Punya pertanyaan tentang majoo? Kami dapat membantu!
Icon majoo chat
majoo fab
Hai, majoopreneurs!

Punya pertanyaan terkait fitur dan paket berlangganan majoo? Yuk, segera terhubung dengan kami!

Klik Ingin Berlangganan
majoo fab
Ingin Berlangganan majoo fab
Klik Hubungi CS
majoo fab
Hubungi CS majoo fab

Table of Content

    Intip Bidang Usaha yang Memiliki Peluang Emas pada 2022!

    Bidang kesehatan merupakan salah satu sektor bisnis yang masih akan mendulang cuan.

    Para ahli ekonomi meramalkan bahwa kondisi ekonomi Indonesia akan bangkit pada 2022 pasca hantaman krisis akibat wabah COVID-19. Hal tentu merupakan kabar menggembirakan bagi kita semua.

    Namun, apakah perbaikan situasi ekonomi berarti kesuksesan untuk semua bisnis? Tentu tidak demikian. Di antara banyaknya bidang usaha yang ada, tidak semuanya memiliki peluang yang sama untuk maju.

    Nah, beberapa sektor bisnis Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bawah ini ternyata mempunyai peluang emas pada 2022. Apa saja sektor tersebut? Silakan disimak, ya!

    Bidang Kesehatan

    Bukan rahasia lagi, pandemi COVID-19 seketika mengubah persepsi serta prioritas konsumsi seiring dengan meningkatnya kesadaran untuk menjaga kesehatan. Wajar saja bila bisnis di bidang kesehatan menjadi salah satu bisnis yang meraup banyak cuan.

    Potensi ini diduga masih akan berlanjut pada tahun 2022. Bisnis kesehatan masih akan terus mendulang keuntungan.

    Beberapa dari kamu mungkin beranggapan bisnis kesehatan membutuhkan modal besar, bagaimana mungkin dijalankan oleh UMKM? Jika kamu fokus pada bisnis-bisnis seperti rumah sakit, laboratorium diagnostik, dan apotek, opini tersebut mungkin benar.

    Akan tetapi, masih ada bisnis-bisnis lain di bidang kesehatan yang sederhana dan tidak mensyaratkan modal besar, misalnya reseller masker atau berjualan suplemen.

    Baca juga: Kenali Apa Itu Reseller serta Cara Menjadi Reseller

    Berbicara suplemen, pilihan yang bisa kamu jual pun banyak sekali, tidak terbatas pada suplemen berbahan kimia sintetis saja. Kamu dapat menjual suplemen herbal seperti madu, jinten hitam, serta aneka jamu.

    Beauty Industry

    Belum terlalu jauh dari soal kesehatan, beauty industry pun menjadi salah satu bidang usaha tangguh yang bukan hanya bisa bertahan saat krisis, melainkan diprediksi akan terus tumbuh.

    Namun, kamu perlu jeli jika ingin menekuni bisnis. Para ahli menekankan, sektor perdagangan merupakan sektor yang paling potensial bagi usaha kecil. Maka dari itu, bisnis kecantikan yang berpeluang besar pun ialah berjualan produk kecantikan.

    Bisnis kecantikan seperti klinik kecantikan belum pulih sepenuhnya sebab masih banyak konsumen yang khawatir untuk melakukan perawatan di klinik. Sebaliknya, konsumen memaksimalkan perawatan diri di rumah dengan membeli berbagai produk skincare.

    Di samping untuk merawat diri, menggunakan serangkaian skincare, masker, atau lulur juga dianggap sebagai media untuk memanjakan diri setelah lelah bekerja. Potensi penjualan produk perawatan tubuh dan kulit pun meningkat bersamaan makin maraknya kampanye self love dan self care.

     Delivery sayuran segar menjadi peluang menjanjikan

    Produk Pertanian

    Bidang pertanian juga disebut-sebut sebagai salah satu sektor bisnis yang cukup menjanjikan. Dalam hal ini, peluang cukup besar terletak pada posisi ritel atau kamu bertindak sebagai pedagang pengecer ke konsumen akhir.

