atau voucher tersebut harus segera menggunakannya sebelum kupon tersebut expired.

  • Buy one get one

Buy one get one juga merupakan salah satu contoh sales promotion yang sering digunakan. Pelanggan akan mendapatkan 2 buah produk dengan hanya membayar 1 produk saja.

Kamu bisa memanfaatkan promo ini dengan mengombinasikan lebih dari 1 jenis produk, sehingga perputaran barang bisa lebih cepat terjadi. Cara ini dinilai cukup efektif digunakan untuk berbagai jenis barang atau jasa yang kamu tawarkan.

  • Early bird atau purchaser special 

Satu lagi contoh promo yang sering digunakan untuk menarik minat pelanggan yang baru pertama kali melakukan pembelian. Promo ini bisa kamu pilih untuk menyambut calon mereka sebagai pelanggan.

Promo ini tidak akan membuat perusahaan mengeluarkan banyak anggaran, sebab diskon yang diberikan hanya berlaku satu kali saja. Jadi, konsumen yang harus melakukan pembelian lebih cepat agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

  • Giveaway

Memberikan kuis dengan giveaway juga bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk sales promotion yang menarik minat pelanggan. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan program giveaway ini. 

Selain bisa menaikan angka penjualan produk, bentuk promosi ini juga bisa meningkatkan engagement antara perusahaan dengan pelanggannya.

  • Sample gratis

Contoh promosi lainnya adalah dengan memberikan sample gratis. Sampek merupakan sejumlah kecil produk yang ditawarkan kepada pelanggan untuk dicoba. 

Dengan adanya sample gratis ini, pelanggan bisa lebih tertarik untuk membeli produk baru yang kamu tawarkan, meskipun mereka tidak berencana membeli produk tersebut sebelumnya.

  • Flash sales

Terakhir, ada flash sales yang merupakan kegiatan sales promotion yang lebih sering ditemui dalam dunia e-commerce. Konsep promosi yang satu ini akan memberikan tawaran harga yang lebih rendah kepada konsumen dengan jangka waktu tertentu.

Biasanya, kuantitas yang disediakan oleh suatu brand juga dibatasi, sehingga dapat memicu tindakan pembelian konsumen yang lebih cepat.

Baca juga: Ketahui Tren Social Media Marketing di Tahun 2023!

Kesimpulan

Sekarang, kamu sudah memahami pengertian sales promotion, tujuan beserta contoh-contohnya, kan!

Sales promotion merupakan suatu bentuk atau metode pemasaran yang sering digunakan para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya kepada konsumen. Selain untuk menarik perhatian para konsumen, kegiatan ini juga dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk yang bisa menguntungkan perusahaan nantinya.

Sebagai contoh, kamu bisa mengadakan program buy one get one atau memberikan potongan harga kepada para konsumen, sehingga mereka tertarik untuk membeli barang yang kamu tawarkan kepada mereka.

Nah, kamu bisa mulai melakukan pencatatan data customer menggunakan aplikasi POS majoo untuk memudahkan proses promosi ini. Dengan data yang telah kamu miliki, kamu bisa menjalankan promosi penjualan secara cepat, tepat, dan efisien.

Aplikasi CRM yang dimiliki majoo akan sangat membantu kamu menjalankan banyak program promosi, seperti memberikan poin, membership, voucher, hingga bentuk kampanye marketing lainnya. Majoo juga mempunyai banyak fitur dan layanan lain yang akan mendukung segala aktivitas bisnis kamu secara online.

Dengan aplikasi majoo, kelola bisnis jadi lebih mudah dengan beragam solusi yang dimilikinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba majoo sekarang!



Referensi

  • https://www.zendesk.com/blog/sales-promotion/#:~:text=A%20sales%20promotion%20is%20a,reason%20is%20to%20boost%20sales
  • https://www.gramedia.com/literasi/sales-promotion/#2_Tetap_kompetitif
  • https://accurate.id/marketing-manajemen/sales-promotion-adalah/#2_Ada_Pasar_untuk_Produk_Baru
  • https://www.accountingtools.com/articles/sales-promotion
  • https://glints.com/id/lowongan/sales-promotion-definisi-tujuan-dan-contohnya/#apa-itu-sales-promotion 
  • https://www.freshworks.com/crm/sales/sales-promotion/

Gambar

  • Freepik.com 

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo