Table of Content

    Aplikasi Akuntansi, Solusi Dokumentasi Transaksi Keuangan

    Akuntansi memegang peranan penting di dalam keberlanjutan suatu bisnis

    Istilah akuntansi kerap singgah di telinga kita, terlebih dalam kaitannya dengan bisnis. Meski demikian, tidak semua orang benar-benar memahaminya. Bahkan cukup banyak pemilik bisnis yang kebingungan ketika berhadapan dengan akuntansi. Padahal, akuntansi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu bisnis.

     

    Beruntung, kini para pemilik bisnis sudah lebih dimudahkan dengan tersedianya aplikasi keuangan yang dilengkapi dengan fitur akuntansi. Namun, sebelum berbicara lebih jauh tentang aplikasi tersebut, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu fungsi akuntansi itu sendiri.

     

    Pentingnya akuntansi bagi bisnis

    Akuntansi merujuk pada sistem pencatatan transaksi keuangan suatu bisnis atau perusahaan. Di dalam suatu bisnis, akuntansi memainkan peranan yang sangat penting. Sebab dari laporan akuntansi, kamu dapat melacak pemasukan dan pengeluaran, kesesuaian operasional bisnis dengan peraturan yang berlaku, serta menyediakan informasi keuangan bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

     

    Catatan keuangan merefleksikan hasil dari aktivitas bisnis serta posisi finansial bisnismu. Dengan kata lain, catatan keuangan membantumu untuk memahami kondisi bisnis, dari sisi finansial. Bukan hanya membantumu untuk melacak biaya operasional, potensi keuntungan, serta utang, tetapi juga memberimu data untuk dibandingkan dengan kondisi keuangan sebelumnya. Sehingga, kamu dapat mengalokasikan bujet secara tepat.

     

    Di sektor apa pun, bisnis terikat dengan aturan-aturan tertentu. Baiknya pencatatan transaksi keuangan suatu bisnis akan membuat operasional bisnis berjalan sesuai aturan yang berlaku. Sebagai contoh, pembayaran pajak atau asuransi karyawan dapat terdata dan terselesaikan, dengan adanya fungsi akuntansi.

     

    Selain itu, fungsi akuntansi juga dibutuhkan untuk penyusunan bujet. Perannya sangat krusial ketika sudah masuk dalam ranah alokasi bujet. Proyeksi dan tren bisnis biasanya didasarkan pada data historis, dan data yang tepat hanya didapatkan dari proses akuntansi yang baik.

     

    Aplikasi akuntansi, sebuah solusi praktis

    Ketika berhadapan dengan kewajiban melakukan pendataan transaksi keuangan, banyak pemilik bisnis yang tidak mampu melakukannya karena tidak memahami akuntansi. Sementara, untuk mempekerjakan seorang akuntan profesional, kadang tidak mudah dilakukan oleh bisnis kecil atau menengah.

     

    Untuk memudahkanmu, gunakan aplikasi POS dengan fitur akuntansi lengkap  

    Bila kamu berada dalam situasi tersebut, menggunakan aplikasi akuntansi dapat menjadi solusi. Tersedia banyak pilihan software akuntansi, tapi jauh lebih praktis jika kamu menggunakan aplikasi POS yang sudah menyediakan fitur akuntansi. Tidak perlu memasang sistem atau software terpisah, semua data keuangan  langsung terintegrasi.

     

    Dengan aplikasi akuntansi, kamu dapat memantau arus uang dan kondisi keuangan melalui berbagai laporan keuangan, seperti neraca, buku besar, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan jurnal. Lebih mudah lagi, setiap ada transaksi, sistem akan membuat jurnal transaksi secara otomatis.

     

    Tidak hanya itu, kamu juga dapat menerbitkan invoice, sales order, atau delivery order. Semuanya dapat dibuat dengan mudah. Dalam kata lain, meski wawasanmu mengenai akuntansi terbatas, sistem akan membantu menyediakan laporan akuntansi secara tepat dan akurat. 

     

    Data-data tersebut dapat menjadi dasar pertimbangan dalam pengembangan usaha. Sudahkah kamu menggunakan aplikasi POS dengan fitur akuntansi lengkap?

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
    Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.
    Keuntungan yang Didapatkan Pemilik Bisnis dari Sistem Paylater
    Paylater adalah sistem pembayaran yang sedang digemari oleh konsumen karena menguntungkan, apakah metode ini juga menguntungkan pihak pebisnis?
    5 Strategi Pemasaran Online untuk Bulan Ramadan
    Bisnis perlu menerapkan strategi pemasaran online dan optimalkan omnichannel bila mau meningkatkan penjualan selama Ramadan. Bagaimana caranya?
    Kapan Waktu Terbaik Mengatur Stok Bahan Baku di Bulan Puasa?
    Meningkatnya harga stok bahan baku untuk proses produksi merupakan kepusingan baru yang harus dihadapi pelaku usaha di bulan puasa. Bagaimana mengakalinya?