7 Inspirasi Usaha Rumahan yang Lagi Trend, Auto Cuan!

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Kunci membuka bisnis agar nantinya sukses adalah melakukan persiapan dan perencanaan yang matang.

 

Memulai bisnis bagi pemula seringkali terlihat rumit. Selain modal, diperlukan pengetahuan dan pemahaman yang tepat untuk menjalankannya.

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis dari awal atau tanpa pengalaman sebelumnya, persiapan yang matang sangat penting, lho! Oleh karena itu, kamu perlu memahami cara  memulai bisnis secara sistematis dan bertahap, ya.

Nah, apa kamu ingin membuka usaha dari rumah? Berikut ini terdapat tips membuka usaha sendiri di rumah yang lagi trend dan contoh usahanya. Yuk, baca sampai tuntas, ya! 

Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah

Perencanaan dan persiapan bisnis adalah salah satu kunci sukses dalam membangun bisnis, khususnya bisnis kecil dari rumah. Jangan pernah mengabaikan hal tersebut karena tanpa persiapan dan perencanaan yang matang, bisnis tak mampu sustainable.

Apa saja, sih, yang harus kamu lakukan sebelum membuka usaha sendiri di rumah? Di bawah ini terdapat langkah-langkahnya. 

Ide Usaha

Hobi atau minatmu juga bisa menjadi ide bisnis, lho, asalkan ada pasar yang membutuhkannya. Misalnya saja, nih, jika kamu memiliki hobi memasak, itu bisa menjadi ide bisnis yang sukses karena banyak calon pelanggan di sekitar rumahmu yang membutuhkan jasa seperti itu. 

Membuat Business Plan (Rencana Bisnis)

Business plan adalah dokumen penting yang berisi tujuan, visi misi, target pasar, kompetitor, proyeksi keuntungan, proses produksi, dan lain sebagainya. Dengan memiliki business plan, bisnismu akan lebih terarah dan mudah mencapai tujuan yang diinginkan.

Solusinya adalah kamu perlu mempersiapkan rencana bisnis sedini mungkin. Dengan begitu, kamu akan memiliki keunggulan dalam memperoleh dukungan finansial dan mengembangkan bisnismu ke arah yang lebih baik.

Menyiapkan Modal

Terdapat beragam pilihan yang bisa kamu pertimbangkan untuk memperoleh modal awal usaha, seperti menggunakan tabungan pribadi, mendapatkan modal dari keluarga, atau mempertimbangkan opsi pinjaman. Pastikan modal yang kamu miliki mencukupi untuk mewujudkan ide bisnis rumahan yang ingin kamu jalankan.

Sebaiknya kamu melakukan perhitungan kebutuhan modal berdasarkan barang atau peralatan yang diperlukan untuk memulai bisnis, seperti bahan baku, alat produksi, atau bahkan dana darurat bisnis. Setelah melakukan perhitungan tersebut, akan lebih baik jika kamu mencari beberapa sumber pendanaan yang bisa menyediakan modal untuk bisnismu.

Jika kamu berencana mendapatkan modal melalui kredit, penting untuk membuat proyeksi pengembalian dana agar tidak melewati tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan. 

Riset Pasar dan Kompetitor

Riset pasar memiliki peran penting dalam mengetahui segmentasi dan target konsumen. Dengan melakukan riset pasar, kamu akan lebih mudah dalam melakukan kegiatan pemasaran produk karena telah mengenali selera konsumenmu. Pastikan untuk menentukan target konsumen berdasarkan faktor demografis, seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Selain melakukan riset pasar, riset kompetitor juga merupakan hal yang perlu kamu lakukan. Riset kompetitor melibatkan analisis terhadap bisnis yang menjual jenis produk yang sama denganmu. Dengan mempelajari kelebihan dan strategi yang digunakan oleh kompetitor, kamu dapat mengambil peluang untuk meraih profit yang optimal.

