Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Hindari Rugi dengan Analisis Bisnis dan Keuangan!


    Sebagai pemilik bisnis, tentunya kamu perlu data dan informasi mengenai kondisi bisnis kamu saat ini. Data dan informasi tersebut digunakan untuk meningkatkan performa penjualan kamu atau taktik pengembangan bisnis agar usaha kamu tidak tertinggal oleh kompetitor. Banyak cara mencari data dan informasi pertumbuhan bisnis kamu, mulai dari mengecek laporan keuangan bulanan, stock, status penjualan, hingga trend penjualan dari waktu ke waktu. 

    Namun, data tersebut bagi owner bisnis tentunya bisa menjadi sangat banyak dan overwhelming. Apalagi, jika data bisnis kamu sangat berantakan dan tidak tertata rapi. Boro-boro mikirin pengembangan bisnis, merapikannya saja perlu waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Tetapi, agar perusahaan tetap bisa kompetitif dan berkembang kamu wajib melakukan analisis bisnis dan keuangan lho.

    Karena, dalam menentukan produk yang cocok bagi pelanggan, desain, konten, dan harga produk yang kompetitif diperlukan analisis bisnis yang mendalam. Yuk simak artikel berikut agar kamu bisa paham pentingnya melakukan analisis bisnis menggunakan majoo!

    Optimalkan Customer Service 

    Dengan membaca data dan informasi analisis bisnis, kamu tentunya bisa menentukan produk dan layanan yang paling tepat bagi pelanggan. Melalui data tersebut, tentunya kamu akan tahu produk apa saja yang disukai oleh pelanggan. Kamu bisa menentukan layanan untuk meningkatkan penjualan di produk tersebut.

    Selain itu, data penjualan dan analisis bisnis bisa kamu pakai menentukan langkah atau customer journey dalam membeli produkmu. Apakah pelangganmu lebih suka langsung check out atau lebih suka melalui marketplace? Atau, ternyata mereka lebih menyukai check out ketika promo 12.12? Dengan menggunakan analisis bisnis kamu bisa menentukan behavior pelanggan kamu.

    Maksimalkan Operasional dan Efisiensi Produk

    Analisis bisnis juga bisa meningkatkan efisiensi bisnis kamu. Dari data yang sudah tertera, kamu bisa menentukan produk mana yang memiliki performa kurang baik. Lalu, kamu juga bisa menentukan kebiasaan pembeli kamu, sehingga channel-channel yang memberatkan operasional seperti ads di media sosial yang tidak maksimal, bisa kamu kurangi.

    Lalu, fitur inventory dan manajemen stok juga bisa menjadi kunci analisis bisnis kamu. Selain mengetahui kondisi internal dan eksternal, mengetahui manajemen internal bisnis kamu juga bisa menjadi kunci untuk produk apa yang perlu peningkatan penjualan.

    Mengurangi Risiko Bisnis dan Kecurangan!

    Agar bisnis kamu tetap bertahan dan mampu bertumbuh, melalui analisis bisnis yang dilakukan selama beberapa waktu, kamu bisa mengetahui data-data pengeluaran dan pemasukan bisnismu. Mengoptimalkan stok, modal, dan keuangan sangat penting untuk mengetahui kecurangan yang terjadi atau bahkan inefisiensi produksi bisnis kamu.

    Membuat laporan keuangan dan performa bisnis bulanan juga wajib kamu lakukan lho. Terutama ketika kamu ingin melakukan scale up bisnismu, kamu harus paham bahwa brand kamu memiliki potensi dan performa yang baik agar bisa bertahan dalam persaingan bisnis yang lebih ketat.

    Meningkatkan Produktivitas

    Sudah bukan rahasia umum lagi, jika kamu bisa melakukan analisis bisnis yang baik, kamu juga akan menjadi owner yang lebih produktif. Tidak percaya? Simpelnya, kamu akan mengetahui langkah-langkah yang kamu ambil sebagai business owner terutama setelah mendapatkan data dan analisis bisnis kamu.

    Dari analisis bisnis tersebut, kamu bisa menentukan langkah-langkah tepat dan akurat untuk pengembangan bisnis. Misalnya, kamu ingin fokus di satu media sosial dibandingkan dengan yang lain karena performanya lebih baik. Atau, konsisten menggunakan bahasa copywriting yang bagus sesuai dengan target market yang saat ini kamu bidik.

    Semua langkah yang kamu ambil harus berdasarkan analisis bisnis dan data yang berhasil kamu dapatkan dari performa bisnis kamu. Jangan hanya menerka-nerka saja ya!

    Mampu Mengambil Keputusan Finansial yang Baik 

    Terakhir, semua bisnis memerlukan modal dan keuangan yang baik agar bisa bertahan. Ditambah, kondisi lapangan yang saat ini sangat dinamis, tentunya finansial bisnis kamu menjadi prioritas utama yang wajib kamu depankan.

    Dengan memahami analisis bisnis yang baik, tentunya langkah finansial entah meningkatkan cabang, menambah modal, atau menambah produk baru bisa kamu tentukan dengan baik. 

    Selain itu, kamu juga bisa melakukan riset dari data-data yang ada, apakah bijak ketika kamu ingin meningkatkan bisnis kamu saat ini, atau lebih memilih untuk meningkatkan jumlah produk-produk baru agar pelanggan bisa semakin loyal.



    Tertarik belajar lebih banyak soal cara memaksimalkan analisis bisnis menggunakan majoo? Kamu bisa gabung di webinar Ruang majoo edisi 23 Desember 2022! Bersama Kak Zaid, Sales Capability Jr. Supervisor dari majoo Indonesia. Kamu akan belajar dan diskusi bareng mengenai bagaimana memaksimalkan fitur finance dan analisis bisnis dari majoo, agar bisnis kamu makin meroket dan tidak salah langkah! 

    Bagi yang tertarik, webinar ini GRATIS dan kamu bisa langsung mendaftar melalui link di bawah ini. 

    bit.ly/webinarmajoo

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pentingnya Manajemen Inventory yang Efektif Bagi UMKM
    Manajemen inventory merupakan bagian krusial dari menguntungkan atau tidaknya sebuah bisnis, terlebih bagi UMKM.
    Awas! Jangan Coba-Coba Bisnis Kopi Sebelum Tahu 5 Hal Ini!
    Sempat diprediksi bakal meredup, bisnis kedai kopi nyatanya justru semakin merebak. Layakkah terjun ke bisnis kedai kopi?
    Tampilan Dashboard Baru dari majoo Hadir Memudahkan Bisnismu
    Tampilan dashboard baru majoo tidak hanya lebih rapi dan modern, tetapi menghadirkan fungsionalitas yang lebih optimal. Yuk, cari tahu highlight fiturnya!
    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.