Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Window Display Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya

    Window Display Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya

    Penataan window display yang tepat dapat menarik perhatian pelanggan.

    Dalam membuka toko offline, terdapat berbagai aspek yang wajib untuk diperhatikan. Mulai dari pemilihan lokasi, dekorasi, hingga display, khususnya window display yang menjadi “garda depan” sebuah toko. Sebab, melalui window display, kamu dapat menampilkan berbagai produk yang diharapkan mampu menarik perhatian pelanggan.

    Tidak hanya toko kelontong atau warung, window display juga sangat penting untuk dimiliki oleh berbagai toko, seperti toko pakaian, toko peralatan rumah tangga, bahkan toko roti sekalipun. Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan window display? Apa saja fungsi window display dan tujuan window display dari sebuah toko?

    Tidak perlu bingung lagi, sebagai pengusaha yang baru saja membuka sebuah toko, simak serba-serbi window display melalui artikel ini.

    Apa yang Dimaksud dengan Window Display?

    Mungkin kamu bertanya-tanya apakah window display toko offline sama dengan display toko online yang sering kamu lihat melalui layar smartphone. Serupa tapi tak sama, window display adalah suatu cara penataan produk yang dilakukan oleh perusahaan dagang (toko) agar pelanggan tertarik untuk membeli berbagai produk yang ditawarkan. Pada dasarnya, penataan produk tersebut memiliki tujuan tertentu, yaitu attention and interest, desire, dan action customer. Selain itu, window display juga dapat digunakan sebagai tempat untuk memperkenalkan produk baru, menciptakan citra perusahaan, serta meningkatkan jumlah pembeli dan keuntungan.

    Klasifikasi produk dalam display biasanya dikelompokkan menjadi dua, yaitu kelompok barang berdasarkan kepuasan dan kesejahteraan pelanggan dalam jangka panjang, seperti solutary product, deficient product, pressing product, dan desirable product. Selanjutnya, kelompok barang menurut tujuan pemakaian, seperti barang suku cadang, barang modal, barang-barang di supermarket (bagian makanan, bagian non-makanan, bagian peralatan rumah tangga, bagian mainan anak, bagian alat tulis), dan lain sebagainya.

    Baca juga: QR Code Adalah: Fungsi, Jenis, Cara Membuat, Manfaat

     Window display toko roti dengan kesan minimalis.

    Fungsi Window Display

    Pada dasarnya, display sebuah toko memiliki fungsi sebagai berikut:

    • Mengelompokkan produk sesuai jenis dan kategori agar lebih teratur dan mudah ditemukan pelanggan.
    • Mengelompokkan produk khusus yang sedang dalam masa promosi.
    • Menarik minat pelanggan untuk membeli sebuah produk.
    • Memudahkan pelanggan dalam membeli sebuah produk.

    Sementara itu, fungsi window display adalah sebagai berikut:

    1. Mempromosikan brand

    Fungsi window display yang pertama adalah untuk mempromosikan produk atau brand yang kamu miliki. Window display adalah etalase besar yang terbuat dari kaca dan memungkinkan setiap orang untuk melihat produk yang ditawarkan. Pelanggan yang berkunjung atau bahkan hanya melewati toko milikmu dapat memiliki kesan tertentu. Jadi, pastikan window display toko milikmu bisa dilihat dengan jelas meski hanya dari tepi jalan. Untuk membuat window display terlihat lebih eye catching, kamu dapat menggunakan warna tema, slogan, logo, dan desain produk sejelas mungkin.

    2. Memberikan kesan di mata pelanggan

    Salah satu manfaat window display bagi toko milikmu adalah dapat memberikan kesan yang baik di mata pelanggan. Sebab, setiap pelanggan yang datang pasti akan lebih dulu melihat dan melewati bagian depan tokok milikmu. Selain itu, window display uga memungkinkan pelanggan untuk melihat dan mengetahui berbagai produk yang ditawarkan. Jadi, jangan sampai tokomu tidak dilengkapi dengan window display yang baik. Sebab, hal tersebut sangat mungkin membuatmu kehilangan pelanggan. Selain menatanya dengan menarik, pastikan agar window display toko milikmu selalu terjaga kebersihannya.

    3. Menjangkau lebih banyak pelanggan

    Window display memungkinkan setiap pelanggan untuk menemukan brand milikmu dengan lebih mudah, walau hanya melihatnya sekilas melalui tepi jalan. Kamu juga dapat melakukan promosi dengan lebih praktis,  cukup tempelkan info promosi pada window display toko untuk meningkatkan penjualan. Di sisi lain, window display dapat bekerja dengan baik untuk mempromosikan produk milikmu pada siang ataupun malam hari.

    4. Melindungi produk agar tetap aman

    Fungsi window display selanjutnya adalah membantu melindungi produk agar tetap aman. Window display biasanya terbuat dari bahan kaca yang disertai dengan pengaman sehingga dapat berfungsi untuk menjaga produk dari potensi pencurian. Baik di siang hari ataupun malam hari, kaca window display juga dapat dipantau dengan mudah. Nah, jika kamu ingin meningkatkan privasi toko, window display juga dapat dibuat menggunakan pilihan warna kaca yang gelap.

    5. Memberikan pencahayaan alami untuk toko

    Dengan window display, toko milikmu akan memiliki pencahayaan alami yang dipantulkan melalui kaca. Ini menjadi salah satu manfaat atau fungsi window display yang bisa kamu dapatkan. Perlu diketahui bahwa pencahayaan toko dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap perasaan pelanggan di dalam toko dan cara mereka melihat produk yang kamu tawarkan. Dengan adanya window display yang besar pada bagian depan toko, kamu bisa mendapatkan pencahayaan langsung dari sinar matahari. Selanjutnya, pencahayaan yang baik akan menimbulkan perasaan positif sekaligus kenyamanan di benak pelanggan. Selain itu, kaca window display juga dapat membantumu menghemat energi. Sebab, kaca window display yang dapat memantulkan sinar UV bisa berfungsi untuk mengurangi jumlah panas yang masuk ke toko.

    6. Meningkatkan tampilan toko

    Selain manfaat bagi produk dan brand itu sendiri, kaca etalase juga dapat memberikan tampilan toko offline yang lebih menarik, lho. Toko dengan kaca etalase yang besar akan memberikan kesan mewah dan elegan bagi siapa pun yang melihatnya. Selain itu, kaca atau cermin bisa memberikan ilusi ruang yang lebih besar. Maka, penggunaan kaca etalase merupakan solusi yang baik jika kamu hanya memiliki toko berukuran kecil. Sementara itu, penggunaan dinding yang tidak tepat dapat membuat ruangan toko kamu lebih sempit dan terlihat kusam.

    7. Meningkatkan nilai properti

    Kaca etalase yang dipasang pada bagian depan toko juga dapat meningkatkan nilai properti bangunan kamu, lho. Oleh sebab itu, kamu bisa mendapatkan banyak pembeli potensial dan menghasilkan lebih banyak uang dari properti tersebut. Ketika dijual, kamu juga mungkin akan mendapatkan harga yang lebih tinggi karena tampilan bangunan yang menarik dibanding toko biasa.

    Baca juga: Outlet adalah? Apa Perbedaan Gerai dan Outlet?

    Tujuan Window Display

    Selain untuk mempercantik tampilan toko dan memudahkanmu melakukan listing stock, tujuan window display adalah sebagai berikut:

    • Membuat pelanggan lebih mudah mengetahui informasi produk terbaru atau produk yang tersedia di dalam toko.
    • Dengan tampilan yang menarik dan dinamis, tujuan window display yang kedua tentu untuk menarik minat pelanggan.
    • Membuat pelanggan lebih mudah mengetahui informasi produk yang sedang dalam masa promosi.

    Penataan display yang dipertimbangkan secara matang dapat membuat pelanggan tertarik dan memutuskan untuk membeli produk yang ditampilkan. Beberapa faktor yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menata produk dalam window display adalah sebagai berikut:

    • Produk yang tepat (cocok)
    • Padu padan yang sesuai
    • Harga yang bersaing dengan toko lain

    Baca juga: Sistem, Tujuan, Ciri-ciri, dan Contoh Bisnis MLM

    Penutup

    Window display menjadi salah satu faktor yang dapat menarik pelanggan untuk berbelanja di toko milikmu. Sebab dengan adanya window display, pelanggan dapat mengetahui secara garis besar mengenai berbagai produk yang dijual di toko milikmu. Selain informasi mengenai pengertian window display, fungsi window display dan tujuan window display, temukan juga berbagai informasi seputar toko, peluang usaha, strategi bisnis yang tepat, juga kondisi ekonomi terkini di sini. Untuk urusan partner pembayaran, langsung pilih majoo yang setia menemani langkahmu dalam bekerja dan membangun bisnis. Dalam aplikasi majoo, terdapat berbagai fitur praktis dan menarik yang dapat disesuaikan dengan segala kebutuhanmu. Penasaran? Yuk, berlangganan sekarang!

    Pertanyaan Terkait

    • Window display adalah suatu cara penataan produk yang dilakukan oleh perusahaan dagang (toko) agar pelanggan tertarik untuk membeli berbagai produk yang ditawarkan. Pada dasarnya, penataan produk tersebut memiliki tujuan tertentu, yaitu attention and interest, desire, dan action customer. Selain itu, window display juga dapat digunakan sebagai tempat untuk memperkenalkan produk baru, menciptakan citra perusahaan, serta meningkatkan jumlah pembeli dan keuntungan.
    • Selain untuk mempercantik tampilan toko dan memudahkanmu melakukan listing stock, tujuan window display adalah sebagai berikut: (1) Membuat pelanggan lebih mudah mengetahui informasi produk terbaru atau produk yang tersedia di dalam toko, (2) Dengan tampilan yang menarik dan dinamis, tujuan window display yang kedua tentu untuk menarik minat pelanggan, (3) Membuat pelanggan lebih mudah mengetahui informasi produk yang sedang dalam masa promosi.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.