Table of Content

    4 Rekomendasi Bisnis Musiman di Bulan Februari

    Momen Valentine sangat cocok untuk membuka bisnis musiman.

    Momen Valentine atau yang sering disebut juga sebagai hari kasih sayang dirayakan di bulan Februari, tepatnya pada tanggal 14 Februari. Banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk mencoba peruntungan mereka dengan membuka bisnis musiman

    Perayaan hari kasih sayang biasanya diisi dengan agenda tukar kado, mengirimkan kartu ucapan atau hadiah kepada orang-orang yang disayangi. Hal inilah yang dianggap sebagai sebuah peluang bisnis oleh para pemilik usaha. 

    Lantas, kenapa peluang bisnis tersebut disebut sebagai bisnis musiman? Karena memang hanya dicari dan digemari oleh konsumen pada musim-musim tertentu. Musim kasih sayang di bulan Februari, contohnya. 

    Baca Juga: Menggelar Promo Diskon Tanpa Rugi di Momen Valentine

    4 Rekomendasi Bisnis di Bulan Februari

    Sebenarnya bila kamu mau mengulik lebih jauh, ada banyak rekomendasi bisnis yang bisa kamu mulai sebagai bisnis musiman. Sebagai referensi, berikut 4 di antaranya.

    1. Bisnis Cokelat

    Tidak bisa dimungkiri, cokelat adalah salah satu makanan yang memang menjadi ikon penting di momen Valentine. Banyak para produsen cokelat yang mengambil peluang bisnis musiman ini dengan memproduksi cokelat dalam berbagai jenis dan bentuk yang menarik.

    Kamu juga bisa mencoba rekomendasi bisnis cokelat ini. Mulai dari ide melakukan repackage cokelat biasa yang dijual di pasaran dengan tambahan pita atau hiasan, sampai mengolah kembali cokelat menjadi cookies, brownies, atau cupcakes yang nantinya dijual dengan packaging khusus Valentine. 

    Ingat, pebisnis yang baik adalah yang bisa mengubah benda yang tadinya biasa menjadi spesial. Jadi, kerahkan ide kreatifmu dalam hal ini.

    2. Bisnis Bunga dan Tanaman Hias

    Membuka bisnis musiman di bulan Februari dengan berjualan bunga adalah sesuatu yang mungkin sudah biasa. Bukan hanya di toko, banyak juga yang membuka lapak di pinggir jalan dengan display bunga-bunga yang cantik. Mulai dari bunga potong yang segar, bunga artificial, sampai kreasi bunga dari berbagai bahan.

    Rekomendasi bisnis berjualan bunga mungkin memang akan selalu ada saja peruntungannya. Namun, kenapa tidak mencoba hal-hal baru seperti menambahkan tanaman hias dalam daftar barang dagangan kamu? 

    Tanaman hias dalam bentuk asli yang hidup, memang sedang naik daun lagi setelah cukup lama tenggelam. Banyak orang yang akhir-akhir ini mengisi waktunya dengan membeli dan merawat tanaman di rumah. Manfaatkanlah momen ini sebagai peluang yang baik. Kamu bisa menjual tanaman hias dalam bentuk mini seperti golongan kaktus atau sansevieria yang bisa dikemas dengan pot dan hiasan cantik. 

    Cokelat yang ada di pasaran bisa kamu kreasikan menjadi cookies dan sebagainya.

    3. Bisnis Kaos Couple

    Rekomendasi bisnis selanjutnya adalah dengan berjualan kaos couple. Ada sebagian orang, terutama anak muda, yang suka sekali memakai kaos dengan warna dan tulisan yang sama dengan pasangannya.

    Peluang ini bisa kamu manfaatkan sebagai referensi ide bisnis musiman di momen Valentine. Kamu bisa berkolaborasi dengan tempat cetak atau sablon dalam hal ini. 

    Akan lebih baik lagi bila ternyata kamu ada bakat dalam mendesain gambar atau tulisan, jadi tidak perlu menggunakan jasa orang lain. Buatlah contoh desain kaos tersebut, cetak satu atau dua, posting gambarnya di media sosial, atau sebarkan informasi tersebut ke orang-orang terdekat.

    4. Bisnis Boneka

    Boneka adalah salah satu ikon khas Valentine lainnya setelah cokelat. Boneka yang diproduksi oleh produsen khusus memang biasanya dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. 

    Ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih dalam bisnis musiman berdagang boneka ini. Satu, kamu bisa membeli boneka dalam jumlah tertentu langsung dari produsen untuk kemudian dijual kembali dengan tambahan berbagai macam hiasan khas Valentine. Karena bila kamu jual dengan bentuk aslinya, tentu saja akan ada banyak saingan.

    Kedua, kamu bisa berkreasi membuat boneka handmade yang pastinya tidak akan sama dengan boneka yang ada di pasaran. Banyak jenis boneka yang kamu buat, mulai dari menggunakan benang rajut, kain flanel atau felt, kaos kaki, sampai clay.

    Sesuaikan tema boneka dengan momen spesial Valentine agar lebih sesuai dan usahakan untuk menjualnya dengan harga terjangkau, karena hal ini memang masih menjadi salah satu bahan pemikiran konsumen dalam membeli barang.

    Seperti yang sudah disebutkan di awal, ada banyak rekomendasi bisnis lainnya yang bisa kamu coba. Semuanya tergantung pada ide dan kreativitas masing-masing. 

    Bila kamu tidak punya waktu dan akses tempat untuk berdagang di outlet atau kios khusus, kamu bisa memanfaatkan media sosial. Pemasaran lewat media sosial, seperti Facebook, Instagram, atau marketplace di internet memang dinilai lebih tepat dan efektif untuk berbagai jenis bisnis musiman

    Baca Juga: Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram

    Buatlah foto produk yang menarik dengan menambahkan caption yang unik agar terlihat lebih menarik. Bila menggunakan sistem Pre-Order (PO), jangan lupa untuk memperkirakan waktunya dengan tepat. Jangan sampai konsumen kecewa batal memberikan hadiah hanya karena kamu yang lalai. 

    Bisnis musiman memang hanya akan ada di momen-momen tertentu, namun bila kamu pandai dan jeli melihat peluang ini, mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar bukan lagi impian. Selamat mencoba. 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Menjajaki Bisnis Laundromat yang Sedang Naik Daun
    Bisnis laundromat sedang naik daun belakangan ini. Apa yang membuat pelanggan beralih dari laundry kiloan? Apakah bisnis laundry koin ini menguntungkan?
    Inilah 7 Keuntungan Menggunakan Strategi Omnichannel!
    Setiap bisnis tidak bisa lagi mengabaikan revolusi digital sehingga sudah saatnya bisnis menerapkan strategi omnichannel.
    Rekomendasi Pemberian Customer Reward untuk Loyalty Program
    Customer reward umumnya diberikan kepada pelanggan setia sebuah bisnis, reward apa sajakah yang bisa ditawarkan pada mereka?
    3 Loyalty Program dari Beauty Brand yang Bisa Kamu Tiru
    Loyalty program bisa menjadi strategi membangun basis pelanggan setia. Nah, beberapa model program loyalitas pelanggan ini dapat menjadi inspirasi.