Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

    Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis

    Sudah banyak bisnis yang beralih dari perhitungan akuntansi manual ke software akuntansi yang lebih praktis

    Akhir-akhir ini, makin banyak pebisnis yang memilih untuk menggunakan bantuan software akuntansi pada bisnisnya dengan berbagai alasan dan pertimbangan.  

    Orang yang ahli dalam bidang akuntansi, atau yang biasanya disebut dengan akuntan dulu memang lebih banyak menggunakan cara perhitungan konvensional atau manual. Hal ini berubah sejak banyak software akuntansi yang hadir.  

    Proses perhitungan akuntansi adalah proses mencatat, menganalisa, mengolah dan menghasilkan informasi keuangan dalam periode waktu tertentu. Akuntansi bisa digunakan dengan baik untuk menentukan keputusan bisnis.  

    Bukan hanya bisnis skala besar yang membutuhkan perhitungan akuntansi, bisnis menengah dan mikro juga perlu melakukan perhitungan akuntansi secara rutin. Lantaran itulah, perubahan dari sistem pencatatan dan perhitungan manual ke penggunaan software akuntansi perlu untuk diadaptasi oleh para pegiat bisnis.

    Baca juga: Akuntan adalah Faktor Penting dalam Bisnis dan Perusahaan

    Pengertian Software Akuntansi

    Accounting software atau software akuntansi adalah seperangkat sistem yang dirancang untuk mendukung kegiatan akuntansi dengan berbasis modularitas yang saling terhubung dengan meliputi modul pembelian (account payable), penjualan (account receivable), buku besar, dan sebagainya. 

    Software akuntansi biasanya dapat dikembangkan sendiri oleh perusahaan atau juga dapat bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menyediakan layanannya. Tujuan dari penggunaan software ini adalah untuk memudahkan dalam menyusun laporan akuntansi keuangan berupa neraca (balance sheet), laporan laba rugi (profit loss statement), cash flow, dan laporan akhir. 

    Software akuntansi atau yang sering juga disebut dengan nama aplikasi akuntansi bekerja secara real-time dari berbagai sub perhitungan yang sudah saling berhubungan sebelumnya. Contohnya, kamu tidak perlu menunggu cukup lama untuk mendapatkan laporan laba rugi yang terperinci. Ini karena transaksi-transaksi yang berjalan seperti penjualan, pembelian, produksi, stok opname, dan pengeluaran biaya di perusahaan secara otomatis akan tercatat dalam jurnal pada software tersebut dan selalu diperbarui setiap saat.

    Manfaat Penggunaan Software Akuntansi

    Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menerapkan penggunaan software atau aplikasi akuntansi dalam bisnismu. 

    Memastikan Adanya Kontrol Keuangan yang Baik

    Penggunaan software akuntansi memungkinkan pemilik bisnis mengontrol keuangannya secara otomatis, meskipun bukan termasuk orang yang ahli dalam ilmu akuntansi. Pemilik bisnis dapat mengelola semua operasional akuntansinya menggunakan komputer atau perangkat selulernya tanpa harus membayar pihak eksternal untuk mengontrol anggarannya.

    Menghemat Biaya Operasional Bisnis

    Software akuntansi melakukan penghitungan pokok dan prosedur administrasi serta mengatur susunan anggaran bisnismu secara otomatis sehingga Anda tidak perlu melakukan perhitungan dengan bantuan manajemen keuangan kepada pihak eksternal. 

    Meningkatkan Akurasi Data

    Salah satu manfaat yang memang paling diunggulkan dari adanya software akuntansi adalah kemampuannya untuk meminimalkan human error yang biasa terjadi saat penghitungan dan entri data. Laporan keuangan yang tidak akurat dapat menyebabkan krisis yang berdampak pada keberlangsungan bisnis, hal inilah yang bisa diminimalisir oleh perangkat lunak ini.

    Mempermudah Pengambilan Keputusan

    Tanpa adanya software akuntansi, kamu mungkin akan kesulitan memahami secara rinci kondisi keuangan bisnismu. Sistem ini mampu memberikan angka yang tepat dan dapat membantumu dalam memahami cash flow keuangan bisnis. Dengan begitu kamu bisa melakukan kontrol keuangan yang nantinya juga berpengaruh pada pengambilan strategi dan keputusan. 

    Menjamin Keamanan Data Keuangan

    Dalam bisnis, data keuangan adalah informasi yang sifatnya konfidensial dan harus dijaga agar tidak jatuh ke tangan yang salah atau hilang. Software akuntansi akan memastikan data keuanganmu tetap aman dengan menyimpannya dalam sebuah sistem terpusat yang terlindungi oleh firewall. Hanya mereka yang memiliki hak akses yang dapat melihatnya.

    Meningkatkan Produktivitas Karyawan

    Pekerjaan melakukan perhitungan, entry data, dan menyusun pembukuan sampai laporan keuangan merupakan hal yang menyita waktu dan tenaga. jika dilakukan secara konvensional atau manual. Namun, dengan accounting software, semua tugas keuangan dapat dikerjakan secara otomatis sehingga karyawan atau kamu sendiri dapat melakukan pekerjaan lain yang bernilai untuk bisnis.

    Fitur-Fitur Penting dalam Software Akuntansi 

    Sebelum memilih aplikasi akuntansi yang cocok dan sesuai visi misi bisnismu,ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, salah satunya yaitu fitur-fitur software akuntansi yang harus dimiliki. 

    • Fitur Laporan Keuangan
    • Fitur Manajemen Utang Piutang 
    • Fitur Purchasing
    • Fitur Budgeting
    • Fitur Financial Forecasting 
    • Fitur Keamanan Data
    • Fitur Back Up Data

    Agar kamu tidak perlu mengeluarkan budget terlalu banyak, pastikan kamu mengetahui betul apa yang dibutuhkan oleh bisnismu. Software akuntansi yang ada saat ini memiliki beberapa fitur dan layanan, mulai dari mengelola data utang piutang, pajak, faktur, neraca saldo, laporan, dan lain sebagainya.

    Semakin banyak fitur yang ada, maka akan semakin mahal pula harga software itu. Sehingga akan lebih bijaksana jika kamu bisa memilih software yang paling sesuai dengan kebutuhan.

    Baca juga: Panduan Lengkap Memilih Aplikasi Point Of Sale Yang Tepat

     Memilih software akuntansi terbaik untuk bisnismu pun tidak bisa sembarangan

    Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis 

    Seperti sudah sedikit disinggung tadi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih software akuntansi terbaik yang tepat untuk bisnismu. Software akuntansi adalah yang bisa dikatakan bersifat sedikit subjektif, karena kebutuhan masing-masing bisnis yang pasti berbeda. 

    Sebagian besar bisnis mikro atau menengah sudah dapat melakukan fungsi dasar seperti pembuatan faktur, rekonsiliasi bank, pelacakan pendapatan dan pengeluaran, serta pembuatan laporan keuangan. Akan tetapi, bisnis dengan skala yang lebih besar tentunya membutuhkan software akuntansi terbaik yang bisa melakukan fungsi lebih dari itu. 

    Mayoritas software akuntansi yang ada saat ini, memang menyediakan fitur dan fungsi yang sama. Permasalahannya hanyalah faktor kenyamanan dalam menggunakan salah satu dari software tersebut, termasuk hubungannya dengan budget.

    Berikut beberapa rekomendasi nama software akuntansi terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan untuk nantinya kamu gunakan dalam bisnis.

    1. QUICKBOOKS

    Perusahaan induknya, Intuit, berdiri sekitar tahun 1983. Sedangkan Quickbooks sendiri baru diperkenalkan pada tahun 2002, diikuti oleh Quickbooks Online dua tahun kemudian. 

    Saat ini, Quickbooks memiliki 2,2 juta pengguna yang tersebar di 225 negara. Salah satu hal yang paling menonjol dari Quickbooks adalah sistem pelaporannya yang menampilkan gambaran singkat tentang kinerja keuangan bisnis. Pengalaman pengguna (UX) Quickbooks sangat mudah dipahami dan enak dilihat.

    2. SAGE INTACCT

    Pendiri Sage bekerja sama dengan mahasiswa dari Universitas Newcastle dalam membuat program pemrosesan akuntansi secara otomatis. Sage Intacct adalah produk perangkat lunak yang canggih, menawarkan manajerial keuangan, pelaporan, penagihan, dan juga fungsi akuntansi proyek sekaligus manajemen biaya dan waktu dengan jumlah karyawan menyentuh angka 13.000 di 23 negara, yang melayani lebih dari 3 juta pengguna software buatannya. 

    3. XERO

    Xero adalah pemenang Penyedia Perangkat Lunak Akuntansi pada British Business Awards tahun 2019. Xero menggambarkan dirinya sebagai software akuntansi yang menawarkan fasilitas pengguna tak terbatas. 

    Berdiri sekitar tahun 2006, Xero yang berbasis di Selandia Baru ini, memiliki lebih dari 1,8 juta pengguna dalam 180 negara, dan digunakan lebih dari 16.000 akuntan. 

    Apakah Software Akuntansi Memiliki Kekurangan?

    Software akuntansi saat ini memang sudah banyak digunakan oleh beberapa bisnis di Indonesia. Namun, memang jumlah yang tidak memakai software ini juga tergolong masih cukup banyak. 

    Salah satu alasannya adalah karena software ini dianggap masih belum bisa menggantikan kinerja seorang akuntan secara maksimal. Selain itu ada beberapa hal yang dinilai sebagai suatu kekurangan dari software akuntansi, yaitu:

    • Beberapa pemilik bisnis beranggapan bahwa software akuntansi memiliki sistem pengoperasian yang ribet dan membutuhkan maintenance yang rumit.
    • Budget yang diperlukan untuk software akuntansi dinilai terlalu mahal dan tidak benar benar bisa menggantikan posisi akuntan.
    • Software ini juga dianggap rawan mengalami kesalahan sistem karena beberapa program komputer terkadang mengalami bug yang merugikan.

    Baca juga: Aplikasi Akuntansi, Solusi Dokumentasi Transaksi Keuangan

    Kesimpulan 

    Dari penjelasan singkat mengenai software atau aplikasi akuntansi tadi, bisa disimpulkan bahwa software akuntansi adalah sebuah solusi dalam hal pencatatan keuangan bisnis. Solusi ini tidak bisa dianggap buruk karena selain praktis, efektif, dan efisien, penggunaan accounting software akan membantu para pemilik bisnis untuk beradaptasi dengan yang dinamakan digitalisasi bisnis. 

    Baca juga: Keterampilan Digital: Skill Penting Bagi Pelaku UMKM

    Saat ini memang ada banyak sekali vendor penyedia software akuntansi sehingga kamu harus lebih jeli dalam memilih. Pastikan kamu memilih vendor yang menyediakan software akuntansi terbaik dan terdapat pilihan beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Kamu juga perlu mengetahui informasi mengenai harga software dan bagaimana layanan pelanggan serta keamanan data di dalamnya.

    Umumnya, software akuntansi yang beredar saat ini terdiri dari dua basis sistem, yaitu yang digunakan secara online atau offline. Jika kamu memilih software offline, kamu harus memasukkan data  dan informasi keuangan langsung dari komputer pusat yang terintegrasi dengan sistem program. Sementara, software online terkesan lebih praktis karena bisa dikendalikan dari mana saja asalkan memiliki kode aksesnya. Untuk fleksibilitasnya ini, software online pantas memiliki harga yang lebih mahal. 

    Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan adalah mengenai data. Sebaiknya kamu memilih software akuntansi yang menyediakan layanan fitur impor dan ekspor data berupa excel. Hal ini berfungsi untuk memastikan keamanan data apabila secara tak terduga ada bug atau kesalahan sistem pada software

    Jangan pernah menganggap remeh tampilan dan akses software yang user-friendly, kamu sebaiknya juga memilih software dengan tampilan yang simpel sehingga mudah dipahami. Karena pada dasarnya aplikasi akuntansi diciptakan untuk memudahkan para akuntan ataupun orang yang tidak memiliki basic akuntansi. 

    Ternyata banyak juga ya hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih software akuntansi. Belum lagi layanan customer service yang juga sangat kamu perlukan seiring penggunaan software tersebut. Seperti sudah disebutkan tadi, semakin banyak fitur yang ada maka biasanya semakin banyak pula biaya yang harus kamu keluarkan untuk membeli software.

    Jika kamu tidak ingin pusing memikirkan pemilihan dan budget yang seperti tidak ada habisnya ini, kamu bisa mencoba aplikasi point of sales yang sudah dilengkapi dengan fitur akuntansi seperti majoo. Fitur keuangan yang lengkap, keamanan data, back up data real time, layanan customer service 24 jam, sampai dengan biaya berlangganan yang amat terjangkau, pastinya lebih menarik, kan? Jadi, tunggu apa lagi? Kontak majoo dan berlangganan sekarang, yuk! 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    18 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Jenis nya 2022 Terbaru
    Mengambil inspirasi dari contoh surat lamaran kerja dapat dilakukan untuk memastikan kemungkinan diterima kerja lebih tinggi. Namun, perhatikan jenisnya!
    Freelancer adalah: Contoh dan Tips Menggeluti Profesi Ini
    Dunia Internet mendorong manusia untuk selalu beradaptasi. Saat ini banyak orang mencari cara menjadi freelancer. Freelancer adalah tenaga kerja lepas yang bekerja secara mandiri.
    Beragam Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnismu
    Selain laporan keuangan laba rugi, apa saja jenis laporan keuangan yang kamu ketahui? Apakah kamu tahu pengertian laporan keuangan?
    Peran Penting Strategi Customer Relationship dalam Bisnis
    Customer relationship adalah strategi untuk menjaga hubungan baik antara pihak pemilik bisnis dan konsumen. Hal ini penting bagi perkembangan bisnis.