Sistem CRM: Cara Efektif Menjalin Hubungan dengan Pelanggan

article thumbnail


sistem CRM adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan oleh perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka

CRM, singkatan dari Customer Relationship Management, adalah suatu sistem yang dirancang untuk mendukung bisnis dalam mengurus hubungan serta interaksi mereka dengan pelanggan. Bukan hanya sebuah alat teknologi, melainkan strategi bisnis yang berfokus pada memahami, mengantisipasi, dan merespons kebutuhan pelanggan secara efisien.


Dalam konteks ini, sistem CRM adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan oleh perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka, baik itu pelanggan potensial maupun pelanggan tetap. Sistem ini memungkinkan perusahaan untuk melacak dan mengatur kontak dengan pelanggan mereka, memonitor penjualan, mengelola kampanye pemasaran dan menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik.

Fungsi Utama Sistem CRM

Sistem CRM (Customer Relationship Management) berperan penting dalam banyak aspek bisnis. Fungsi utama sistem CRM berpusat pada tiga elemen penting: pelayanan pelanggan, otomatisasi penjualan, dan manajemen kampanye pemasaran.

Manajemen Pelanggan

Salah satu fungsi utama sistem CRM adalah mengelola dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Sistem CRM memungkinkan kamu untuk mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan secara real-time, memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan preferensi pelangganmu. Data ini dapat digunakan untuk merancang produk atau layanan yang lebih baik, menawarkan penawaran khusus yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan pada akhirnya, meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Otomatisasi Penjualan

Sistem CRM juga membantu dalam proses penjualan dengan mengotomatisasi berbagai tugas. Misalnya, sistem CRM dapat digunakan untuk melacak interaksi pelanggan, mengatur jadwal, membuat laporan penjualan, dan mengelola prospek penjualan. Dengan demikian, sistem CRM memungkinkan tim penjualanmu untuk bekerja lebih efisien dan fokus pada tugas yang lebih strategis.

Manajemen Kampanye Pemasaran

Manajemen kampanye pemasaran adalah fungsi lain dari sistem CRM. Dengan sistem CRM, kamu dapat merencanakan, melaksanakan, dan melacak kampanye pemasaranmu dengan lebih efektif. Sistem CRM memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi target pasar yang tepat, merancang pesan yang menarik, dan mengukur efektivitas kampanye pemasaranmu.

Analisis dan Pelaporan

Selain itu, sistem CRM juga membantu dalam analisis dan pelaporan. Sistem ini memungkinkan kamu untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber, membuat laporan yang detail dan mudah dipahami, dan menggunakan informasi ini untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik.


Dengan semua fungsi ini, sistem CRM membantu perusahaan meningkatkan produktivitas, memaksimalkan pendapatan, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Oleh karena itu, tidak heran jika sistem CRM menjadi elemen penting dalam strategi bisnis banyak perusahaan.

Tujuan Penerapan Sistem CRM

Tujuan pokok dari penerapan sistem CRM adalah untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan

Tujuan pokok dari penerapan sistem CRM adalah untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan. Ini membantu bisnismu dalam menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan, mendorong pertumbuhan bisnis, dan melipatgandakan loyalitas pelanggan. Tujuan-tujuan lain dalam implementasi sistem CRM, antara lain:

Menjalin Hubungan yang Lebih Dekat dengan Pelanggan

Sistem CRM mampu membantu bisnismu dalam membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan. Ini karena CRM memiliki kapabilitas untuk mengkonsolidasikan semua interaksi pelanggan dari berbagai kanal bisnis menjadi satu platform.


Fungsi ini tentunya mempermudah kamu dan tim dalam memahami riwayat interaksi pelanggan dan kebutuhannya. Sehingga, kamu dapat membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan.

Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Wawasan atau informasi pelanggan yang diperoleh dari CRM dapat digunakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, misalnya dengan memberikan layanan terbaik. Pelanggan yang merasa puas biasanya akan melakukan pembelian berulang, yang menunjukkan loyalitas mereka terhadap produkmu.

Mendorong Pertumbuhan Penjualan

Teknologi yang terdapat pada CRM dilengkapi dengan fitur-fitur inovatif yang mendukung penjualanmu. Fitur-fitur ini antara lain mencakup pelacak produktivitas karyawan, GPS tracker, serta automasi dokumen.

Meningkatkan Segmentasi Pelanggan

Memiliki jumlah kontak pelanggan yang besar dapat menyulitkanmu. Dalam situasi seperti ini, bagaimana kamu bisa mengetahui pelanggan mana yang ingin menerima email tentang produk baru di toko kamu?


CRM akan membantu kamu mengelompokkan daftar kontak secara otomatis berdasarkan kriteria yang kamu tetapkan, sehingga memudahkan kamu dalam menemukan orang yang ingin kamu hubungi pada waktu tertentu.

Memiliki Database Terpusat

Sistem CRM menyediakan database terpusat dengan semua informasi pelangganmu, yang memudahkan akses bagi siapa pun yang membutuhkannya. Dari sisi penjualan, ini memudahkan perwakilan penjualan untuk melihat produk apa yang diminati oleh pelanggan tertentu.

Mendorong Pengambilan Keputusan yang Tepat

Sistem CRM biasanya didukung dengan laporan analitis terkait penjualan, performa karyawan, dan analisis lainnya yang dapat diakses secara real-time. Dari laporan ini, kamu dapat mengevaluasi keefektifan strategi yang kamu terapkan dan melakukan penyesuaian jika diperlukan.

Meningkatkan Interaksi Pelanggan

Interaksi antara pelanggan dan bisnis tidak hanya berakhir saat produk sampai di tangan pelanggan. Kamu perlu menjalin dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan. Dengan menggunakan informasi dan data yang tersimpan dalam database CRM, kamu dapat memahami kebutuhan pelanggan dengan lebih baik dan meningkatkan interaksi dengan mereka.

Tingkatkan interaksi dengan pelanggan bisnismu menggunakan aplikasi CRM Majoo! Wujudkan optimalisasi customer relationship management dengan mudah dan praktis bersama Majoo!

Menghemat Biaya Operasional

CRM dapat membantu kamu dalam mengautomasi seluruh proses bisnismu. Dengan begitu, kamu tidak hanya dapat merampingkan proses bisnis, tetapi juga dapat menghemat biaya operasional. Kamu tidak membutuhkan banyak karyawan untuk melakukan berbagai tugas dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Jenis-Jenis Sistem CRM

Pemahaman tentang jenis-jenis sistem CRM sangat penting untuk memastikan kamu memilih sistem yang paling sesuai

Pemahaman tentang jenis-jenis sistem CRM sangat penting untuk memastikan kamu memilih sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Sistem CRM umumnya dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu CRM Operasional, CRM Analitik, dan CRM Kolaboratif.

CRM Operasional

Sistem CRM operasional dirancang untuk mengotomatisasi, menyederhanakan, dan memperbaiki proses bisnis yang berorientasi pada pelanggan. Fokus utamanya adalah pada otomatisasi penjualan, pelayanan pelanggan, dan pemasaran. Sebagai contoh, sistem ini dapat membantu kamu melacak interaksi pelanggan, mengelola data pelanggan, atau otomatisasi email pemasaran. Tujuannya adalah untuk menghasilkan leads, mengonversi leads menjadi kontak, mempertahankan pelanggan, dan memberikan layanan yang superior.

CRM Analitik

Sistem CRM analitik berfokus pada analisis data pelanggan untuk menghasilkan wawasan yang berharga tentang perilaku dan nilai pelanggan. Sistem ini mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan dari berbagai sumber dan menggunakannya untuk membantu dalam pengambilan keputusan dan perencanaan strategis. Misalnya, CRM analitik bisa membantu kamu memahami tren pembelian, mengidentifikasi segmen pelanggan, atau memprediksi perilaku pelanggan di masa mendatang.

CRM Kolaboratif

Sistem CRM kolaboratif (juga dikenal sebagai CRM strategis) berfokus pada peningkatan kerja sama antara tim dan departemen dalam perusahaan atau antara perusahaan dan mitra eksternalnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan dengan memastikan bahwa setiap titik kontak antara pelanggan dan perusahaan disinkronisasi dan konsisten. Misalnya, ini dapat mencakup berbagi informasi pelanggan antara tim penjualan, pelayanan pelanggan, dan tim teknis.


Setiap jenis sistem CRM menawarkan keuntungan unik dan penting bagi bisnis. Jenis sistem CRM yang paling sesuai untuk bisnismu akan tergantung pada berbagai faktor, termasuk ukuran bisnismu, industri di mana kamu beroperasi, dan tujuan bisnis spesifikmu.

Pondasi Penting Sistem CRM

Sebuah sistem CRM yang efektif dibangun di atas beberapa pondasi penting. Memahami pondasi-pondasi ini dapat membantu kamu memilih dan mengimplementasikan sistem CRM yang paling efektif untuk bisnismu.

Pengumpulan Data

Data adalah aset terpenting dari setiap sistem CRM. CRM mengumpulkan data dari berbagai titik kontak antara perusahaan dan pelanggan, termasuk situs web, media sosial, panggilan telepon, email, dan lainnya. Data ini digunakan untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang perilaku dan preferensi pelanggan.