Jangan lupa juga untuk mempelajari weakness (kelemahan) kompetitor, karena hal tersebut dapat membantu kamu dalam mengaplikasikan solusi yang relevan dalam bisnismu. Melakukan riset kompetitor juga akan membantu bisnismu untuk menciptakan Unique Selling Point (USP) yang membedakannya dari pesaing lainnya. 

Mencari Supplier

Dalam bisnismu, penting untuk memiliki supplier yang dapat menyediakan bahan baku produksi atau produk siap jual. Pemilihan supplier harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti karena mereka akan menjadi mitra bisnismu dalam jangka panjang. Pemilihan kualitas bahan baku atau produk yang disediakan oleh supplier menjadi faktor utama.

Sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk memilih supplier yang berlokasi dekat dengan rumahmu karena akan mengurangi biaya pengiriman yang perlu kamu keluarkan. Namun, jika supplier yang memiliki kualitas yang baik berada dalam jarak yang jauh dari lokasi bisnismu, kamu perlu mempertimbangkan biaya pengiriman, ya. Memiliki kendaraan pribadi untuk mengangkut barang dari supplier bisa menjadi solusi yang baik, lho! 

Promosi

Dalam melakukan kegiatan promosi, strategi marketing memegang peranan penting untuk menarik calon pelangganmu, lho! Social media bisa menjadi marketing tools (alat promosi) yang mudah dan cepat. Terdapat banyak ide konten media sosial yang bisa kamu buat dan pastikan konten yang kamu buat benar-benar mencerminkan bisnismu, ya.

Agar produkmu semakin dikenal, kamu juga bisa memanfaatkan iklan di media sosial sesuai dengan budget yang sudah kamu anggarkan. Terdapat banyak tips yang tersedia di internet untuk membuat konten iklan yang menarik. Sebaiknya pelajari tips-tips tersebut agar kamu dapat menciptakan iklan yang efektif. 

Belajar Administrasi Bisnis

Ketika kamu membuka suatu usaha, menyusun administrasi bisnis sangat penting, nih! Setiap transaksi bisnismu perlu dicatat, agar kamu bisa membuat laporan keuangan, menganalisis bisnis, hingga mengetahui produk yang paling banyak disukai oleh konsumenmu. 

Evaluasi Bisnis Secara Berkala

Setelah menjalankan bisnis rumahan selama seminggu atau sebulan, penting untuk melakukan evaluasi bisnis. Evaluasi tersebut mencakup laporan keuangan dan hasil penjualan. Dari evaluasi ini, kamu dapat mengetahui keuntungan atau kerugian dan performa penjualan produk bisnismu. Lakukan evaluasi ini secara rutin dan terapkan strategi baru agar bisnismu dapat berkembang.

Baca Juga: Ide Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Mudah Dijalankan


Contoh Usaha Rumahan yang Cocok Untuk Pemula

Setelah mengetahui cara membangun usaha dari rumah, tentunya kamu perlu mengetahui inspirasi usaha rumahan yang cocok untuk pemula, nih! Berikut ini contoh usaha rumahan trend yang bisa kamu coba. Auto cuan! 

Dropship

Selain menjadi reseller, dropship adalah salah satu bisnis yang menguntungkan dan populer saat ini. Dengan menggunakan sistem dropship, kamu tidak perlu menyimpan stok barang dalam jumlah besar karena kamu cukup menemukan pelanggan, melakukan penjualan, dan mengirimkan produk yang mereka beli. Kamu akan mendapatkan komisi berdasarkan jumlah barang yang berhasil dijual. Keuntungan lain dari dropship adalah kamu tidak perlu modal besar karena tidak perlu membeli barang terlebih dahulu. 

Online Catering 

Jika kamu memiliki keahlian dalam memasak dan menikmati kegiatan memasak, inilah waktu tepat untuk memulai usaha rumahan yang lagi trend yaitu bisnis online catering. Bisnis katering memang sedang tren, karena kamu dapat menawarkan layanan katering untuk berbagai acara, misalnya acara ulang tahun, pernikahan, dan acara bisnis. Untuk memulai bisnis katering online, buatlah beragam menu menarik serta menu tersebut harus kamu kuasai dengan baik.

