6 Bentuk Apresiasi pada Kinerja SDM yang Bisa Kamu Berikan


Di dalam menjalankan bisnis atau usaha, mungkin kamu tidak bekerja sendirian. Ada banyak Sumber Daya Manusia (SDM) lain yang mungkin bekerja denganmu. Sebut saja mulai dari admin, akuntan, tenaga pemasaran, customer service, cleaning service, sampai kurir. 


Bila karyawanmu berprestasi, maka selayaknya kamu memberikan apresiasi pada mereka. Memiliki karyawan berprestasi merupakan sebuah keuntungan bagi perusahaan karena prestasi mereka bisa saja membawa dampak positif bagi pertumbuhan perusahaan.


Apresiasi atau reward seperti apa sih yang menunjukkan kebanggaanmu atas kinerja SDM ini sekaligus bisa menjadi pemacu semangat mereka untuk terus berprestasi? 


1. Ucapkan Terima Kasih dan Beri Pujian

Mengucapkan terima kasih ini sebenarnya adalah hal sepele, hal kecil tapi memiliki efek cukup besar. Dengan kamu, sebagai pemilik bisnis atau pimpinan, berterima kasih atas kinerja SDM yang ada di perusahaanmu, maka mereka akan merasa sangat dihargai. 


Biasakan untuk berterima kasih pada karyawan atas apa yang sudah mereka lakukan. Katakan secara spesifik untuk apa kamu berterima kasih. Hal ini akan menambah semangat mereka untuk melakukan yang lebih baik lagi ke depannya. 


Jangan lupa juga untuk memberikan pujian atas kinerja SDM di perusahaan. Sama seperti ucapan terima kasih, pujian memang hal sederhana yang bisa diberikan pada karyawan loyal dan berprestasi di perusahaan.  Tapi hal tersebut bisa jadi sangat berharga bagi mereka. 


2. Cuti Tambahan

Cuti tambahan adalah sebuah bentuk reward lain yang bisa kamu berikan. Pada dasarnya, cuti merupakan hak setiap karyawan. Tapi seperti yang kamu tahu, dalam jangka waktu setahun jumlah cuti yang disediakan bagi karyawan cukup terbatas, maka tidak ada salahnya bila kamu menambah total cuti tersebut. 


Cuti tambahan bisa dimanfaatkan oleh para karyawan untuk berlibur atau sekadar untuk beristirahat sebelum kembali bekerja. Bentuk apresiasi karyawan ini cukup manusiawi sehingga pastinya akan sangat dihargai.


Apalagi bila kamu bisa menambahkan opsi cuti tapi tetap menerima bayaran. Hal ini menunjukkan bahwa kamu sebagai pemilik bisnis atau perusahaan menginginkan yang terbaik untuk anggota timnya, termasuk kebutuhan istirahat fisik dan kondisi mental yang selayaknya.


3. Pengembangan Karir

Memiliki jabatan tertentu merupakan impian setiap karyawan, apalagi bila masa kerjanya sudah cukup lama dan memiliki kemampuan yang memang tidak diragukan. Maka tidak ada salahnya kalau kamu mengapresiasi karyawan berprestasi dengan memberinya kesempatan untuk mengembangkan karir.


Coba beri kesempatan pada karyawan untuk mengembangkan kemampuannya terlebih dulu, misalnya dengan mendaftarkannya pada training bisnis atau memberinya akses untuk online course di luar jam kerja. Bisa juga dengan melibatkan mereka dalam proyek-proyek baru yang berbeda dari sebelumnya. Dengan begitu mereka akan merasa mendapat tanggung jawab yang lebih, secara otomatis juga mereka akan semakin termotivasi untuk terus berprestasi. 


Walau tidak langsung mendapat kenaikan jabatan, tapi bentuk apresiasi kinerja SDM seperti ini dapat membantu karyawan untuk memaksimalkan potensi dan meningkatkan fleksibilitasnya.


4. Memberikan Penghargaan

Ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengapresiasi kinerja SDM yang loyal dan berprestasi yaitu dengan cara memberikan penghargaan berupa piagam, piala, atau medali. Bila penghargaan tersebut dipasang di meja kerja mereka, maka akan mengingatkan mereka akan keberhasilan yang pernah dicapai.


Kamu dapat menetapkan agenda employee of the month atau employee of the year sebagai suatu bentuk pemberian tanda penghargaan pada para karyawan yang berprestasi. Pemberian tanda penghargaan sebagai reward pada karyawan ini terbukti dapat meningkatkan tanggung jawab mereka terhadap pekerjaannya.


5. Fasilitas Kesehatan

Bentuk apresiasi kinerja SDM lainnya adalah dengan memberikan perhatian khusus terhadap kesehatan karyawan, baik secara fisik dan mental. Karyawan yang sehat akan memiliki peluang lebih besar untuk merasa bahagia sehingga dapat berdampak positif terhadap hasil kerjanya. Jadi, mengapa kamu tidak mencoba memberikan program reward yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas kesehatan karyawan?


Karyawan yang cukup aktif berolahraga pasti akan menyukai reward di bidang kesehatan ini, sedangkan mereka yang belum aktif dapat menjadikan hal tersebut sebagai kesempatan untuk menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. 


Kamu bisa memberikan potongan diskon untuk menjadi  anggota gym, misalnya. Atau bisa juga dengan mendatangkan guru yoga, pilates, bahkan bekerja sama dengan psikolog sehingga karyawan bisa mendatanginya untuk berkonsultasi mengenai kesehatan mentalnya.


6. Memberikan Berbagai Bonus

Reward lain yang bisa kamu coba adalah dengan memberikan hadiah atau bonus spesial sebagai bentuk apresiasi atas kinerja SDM yang baik. Karyawan yang sudah bekerja keras untuk perusahaan dan berprestasi layak diberi imbalan berupa hadiah nyata yang bisa langsung dimanfaatkan seperti voucher belanja, voucher makan di tempat spesial atau voucher liburan. Atau kalau kamu ingin yang praktis, bonus dalam bentuk uang pun bisa kamu berikan. 


Pilihan reward lain yang mungkin dapat dimanfaatkan oleh karyawan adalah gift box bulanan. Ada banyak alternatif gift box untuk dikirim, termasuk kebutuhan seperti produk segar, daging, makanan siap saji dan camilan sehat.


Bisa juga kamu berikan gift box bertema hobi atau minat mereka. Jenis gift box seperti ini dapat membantu karyawan untuk menghabiskan waktu luang dan membuktikan bahwa kamu peduli akan kebutuhan mereka.

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Kenali Strategi Digital Marketing yang Bisa Diterapkan UMKM

Digital Marketing merupakan strategi pemasaran yang efektif. Dengan modal yang tidak terlalu besar, UMKM dapat menerapkannya untuk mempromosikan produk.

Fleksibel Saat Krisis, Ini Langkah dalam Manajemen Inventori

Di tengah situasi krisis seperti saat ini, manajemen inventori perlu menjadi prioritas para pemilik bisnis.

Aplikasi POS, Investasi UKM untuk Mengembangkan Bisnis

Aplikasi Point of Sales dapat dimanfaatkan sebagai investasi UKM terbaik untuk mengembangkan bisnis.

New Normal Harus Dihadapi Dengan Pola Pikir Baru

Situasi new normal tidak dapat dihadapi dengan cara-cara atau pola pikir lama, dibutuhkan penyesuaian agar berhasil keluar dari masa sulit ini.
Whatsapp