Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Apa Itu Webinar? Simak Arti hingga Kelebihannya di Sini!

    Apa Itu Webinar? Simak Arti hingga Kelebihannya di Sini!

    Webinar dilakukan menyerupai seminar konvensional dan memiliki fleksibilitas dalam penyelenggaraannya.

    Kata webinar sudah tidak asing kamu dengar, bukan? Teknologi yang semakin berkembang dengan pesat menjadikan manusia lebih mudah untuk melakukan sesuatu dan menjadi lebih sederhana. Misalnya, jual beli yang dulunya hanya dilakukan offline, saat ini bisa dilakukan online dengan menggunakan jaringan internet. Jaringan internet inilah yang menghubungkan antar manusia walaupun terpisah jarak yang jauh.

    Begitu juga strategi marketing dapat dilakukan dengan menggunakan internet, seperti webinar. Apakah kamu ingin tahu lebih dalam mengenai penjelasan, kelebihan, aplikasi yang digunakan, hingga perbedaan webinar dengan seminar? Yuk, simak artikel berikut ini sampai habis, ya!

    Apa Itu Webinar?

    Webinar merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan informasi melalui situs website atau aplikasi digital. Bisa dikatakan webinar ini adalah seminar yang dilakukan secara online.

    Umumnya webinar dihadiri oleh orang-orang yang tidak berada dalam satu tempat yang sama, akan tetapi saling terhubung melalui aplikasi dengan adanya bantuan jaringan internet.

    Webinar ini dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet menggunakan berbagai media elektronik, seperti komputer, laptop, smartphone, tablet, dan lain sebagainya. Tampilan yang disajikan dalam webinar dapat berupa media presentasi dalam bentuk power point.

    Webinar ini dilakukan sedemikian rupa menyerupai seminar konvensional yang diharapkan terjadi sebuah interaksi dengan fleksibilitas yang tinggi.

    Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran: Tujuan, Contoh, Jenis Strategi 

    Perbedaan Webinar dan Seminar

    Webinar dan seminar mempunyai keterkaitan. Webinar adalah kegiatan seminar yang dilakukan secara online menggunakan jaringan internet. Nah, yang membedakannya antara webinar dan seminar adalah wadah atau medianya.

    Seminar terkesan jauh lebih dekat dengan peserta karena dihadiri di satu tempat yang sama, sehingga menjadi lebih akrab.

    Untuk efektivitas dan biaya, seminar membutuhkan biaya yang besar dalam mengakomodasi kegiatannya. Dalam membuat suatu seminar membutuhkan biaya sewa tempat, akomodasi pembicara, konsumsi, dan lain sebagainya.

    Sedangkan webinar berkebalikan dari seminar, yang mana dalam membuat suatu webinar biayanya lebih hemat dan lebih efektif (dari segi waktu dan tempat).

    Lihat Juga: Kumpulan Webinar majoo

     Perusahaan dapat melakukan strategi marketing dengan menggunakan webinar.

    Jenis Webinar

    Terdapat istilah khusus untuk webinar. Berikut ini beberapa jenis webinar yang bisa kamu ketahui supaya tidak salah lagi dalam membedakannya.

    1. Web Conference

    Web conference merupakan jenis diskusi online dan layanan kolaboratif termasuk webinar, webcast, dan pertemuan web. Dilihat dari sisi arah komunikasi, webinar hanya dilakukan dalam satu arah, sedangkan web conference dilakukan secara dua arah. Peserta web conference dapat mengajukan diskusi kepada pembicara.

    2. Web Broadcast

    Web broadcast adalah jenis webinar yang dihadiri oleh banyak peserta. Perbedaannya dengan webinar adalah web broadcast dapat dihadiri hingga ribuan peserta. Berbeda halnya dengan webinar yang hanya dapat dihadiri oleh puluhan hingga ratusan orang peserta saja.

    3. The Lead-Generation or Sales Webinar

    Jenis webinar satu ini sering digunakan untuk strategi marketing demi meningkatkan leads.

    Cara mendaftar webinar jenis ini dengan mendaftar mengisi data diri melalui website atau email. Setelah peserta mendaftar, panitia akan menghubungi peserta melalui email dengan memberikan akses webinar. Para peserta juga akan mendapatkan materi untuk acara webinar nantinya.

    Peningkatan leads memang penting, akan tetapi yang harus diperhatikan adalah kualitas materi yang diberikan, sehingga bermanfaat untuk penambahan wawasan.

    4. The Multi-Module Webinar or Webinar Series

    Webinar jenis ini merupakan webinar yang berkelanjutan, sehingga peserta tidak hanya mengikuti webinar hanya sekali saja. Mengingat topik yang diberikan dalam webinar ini lebih dari satu episode, topik atau materi yang dijelaskan akan secara komprehensif.

    Baca Juga: Memaksimalkan Digital Marketing dengan Engagement Rate

    Contoh Aplikasi Webinar

    Aplikasi webinar adalah alat yang mendukung kegiatan webinar berjalan lancar. Berikut ini beberapa contoh aplikasi webinar yang umum digunakan.

    1. Zoom Meeting

    Aplikasi Zoom Meeting merupakan aplikasi yang populer digunakan webinar akhir-akhir ini. Aplikasi meeting daring (dalam jaringan) yang paling banyak digunakan selama pandemi COVID-19.

    Zoom Meeting menyediakan video dengan kualitas HD (High Definition) serta audio yang jernih sehingga para peserta akan nyaman menggunakan aplikasi selama webinar berlangsung. Aplikasi ini dapat digunakan hingga 100 peserta seminar aktif.

    2. Google Hangouts

    Google Hangouts adalah aplikasi webinar dari Google yang memiliki banyak fitur, seperti messaging, HD video call, voice call dan HD group conferencing. Untuk melakukan webinar dengan aplikasi ini, maka menggunakan HD group conferencing.

    Adanya integrasi G-Suite pada aplikasi ini, sehingga dapat mengumpulkan peserta melalui link URL website yang dapat diakses menggunakan laptop atau smartphone. Google Hangouts ini dapat kamu gunakan secara gratis.

    Aplikasi ini dirancang sistematis dan sederhana, sehingga mudah dipahami dan digunakan. Google Hangouts juga terdapat fitur screen sharing ke peserta seminar lainnya.

    3. ezTalks Webinar

    Mungkin nama aplikasi ezTalks webinar masih asing di telinga kamu, bukan? Walaupun masih asing di telingamu, faktanya aplikasi ini sudah sangat populer digunakan untuk webinar dan pembelajaran online.

    Pengguna aplikasi ezTalks saat ini adalah perusahaan besar  yang mana mereka banyak menggunakannya untuk online meeting.

    Selain menjanjikan kualitas video HD dan audio yang jernih, kamu juga dapat membuat survei singkat untuk mendapatkan feedback dari peserta di akhir webinar. 

    4. Livestorm

    Aplikasi yang bisa kamu jadikan pilihan untuk melakukan webinar adalah Livestorm. Aplikasi ini khusus dikembangkan untuk keperluan sekolah online, webinar, dan kegiatan yang membutuhkan video conference.

    Livestorm memiliki keunggulan, seperti dapat melihat segmentasi audiens, mengenkripsi data, dan lain sebagainya. Bila kamu ingin menggunakan aplikasi Livestorm untuk acara webinar, kamu harus membeli paket-paket yang sudah tersedia di dalamnya.

    Harga yang ditawarkan pun juga beragam, bergantung pada durasi webinar dan jumlah peserta yang mengikutinya.

    5. Click Meeting

    Aplikasi webinar satu ini banyak digunakan oleh perusahaan dan kampus luar negeri untuk menunjang kegiatannya. Jangkauan peserta dari Click Meeting mencapai 250 peserta.

    Aplikasi ini juga sering digunakan untuk kursus online, meeting bisnis, dan lain-lain. 

    6. GoToWebinar

    Semenjak pandemi COVID-19, GoToWebinar sering digunakan untuk webinar karena memiliki fitur andal.

    Jangkauan peserta dari GoToWebinar mencapai 5.000 peserta dalam satu kali pertemuan webinar. Fasilitas andal yang ditawarkan, seperti dapat melakukan poling, survei online setelah webinar berakhir, hingga sesi Q&A (Questions and Answers).

    Setelah seminar berakhir kamu dapat menyimpan kegiatan webinar di perangkat pribadi atau disimpan secara online melalui cloud di aplikasi ini.

    Baca Juga: Menjalankan Affiliate Marketing: Perhatikan Hal Ini! 

    Kelebihan Webinar

    Mengikuti suatu webinar tentu saja untuk menambah pengetahuan bagi peserta. Umumnya, topik yang dibahas dalam suatu webinar akan lebih spesifik dan mendalam.

    Selain itu, penyelenggara atau panitia webinar akan menyediakan sertifikat elektronik (e-certificate) untuk peserta yang hadir.

    Webinar juga memiliki banyak kelebihan untuk bisnis dan dirimu sendiri. Kelebihan webinar tersebut antara lain: 

    1. Komunikasi

    Penggunaan webinar, membuat departemen HR (Human Resource) dapat melakukan onboarding secara lebih efisien. Kondisi pandemi COVID-19 memang mengharuskan banyak kantor untuk tutup. Namun dengan membuat webinar, perusahaan tetap dapat menyambut karyawan baru mereka.

    2. Menggunakan Lead Magnet

    Lead magnet adalah pemberian sesuatu secara gratis. Untuk mendapatkan informasi kontak disebut dengan leads.

    Lead magnet dalam webinar berbentuk ads atau Call to Action (CTA). CTA ini akan mengundang peserta webinar untuk mendaftarkan diri di website perusahaan.

    Setelah itu, peserta webinar akan membeli produk atau jasa yang disediakan di website, sehingga akan dapat menghasilkan sales leads. Target pasar pun ikut meluas dan metode ini menjadi cukup efektif untuk marketing.

    3. Lebih Hemat

    Penyelenggara atau panitia cukup banyak untuk membuat acara webinar.  Hal ini karena panitia tidak membayar sewa tempat, konsumsi, akomodasi pembicara, dan lain-lain.

    Tentunya penghematan ini pun tanpa mengurangi kualitas dari topik yang diberikan. 

    4. Konten Webinar Dapat Digunakan Kembali

    Kelebihan webinar adalah dapat menggunakan kembali konten atau topik yang sudah diberikan di masa yang akan datang

    Misalnya kamu dapat mengolah topik yang sudah diberikan lalu dijadikan konten untuk media sosialmu, sehingga dapat dikonsumsi oleh orang banyak.

    Penggunaan ulang konten webinar ini dapat dapat menjadi celah untuk menghasilkan pendapatan jangka panjang. 

    5. Efektif Untuk Tingkatkan Kredibilitas

    Untuk meningkatkan kredibilitas pribadi atau perusahaan, webinar adalah salah satu media terbaik.

    Pasalnya, adanya struktur acara dan topik yang dikemas dengan sangat dalam, sehingga webinar sangatlah cocok untuk mengembangkan kredibilitas seseorang atau badan usaha. 

    6. Meningkatkan Revenue

    Kelebihan webinar yang lain yaitu meningkatkan revenue perusahaan. Hal ini bagi perusahaan yang sudah memiliki reputasi baik, sehingga mereka dapat mengadakan webinar berbayar untuk konten eksklusif yang dapat dikonsumsi pesertanya.

    7. Brand Awareness

    Adanya webinar ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk brand awareness, sehingga banyak orang mengetahui brand dan jenis bisnis perusahaan. Caranya dengan memilih topik yang relevan dengan produk serta melibatkan soft selling di dalamnya.

    8. Hubungan dengan Customer Lebih Dekat

    Webinar juga dapat mempererat hubungan dengan customer. Perusahaan dapat mengajak konsumen melalui special invitation. Cara ini guna memberikan kesan bahwa perusahaan memiliki perhatian khusus terhadap customer-nya.

    Kesimpulan

    Webinar adalah seminar yang diadakan secara online dengan sarana aplikasi atau media digital sebagai ruang pertemuan.

    Kemudahan akses ke aplikasi membuat para penyelenggara mengadakan webinar gratis maupun berbayar dengan beragam topik terkini. Dengan mengikuti webinar, kamu tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan, tetapi akan mendapatkan sertifikat elektronik sebagai bukti pernah mengikuti webinar.

    Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat kamu yang memiliki bisnis juga memerlukan ilmu untuk mengembangkan bisnismu supaya lebih maju.

    Ilmu bisnis ini bisa kamu dapatkan dengan mengikuti webinar dari majoo. Majoo merupakan aplikasi wirausaha digital yang lengkap untuk segala jenis bisnis.

    Dalam aplikasi majoo juga terdapat banyak fitur yang bisa kamu gunakan untuk membuat laporan penjualan, inventori, kasir online, analisis bisnis, CRM (Customer Relationship Management), order online, dan lain-lain. Kamu pun dapat mengontrol dan memantau penjualan dari mana pun sehingga tidak terjadi kecurangan.

    Majoo juga menyelenggarakan webinar gratis untuk para majoopreneur supaya mereka dapat melakukan inovasi dan menerapkan strategi bisnis yang tepat.

    So, sudah siapkah kamu menjadi majoopreneur untuk #langkahmajoo bisnismu? Yuk, upgrade level bisnismu sekarang! 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    18 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Jenis nya 2022 Terbaru
    Mengambil inspirasi dari contoh surat lamaran kerja dapat dilakukan untuk memastikan kemungkinan diterima kerja lebih tinggi. Namun, perhatikan jenisnya!
    Freelancer adalah: Contoh dan Tips Menggeluti Profesi Ini
    Dunia Internet mendorong manusia untuk selalu beradaptasi. Saat ini banyak orang mencari cara menjadi freelancer. Freelancer adalah tenaga kerja lepas yang bekerja secara mandiri.
    Beragam Jenis Laporan Keuangan untuk Bisnismu
    Selain laporan keuangan laba rugi, apa saja jenis laporan keuangan yang kamu ketahui? Apakah kamu tahu pengertian laporan keuangan?
    Peran Penting Strategi Customer Relationship dalam Bisnis
    Customer relationship adalah strategi untuk menjaga hubungan baik antara pihak pemilik bisnis dan konsumen. Hal ini penting bagi perkembangan bisnis.