2 Contoh Surat Tanda Terima Uang dan Cara Membuatnya

article thumbnail

Surat tanda terima uang ternyata merupakan salah satu hal yang juga sering ditemui dalam dunia bisnis. Bukan hanya bisa digunakan untuk transaksi pembelian atau penjualan, melainkan juga untuk berbagai transaksi pembayaran lainnya. Seperti pembayaran sewa, cicilan pinjaman modal, dan sebagainya.

Meskipun terlihat mirip, surat tanda terima uang berbeda dengan kwitansi atau invoice. Surat tanda terima digunakan untuk mengkonfirmasi penerimaan uang, mencakup informasi detail seperti tanggal penerimaan, identitas penerima, jenis, jumlah, dan tanda tangan. Selain itu juga berfungsi sebagai bukti pemenuhan kewajiban dan memiliki keabsahan hukum.

Sementara invoice merupakan permintaan pembayaran yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli. Biasanya tidak mencatat penerimaan uang secara langsung. 

Baca Juga: Proforma Invoice adalah: Dokumen Penting Untuk Bisnis

Apa Itu Surat Tanda Terima Uang?

Jadi, sebenarnya apa itu surat tanda terima uang? Surat tanda terima uang adalah dokumen tertulis yang digunakan untuk mencatat penerimaan uang tunai atau pembayaran lainnya dari satu pihak ke pihak lain. Surat ini berfungsi sebagai bukti bahwa transaksi keuangan telah terjadi dan bahwa penerima uang telah menerima pembayaran yang sesuai.

Beberapa informasi yang biasanya terdapat dalam surat tanda terima uang, yaitu:

  • Nama dan alamat penerima uang.

  • Nama dan alamat pengirim uang.

  • Tanggal transaksi atau tanggal saat pembayaran diterima.

  • Jumlah uang yang diterima dalam bentuk angka dan kata-kata untuk menghindari kebingungan.

  • Deskripsi singkat atau nomor referensi untuk mengidentifikasi alasan atau tujuan pembayaran.

  • Tanda tangan penerima uang untuk mengonfirmasi bahwa pembayaran telah diterima dengan benar.

  • Jika ada nomor referensi atau kode transaksi yang berkaitan dengan pembayaran tersebut.

Seperti tadi sudah disebutkan, surat tanda terima uang dapat digunakan dalam berbagai konteks. Misalnya untuk berbagai transaksi bisnis, pembayaran sewa, pembelian barang atau jasa, dan transaksi keuangan lainnya. Dalam beberapa kasus, surat tanda terima uang juga diperlukan untuk keperluan perpajakan atau akuntansi. 

Baca Juga: Memahami Perbedaan antara Bon, Invoice, Kuitansi, dan Nota

Contoh Format Surat Tanda Terima Uang

Format surat tanda terima adalah struktur atau tata letak umum yang digunakan untuk menyusun surat tanda terima. Format ini meliputi elemen-elemen penting yang harus ada dalam surat tanda terima.

Tujuannya adalah untuk memastikan informasi penerimaan uang atau barang tercatat dengan jelas dan lengkap. Sebelum membuat surat tanda terima uang tunai maupun non-tunai, dokumen, atau barang penting lainnya, ada baiknya kamu mengetahui contoh format tanda terima uang.

Beberapa elemen penting yang harus ada sebagai format surat tanda terima uang adalah:

1. Judul

Judul menjadi hal penting yang harus ada saat membuat surat tanda terima uang. 

2. Tanggal Penerimaan atau Tanggal Transaksi

Tanggal terjadinya proses penerimaan uang tersebut juga sangat penting. Ini bisa menjadi bukti apakah penerimaan uang tersebut tepat waktu atau tidak. Ini juga akan mempermudah proses pelacakan transaksi bisnis yang sudah terjadi.

3. Identitas Penerima

Identitas penerima, seperti nama lengkap, pekerjaan, alamat, hingga nomor telepon yang bisa dihubungi juga menjadi elemen yang tidak boleh dilewatkan. 

4. Keterangan atau Deskripsi

Tuliskan secara detail uang yang diterima. Kebutuhannya dan tentu saja nominalnya dalam surat tanda terima uang pembayaran

5. Tanda Tangan Penerima dan Pengirim

Tanda tangan penerima (bisa juga menambahkan tanda tangan pengirim) juga sangat penting. Karena tanda tangan adalah bukti penting bahwa surat tanda terima uang tersebut sudah sah secara hukum. 

Berikut adalah contoh format surat tanda terima uang yang bisa jadi bahan referensi. Kamu bisa menggunakannya sebagai template, dengan mengganti isinya sesuai dengan kebutuhan.

contoh format surat tanda terima uang

Format surat tanda terima dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan perusahaan atau situasi tertentu. Namun, elemen-elemen yang tadi disebutkan merupakan unsur penting yang harus ada dalam surat tanda terima untuk memastikan catatan penerimaan yang akurat dan sah secara hukum.

Seperti apa contoh surat tanda terima uang yang benar?

Contoh Surat Tanda Terima Uang 

Contoh surat tanda terima uang diperlukan agar kamu bisa membuat surat tanda terima dengan baik dan benar. Jadi, bisa memaksimalkan fungsi dari surat tersebut. 

Inilah salah satu contoh surat tanda terima uang dari pembayaran sewa outlet untuk usaha. Dalam surat tanda terima berikut disebutkan dengan jelas rincian atau deskripsi pembayaran. Termasuk nominal dan periode sewa yang dibayarkan. 

Seperti ini bentuknya:

Contoh surat tanda terima uang

Berikutnya, ini adalah contoh surat tanda terima uang yang digunakan untuk menerima pembayaran atas pembelian produk.

contoh surat tanda terima uang

Sama seperti pada contoh sebelumnya, semua informasi tercatat dengan rinci dan jelas dalam surat tanda terima uang pembayaran tersebut. Mulai dari pihak penerima, pihak yang memberikan uang (pihak pembeli), sampai dengan tanggal transaksi dan nominal uangnya. 

Dari kedua contoh tersebut, bisa dilihat bahwa surat tanda terima uang memang bisa digunakan secara fleksibel. Bisa untuk menerima pembayaran sewa hingga pembayaran pembelian produk tertentu.

Baca Juga: Apa Itu Invoice dan Apa Pentingnya Bagi Bisnis?

Cara Membuat Surat Tanda Terima Uang

Berikut adalah langkah-langkah umum yang bisa kamu lakukan dalam cara membuat surat tanda terima uang

  • Mulailah menulis surat tanda terima uang dengan judul atau heading yang mencakup informasi dasar. Judul ini sebaiknya diletakkan di bagian atas halaman untuk memudahkan identifikasi.

  • Tuliskan nama dan alamat lengkap penerima uang (biasanya perusahaan atau individu yang menerima pembayaran). Kamu juga bisa mencantumkan nomor telepon atau kontak lainnya jika diperlukan.

  • Tambahkan juga informasi penerima uang, mulai dari nama dan alamat lengkap pengirim uang (perusahaan atau individu yang melakukan pembayaran).

  • Tuliskan tanggal saat transaksi atau pembayaran tersebut terjadi. 

  • Sertakan deskripsi singkat atau nomor referensi untuk mengidentifikasi alasan atau tujuan pembayaran. Bisa berupa keterangan singkat seperti "Pembayaran sewa bulan Agustus 2023" atau nomor faktur atau referensi lain yang relevan.

  • Tuliskan jumlah uang yang diterima dalam bentuk angka dan kata-kata. Ini penting untuk menghindari kesalahan atau kebingungan. Misalnya, Rp1.000.000 (Satu Juta Rupiah).

  • Jika ada nomor referensi atau kode transaksi yang berkaitan dengan pembayaran tersebut, kamu juga dapat mencantumkannya di surat tanda terima uang tersebut.

  • Jika memang diperlukan, kamu dapat menyertakan catatan tambahan seperti ketentuan pembayaran, tanggal jatuh tempo, atau informasi lain yang relevan.

  • Akhiri surat tanda terima dengan ucapan terima kasih dan tanda tangan penerima uang di bawahnya. Ini akan mengkonfirmasi secara resmi bahwa pembayaran telah diterima dan transaksi selesai.

Setelah selesai, pastikan untuk membuat salinan surat tanda terima uang tersebut., Baik untuk penerima uang maupun pengirim uang. Ini penting untuk keperluan pencatatan dan bukti transaksi.

Selain langkah-langkah cara membuat surat tanda terima uang yang tadi dijelaskan, akan lebih baik bila kamu mencetak surat tanda terima uang dengan jelas dan rapi. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua informasi yang diperlukan dapat dibaca dengan mudah. 


Kesimpulan

Surat tanda terima uang adalah dokumen yang digunakan untuk mencatat penerimaan uang tunai atau berbagai jenis pembayaran lainnya dari satu pihak ke pihak lain. Fungsi utama dari surat tersebut adalah sebagai bukti bahwa telah terjadi transaksi keuangan dan penerima uang telah menerima pembayaran yang sesuai.

Sebagai pebisnis, kamu perlu memahami berbagai contoh surat tanda terima uang dan cara membuatnya. Ini akan sangat membantu dalam menghindari konflik atau ketidaksepakatan di masa depan dengan konsumen atau klien karena adanya catatan tertulis yang mengkonfirmasi pembayaran.

Untuk lebih memudahkan pengelolaan bisnismu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi wirausaha seperti majoo. Aplikasi wirausaha ini sudah terintegrasi dengan sistem keuangan dan pembukuan bisnis. Artinya semua informasi transaksi yang tercatat dalam aplikasi wirausaha dapat dengan mudah digunakan untuk menghasilkan surat tanda terima dan secara otomatis dicatat dalam catatan keuangan bisnis.

Kalau ada yang praktis dan memudahkan, kenapa harus pilih yang ribet? Iya, kan? Pakai majoo dan dapatkan berbagai kemudahan pengelolaan bisnis sekarang!



Sumber Data: 

https://lifepal.co.id/media/tanda-terima-uang/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo