Usability Testing: Metode & Keuntungan

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail

Usability testing adalah proses evaluasi produk atau sistem

Usability testing adalah proses evaluasi produk atau sistem dengan melibatkan pengguna sebenarnya untuk menguji sejauh mana produk tersebut mudah digunakan, efisien, dan efektif dalam mencapai tujuan pengguna. Dalam konteks ini, produk bisa berupa situs web, aplikasi, perangkat keras, atau sistem lainnya. Tujuan utama dari usability testing adalah mengidentifikasi masalah yang mungkin dihadapi pengguna saat menggunakan produk dan memberikan solusi untuk meningkatkan kualitas produk tersebut.

Metode Usability Testing

Dalam usability testing, ada berbagai metode yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan produk dan sumber daya yang tersedia. Berikut ini adalah beberapa metode yang populer digunakan:

Observasi Langsung

Metode ini melibatkan pengamat yang mengawasi pengguna saat mereka menggunakan produk dan mencatat masalah yang muncul.

Think Aloud Protocol

Dalam metode ini, pengguna diminta untuk berbicara tentang apa yang mereka pikirkan saat mereka menggunakan produk, sehingga pengamat dapat memahami proses berpikir pengguna.

Kuesioner

Setelah pengguna mencoba produk, mereka diminta untuk mengisi kuesioner yang mengevaluasi tingkat kepuasan, kesulitan, dan masalah yang dihadapi saat menggunakan produk.

Wawancara

Melakukan wawancara dengan pengguna setelah mereka mencoba produk untuk menggali lebih dalam mengenai pengalaman mereka dan mendapatkan feedback yang lebih rinci.

Remote Usability Testing

Metode ini dilakukan secara online, di mana pengguna dan pengamat berada di lokasi yang berbeda. Ini memungkinkan evaluasi produk oleh pengguna dari berbagai lokasi geografis dan demografis.

Keuntungan Usability Testing

Beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh dari melakukan usability testing

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh dari melakukan usability testing:

Meningkatkan Kepuasan Pengguna

Dengan mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang dihadapi pengguna, produk menjadi lebih mudah digunakan dan menyenangkan, sehingga meningkatkan kepuasan pengguna.