Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • 5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Jualan di Instagram dan Tiktok Sekarang Juga!

    5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Jualan di Instagram dan Tiktok Sekarang Juga!

    Meroketnya popularitas platform media sosial seperti Instagram dan Tiktok membuat para pelaku bisnis mulai mengubah mindset mereka mengenai marketing. Upaya pemasaran konvensional seperti memasang iklan di koran/TV dan menyebarkan pamflet, mulai bergeser ke strategi berbasis digital seperti menggandeng influencer, menebar postingan berbasis segmentasi, hingga mengadakan giveaway!

    Pertanyaan besarnya adalah, seberapa besar sih pengaruh digital marketing terhadap kinerja bisnis? Seberapa efektif strategi-strategi tersebut dalam meningkatkan penjualan? Well, kalau kamu penasaran, kamu berada di tempat yang tepat!

    Di bawah ini kami sudah siapin lima alasan mengapa bisnis kamu harus mencoba strategi pemasaran digital sekarang juga. Daripada penasaran, yuk kita bedah jawabannya satu per satu!

    Meningkatkan Interaksi

    Bisnis yang sukses adalah bisnis yang ditopang oleh para pelanggan loyal. Oleh karena itu, mulailah bangun kedekatan dengan para customer-mu. Manfaatkan media sosial untuk menciptakan interaksi yang bermakna dengan setiap pembeli.

    Pastikan setiap pelanggan merasa bahwa dirinya nyaman dan spesial. Berikan diskon atau penawaran istimewa untuk para customer loyal. Jangan lupa untuk membalas setiap komentar yang masuk di media sosial, sehingga mereka memiliki keterikatan khusus dengan brand atau bisnis yang tengah kamu bangun.

    Analisa Strategi

    Dengan memasang iklan di Facebook, Tiktok, maupun Instagram, kamu akan mendapatkan insight mengenai kebiasaan belanja dan konten seperti apa yang disukai para calon customer. Dengan begini, kamu bisa menciptakan strategi pemasaran yang lebih tajam dan efektif.

    Kamu akan tahu persis kapan harus meng-upload sebuah posting-an. Kamu akan mendapat gambaran lebih jelas mengenai konten apa yang kemungkinan besar bakal kemakan. Pada akhirnya, bisnismu akan ada oleh lebih banyak orang dan punya potensi besar untuk semakin laris!

    Jangkauan Luas

    Dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional, digital marketing boleh dibilang membuka peluang yang jauh lebih besar. Lantaran semua strategi dilakukan melalui internet, kamu jadi bebas menargetkan calon pelanggan dari daerah mana pun, tanpa memedulikan batasan geografis!

    Kamu juga bisa memanfaatkan mesin pencarian Google untuk memastikan situs atau akun media sosialmu muncul di hasil teratas search engine. Dengan demikian, peluang customer untuk mengetahui soal bisnismu dan melakukan transaksi bakal jadi makin besar.


    Hemat

    Keunggulan lain dari strategi pemasaran digital adalah menghemat biaya. Dibandingkan dengan strategi pemasaran konvensional, upaya digital marketing menelan cost yang relatif lebih sedikit.

    Untuk para pelaku UMKM dengan budget minimal misalnya, kalian bisa manfaatkan bantuan kenalan atau kerabat terdekat untuk mempromosikan bisnis. Manfaatkan sesuatu yang sederhana seperti status Whatsapp atau Instagram story untuk mengenalkan usaha yang sedang kalian rintis. Sering-seringlah menyampaikan promo atau penawaran khusus untuk memancing customer melakukan interaksi dan transaksi.

    Mudah

    Alasan lain mengapa digital marketing semakin populer belakangan ini adalah kemudahannya. Bayangkan aja, semua upaya seperti memasang iklan, membuat posting-an, hingga menjalin interaksi dengan customer, semuanya bisa dilakukan dari satu perangkat laptop atau bahkan handphone. Tidak ada batasan jarak maupun zona waktu. Seluruh Nusantara, atau bahkan dunia, adalah pasar potensial untuk bisnismu sekarang!

    Kemudahan ini bahkan sudah ter-notice oleh Kemenkominfo lho. Dalam beberapa kali kesempatan, pihak Kementrian telah berupaya mendorong para pelaku UMKM untuk memanfaatkan media sosial maupun search engine Google untuk meningkatkan potensi penjualan mereka. Jadi, tunggu apa lagi? Segera digitalisasi bisnismu sekarang dan jangkau segmen pasar yang lebih besar lagi melalui social media!

    Kampanye Marketing Instagram dari majoo

    Tertarik menjajal strategi digital marketing untuk tingkatkan penjualan, tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Tenang, majoo punya solusinya! Para majoopreneurs bisa langsung akses menu Marketing melalui dashboard (Penjualan > Marketing > Kirim Kampanye Marketing). Di sana, kalian akan temukan beberapa opsi untuk mengirimkan pesan marketing melalui beragam media berbeda.

    Terbaru, majoo menawarkan fitur Kampanye Marketing Instagram. Melalui fitur ini, majoopreneurs bisa mengajukan request pembuatan desain feed Instagram untuk kebutuhan promosi bisnis. Kalian bisa atur desain, warna, maupun fotonya sesuai dengan keinginan. Hebatnya lagi, fitur ini tersedia dengan harga yang amat terjangkau lho!

    Setelah pengajuan feed Instagram selesai dilakukan, tim majoo akan membutuhkan waktu 3-5 hari untuk menyelesaikan request kalian. Desain yang telah rampung selanjutnya bisa diakses melalui dashboard dan siap di-download untuk kemudian di-posting di akun Instagram binis kalian!

    Tertarik untuk mengetahui lebih jauh soal kemudahan membuat Kampanye Marketing Instagram melalui dashboard majoo? Kamu bisa klik di sini untuk menanyakan semuanya lebih lanjut.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.
    5 Trik Tingkatkan Jualan Laris di eCommerce, Anti Gagal!
    Buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk melakukan ekspansi usaha dengan coba berjualan di marketplace, majoo punya beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba. Yuk, simak!