Analisis Data

Mengumpulkan data saja tidak cukup. Sistem CRM juga harus mampu menganalisis data tersebut untuk menghasilkan wawasan yang berguna. Analisis data dapat membantu kamu memahami tren pembelian, identitas segmen pelanggan, dan memprediksi perilaku pelanggan di masa depan.

Otomatisasi

Sistem CRM harus mampu mengotomatisasi proses bisnis yang berulang dan memakan waktu, seperti mengirim email promosi atau melacak interaksi pelanggan. Otomatisasi dapat meningkatkan efisiensi dan memungkinkan tim kamu untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih penting.

Integrasi

Sistem CRM harus dapat berintegrasi dengan sistem lain yang digunakan oleh bisnismu, seperti sistem ERP atau sistem pemasaran. Integrasi ini memungkinkan aliran data yang lancar antara sistem dan memastikan bahwa semua departemen dalam bisnismu memiliki akses ke informasi pelanggan yang up-to-date.

Kesesuaian dengan Bisnis

Setiap bisnis memiliki kebutuhan yang unik, dan sistem CRM yang kamu pilih harus sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Misalnya, jika bisnismu beroperasi di beberapa negara, kamu mungkin membutuhkan sistem CRM yang mendukung berbagai bahasa dan mata uang.

Keamanan Data

Data pelanggan adalah aset yang sangat berharga, dan penting untuk melindungi data tersebut dari ancaman keamanan. Sistem CRM harus memiliki fitur-fitur keamanan yang kuat, seperti enkripsi data, kontrol akses, dan backup data otomatis.


Ingat, sistem CRM yang efektif adalah yang dapat mendukung dan meningkatkan strategi pelanggan bisnismu, dan bukan sebaliknya. Oleh karena itu, penting untuk memilih sistem CRM yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnismu.

Contoh Penerapan CRM dalam Dunia Bisnis

Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan sistem CRM dalam dunia bisnis, yang menunjukkan bagaimana teknologi ini dapat membantu bisnis dalam berbagai sektor:

E-commerce

Situs-situs e-commerce seperti Lazada dan Tokopedia menggunakan sistem CRM untuk melacak perilaku belanja pelanggan, mengelola interaksi pelanggan, dan menyampaikan penawaran yang disesuaikan dengan preferensi masing-masing pelanggan.

Perbankan

Bank seperti BCA dan Mandiri menggunakan sistem CRM untuk menyediakan layanan yang lebih personal kepada pelanggan mereka. Misalnya, mereka mungkin menggunakan data dari CRM untuk mengidentifikasi pelanggan yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan tertentu, seperti pinjaman atau kartu kredit.

Industri Hotel

Hotel-hotel besar seperti Marriott dan Hilton menggunakan sistem CRM untuk mengelola reservasi, melacak preferensi pelanggan, dan memberikan pengalaman yang disesuaikan untuk setiap tamu. Misalnya, jika seorang tamu selalu memesan bantal ekstra, sistem CRM bisa mengingatkan staf hotel untuk menyiapkan bantal ekstra tersebut setiap kali tamu tersebut membuat reservasi.

Penyedia Layanan Internet

Perusahaan seperti Telkom dan IndiHome menggunakan sistem CRM untuk mengelola interaksi dengan pelanggan dan memastikan mereka menerima layanan terbaik. Misalnya, jika seorang pelanggan menghubungi layanan pelanggan untuk melaporkan masalah, sistem CRM dapat membantu agen layanan pelanggan dengan menyediakan informasi tentang riwayat pelanggan dan masalah yang pernah mereka hadapi sebelumnya.

Industri Otomotif

Produsen mobil seperti Toyota dan Honda menggunakan sistem CRM untuk mengelola hubungan mereka dengan dealer dan pelanggan. Sistem CRM bisa digunakan untuk mengelola inventaris, melacak penjualan, dan memastikan pelanggan mendapatkan layanan purna jual yang baik.


Contoh-contoh ini menunjukkan bagaimana sistem CRM dapat membantu bisnis dalam berbagai sektor untuk lebih memahami pelanggan mereka, menyediakan layanan yang lebih baik, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan dan keuntungan.


Sebagai kesimpulan, sistem CRM adalah alat yang sangat berharga bagi bisnis apapun. Dengan memanfaatkan sistem ini, kamu dapat meningkatkan efisiensi, memberikan layanan pelanggan yang lebih baik, memahami pelanggan dengan lebih baik, dan akhirnya, meningkatkan penjualan. Jadi, jika kamu ingin bisnismu tumbuh dan berkembang, mulailah dengan mempertimbangkan untuk menggunakan sistem CRM.


Sumber Data:

  • https://qontak.com/blog/apa-itu-crm/?utm_source
  • https://www.zoho.com/id/crm/what-is-crm.html
  • https://unsplash.com/s/photos/customer

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo