• majoo blog
  • Tips
  • Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram

Tips Meraih Kemajuan Bisnis Melalui Penggunaan Instagram


Instagram adalah sebuah platform yang berbasis customer experience.


Instagram mengumumkan secara resmi bahwa mereka telah merilis fitur Instagram For Business pada Mei 2016. Maka secara otomatis seluruh penggunanya dapat menjadikan akunnya sebagai akun bisnis secara gratis. 


Bagi para pebisnis, besar maupun kecil, hal ini sangat menguntungkan. Metode bisnis online bisa diterapkan sebagai sebuah strategi marketing untuk mempromosikan produk-produk yang ditawarkan. Pebisnis yang sebelumnya sudah menjalankan bisnis online pun menjadi dimudahkan proses pemasarannya. 


Instagram dianggap mampu menjadi sebuah media yang membawa keuntungan bagi para pelaku bisnis online. Hal ini dikarenakan sampai sekarang,  Instagram memiliki lebih dari 700 juta pengguna dan setiap harinya ada sekitar 60 juta foto yang dibagikan dan bisa  menghasilkan total 1,6 milyar likes. Dari angka statistik tersebut, maka peluang untuk menjalankan bisnis dan mempromosikannya di Instagram terbuka lebar. 


Sebagai salah satu platform yang berbasis customer experience, Instagram memiliki pengaruh besar untuk menjalankan bisnis. Maka akan sangat disayangkan bila hal ini tidak dimanfaatkan secara maksimal. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan Instagram demi mencapai kemajuan bisnis yang bisa kamu coba. 


1. Beralih ke Akun Bisnis

Dengan aktifnya fitur akun bisnis dari Instagram, maka pastikan kamu membuat akun bisnis sebagai media promosi, bukan akun pribadi. Akun bisnis memiliki berbagai fitur yang tidak bisa kamu dapatkan dalam penggunaan akun pribadi, antara lain: 

  • Instagram Insights

  • Belanja Instagram

  • Iklan Instagram

  • Informasi kontak dan tombol ajakan di profil 

Fitur belanja memungkinkan kamu untuk menjual produk langsung dari post dan story Instagram, yang tidak akan kamu dapatkan bila menggunakan akun pribadi. 


2. Memaksimalkan Fitur Instagram Story

Ada banyak fitur di Instagram yang bisa kamu manfaatkan secara maksimal untuk memperkenalkan bisnismu. Instagram story dapat kamu gunakan untuk berbagi cerita berupa gambar maupun video yang bisa ditayangkan selama 24 jam. Agar tayangan ini tidak hilang, pastikan kamu memasukkannya ke fitur highlight yang akan tampil seterusnya di profil Instagram. 


3. Rutin Mengecek Insight

Dalam akun bisnis Instagram, kamu akan mendapatkan satu fitur bernama insight. Insight dapat membantu kamu untuk mengetahui postingan mana yang mendapatkan jangkauan, impresi, dan engagement yang paling tinggi. Insight juga memungkinkan kamu untuk dapat mengetahui mengenai jenis followers bisnismu. Seperti berapa kisaran usia mereka, dan berapa persen laki-laki dan perempuannya. 

Dari informasi tersebut, maka kamu dapat mengenali lebih dalam mengenai  followers akunmu serta demografis audience kamu. Sehingga proses kreatif membuat konten pun bisa disesuaikan dengan mereka. 

4. Perhatikan Waktu Upload

Algoritma Instagram bisa dibilang cukup rumit. Postingan dengan jam upload terbaru tidak akan ditampilkan di beranda para followers, hal tersebut yang akhirnya mengakibatkan postingan kamu sering tenggelam dan terlewatkan dari beranda mereka.  Karena itu, waktu upload harus diperhatikan dengan baik. 

Salah satu caranya adalah dengan mencoba   melakukan tes upload di beberapa waktu yang berbeda. Kamu dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan jangkauan yang tinggi dari followers dari hasil percobaan tersebut. 

Maksimalkan penggunaan fitur pada Instagram sebagai strategi marketing.


5. Gunakan Fitur Promote

Instagram juga menyediakan fitur promote bagi pemilik bisnis yang ingin mempromosikan akun bisnisnya untuk mendapatkan jangkauan yang lebih banyak. Di sini kamu bisa mempromosikan akun bisnismu menjadi ads pada Instagram. Kamu juga dapat memilih audience yang sesuai dengan target pasar bisnismu. 

Dengan fitur promote ini akun bisnismu akan memiliki jangkauan yang lebih luas hingga tersebar ke penjuru dunia. Kamu dapat mengetahui target pasar yang sesuai dengan bisnis kamu sehingga dapat membuat konten yang bagus serta memperbaiki strategi marketing secara kontinyu.

6. Buatlah Konten yang Berkualitas

Instagram adalah platform yang mengutamakan visual, jadi pastikan seluruh postingan di akun bisnismu memiliki kualitas yang sangat baik. Foto atau video yang kamu upload sebaiknya dihasilkan dengan gambar yang tajam, fokus, tidak kabur, dan juga memiliki kualitas audio yang jernih. Perhatikan juga desain dari foto atau video yang akan kamu  upload. Buatlah desain yang simpel tapi gampang diingat oleh orang. 

 

Konten yang baik akan menarik perhatian para followers, jadi usahakan untuk membuatnya sekreatif mungkin. Caption yang kamu tulis sebaiknya berisi informasi lengkap mengenai produk yang kamu tawarkan dengan bahasa yang baik dan benar. Caption adalah senjata utama untuk memperkenalkan bisnismu kepada para pengguna Instagram. 

 

Instagram juga memungkinkan kamu untuk membuat jadwal sendiri kapan harus posting konten. Misalnya, sehari hanya satu konten di pagi atau sore hari dan jam tertentu yang sudah ditetapkan. Jangan lupa untuk aktif berinteraksi dengan para followers agar engagement bisa terus meningkat. 

 

Jika kamu masih bingung tentang konten akun bisnis yang akan kamu upload, jangan khawatir. Saat ini ada banyak jasa desain postingan Instagram yang bisa membantumu dalam strategi marketing ini. 

 

Majoo menyediakan layanan desain Instagram post bagi kalian yang mengalami kesusahan dalam hal ini. Dengan jaminan desain yang menarik, berkualitas baik, dan mampu membantu kamu meraih engagement lebih tinggi di akun bisnis Instagram. Kamu cukup duduk manis dan menyampaikan ide tampilan seperti apa yang kamu ingin upload, maka tim majoo yang akan melakukannya untukmu. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?


Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Inilah Competitive Advantage yang Sebetulnya Dimiliki UMKM

UMKM sering kali berkecil hati saat bersaing dengan bisnis besar, padahal usaha kecil mempunyai banyak competitive advantage.

Mengenali Karakter Produk dalam Menyusun Strategi Pemasaran

Seperti apa karakter produk dan jasa yang ingin kamu jual? Apa strategi pemasaran terbaik untuk memastikan angka penjualan yang bagus bagi produk tersebut?

Intip Strategi Bisnis Ini untuk Bersaing di Era Digital

Berbagai strategi bisnis khusus perlu diterapkan untuk dapat bersaing di era digital, terutama bagi bisnis kecil.

Melakukan Inovasi Kreatif untuk Menghadapi Efek Pandemi

Inovasi kreatif dapat datang dari mana saja. Namun, untuk menghadapi efek pandemi, sebaiknya inovasi ini datang dari sisi pelanggan. Bagaimana maksudnya?
Whatsapp