    Baca juga: Mempertahankan Pelanggan Bisnis Ritel, Simak 5 Tips Ini

    Tentu dibutuhkan sedikit trik dan adaptasi supaya berjualan produk pertanian seperti sayur dan buah segar tetap menguntungkan. Menimbang perubahan perilaku serta preferensi konsumen, UMKM bisa menawarkan delivery sayuran segar, bukan sekadar warung biasa.

    Konsumen diberi kemudahan dengan memesan melalui chat, lalu sayuran dan buah segar tiba di rumah konsumen beberapa jam atau keesokan harinya. 

    Faktanya, pebisnis yang menjalankan bisnis ini saat pandemi sebagian besar masih bertahan sampai saat ini sebab preferensi konsumen memang sudah berubah. Mereka ingin makan sehat, tetapi praktis.

    Bidang Ekonomi Kreatif

    Belakangan ini, kamu mungkin mulai sering mendengar istilah ekonomi kreatif, yaitu konsep perekonomian yang mengedepankan kreativitas serta informasi. Dalam konsep ekonomi kreatif, ide dan kreativitas menjadi aset utama.

    Jadi, ada banyak sekali bisnis di bidang ekonomi kreatif yang bisa dijalankan oleh UMKM dan berpeluang besar mendatangkan keuntungan, misalnya advertising, arsitektur, desain, dan kerajinan.

    Bahkan, konsep ekonomi kreatif juga bisa diterapkan dalam bisnis fesyen, tergantung pendekatan yang kamu lakukan. Kamu merasa selalu berpikir out of the box? Bidang bisnis ini mungkin sesuai untukmu. 

    Food and Beverage

    Food and beverage (F&B) atau bisnis makanan dan minuman hampir selalu diminati oleh pengusaha karena permintaan pasar untuk makanan serta minuman memang selalu ada.

    Bisnis F&B memiliki rentang yang sangat luas, ada banyak sekali jenis usaha yang masuk ke dalam kelompok bisnis ini, mulai dari usaha makanan rumahan, kafe, hingga restoran mewah.

    Terlepas dari permintaannya yang tidak pernah mati, kamu perlu berhati-hati jika ingin turut membuka bisnis F&B, khususnya kafe dan restoran. Pasalnya, kedua jenis bisnis ini cukup tergantung dengan gerak roda pariwisata. Jadi, perhitunganmu harus sangat matang.

    Selain itu, kamu juga perlu memastikan operasional yang rumit dapat dibuat sederhana, misalnya dengan implementasi aplikasi POS.

    Jadi, di antara bidang usaha yang berpeluang sukses pada 2022 di atas, mana yang menarik minatmu?

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Migrasi Bisnis Menjadi Usaha Online saat Ramadan? Why not?!
    Migrasi bisnis menjadi usaha online tergolong praktik baru yang mulai dilirik. Apa alasan untuk melakukannya, terlebih di bulan Ramadan seperti sekarang?
    Ide Hampers Lebaran yang Unik dan Menarik untuk Dicoba!
    Ada banyak ide hampers lebaran yang unik dan menarik untuk dicoba guna meningkatkan pendapatan bisnis. Tertarik memanfaatkan salah satu ide berikut?
    Melirik Pasar Digital, Tren Bisnis bagi Pelaku UMKM
    Dengan situasi pandemi yang saat ini tengah dihadapi, menarget pasar digital menjadi salah satu tren bisnis baru yang sebaiknya tak dilewatkan oleh UMKM.
    Tren Bisnis yang Diprediksi Akan Mendominasi Pada 2022
    Perubahan dan tantangan global akan membentuk tren bisnis baru pada 2022. Jika kamu ingin usaha sukses, tentunya bisnis milikmu perlu beradaptasi.