5 Manfaat Penggunaan Aplikasi Laundry untuk Bisnismu


Tidak semua orang punya waktu untuk berurusan dengan pakaian kotornya sendiri. Inilah yang menyebabkan bisnis laundry belakangan ini berkembang dengan pesat di berbagai kota. Dengan menawarkan jasa cuci, cuci setrika, koin laundry, dan sejenisnya, para pebisnis bisa membantu pelanggan untuk menghemat waktu, sekaligus bisa meraup keuntungan dari peluang tersebut.

 

Pada umumnya, pemilik laundry banyak yang masih menggunakan pencatatan manual atau sekadar menggunakan mesin kasir biasa untuk menangani transaksi. Meskipun cara ini mungkin masih mumpuni, tapi metode ini sama sekali tidak bisa membantu memajukan bisnis yang sudah berjalan.

 

Usaha laundry berbeda dengan usaha jenis retail lainnya, karena yang ditawarkan bukanlah barang, tetapi jasa. Oleh karena itu, usaha laundry-mu mungkin memerlukan fitur penjualan dan manajemen yang spesifik yang hanya bisa ditawarkan oleh aplikasi POS khusus laundry, bukan POS usaha retail seperti umumnya.

 

Dengan aplikasi POS khusus laundry seperti, kamu mengelola setiap aspek kegiatan operasional bisnismu, mulai dari laporan keuangan, hingga mendesain program loyalti untuk pelangganmu. Selengkapnya, berikut beberapa manfaat penggunaan aplikasi POS laundry untuk bisnismu.

Kemudahan pembayaran

Saat menjalankan usaha laundry, kamu perlu sistem yang mampu menangani transaksi dengan cepat dan akurat. Dengan aplikasi laundry, perhitungan transaksi bisa dilakukan dengan cepat berdasarkan layanan yang dipilih oleh pelanggan, misalnya, cuci saja, cuci dan setrika, layanan express, dan lain sebagainya. Selain itu, dengan aplikasi POS, laundry-mu juga bisa menerima berbagai jenis pembayaran seperti tunai, kartu debit, atau kartu kredit.

Kemudahan marketing

Dengan menggunakan aplikasi POS laundry, kamu punya kesempatan emas untuk mendapatkan data pelanggan, termasuk nama dan nomor ponsel mereka. Aplikasi POS membantumu mengumpulkan data penting pelanggan secara efisien. Dengan memiliki data pelanggan, kamu akan mudah menghubungi mereka jika ada yang perlu ditanyakan, dan lebih menariknya lagi, kamu bisa menggunakannya dalam strategi marketing. Kamu bisa dengan mudah menginformasikan ke pelangganmu saat kamu membuat promo, memberikan diskon, atau menyampaikan berbagai informasi penting lainnya.

Loyalti pelanggan

Usaha laundry-mu punya kesempatan untuk membangun loyalitas pelanggan yang kuat. Aplikasi POS akan membantumu mengelola program loyalti dengan mendesain diskon, promo, dan berbagai program menarik lainnya. Salah satu contohnya, jika pelanggan telah mencapai jumlah transaksi tertentu, misalnya 10 kali atau 10 kg laundry, mereka bisa diberikan insentif berupa 1 kali atau 1 kg laundry gratis. Ini adalah cara yang mudah untuk menarik pelanggan agar terus mencucikan pakaiannya di laundry-mu.

Laporan akurat

Aplikasi laundry akan membantumu memonitor pendapatan harianmu secara real time, melihat waktu tersibuk di laundry-mu, membuat laporan secara otomatis, dan memastikan bisnismu berjalan dengan baik. Informasi yang dihasilkan dari laporan ini bisa kamu jadikan bahan untuk menyusun promosi di masa-masa laundry-mu sedang sepi, memonitor tren pelanggan, dan membuat perkiraan transaksi yang akurat ke depannya.

Mengelola alur bisnis

Monitor semua order secara mudah dengan aplikasi POS khusus untuk laundry. Aplikasi POS bisa mencatat semua alur proses laundry, termasuk tanggal terima, tanggal selesai, tanggal pengambilan, serta status laundry. Aplikasi ini juga akan membantu mengingatkan jika waktu penyelesaian terlewat serta catatan pelanggan lainnya. Kamu juga bisa mengirimkan pemberitahuan email ke pelanggan saat pakaian telah siap diambil.

Apa yang perlu dipertimbangkan dalam memilih aplikasi wirausaha untuk laundry?

Karena laundry tidak seperti bisnis retail pada umumnya, kamu juga tidak bisa menggunakan sembarang aplikasi, tapi harus memilih POS yang bisa memenuhi kebutuhan bisnis laundry secara spesifik, misalnya majoo. Dalam memilih aplikasi POS laundry, beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan antara lain: tampilan aplikasi yang sederhana dan user-friendly, fitur yang dapat dikustom, hingga manajemen pelanggan yang baik.

Interface yang sederhana dan user-friendly

Salah satu fitur terpenting yang perlu kamu cari dalam sebuah aplikasi POS laundry adalah kemudahan penggunaan. Aplikasi yang kamu gunakan sebaiknya menggunakan interface layer sentuh yang akan memudahkan karyawanmu dalam melayani pelanggan. Dengan interface yang sederhana, karyawanmu dapat langsung melayani pelanggan dan mempromosikan upsell hanya dengan sedikit pelatihan saja.

Fitur yang dapat dikustom

Pilihlah aplikasi POS yang fiturnya dapat disesuaikan dengan layanan yang kamu tawarkan, misalnya cuci saja, cuci setrika, atau layanan tambahan lain seperti pengantaran ke rumah pelanggan. Kemudahan penyesuaian fitur akan memudahkanmu mengontrol bisnis dan meningkatkan keuntungan bisnismu. Fitur yang bisa dikustom juga akan memastikan aplikasi ini sudah sesuai dengan kebutuhan bisnismu dan akan membantu karyawanmu untuk menjadi lebih produktif.

Manajemen pelanggan

Salah satu elemen paling penting dalam sebuah bisnis laundry adalah layanan pelanggan. Aplikasi POS laundry yang ideal harus memiliki fitur yang mampu mencatat semua informasi tentang pelanggan sehingga kamu bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelangganmu. Misalnya, catatan tentang pilihan pewangi favorit pelanggan tersebut, jenis layanan yang dipilih, dan lain sebagainya.

 

Dengan aplikasi wirausaha yang khusus dirancang untuk usaha laundry, bisnismu bisa merasakan berbagai manfaat yang akan membantumu memenangkan persaingan di pasar yang sangat kompetitif ini. Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah siap mencoba menggunakan aplikasi semacam ini di bisnis laundry-mu?

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

21 Januari 2022
SDM Kompeten, UMKM Kian Paten
Online
Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.