Dalam hal pemasaran, penting untuk menerapkan beberapa paket menu yang menarik dengan harga terjangkau, ya. Pastikan juga kualitas makanan yang kamu buat selalu terjaga dengan baik, sehingga konsumen merasa puas dan ingin memesan katering online dari bisnismu kembali. 

Jualan Sembako Online

Berjualan sembako secara online juga merupakan ide usaha rumahan yang lagi trend dengan modal kecil dan menjanjikan. Meskipun masih banyak warung sembako offline di sekitar rumahmu, tapi berjualan sembako online dapat memberikan solusi karena harganya yang lebih murah. Pada proses pengiriman barangnya, kamu perlu memperhatikan pengemasan dan jenis produknya, ya.

Beberapa platform jual beli online mungkin tidak mengizinkan penjualan produk tertentu atau tidak menyediakan jasa pengiriman untuk produk khusus. Perhatikan juga pilihan pengiriman untuk produk tertentu yang tidak boleh terlalu lama di perjalanan, misalnya produk daging atau makanan basah. 

Agen Frozen Food

Menjadi agen frozen food dapat menjadi pilihan usaha rumahan yang cocok untuk pemula dan menguntungkan. Banyak bisnis produsen frozen food yang menyediakan program kemitraan bagi siapa pun yang ingin menjadi agen produk mereka. Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengunjungi website mereka dan klik 'Be Seller' untuk mendaftar menjadi agen. Kamu juga bisa mencari informasi tentang peluang kemitraan di wilayahmu dan mendaftar untuk mencoba usaha rumahan ini, ya. 

Laundry

Jika kamu ingin mencoba usaha rumahan yang lagi trend ini, kamu bisa memulainya di rumah dengan modal mulai dari Rp5 juta. Perlengkapan utama yang dibutuhkan, antara lain mesin cuci baju, mesing pengering baju, setrika, dan parfum pakaian. Mungkin kamu perlu dua mesin pengering baju agar proses pengerjaan mencuci baju pelangganmu selesai tepat waktu ketika musim hujan tiba. 

Jasa Cuci Motor

Memilih bisnis jasa cuci motor adalah pilihan yang tepat karena banyak orang yang malas mencuci motornya sendiri. Usaha ini tidaklah sulit dilakukan, sebab hanya membutuhkan  modal air keran, selang, sikat, sabun khusus cuci motor, dan kain lap. 

Jasa Jahit

Memiliki keahlian seperti menjahit bisa dijadikan lahan usaha yang menarik, lho! Kamu juga tak perlu menyewa biaya bangunan untuk dijadikan tempat usaha sehingga akan menghemat modal.

Mulanya memang kamu membuka usaha jasa jahit kecil-kecilan, tapi tak menutup kemungkinan kamu bisa membuka butik. Kuncinya adalah pelanggan percaya terhadap jasa yang kamu berikan dan promosi yang kamu lakukan pun berhasil menarik pelanggan untuk memakai jasamu. 

Kesimpulan

Menjalankan bisnis di rumah memang bukanlah rencana yang sederhana. Dibutuhkan usaha untuk merealisasikan dan menjalankannya. Meskipun dimulai dari sebuah mimpi yang mungkin diabaikan, tetap penting untuk menyiapkan dan merencanakan bisnis ini dengan sebaik mungkin. Dari beberapa contoh usaha rumahan yang lagi trend di atas, kamu mau mencoba yang mana?

Selain kamu perlu mengikuti perkembangan pasar, usaha dengan cara digital juga relatif memudahkan mobilitas usahamu, lho! Usaha yang kamu jalankan bisa menjangkau segmentasi pasar yang lebih luas dengan modal yang relatif terjangkau.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan aplikasi Point of Sales (POS) dari majoo. Seluruh fitur yang disediakan oleh majoo bisa kamu manfaatkan untuk melakukan pencatatan secara online dari setiap transaksi yang terjadi dalam bisnis UMKM milikmu karena aplikasi ini berbasis cloud storage.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, digitalkan bisnismu sekarang juga!


Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo