Apa Itu Frozen food dan Bagaimana Cara Membuatnya

Ditulis oleh Dwi Ernanda

article thumbnail


Frozen food merupakan makanan beku yang sekarang cukup populer dikalangan masyarakat

Apakah kamu tahu apa itu frozen food? Frozen food atau makanan beku merupakan makanan cepat saji yang sengaja diawetkan menggunakan teknik tertentu. tujuannya adalah makanan dapat bertahan lama, awet, dan terjaga kualitasnya. Akan tetapi, apakah kamu tahu apa saja jenis-jenis frozen food serta bagaimana cara membuat dan menyimpannya yang tepat? Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Membuat Frozen food

Ada beberapa cara atau tips yang dapat digunakan untuk membuat frozen food yang tepat. Cara ini berguna supaya makanan beku dapat awet, tahan, lama, dan terjaga kualitasnya. Kamu harus tahu bagaimana cara membuat frozen food tetap sehat saat dikonsumsi. Berikut beberapa cara membuat frozen food:

  1. Pilih bahan yang segar dan berkualitas

Cara membuat frozen food yang pertama yaitu pastikan kamu memilih bahan yang segar dan berkualitas. Penggunaan bahan segar tentu akan membuat frozen food menjadi lebih tahan lama dan awet. 


Selain itu, pastikan kamu juga memperhatikan tanggal kadaluarsa dari bahan-bahan tambahan, seperti telur, tepung, atau bumbu-bumbu. Hal ini sangat penting supaya frozen food tetap terjaga kualitas dan dapat tahan lama.

  1. Rebus atau masak bahan sebentar

Sangat penting untuk mengetahui apa itu frozen food supaya kamu dapat membekukannya dengan baik. Sebenarnya frozen food itu lebih bagus jika bahan mentahnya dibekukan secara langsung. Akan tetapi, kamu juga dapat merebus atau memasaknya sebentar.


Hal ini bertujuan supaya frozen food mempunyai tekstur yang padat sehingga tidak mudah hancur saat dilakukan pengemasan. Selain itu, kamu juga harus mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya digoreng sebentar dan makanan apa saja yang perlu direbus sebentar.

  1. Biarkan makanan dingin sebelum dikemas

Setelah memasak makanan sebentar, jangan langsung mengemasnya. Akan tetapi, biarkan makanan dingin terlebih dahulu dalam suhu ruangan. Hal ini untuk mencegah terjadinya pembusukan pada makanan. Selain itu, cara ini juga akan membuat proses pembekuan menjadi lebih sempurna.

  1. Kemas menggunakan kemasan tertutup dan kedap udara

Setelah makanan menjadi dingin, maka kamu dapat mengemasnya menggunakan kemasan khusus yang kedap udara dan tertutup rapat. Hal ini bertujuan supaya benda asing atau bakteri tidak dapat masuk kedalam makanan sehingga makanan akan jadi lebih awet dan terjaga kualitasnya.


Kamu dapat memilih kemasan plastik nylon kedap udara yang aman digunakan untuk produk konsumsi. Jenis plastik ini yaitu plastik HDPE (High Density Polyethylene) dan PE (Poly Ethylene).


Plastik HDPE umumnya bersifat fleksibel, tahan panas, serta mempunyai kekuatan tinggi. Sementara, plastik PE banyak digunakan untuk mengemas minuman atau cairan.

  1. Berikan label dan tanggal

Setelah melakukan pengemasan pada makanan, maka jangan lupa untuk memberikan label nama serta tanggal pengemasan. Hal ini supaya kamu dapat dengan mudah untuk mengingat frozen food yang kamu awetkan serta dapat mengetahui akan kelayakannya untuk dikonsumsi. 


Selanjutnya, bekukan makanan dan simpan di area yang mempunyai suhu paling dingin di freezer. Suhu -18 derajat celcius merupakan suhu terbaik untuk menyimpan makanan beku. 

Baca Juga: Raup Keuntungan dari Peluang Bisnis Frozen Food

Untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas, kamu dapat menggunakan layanan Majoo Supplies. Dengan menggunakan layanan ini kamu dapat berbelanja secara mudah di satu tempat dengan terms of payments, lebih efisien untuk menjaga inventory dan biaya.

Layanan ini juga memiliki stok bahan baku yang lengkap, segar, dan berkualitas. Bahan baku akan diantarkan dari gudang terdekat untuk menjaga kualitasnya. Dengan begitu, kamu dapat membeli bahan baku untuk frozen food secara mudah.

Cara penggunaan layanan ini juga sangat gampang. Kamu hanya tinggal membuka dashboard untuk melakukan pemesanan. Kemudian mendapatkan terms of payments yang fleksibel. Tidak membutuhkan waktu lama, bahan baku akan segera diantarkan ke lokasi kamu.

Segera upgrade level bisnis kamu dari sekarang dengan menggunakan layanan Majoo Supplies. Mudahkan dalam berbelanja bahan baku frozen food secara lengkap dan berkualitas dan bantu tingkatkan keuntungan bisnis. 

Baca Juga: Bisnis Minuman Kekinian, Masihkah Akan Tetap Populer?

Jenis-Jenis Makanan yang Bisa Dijadikan Frozen food

Setelah mengetahui apa itu frozen food, kini saat kamu mengetahui apa saja jenis-jenis makanan yang dapat dijadikan sebagai frozen food. Terlebih, di zaman sekarang banyak usaha yang bergelut di bidang frozen food karena memiliki banyak peminat. Berikut beberapa jenis-jenis makanan yang dapat kamu jadikan frozen food

  1. Otak-otak

Salah satu jenis makanan yang sering digunakan sebagai forzen food yaitu ota-otak

Otak-otak adalah makanan yang diolah dengan menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya. Akan tetapi, ada juga yang membuatnya menggunakan bahan lain, seperti ayam, udang, ikan kakap, dan ikan bandeng. Makanan yang satu ini mempunyai banyak peminat, khususnya anak-anak.


Bahan yang digunakan untuk membuat otak-otak ini sangat mudah didapatkan dari pasaran. Kamu dapat membuatnya sendiri, lalu bekukan sebagai frozen food yang dapat digunakan kapan saja.

  1. Sosis

Sosis merupakan salah satu frozen food yang populer di Indonesia serta mempunyai banyak peminat

Hampir semua orang mengenal makanan populer yang satu ini. Tidak hanya populer di kalangan anak-anak, namun sosis juga populer di kalangan orang dewasa. Apalagi di zaman sekarang sudah banyak yang mengkreasikan makanan yang satu ini dengan berbagai resep. 


Sosis mempunyai cita rasa yang gurih dan kenyal serta dapat disantap dengan cara dipanggang, direbus, atau digoreng. Selain itu, sosis juga dapat diolah menjadi berbagai kreasi hidangan, seperti sosis telur gulung, nasi goreng sosis, dan lain-lain.

  1. Daging burger

Burger dapat ditemukan dengan mudah di pinggir jalan hingga restoran sehingga banyak yang membuatnya sebagai frozen food

Daging burger juga merupakan salah satu frozen food yang mempunyai banyak peminat. Menu yang satu ini sering ditemukan di pinggir jalan hingga restoran. Kamu juga dapat membuat sendiri daging burger ini secara mudah menggunakan daging ayam atau sapi yang mempunyai lemak sedikit.


Kamu dapat menambahkan bumbu yang sesuai dengan selera. Setelah matang, kemas dan masukkan ke dalam freezer untuk dijadikan sebagai frozen food. Hal ini akan membuatnya lebih praktis saat akan digunakan.

  1. Bakso

Bakso adalah makanan yang cukup populer di Indonesia dan sangat mudah untuk ditemukan

Tidak seperti jaman dahulu, kini bakso dapat dibuat frozen food. Bahkan, sudah banyak yang menjualnya di mall, supermarket, dan minimarket. Kamu dapat memasaknya sesuai dengan selera. Pembuatannya juga sangat mudah dengan ditambahkan daging sapi. 

  1. Tempura

Memiliki rasa yang renyah dan gurih membuat tempura mempunyai banyak peminat

Apakah kamu tahu apa itu frozen food tempura? Tempura merupakan cara makanan ala Jepang yang mempunyai banyak peminat di Indonesia. Makanan ini adalah sama dengan gorengan yang dibalut dengan tepung di luarnya sehingga akan terasa renyah. Karena mempunyai banyak peminat kamu dapat membuat frozen food yang satu ini sebagai ide bisnis sampingan.

  1. Risol mayo

Risol mayo adalah salah satu frozen food yang sempat viral beberapa waktu yang lalu

Risol mayo adalah salah satu makanan dimana bumbunya terdapat mayones. Makanan ini sempat viral beberapa waktu yang lalu karena memiliki rasa yang enak dan gurih. Pembuatannya juga sangat gampang dan dapat kamu sajikan sebagai cemilan di saat santai bersama keluarga.

  1. Katsu

Katsu merupakan makanan ala Jepang yang terbuat dari daging sapi atau ayam

Katsu juga merupakan salah satu makanan yang berasal dari Jepang. Dalam bahasa Jepang, katsu berarti potongan ayam. Makanan ini terbuat dari bahan daging ayam atau sapi yang dibaluti dengan adonan tepung. Rasanya yang renyah membuatnya banyak disukai oleh banyak orang.

  1. Dumsum

Dimsum memiliki banyak varian isian yang dapat disesuaikan dengan selera

Dimsum memiliki banyak macam dan dapat menjadi ide usaha yang praktis. Makanan ini terbuat dari kulit seperti pangsit yang didalamnya diisi dengan berbagai macam isian  yang dapat disesuaikan dengan selera. Kamu dapat membuatnya sebagai frozen food sehingga dapat dijual atau dikonsumsi sendiri secara mudah dan praktis.

  1. Nugget

Nugget adalah salah satu makanan andalan dalam rumah tanggal karena simple dan praktis

Jika kamu mencari apa itu frozen food yang paling banyak peminatnya, maka jawaban salah satunya yaitu nugget. Nugget menjadi makanan andalan dalam rumah tangga yang simpel dan mudah dibuat. 


Tidak hanya anak-anak, nugget juga disukai oleh orang dewasa hingga orang tua. Rasa Nya yang sangat gurih dan lezat membuat makanan ini dibekukan supaya lebih praktis saat ingin menyantapnya.

  1. Fish roll

Fish Roll juga mempunyai banyak jenis rasa dan disukai oleh banyak orang

Ada banyak orang yang menyukai makanan yang satu ini. Fish roll mempunyai banyak varian rasa, seperti keju, jagung, udang, hingga barbeque. Karena alasan itulah banyak orang yang menyukai makanan ini.


Karena peminatnya yang cukup tinggi sehingga produsen membuatnya dalam bentuk frozen food yang praktis. Hal ini membuat siapa saja akan mudah untuk menemukan makanan ini dimana saja. Kamu dapat mengkonsumsinya sebagai cemilan atau dapat juga sebagai lauk.

Baca Juga: Ide Bisnis Yang Laku Setiap Hari Dengan Keuntungan Berlipat

Itulah penjelasan mengenai apa itu frozen food. Frozen food dapat dibuat untuk dikonsumsi sendiri atau dapat juga dikembangkan sebagai usaha yang mempunyai prospek bagus. Tingginya minat masyarakat terhadap frozen food dikarenakan banyak orang yang menginginkan makanan dalam bentuk praktis dan instan. 

Di zaman sekarang sudah banyak jenis-jenis makanan yang dibekukan. Makanan beku ini sangat cocok bagi mereka yang selalu sibuk dan tak punya waktu untuk membuat bahan makanan. Terlebih, frozen food mempunyai banyak peminat, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua. 

Sumber : 

  • https://blog.mokapos.com/macam-macam-frozen-food-terlaris

  • https://www.idntimes.com/food/recipe/andry-trisandy/cara-membuat-frozen-food

  • https://www.freepik.com/

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo